12+ Tips Memilih VPS Terbaik

Ketika Anda memutuskan untuk beralih ke layanan VPS Murah, pastikan Anda sudah mempertimbangkan layanan VPS dengan baik. Apakah Anda tahu tips untuk memilih VPS terbaik?

Memilih VPS tidak semudah memilih shared hosting, karena ia harus mempertimbangkan beberapa hal agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli VPS, seperti tidak sesuai harapan atau masalah yang berhubungan dengan layanannya.

Lalu bagaimana tips untuk memilih VPS yang baik? Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana tips memilih VPS yang baik.

Namun sebelumnya, kita harus paham dulu apa itu VPS dan bagaimana fungsinya.

Tips Memilih VPS Terbaik
Tips Memilih VPS Terbaik

Apa Itu VPS?

VPS (Virtual Private Server) adalah salah satu hosting web yang menggunakan server virtual dan dikelola secara pribadi.

Pengguna VPS tidak perlu khawatir akan terganggu oleh pengguna lain, karena layanan VPS menggunakan koneksi secara pribadi sehingga data, riwayat, akses, serta informasi lainnya yang ada di website tidak akan terlihat oleh orang lain.

Sebenarnya penggunaan layanan VPS mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memahami perintah dasar dari Linux dan penggunaan panel seperti WHM atau Webuzo. 

Fungsi VPS

Ilsutrasi Fungsi VPS
Ilsutrasi Fungsi VPS

Setelah Anda mengetahui apa itu VPS,  alangkah baiknya jika Anda juga tahu fungsi dari VPS itu sendiri.

Seperti halnya layanan hosting yang lain, VPS juga dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda. Fungsi VPS diantaranya sebagai berikut.

Web Hosting

Jika Anda menginginkan layanan hosting dengan performa yang tinggi, maka VPS inilah jawabannya.

Layanan ini memberikan akses root dan fasilitas untuk mengembangkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, VPS mampu menghosting beberapa website sekaligus dan mempunyai kontrol penuh terhadap website-website tersebut.

Game Server

VPS berfungsi sebagai layanan hosting yang menyediakan live streaming dalam game server.

Di dalamnya, Anda bisa membangun game server secara bebas. Mulai dari install game, mengelola game, hingga membuat koneksi game yang lebih ama dari pihak ke tiga.

VPS sebagai Layanan VPN

Layanan VPS juga bisa menjadi layanan lain seperti VPN atau Virtual Private Network, contohnya VPS Tunneling/VPN dari Herza Cloud.

VPN adalah kumpulan jaringan yang terhubung dengan internet, tetapi hanya bisa digunakan dan diakses oleh orang-orang tertentu saja.

Pada umumnya fungsi ini dimanfaatkan oleh organisasi atau perusahaan yang membutuhkan jaringan privat untuk karyawannya, agar semua data-data penting disimpan dengan aman dan tidak diketahui orang lain yang bukan karyawan perusahaan tersebut.

Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

Ketika Anda membeli VPS, Anda sendiri yang akan mengatur konfigurasi dasar VPS. Oleh karena itu, Anda bebas menggunakan VPS termasuk menguji aplikasi.

Saat menguji aplikasi, Anda tidak perlu khawatir akan mempengaruhi keamanan infrastruktur teknologi perusahaan, karena aplikasi percobaan terpisah dengan server utama.

Backup Data

Hal yang harus Anda ketahui, sebaik apapun server akan tetap ada gangguan atau ancaman dibaliknya. Untuk itu, Anda harus mengantisipasi hal tersebut.

Caranya Anda bisa menjadikan VPS ini sebagai server cadangan. Anda bisa menggunakan VPS sebagai server saat server utama sedang mengalami gangguan.

Anda bisa membackup semua data penting ke VPS. Jadi, ketika data di server utama hilang, Anda bisa dengan mudah restore data-data tersebut.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Setelah mengetahui fungsi dari VPS itu sendiri, yang perlu Anda pertimbangkan adalah kapan waktu yang tepat untuk Anda menggunakan VPS.

Traffic Website Terlalu Tinggi

Saat traffic website Anda sudah tinggi, sebaiknya Anda langsung beralih ke layanan VPS, karena resource yang Anda gunakan di hosting sebelumnya merupakan resource bersama. Jadi, space disk dan bandwidth digunakan untuk beberapa website.

Ketika salah satu website menggunakan resource secara berlebihan, maka akan mengganggu website-website yang lain.

Bisa jadi Anda akan terkena suspensi dari perusahaan penyedia layanan hosting Anda. Namun biasanya sebelum perusahaan memberikan suspense, ia akan memberikan peringatan terlebih dahulu ketika website Anda menggunakan resource secara berlebihan.

Ingin Memiliki Kontrol Penuh terhadap Website

Layanan VPS cocok untuk Anda yang sedang menjalankan perusahaan besar, karena ia mampu menghosting beberapa website secara bersamaan dan memiliki kontrol penuh terhadap website-website tersebut.

