Perbedaan RDP dan VPS, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan VPS dan RDP – VPS (Virtual Private Server) dan RDP (Remote Desktop Protocol) merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh banyak orang di Provider layanan Cloud Server.

Jika dilihat sekilas, keduanya terlihat mirip. Padahal antara VPS dan RDP memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Namun, apakah Anda tahu seberapa berbedanya antara keduanya? Mari kita bahas satu persatu perbedaan VPS dan RDP untuk membantu Anda memilih layanan yang tepat bagi kebutuhan Anda.

Baca juga: Perbedaan VPS dan Dedicated Server, Mana Yang Lebih Baik? (herza.id)

Apa Itu VPS?

VPS (Virtual Private Server) adalah server virtual yang memiliki sumber daya sendiri dan hanya digunakan oleh satu pelanggan, umumnya pelanggan tidak dapat menganggu resources Anda, seluruh resources yang diberikan adalah Dedicated atau dapat Anda gunakan sepenuhnya.

Teknologi virtualisasi digunakan untuk membagi server fisik menjadi beberapa mesin virtual atau sistem virtual, seperti KVM, XEN, Openstack dan teknologi virtualisasi lainnya.

Dengan adanya pembagian ini, beberapa VPS dalam satu server fisik dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda sesuai kebutuhan masing-masing.

Dalam analogi sederhana, VPS dapat diibaratkan sebagai gedung apartemen yang terdiri dari unit-unit yang berbeda, di mana setiap penghuni memiliki hak atas unitnya masing-masing.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan VPS – Herza Cloud

Apa Itu RDP?

RDP (Remote Desktop Protocol) adalah protokol yang dikembangkan oleh Microsoft Windows Server.

Protokol ini memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer  yang bersistem operasi Windows secara remote dengan mudah dan lancar dengan protocol RDP.

Dengan menggunakan RDP, pengguna dapat mengakses atau mengoperasikan komputer atau PC yang terletak di beda lokasi bahkan beda negara, seolah-olah mereka berada di depan komputer tersebut dengan latency yang kecil.

Misalnya, jika kamu memiliki komputer yang terhubung melalui RDP yang berlokasi di Indonesia, kamu dapat mengaksesnya dari mana saja di dunia ini.

Keunggulan utama RDP adalah bahwa pengguna tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik atau gangguan lainnya. Karena umumnya RDP di letakan di Data Center yang online 24 jam dalam 1 tahunnya.

Hal ini karena server RDP akan tetap online selama 24 jam penuh tanpa gangguan, memberikan akses yang stabil dan dapat diandalkan bagi pengguna.

Apa Saja Perbedaan VPS dan RDP?

Perbedaan RDP dan VPS
Perbedaan RDP dan VPS

Jika dilihat dari pengertian di atas, mungkin Anda sudah tahu perbedaan VPS dan RDP.

VPS merupakan server virtual yang biasanya diinstall system operasi seperti Linux bahkan Windows.

Sementara itu, RDP adalah fitur dari Microsoft yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer dari jarak jauh.

Namun untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tentang perbedaan VPS dan RDP di bawah ini:

1. Hak Akses

Dalam VPS, kamu memiliki akses penuh sebagai administrator. Artinya, kamu memiliki kebebasan untuk memilih sistem operasi, menginstal aplikasi, atau mengubah konfigurasi server sesuai kebutuhanmu.

Namun, di RDP, hak aksesmu dibatasi karena kamu tidak memiliki status sebagai administrator. Biasanya, hak administrator dimiliki oleh pemilik server.

Akibatnya, kamu tidak dapat menginstal perangkat lunak atau mengubah konfigurasi server saat menggunakan RDP.

2. Penggunaannya

Dari segi penggunaannya, VPS cocok digunakan untuk menjalankan aktivitas PC yang cenderung berat, seperti bermain game, coding, dan sebagainya.

Di sisi lain, RDP tidak cocok untuk aktivitas berat. RDP lebih sesuai digunakan untuk operasi ringan seperti mengunduh, mengunggah, dan streaming.

Jika kamu memiliki blog yang aktif dan sering melakukan pengunduhan dan pengunggahan file, maka penggunaan RDP akan sangat berguna untuk blogmu.

3. Sumber Daya Hardware

Sumber daya yang terdapat dalam perangkat keras VPS dapat dimanfaatkan hingga 100%, termasuk penggunaan RAM, memori, dan CPU.

Namun, dalam RDP, kamu tidak diizinkan untuk menggunakan semua sumber daya server.

Pelanggaran terhadap ketentuan ini dapat mengakibatkan penangguhan sementara atau bahkan permanen terhadap akun RDP kamu.

