Kelebihan dan Kekurangan VPS, Anda Harus Tahu Itu!

Kelebihan dan Kekurangan VPS – Ketika Anda memilih sebuah layanan hosting untuk website, tentunya Herza Friends menginginkan hosting terbaik agar bisnis Anda berjalan dengan lancer.

Sebelumnya sudah pernah kita bahas Perbedaan Shared Hosting, VPS dan Cloud Server dimana layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk Anda yang tertarik menggunakan layanan VPS atau ingin berpindah layanan dari Shared hosting ke VPS, Anda bisa membaca artikel kami terkait kelebihan dan kekurangan VPS sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda menggunakan layanan tersebut.

Berikut Penjelasannya!

Pengertian VPS

Apa itu VPS?

VPS adalah singkatan dari “Virtual Private Server” yang merupakan server virtual yang berjalan di dalam sebuah server fisik utama.

Dalam lingkungan VPS, server fisik tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa mesin virtual atau sistem virtual yang masing-masing berfungsi secara independen seperti server terpisah.

Setiap VPS memiliki sistem operasi sendiri dan dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu.

Seolah-olah setiap VPS adalah server fisik pribadi yang memiliki kontrol penuh atas sistemnya sendiri.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki akses root, menginstal dan mengkonfigurasi perangkat lunak, serta mengatur sumber daya sesuai kebutuhan Anda.

VPS memberikan isolasi yang kuat antara satu sama lain, artinya apa pun yang terjadi di satu VPS tidak akan mempengaruhi VPS lainnya yang berada di server fisik yang sama.

VPS sering digunakan oleh individu atau perusahaan untuk keperluan hosting website, mengembangkan atau menguji perangkat lunak, menjalankan aplikasi dengan persyaratan khusus, dan berbagai keperluan lainnya yang membutuhkan kontrol tinggi (akses root).

Dalam ringkasan, VPS adalah solusi hosting yang fleksibel dan terjangkau karena menyediakan akses ke lingkungan server virtual mandiri dengan kontrol penuh atas sistem operasi dan aplikasi yang dijalankan.

Baca juga: 14 Fungsi VPS atau Virtual Private Server yang Harus diKetahui

Jenis-Jenis VPS

Berdasarkan pengelolaannya, VPS terdiri dari dua jenis, yaitu managed VPS dan Unmanaged VPS. Berikut Penjelasannya!

Managed VPS

Managed VPS adalah layanan hosting di mana penyedia hosting menyediakan VPS dan juga menyertakan tim profesional untuk mengelola seluruh aspek teknis dan administratif dari server tersebut.

Layanan Managed VPS sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki kontrol penuh atas VPS mereka tanpa harus mengurus seluruh tugas teknis yang terkait.

Dengan memiliki tim profesional yang siap membantu, Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis atau proyek Anda tanpa harus khawatir tentang pengelolaan infrastruktur server secara mendetail.

Namun, perlu diingat bahwa layanan Managed VPS mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan layanan VPS reguler karena menyertakan dukungan dan pengelolaan tambahan.

Unmanaged VPS

Kebalikan dari managed VPS, Unmanaged VPS adalah layanan hosting di mana penyewa (pelanggan) bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dan konfigurasi server virtual mereka sendiri.

Penyedia layanan server hanya menyediakan koneksi jaringan dan server fisik, serta memastikan infrastruktur dasar berjalan dengan baik.

Meskipun unmanaged VPS menawarkan tingkat fleksibilitas dan kontrol yang tinggi, pengguna harus siap untuk menghadapi tugas-tugas pengelolaan server yang lebih rumit dan menghabiskan waktu untuk memastikan keamanan dan kinerja server.

Jika pengguna tidak memiliki keahlian teknis yang cukup, layanan managed VPS yang menyediakan dukungan pengelolaan server dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Baca juga: Jenis-Jenis VPS? Pilihlah VPS Terbaik – Herza.ID

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan dan Kekurangan VPS!

Seperti halnya layanan hosting yang lain, VPS juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakan layanan tersebut.

Berikut ini penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan VPS yang harus Anda ketahui!

Kelebihan VPS

Di bawah ini beberapa kelebihan VPS yang akan Anda dapatkan jika berlangganan dengan layanan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Resource Lebih Baik

Dalam layanan VPS, setiap pengguna mendapatkan alokasi sumber daya (seperti RAM, CPU, dan Bandwidth) yang terpisah dan eksklusif untuk VPS mereka sendiri.

Ini berarti setiap VPS berfungsi secara independen dan tidak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain yang berada di server fisik yang sama.

Berbeda dengan shared hosting, di mana banyak pengguna berbagi sumber daya yang sama dari satu server fisik, VPS memberikan isolasi yang kuat antara satu VPS dengan yang lain.

Dengan demikian, apa pun yang terjadi pada satu VPS tidak akan mempengaruhi kinerja atau sumber daya VPS lainnya.

