Operating System: Definisi, Fungsi dan Jenisnya!

Secara umum, operating system adalah software yang ada dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya yang mengelola resource dan menghubungkan hardware dengan software.

Sistem operasi sangat penting bagi komputer agar komputer bisa berjalan secara baik dan efisien.

Namun apakah Anda tahu, apa itu operating system? Bagaimana fungsinya? dan apa saja jenisnya?

Yuk simak artikel berikut ini!

Definisi Operating System

Apa itu Operating System?
Apa itu Operating System?

Operating system (OS) atau sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bertindak sebagai penghubung antara hardware (perangkat keras) dan software aplikasi yang dijalankan oleh komputer atau perangkat elektronik lainnya.

OS menyediakan lingkungan kerja yang memungkinkan pengguna dan aplikasi untuk berinteraksi dengan hardware dan melakukan tugas-tugas seperti pengolahan data, komunikasi, manajemen file, dan pengaturan perangkat keras lainnya.

Sistem operasi bertanggung jawab untuk menjalankan dan mengelola proses di dalam komputer, seperti mengalokasikan memori untuk program, mengatur akses ke perangkat input/output seperti keyboard dan mouse, mengatur jaringan dan komunikasi dengan perangkat lain, serta menyediakan antarmuka pengguna untuk berinteraksi dengan komputer.

Tanpa adanya sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi secara normal karena perangkat lunak tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat keras dan sumber daya komputer tidak dapat dialokasikan dengan efisien.

Oleh karena itu, sistem operasi sangat penting bagi komputer dan perangkat elektronik lainnya untuk dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Fungsi Operating System

Fungsi Operating System
Fungsi Operating System

Sistem operasi (Operating System) memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam menjalankan komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Beberapa fungsi sistem operasi tersebut antara lain:

Computer Resource Managemen

Manajemen sumber daya komputer (computer resource management) adalah pengelolaan dan pengaturan sumber daya komputer seperti CPU, memori, hard disk, jaringan, dan perangkat keras lainnya agar dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Manajemen sumber daya komputer ini dilakukan oleh sistem operasi (Operating System) yang terpasang pada komputer.

Berperan Sebagai Apliksi Dasar Sebuah Perangkat

Operating System berperan sebagai aplikasi dasar sebuah perangkat karena sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan semua aspek yang terkait dengan pengoperasian perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan perangkat lainnya.

Sistem operasi menyediakan antarmuka (interface) untuk berinteraksi dengan komputer, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program atau aplikasi, mengakses file dan folder, serta melakukan tindakan lain seperti mengatur jaringan dan pengaturan waktu.

Ia juga bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola sumber daya komputer seperti CPU, memori, hard disk, jaringan, dan perangkat keras lainnya agar dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Selain itu, sistem operasi juga menyediakan layanan dasar seperti pengaturan waktu, pengaturan jaringan, dan pemantauan sistem.

Karena peran pentingnya sebagai aplikasi dasar sebuah perangkat, pemilihan sistem operasi yang tepat sangat penting untuk memastikan perangkat elektronik dapat berfungsi dengan baik dan efisien, serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Penghubung Antara Hardware dan Software

Sistem operasi (Operating System) berperan penting dalam menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak pada perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan perangkat lainnya.

Sistem operasi bertindak sebagai penghubung antara hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak), sehingga memungkinkan komunikasi dan koordinasi antara keduanya.

Ia juga mengatur dan mengoordinasikan semua perangkat keras yang saling terhubung pada perangkat elektronik, seperti penyimpanan internal, mouse, keyboard, speaker, dan CPU.

Dalam hal ini, sistem operasi memungkinkan perangkat lunak untuk mengakses dan menggunakan sumber daya perangkat keras secara efektif dan efisien.

Selain itu, sistem operasi juga menjalankan operasi dasar komputer seperti memproses perintah dari pengguna, mengatur dan mengelola file dan folder, serta menyediakan antarmuka (interface) untuk berinteraksi dengan komputer.

Dengan adanya sistem operasi yang memungkinkan hubungan dan koordinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak, maka perangkat elektronik dapat bekerja dengan baik dan efisien, serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Mengoptimalkan Fungsi Sebuah Perangakt

Sistem operasi (Operating System) juga memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari sebuah perangkat elektronik.

Hal ini dilakukan dengan cara mengatur dan mengendalikan hubungan antara perangkat keras dan perangkat lunak agar dapat saling bekerja sama dengan baik.

Sistem operasi dapat mengoptimalkan kinerja perangkat keras dengan mengatur dan mengalokasikan sumber daya secara efisien.