4. Pengelolaan dan Instalasi

Di VPS, kamu memiliki hak administrator sehingga kamu dapat mengelola seluruh server sesuai kebutuhanmu.

Kamu juga bebas menginstal perangkat lunak yang kamu inginkan, dan karena sifatnya yang berdedikasi, apa pun yang kamu lakukan di server tidak akan memengaruhi pengguna lain.

Namun, hal ini berbeda dengan RDP yang memiliki administrator sendiri untuk melakukan perawatan server.

Selain itu, kamu juga tidak bisa sembarangan menginstal program karena server RDP bukanlah server khusus, sehingga setiap perubahan akan berdampak pada pengguna lain.

5. Security Access

Dalam hal mengamankan akses di VPS, keamanan data di server dijamin 100% karena bersifat pribadi, sehingga pengguna lain tidak dapat mengakses file yang disimpan.

Namun, berbeda dengan RDP yang memungkinkan pengguna lain untuk mengakses data yang kita miliki.

Oleh karena itu, dalam beberapa kasus, pengguna lain dapat menghapus data kita.

6. Operating System (OS)

Perbedaan terakhir antara VPS dan RDP adalah mengenai variasi sistem operasi yang dapat digunakan.

Dengan VPS, karena kamu memiliki akses penuh, kamu dapat menginstal sistem operasi pilihanmu dengan bebas.

Namun, berbeda dengan RDP yang pada dasarnya adalah fitur bawaan dari Microsoft Windows Server. Di RDP, kamu tidak dapat menginstal sistem operasi alternatif.

Di sini, kamu hanya dapat menggunakan sistem operasi yang telah diinstal, yaitu sistem operasi Windows.

Baca juga: Operating System: Fungsi dan Jenisnya! – Herza Cloud

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan VPS dan RDP?

Setelah membaca perbedaan antara VPS dan RDP di atas, mungkin kamu bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masing-masing?

Kapan sebaiknya menggunakan VPS?

Kapan sebaiknya menggunakan RDP?

·       Ketika traffic websitemu sangat tinggi.

·       Jika kamu menginginkan kontrol penuh atas situs websitemu.

·       Ketika kamu perlu menyimpan file-file besar.

·       Jika kamu membutuhkan server yang lebih aman.

·       Jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola VPS.

·       Ketika kamu perlu mengirim data berukuran besar.

·       Untuk memfasilitasi aplikasi yang perlu dijalankan 24/7. RDP memungkinkan koneksi ke server tetap aktif meski komputer dimatikan.

·       Jika kamu ingin mengakses komputermu dari mana saja.

·       Untuk meningkatkan efisiensi koneksi internetmu.

 

Kesimpulan

Sampai pada tahap ini, Anda pastinya sudah tidak bingung lagi dengan perbedaan antara VPS dan RDP.

Dapat disimpulkan bahwa VPS cocok digunakan ketika Anda membutuhkan hosting dengan sumber daya yang besar dan fleksibilitas tinggi, baik untuk website, penyimpanan data, atau kebutuhan lainnya.

Di sisi lain, RDP meskipun memiliki keterbatasan dibandingkan VPS, tetapi dapat digunakan untuk mengakses komputer dari jarak jauh, terutama jika Anda membutuhkan kecepatan internet yang tinggi.

Layanan VPS Herza Cloud

Jika saat ini Anda membutuhkan layanan VPS, Anda beruntung karena Herza Cloud menyediakan VPS murah terbaik dengan pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari paket nano hingga platinum.

Semua paket VPS murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia. 

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan kami VPS SSD NVMe Indonesia.

Kami juga menyediakan VPS Malaysia untuk Anda yang berada di wilayah tersebut, dengan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di AIMS Datacenter, Kuala Lumpur.

Namun jika Anda membutuhkan VPS Singapore Murah dengan Unmetered Bandwidth, kini Herza Cloud telah menyediakannya untuk Anda.

Selain itu, kami menyediakan VPS Surabaya Murah dengan Latency terbaik yang terhubung langsung kepada Eyeball Telkom untuk user experience dan latency yang lebih baik bagi para User Telkom Indonesia (Indihome/Astinet).

Tapi jika kebutuhan Anda saat ini adalah RDP, Herza Cloud telah menyediakan layanan RDP Windows murah untuk Anda dengan opsi BYOL dan Full Licensed.

Bagi yang membutuh RDP Server dengan Performa Tinggi, silahkan memesan layanan RDP Server Bare Metal atau Dedicated Server.

Berikut keunggulan RDP server windows dari Herza Cloud, diantaranya:

Keunggulan RDP Windows Server Herza Cloud
Keunggulan RDP Windows Server Herza Cloud

Untuk info pemesanan, silahkan hubungi kami di sini!