Apa itu VPS Hosting? Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. VPS atau Virtual Private Server adalah Server Pribadi Virtual, dan merupakan server yang tervirtualisasi. Lingkungan VPS Hosting meniru server khusus dalam lingkungan hosting bersama. Secara teknis bisa dikatakan adalah Shared Server dalam Dedicated Server.

VPS Hosting adalah salah satu dari beberapa jenis akun hosting web yang dapat Anda pilih untuk menghost situs web Anda secara online. Untuk memiliki situs web di internet, Anda harus memiliki file situs web di server web.

Sebelum kita membahas lebih jauh apa itu VPS Hosting, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu Perbedaan Shared Web Hosting dan VPS.

Menyiapkan dan mengelola server tidak hanya mahal, tetapi juga sulit. Membeli Web Hosting memungkinkan seseorang untuk menyewa ruang di server web, sehingga memudahkan rata-rata orang untuk menghost situs web secara online karena yang perlu mereka lakukan hanyalah mengunggah file situs mereka (tidak diperlukan pengaturan server pada bagian mereka).

Apa itu VPS Hosting?

Mengapa VPS Hosting berbeda dari Dedicated?

Dengan Dedicated Server kami, Anda menyewa seluruh server tersebut. Ini optimal untuk orang-orang yang memiliki lalu lintas yang sangat tinggi ke situs web mereka atau perlu menyiapkan server mereka dengan cara yang sangat spesifik. Namun tidak semua orang perlu memiliki server web yang sepenuhnya berdedikasi. Jika Anda baru memulai dengan situs web Anda, Anda dapat menghemat sedikit uang jika Anda menyewa sebagian kecil dari server. VPS Hosting adalah ketika Anda membagikan sebagian server dengan pengguna lain alih-alih menyewakan seluruh server kepada diri sendiri.

Jika Anda mempertimbangkan Dedicated Server dan tidak yakin apakah itu tepat untuk Anda, mungkin Anda perlu mendapatkan VPS Hosting.

Baca juga Artikel kami Kenapa Memilih Dedicated Server

Bagaimana cara kerja VPS Hosting?

Teknologi di balik VPS Hosting mirip dengan OpenVZ atau KVM. Program-program ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi tervirtualisasi pada satu mesin. Misalnya, desktop Anda mungkin menjalankan Windows 7, tetapi Anda juga dapat menjalankan sistem operasi lain seperti Windows XP atau Linux tanpa perlu me-restart komputer Anda.

Virtualisasi Sistem Operasi

Lingkungan VPS Hosting kami berfungsi dengan cara yang sama. Meskipun kami memiliki satu server fisik, kami dapat menjalankan beberapa sistem operasi virtual yang berbeda pada satu server itu. Setiap sistem operasi tervirtualisasi bertindak seolah-olah itu adalah server khusus. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua manfaat dari server khusus dengan sebagian kecil dari biaya.

Baca Artikel kami tentang Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM.

Herza.ID menggunakan Parallels Virtuozzo Containers untuk melakukan virtualisasi Sistem Operatif. Setiap lingkungan VPS Hosting disebut sebagai container, dan server fisik masing-masing wadah disediakan untuk disebut sebagai node.

Apa manfaat VPS Hosting?

VPS hosting memberi Anda keterjangkauan shared hosting sementara pada saat yang sama memberi Anda lebih banyak kekuatan dan kontrol seperti server khusus.

PrivasiKarena Anda tidak membagikan OS Anda dengan orang lain, tidak ada situs web lain di server Anda yang berpotensi memiliki akses ke file Anda.
KustomisasiDengan Server VPS, Anda memiliki Sistem Operasi Anda sendiri. Ini juga berarti bahwa Anda memiliki instance sendiri dari semua aplikasi server seperti Apache, PHP, dan MySQL. Jika Anda perlu menyesuaikan layanan ini, Anda dapat membuat perubahan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.
KontrolJika Anda menginstal aplikasi server yang memerlukan restart sistem, Anda dapat melakukannya kapan saja. Meskipun secara teknis Anda berbagi server dengan server VPS lain, server VPS Anda dapat dimulai ulang tanpa memengaruhi orang lain.
Sumber Daya KhususPada Server VPS, Anda memiliki jumlah RAM khusus yang tersedia untuk Anda setiap saat. Tidak seperti shared hosting, tidak ada orang lain di server Anda yang dapat menggunakan semua RAM saat Anda paling membutuhkannya!

Opsi Manajemen Server VPS

Platform VPS Hosting kami menawarkan pilihan antara dua gaya manajemen yang berbeda. VPS Hosting dengan cPanel mencakup Konfigurasi yang Dioptimalkan untuk kinerja yang lebih baik, dan cadangan otomatis untuk manajemen server yang lebih mudah. Cloud VPS mencakup akses root penuh, RAM dan CPU yang dapat meledak, dan harga yang lebih rendah untuk kontrol dan kecepatan yang lebih tinggi.