Selain itu, sistem operasi juga dapat memantau kinerja perangkat keras dan melaporkan apabila terdapat masalah atau kegagalan.

Sistem operasi juga dapat mengoptimalkan kinerja perangkat lunak dengan menyediakan antarmuka (interface) yang mudah digunakan oleh pengguna, serta menyediakan layanan dasar seperti manajemen file dan folder, pengaturan jaringan, dan pemantauan sistem.

Sistem operasi juga dapat menjalankan operasi dasar komputer seperti memproses perintah dari pengguna dan mengatur aliran data antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Dengan adanya optimasi kinerja dari sistem operasi, maka perangkat elektronik dapat bekerja lebih efisien dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara lebih baik.

Mengatur Sistem Kerja Perangkat

sistem operasi (Operating System) juga berfungsi dalam mengatur dan mengontrol semua fungsi perangkat keras yang digunakan pada sebuah perangkat elektronik.

Sistem operasi bertindak sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga memungkinkan komunikasi dan koordinasi antara keduanya.

Dalam hal ini, sistem operasi mengatur dan mengontrol semua fungsi perangkat keras seperti CPU, hard disk, memori, dan perangkat lainnya.

Dengan mengatur dan mengontrol semua fungsi perangkat keras, sistem operasi memastikan bahwa semua perangkat dapat saling bersinergi dan bekerja sama untuk memaksimalkan fungsi sebuah perangkat elektronik.

Misalnya, sistem operasi mengontrol penggunaan sumber daya CPU dan memori oleh setiap aplikasi yang berjalan, sehingga memastikan bahwa perangkat elektronik dapat bekerja dengan lancar dan stabil.

Selain itu, sistem operasi juga mengatur dan mengontrol tata letak (layout) dari antarmuka pengguna (user interface) dan menjaga agar seluruh aplikasi dan program dapat berjalan dengan baik pada perangkat elektronik.

Hal ini membuat perangkat elektronik dapat digunakan dengan mudah dan efisien oleh pengguna.

Dengan adanya pengaturan dan pengontrolan dari sistem operasi, maka perangkat elektronik dapat berfungsi secara maksimal dan memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

Jenis Operating System Paling Populer

Jenis-jenis Operating System
Jenis-jenis Operating System

Ada beberapa jenis sistem operasi (Operating System) yang paling populer dan banyak digunakan saat ini, di antaranya adalah:

Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan banyak digunakan pada komputer desktop dan laptop.

Windows telah menjadi salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia sejak diperkenalkan pada tahun 1985.

Microsoft telah merilis beberapa versi dan pembaruan dari Windows, termasuk Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan yang terbaru adalah Windows 10.

Windows memiliki antarmuka pengguna yang ramah pengguna dengan tampilan yang intuitif dan mudah dipahami.

Selain itu, Windows juga mendukung berbagai jenis aplikasi dan game yang dapat diunduh dan diinstal oleh pengguna.

Windows juga menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk pengguna seperti fitur keamanan, dukungan untuk multi-tasking, dukungan untuk koneksi internet, dan banyak lagi.

Banyak pengguna yang memilih Windows karena mudah diakses dan digunakan, serta kompatibilitas dengan berbagai jenis perangkat lunak lainnya.

Selain itu, Windows juga banyak digunakan dalam lingkungan kerja dan bisnis karena mendukung aplikasi dan software khusus yang digunakan dalam bisnis.

Baca juga: 10 Cara Mengamankan Server Windows Anda

Apple MacOS

MacOS dari Apple adalah salah satu pesaing utama dari sistem operasi Microsoft Windows.

Apple MacOS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat keras Apple seperti MacBook, iMac, dan Mac Pro.

MacOS dikenal dengan antarmuka pengguna yang modern dan intuitif, serta kemampuannya untuk bekerja dengan mulus dengan perangkat lunak Apple lainnya seperti iPhone dan iPad.

Salah satu keunggulan dari macOS adalah kecepatan pemrosesan yang cepat, yang didukung oleh desain perangkat keras yang canggih dan optimalisasi software yang baik.

macOS juga dikenal karena stabilitasnya yang tinggi dan kemampuannya untuk menjaga privasi pengguna.

Fitur seperti FileVault dan Gatekeeper membantu melindungi data pengguna dari akses yang tidak sah.

Selain itu, macOS juga menyediakan berbagai fitur bermanfaat seperti integrasi dengan iCloud, Time Machine untuk backup data, dan Siri untuk asisten virtual.