Oleh karena itu, VPS menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang membutuhkan kontrol lebih tinggi atas lingkungan hosting mereka, kinerja yang dapat diandalkan, dan sumber daya yang eksklusif tanpa harus berbagi dengan pengguna lain.

Performa Stabil dan Bagus

VPS dapat memberikan kinerja dan performa yang stabil dalam mengelolah hosting website karena semua sumber daya digunakan sendiri.

Dengan sumber daya yang eksklusif, VPS tidak akan terpengaruh oleh aktivitas atau beban kerja dari pengguna lain yang berbagi server fisik.

Untuk website yang memiliki lalu lintas tinggi atau memerlukan kontrol tinggi, VPS adalah pilihan yang tepat untuk memastikan website Anda berjalan dengan lancar dan stabil.

Meskipun VPS memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan shared hosting, perlu diingat bahwa performa VPS juga dipengaruhi oleh bagaimana situs Anda diatur dan dioptimalkan.

Fungsi Beragam

VPS memang bersifat serbaguna dan fleksibel karena menyediakan sejumlah fitur yang lengkap di dalamnya.

Anda dapat menggunakan VPS sebagai alternative VPN untuk mengakses internet secara aman dan anonym.

Layanan ini juga bisa dijadikan sebagai server pengembangan dan uji coba perangkat lunak atau aplikasi lainnya serta masih banyak lagi fungsi VPS yang bisa Anda gunakan.

Hal ini membuat VPS menjadi pilihan populer untuk banyak perusahaan dan individu yang memerlukan fleksibilitas tinggi dan kinerja yang andal dalam mengelola dan menyajikan aplikasi dan konten mereka secara online.

Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin

Dalam lingkungan VPS, setiap pengguna memiliki database tersendiri yang terisolasi dari pengguna VPS lainnya yang berada di server fisik yang sama.

Kombinasi dari keamanan, privasi, dan kemampuan backup yang mumpuni membuat VPS menjadi solusi hosting yang ideal untuk menyimpan dan mengelola data penting.

Penggunaan VPS untuk menyimpan database dan file Anda memberikan kebebasan dan fleksibilitas, sambil memberikan jaminan bahwa data Anda aman dan terlindungi.

Skalabilitas Baik

salah satu keunggulan besar menggunakan VPS adalah kemampuannya untuk dengan mudah mengalami peningkatan skala sumber daya sesuai dengan perkembangan kebutuhan bisnis Anda.

Ini adalah salah satu alasan mengapa VPS sangat populer di kalangan perusahaan dan individu yang mengharapkan pertumbuhan dan perkembangan di masa depan.

Kemampuan untuk dengan cepat dan mudah meningkatkan skala sumber daya adalah keuntungan besar dari menggunakan VPS dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan berubah.

Ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang berubah dan memastikan kinerja optimal untuk situs web, aplikasi, atau layanan mereka tanpa harus berinvestasi dalam infrastruktur fisik yang mahal.

Mudah Melakukan Kustomisasi

VPS merupakan layanan server yang bersifat self-managed, yang berarti Anda memiliki kontrol penuh dan kebebasan untuk melakukan kustomisasi pada server sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Ini termasuk pemilihan sistem operasi (seperti CentOS, Ubuntu, Windows Server, dan lain-lain) serta panel kontrol yang akan digunakan untuk mengelola VPS.

Meskipun VPS menyediakan kebebasan kustomisasi, perlu diingat bahwa proses kustomisasi VPS memang membutuhkan pengetahuan teknis dan pemahaman tentang pengaturan server.

Jika tim IT perusahaan Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup, Anda dapat dengan mudah mengelola dan memanfaatkan VPS sesuai kebutuhan.

Namun, jika Anda tidak memiliki tim IT yang cukup berpengalaman, ada opsi untuk memanfaatkan layanan managed VPS di mana penyedia hosting akan membantu Anda dalam pengaturan dan pemeliharaan VPS agar Anda dapat fokus pada bisnis inti Anda.

Kontrol Penuh

Dalam lingkungan VPS, meskipun berada dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna VPS lain, Anda tetap memiliki akses penuh ke SSH (Secure Shell Connection) dan hak akses root ke server virtual Anda sendiri.

Dengan akses SSH dan hak akses root, VPS memberikan tingkat kontrol dan fleksibilitas yang tinggi atas server Anda.

Namun, perlu diingat bahwa dengan kontrol penuh juga datang tanggung jawab penuh untuk mengelola dan mengamankan VPS dengan benar.

Pastikan Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk mengelola VPS atau pertimbangkan menggunakan layanan managed VPS jika Anda memerlukan dukungan teknis tambahan dari penyedia hosting.

Harga Terjangkau

VPS menawarkan solusi hosting yang ekonomis dan terjangkau bagi banyak perusahaan dan individu.

Meskipun biaya berlangganan VPS dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi dan penyedia layanan, tetapi secara umum, VPS biasanya menawarkan nilai yang sangat baik untuk tingkat kontrol dan kinerja yang diberikan.