Membutuhkan Penyimpanan File Berukuran Besar

Ketika Anda mengelola perusahaan besar tentunya Anda membutuhkan ruang penyimpanan file dan performa yang tinggi.

Layanan VPS memiliki performa dan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan semua data-data atau file-file penting perusahaan.

Membutuhkan Server yang Lebih Aman

VPS memiliki keamanan yang terjamin dibandingkan dengan layanan hosting yang lainnya,

Hal tersebut, karena Anda memiliki kontrol penuh terhadap layanan ini. Jadi Anda bisa melakukan konfigurasi keamanan VPS sesuai dengan standar keamanan yang Anda inginkan.

Selain itu, space disk dan bandwidth tidak dibagi-bagi dengan pengguna lain. Sehingga website Anda lebih aman dan stabil.

Tips Memilih VPS

Setelah memahami VPS, apakah ada ketertarikan untuk beralih ke layanan VPS? Namun, sebelum Anda beralih ke layanan VPS, ada beberapa tips yang akan kami kasih dalam memilih VPS terbaik. Berikut ini tips memilih VPS terbaik

Pahami Tujuan Memilih VPS

Sebelum Anda membeli VPS, langkah pertama adalah tentukan tujuan Anda dalam memilih VPS.

Banyak sekalia kegunaan yang bisa Anda gunakan dengan VPS, misalnya hosting web, backup data, penghubung layanan Internet of Things (IoT), dan lain sebagainya.

Memahami tujuan pemilihan VPS, akan memudahkan Anda dalam membeli VPS, karena setiap pengguna layanan VPS memiliki fokus masing-masing.

Pertimbangkan Rencana Ke Depan

Seiring dengan memahami tujuan pemilihan VPS, pertimbangkan juga rencana untuk ke depan. Apakah bisnis Anda membutuhkan sumber daya yang tinggi untuk berkembang dalam waktu dekat ini atau tidak.

Sumber daya yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan kedepan yaitu Hard Disk, RAM dan CPU.

Hal ini dilakukan karena proses migrasi VPS tidak semudah shared hosting. Jadi, jika sewaktu-waktu sumber daya yang Anda gunakan penuh, Anda harus melakukan proses migrasi.

Pilihan Operating System (OS)

Pemilihan operating system merupakan salah satu faktor utama yang harus Anda ketahui. Pada umumnya, sistem operasi pada VPS bisa menggunakan sistem VPS Windows dan VPS Linux.

Jika Anda sedang mengembangkan website dengan platform windows, maka VPS yang digunakan VPS windows.

Kapasitas Bandwidth Bulanan

Pastikan Anda memilih bandwidth yang kapasitasnya memadai, karena ia akan mempengaruhi proses kecepatan pengiriman data ke server.

Jika pengguanaan bandwidth melebihi batas, maka kecepatan VPS akan berkurang secara signifikan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya perhitungan kapasitas akan diatur ulang setiap bulannya.

RAM dan CPU

Ketika Anda menggunakan beberapa situs web secara bersamaan dalam satu VPS, Anda juga harus memperhatikan kapasitas RAM dan CPU.

Perlu kalian ingat, RAM dan CPU memiliki batasan kapasitas dalam server VPS. Idealnya, RAM untuk VPS adalah 4 GB. Semakin banyak web yang Anda gunakan, maka semakin tinggi kapasitas RAM yang harus Anda siapkan.

Sedangkan untuk CPUnya sendiri, Anda harus bisa memilih jenis CPU yang bagus, seperti pada Intel dengan E5 dan E7 Xeon server serta arsitektur seperti Broadwell dan Haswell.

Ruang Penyimpanan

Pada umumnya, saat ini jenis ruang penyimpanan ada dua tipe yaitu Hard Disk dan SSD (Solid-State Drive).

Ruang penyimpanan jenis Hard Disk memang umur ditawarkan, namun untuk cara kerjanya SSD lebih optimal karena SSD memiliki performa booting lebih cepat.

Selain itu, ketahanan SSD jauh lebih kuat dibandingkan dengan Hard Disk saat terjadi kegagalan power.

Cari Tahu Teknologi yang Digunakan

Anda harus mencari tahu teknologi apa yang diguakan di dalamnya, karena tidak semua VPS mendukung berbagai perangkat lunak.

Misalnya, versi kernel yang digunakan dalam VPS. Karena beberapa aplikasi tdak mendukung kernel atau hanya mendukung kernel versi baru.

Sistem Keamanan

Sistem keamanan data merupakan hal yang penting juga dalam memilih VPS. Hal ini karena menyangkut keselamatan organisasi atau perusahaan terakait data-data penting yang disimpan.

Keamanan data VPS biasanya berkaitan dengan platform visualisasi yang digunakan. Terdapat tiga macam platform visualisasi pada VPS yaitu KVM, OpenVZ dan XEN.

Manajemen Operasi Backend

Tips berikutnya yaitu memperhatikan manajemen operasi backend. Karena dalam VPS hosting ada dua jenis, yaitu managed dan unmanaged.