Meskipun macOS hanya tersedia untuk perangkat keras Apple, banyak pengguna yang menyukai sistem operasi ini karena kemudahan penggunaannya, keamanannya yang tinggi, dan integrasinya dengan perangkat lunak Apple lainnya.

Android OS

Android OS merupakan salah satu jenis sistem operasi yang paling populer untuk perangkat seluler seperti smartphone dan tablet.

Ia dikembangkan oleh Google dan pertama kali dirilis pada tahun 2008.

Salah satu keunggulan dari Android adalah karena bersifat open source, artinya siapa saja dapat mengakses kode sumber dan melakukan pengembangan pada sistem operasi tersebut.

Hal ini telah memungkinkan banyak pengembang aplikasi dan produsen perangkat seluler untuk memanfaatkan kelebihan dari sistem operasi ini.

Selain itu, Android juga memiliki berbagai fitur dan kemampuan seperti multitasking, notifikasi yang kaya, dukungan bahasa dan papan ketik yang beragam, dan integrasi dengan berbagai layanan Google seperti Google Drive dan Google Assistant.

Android juga terus mengalami pembaruan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan pengalaman pengguna.

Apple iOS

Apple iOS adalah sistem operasi seluler eksklusif yang dikembangkan oleh Apple Inc. dan hanya digunakan pada perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch.

iOS menawarkan antarmuka pengguna yang elegan dan mudah digunakan, serta memiliki banyak fitur canggih seperti Siri (asisten digital), Apple Pay (pembayaran digital), dan ARKit (platform realitas tertambah).

iOS juga mendapatkan pembaruan dan perbaikan secara rutin untuk memperbaiki bugs dan meningkatkan keamanan sistem operasi.

Linux OS

Linux Operating System adalah sebuah sistem operasi open source atau sumber terbuka yang didasarkan pada kernel Linux.
Ia dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan dikembangkan secara kolaboratif oleh ribuan pengembang dari seluruh dunia.

Hal ini memungkinkan pengembang dan pengguna untuk membuat variasi Linux yang berbeda-beda, seperti Ubuntu, Debian, Red Hat, dan Slackware, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, Android juga berbasis pada kernel Linux. Sehingga, Linux tidak hanya digunakan pada komputer, namun juga pada perangkat seluler seperti smartphone dan tablet.

Linux memang berbeda dari Windows dan Apple karena sifatnya yang open source dan terbuka.

Selain itu, Linux juga dikenal memiliki keamanan yang lebih baik dan tidak rentan terhadap serangan virus.

Sementara itu, di dalam lingkungan smartphone, terdapat beberapa sistem operasi selain Android dan iOS, seperti HarmonyOS (yang digunakan oleh Huawei), KaiOS (yang digunakan oleh ponsel fitur), dan masih banyak lagi.

Namun, memang Android dan iOS merupakan sistem operasi seluler yang paling populer dan mendominasi pasar saat ini.

Baca juga: 10 Cara Mengamankan Server Linux Anda

Kesimpulan

Sistem operasi atau operating system merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat, baik itu komputer, laptop, atau smartphone.

Fungsi utama dari sistem operasi adalah mengatur, mengendalikan, dan mengoptimalkan kinerja perangkat keras dan lunak yang ada di dalamnya.

Beberapa contoh sistem operasi yang populer di dunia saat ini antara lain Microsoft Windows, macOS Apple, Android, iOS, dan Linux.

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Windows, kami menyediakan layanan VPS Windows RDP Murah dengan data center Indonesia dan Singapore.

Semua Paket VPS Windows RDP Murah mendapatkan Akses Full RDP (Administrator) dengan Performa dan Teknologi Terkini.

Menggunakan 100% SSD SATA & SSD NVMe dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data Anda, serta dilengkapi dengan generasi terkini dari Intel CPU dan jaminan SLA sebesar 99,5%.

Kami menawarkan Windows Server dengan opsi BYOL dan Full Licensed. Jika Anda membutuhkan Licensed Version, silahkan menghubungi Tim Sales kami.

Semua pelanggan VPS Murah dari Herza.ID akan mendapatkan IP Dedicated Indonesia. Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest.

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan baru kami VPS SSD NVMe Indonesia.

Menggunakan SSD M.2 NVMe dengan 3D NAND Flash Memory untuk High-Speed Transmission.

Dan untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.

Jika Anda membutuhkan VPS yang akan diperuntukkan untuk VPN / Tunneling, silahkan melihat paket VPS Tunneling / VPN. Kami tidak mengizinkan penggunaan VPN atau Tunneling pada layanan VPS Regular kami.