Tentu saja, biaya berlangganan VPS perlu dipertimbangkan sebagai bagian dari anggaran IT perusahaan Anda.

Namun, banyak bisnis menemukan bahwa nilai dan manfaat yang diberikan oleh VPS jauh melebihi biaya yang dikeluarkan.

Dengan VPS, Anda mendapatkan kontrol penuh, performa yang baik, dan skalabilitas untuk menghadapi pertumbuhan bisnis Anda tanpa harus berinvestasi dalam infrastruktur fisik yang mahal.

Kekurangan VPS

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan VPS, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan VPS jika Anda menggunakan layanan tersebut.

Berikut ini beberapa kekurangan layanan VPS yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

Harus Memiliki Kemampuan Teknis

VPS memberikan kebebasan kontrol dan kemampuan untuk mengubah pengaturan sesuai kebutuhan, tetapi juga menuntut pengguna untuk memiliki pengetahuan teknis yang cukup dalam pengoperasian server.

Mengelola server adalah tugas yang kompleks dan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang sistem operasi, jaringan, keamanan, dan aplikasi yang digunakan.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, menyewa tim khusus atau menggunakan layanan managed VPS dapat menjadi pilihan yang bijaksana.

Dalam managed VPS, penyedia hosting akan mengelola dan memelihara server untuk Anda, termasuk konfigurasi, pemeliharaan, dan pemantauan.

Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada bisnis inti Anda tanpa perlu khawatir tentang teknis dalam pengelolaan server.

Penting untuk diingat bahwa pengelolaan VPS adalah tanggung jawab yang serius dan membutuhkan dedikasi dan pengetahuan yang tepat.

Jika Anda atau tim Anda tidak memiliki kemampuan teknis yang diperlukan, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari para ahli dalam mengelola dan memelihara server VPS Anda.

Harga Lebih Tinggi dari pada Shared Hosting

VPS umumnya lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting karena menyediakan sumber daya eksklusif dan kontrol penuh atas server virtual.

Biaya berlangganan VPS akan meningkat seiring dengan meningkatnya kapasitas dan spesifikasi yang Anda butuhkan.

Selain biaya berlangganan VPS, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan jika memilih untuk menyewa atau membentuk tim baru untuk mengelola dan mengoptimalkan penggunaan VPS Anda.

Meskipun biaya VPS dan pengelolaan tim IT bisa menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan, banyak bisnis menemukan bahwa manfaat yang diberikan oleh VPS, seperti performa yang baik, kontrol penuh, dan skalabilitas, dapat melebihi biaya yang dikeluarkan.

Penting untuk melakukan analisis biaya-manfaat dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda secara keseluruhan saat memutuskan apakah VPS adalah solusi hosting yang tepat untuk Anda.

Jika memiliki anggaran terbatas atau kurang pengetahuan teknis, layanan shared hosting atau managed VPS mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau dan mudah diakses.

Baca juga: 12+ Tips Memilih VPS Terbaik – Herza.ID

Layanan VPS Murah Herza

Saat ini VPS banyak digunakan oleh perusahaan atau individu karena memiliki performa dan kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

Ketika ingin migrasi dari layanan hosting sebelumnya ke layanan VPS, pastikan Anda memilih jenis-jenis VPS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mendapatkan VPS terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, silahkan ikuti tips memilih VPS terbaik yang sudah kami berikan.

Jika Anda bingung memilih layanan VPS hosting  murah dan berkualitas, Herza Cloud hadir memberikan solusi untuk Anda.

Semua Paket VPS Linux Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia.

Semua pelanggan VPS Murah dari Herza Cloud akan mendapatkan IP Dedicated Indonesia. Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest.

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan baru kami VPS SSD NVMe Indonesia.

Kami juga menyediakan VPS Surabaya Murah dengan Latency terbaik yang terhubung langsung kepada Eyeball Telkom untuk user experience dan latency yang lebih baik bagi para User Telkom Indonesia (Indihome/Astinet).

Tidak hanya itu, untuk Anda yang berada di wilayah Malaysia dan sekitarnya, kami telah menyediakan layanan VPS Malaysia dengan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di AIMS Datacenter, Kuala Lumpur.

Namun, bagi Anda yang membutuhkan VPS Singapore Murah dengan Unmetered Bandwidth, kini Herza Cloud telah menyediakannya untuk Anda.

VPS Singapore Murah dari Herza Cloud terhubung langsung ke Tier-1 Upstream Provider dan dilengkapi dengan 10 Gbps Uplink yang Terkoneksi langsung ke Equinix Internet Exchange.

Jika Anda membutuhkan VPS yang akan diperuntukkan untuk VPN/Tunneling, silahkan melihat paket VPS Tunneling/VPN karena kami tidak mengizinkan penggunaan VPN atau Tunneling pada layanan VPS Regular kami.

Dan untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.

Untuk info lebih jelasnya silahkan hubungi kami!

Baca juga: Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux, Mana yang Lebih Baik?