VPS manages memiliki kemudahan untuk Anda yang kurang menguasai kemampuan dalam mengelola VPS, karena penyedia layanan akan membantunya.

Namun harga dari VPS managed biasanya lebih mahal dibandingkan dengan VPS unmanaged.

Sedangkan VPS unmanaged memiliki harga lebih murah, dan keamanan lebih ketat, karena Anda sendiri yang akan mengatur konfigurasi VPS. Sehingga, Anda harus memiliki kemampuan yang cukup untuk mengelola VPS.

Data Center yang Digunakan

Data center merupakan tempat untuk menampung semua jenis data penting yang ada di website kalian.

Apabila jenis website yang digunakan adalah website bisnis atau website e-commerce, data yang disimpan merupakan data pelanggan.

Nah jika pelanggannya merupakan warga negara Indonesia, maka lebih baik memilih VPS yang memiliki data center Indonesia. Herza Cloud menyediakan VPS Indonesia Murah dengan pilihan berbagai Datacenter di Jabodetabek. Bahkan saat ini, Herza Cloud telah menyediakan VPS Surabaya, VPS Singapore dan baru baru ini kami melaunching Region VPS terbaru kami yaitu VPS Malaysia

Root Access

Root access biasanya diberikan ketikan Anda menggunakan VPS pada sistem operasi Linux, agar bisa menuliskan script coding untuk mengatur konfigurasi, melakukan kontrol VPS, dan menuliskan perintah SSH Linux.

Pahami Kesepakatan Kerja

Anda perlu memahami kesepakatan kerja saat Anda membeli VPS. Karena semua penyedia layanan VPS memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Jika kalian melanggar salah satu dari syarat dan ketentuan tersebut, kemungkinan besar VPS Anda akan dihapus atau disuspend.

Sesuaikan Anggaran

Harga layanan VPS memang sangat relatif, tergantung pelayanan dan ruang penyimpanan yang digunakan.

Untuk Anda yang sedang mencari layanan VPS Murah Indonesia, Herza.ID sedang memberikan diskon upto 50% terhitung mulai dari Rp 35.000 saja. Ayok buruan berlangganan bersama kami.

Tersedianya Customer Support yang Memadai

Terkadang kita tidak tahu kapan trouble atau masalah dengan VPS itu akan datang. Untuk itu, saat kita membeli VPS, pastikan kita memilih penyedia layanan VPS yang memiliki customer support 24/7.

Layanan Backup

Tips yang terakhir, pastikan tersedianya layanan backup. Karena semua data-data penting Anda akan berada pada server website. Sehingga performa dan kinerja website tidak akan terganggu.

Tertarik Menggunakan VPS atau Virtual Private Server?

VPS (Virtual Private Server)

Saat ini VPS banyak digunakan orang-orang karena memiliki performa dan kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

Ketika Anda mulai tertarik dan ingin migrasi dari layanan hosting sebelumnya ke layanan VPS, pastikan Anda mengikuti tips yang sudah kami berikan, agar bisa seusai dengan keinginan Anda.

Jika Anda bingung memilih layanan VPS hosting murah dan berkualitas, Herza Cloud hadir memberikan solusi untuk Anda.

Semua Paket VPS Linux Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia.

Semua pelanggan VPS Murah dari Herza Cloud akan mendapatkan IP Dedicated Indonesia. Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest.

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan baru kami VPS SSD NVMe Indonesia.

Kami juga menyediakan VPS Surabaya Murah dengan Latency terbaik yang terhubung langsung kepada Eyeball Telkom untuk user experience dan latency yang lebih baik bagi para User Telkom Indonesia (Indihome/Astinet).

Tidak hanya itu, untuk Anda yang berada di wilayah Malaysia dan sekitarnya, kami telah menyediakan layanan VPS Malaysia dengan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di AIMS Datacenter, Kuala Lumpur.

Namun, bagi Anda yang membutuhkan VPS Singapore Murah dengan Unmetered Bandwidth, kini Herza Cloud telah menyediakannya untuk Anda.

VPS Singapore Murah dari Herza Cloud terhubung langsung ke Tier-1 Upstream Provider dan dilengkapi dengan 10 Gbps Uplink yang Terkoneksi langsung ke Equinix Internet Exchange.

Disamping itu, seluruh layanan Herza Cloud sudah terproteksi dengan Anti DDOS Protection dan menggunakan Teknologi Intel terkini dengan SSD Storage + RAID 10 untuk Keamanan data Anda.

Uptime 99,5% dengan Equinix SG1 Datacenter, salah satu Datacenter Terbaik di Asia Tenggara

Jika Anda membutuhkan VPS yang akan diperuntukkan untuk VPN / Tunneling, silahkan melihat paket VPS Tunneling / VPN. Kami tidak mengizinkan penggunaan VPN atau Tunneling pada layanan VPS Regular kami.

Dan untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.

Anda bingung dalam memilih VPS Yang mana Cocok untuk Anda? Silahkan membaca Artikel kami tentang Perbedaan dari VPS OpenVZ dan KVM