Perbedaan Layanan VPN Berbayar dan Gratis, Anda Wajib Tahu!

Perbedaan VPN Berbayar dan Gratis – Dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network), memungkinkan Anda untuk merasakan manfaat dari layanan tersebut.

Diantara manfaat tersebut adalah keamanan tambahan saat Anda terhubung ke internet, privasi, mengakses konten terbatas atau diblokir di wilayah Anda dan kebebasan internet.

Untuk merasakan Manfaat dari VPN, umumnya Anda harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan layanan tersebut.

Namun apakah Anda tahu layanan VPN bisa Anda dapatkan secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun?

Ya, Anda bisa mendapatkan layanan tersebut secara percuma dengan ketentuan yang berlaku.

Eitssss jangan gegabah, sebelum Anda mencoba untuk menggunakan layanan VPN gratis, Anda harus tahu dulu perbedaan VPN berbayar dan gratis agar Anda bisa mempertimbangkannya dengan baik.

Baca juga: Perbedaan VPN dan Proxy, Mana yang Lebih Baik?

Pengertian VPS Tunneling/VPN

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk membuat koneksi aman dan pribadi antara perangkat Anda (seperti komputer, smartphone, atau tablet) dengan internet.

VPN membentuk jalur komunikasi yang terenkripsi antara perangkat Anda dan server VPN yang terletak di lokasi yang berbeda.

Ketika Anda menggunakan VPN, data yang dikirimkan melalui koneksi internet Anda dienkripsi.

Sehingga informasi tersebut menjadi tidak terbaca oleh pihak lain yang mencoba mengaksesnya.

Selain itu, VPN juga mengubah alamat IP (Internet Protocol) Anda, yaitu alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat Anda di internet menjadi alamat IP dari VPN tersebut.

Dengan mengganti alamat IP, VPN memungkinkan Anda untuk menyembunyikan lokasi fisik Anda dan mengakses internet seolah-olah Anda sedang terhubung dari lokasi lain.

Baca juga: Perbedaan VPN dan DNS yang Harus Anda Ketahui!

Perbedaan Layanan VPN berbayar dan Gratis

Perbedaan VPN Berbayar dan Gratis

Meskipun layanan VPN bisa Anda dapatkan secara gratis, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya terutama dari sisi kinerja dan keamanan yang ditawarkan.

Berikut adalah beberapa perbedaan VPN berbayar dan gratis, diantaranya:

Kecepatan

Layanan VPN berbayar sering kali menawarkan koneksi yang lebih cepat dan stabil daripada layanan VPN gratis.

Hal ini disebabkan oleh alokasi sumber daya yang lebih baik dan jaringan server yang lebih besar dan lebih andal.

Beberapa layanan VPN gratis sering menghadapi pembatasan kecepatan atau kapasitas, yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna saat streaming atau mengunduh data.

Keamanan

Layanan VPN berbayar umumnya menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada layanan VPN gratis.

Mereka sering kali menggunakan protokol enkripsi yang lebih kuat dan memiliki kebijakan tanpa pencatatan (no-logs policy) yang ketat, yang berarti mereka tidak menyimpan catatan aktivitas pengguna.

Di sisi lain, beberapa layanan VPN gratis mungkin memiliki batasan keamanan atau bahkan dapat mengumpulkan dan membagikan data pengguna dengan pihak ketiga.

Jumlah Server

Layanan VPN berbayar cenderung menawarkan lebih banyak opsi server di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih server yang paling cocok dengan kebutuhan mereka, seperti mengakses konten terbatas geografis.

Layanan VPN gratis seringkali memiliki pilihan server yang lebih terbatas, dan beberapa bahkan hanya menyediakan satu atau beberapa lokasi server.

Pilihan Protokol

Layanan VPN berbayar cenderung menawarkan pilihan protokol yang lebih luas kepada pengguna mereka.

Mereka seringkali mendukung protokol seperti OpenVPN, WireGuard, IPSec, SSTP, dan L2TP/IPSec.

Dengan pilihan yang lebih banyak, pengguna dapat memilih protokol yang sesuai dengan kebutuhan keamanan, kompatibilitas perangkat, dan kinerja yang diinginkan.

Sedangkan untuk layanan VPN gratis mungkin memiliki batasan dalam hal pilihan protokol.

Mereka mungkin hanya mendukung satu atau dua protokol, seperti PPTP atau L2TP/IPSec.

Ini dapat membatasi fleksibilitas pengguna dalam memilih protokol yang paling cocok dengan kebutuhan mereka.

Batas Penggunaan

Layanan VPN berbayar umumnya menawarkan batas penggunaan yang lebih tinggi atau bahkan tanpa batasan yang signifikan.

Pengguna dapat mengakses dan menggunakan layanan VPN dengan jumlah data yang besar, waktu penggunaan yang lebih lama, atau dengan jumlah perangkat yang lebih banyak.

Meskipun ada beberapa pembatasan yang mungkin diterapkan oleh beberapa penyedia layanan VPN berbayar, batasannya umumnya lebih longgar dan sesuai dengan kebutuhan pengguna yang lebih intensif.

Sementara layanan VPN gratis seringkali memiliki batasan penggunaan yang lebih ketat.

Mereka mungkin membatasi jumlah data yang dapat diakses atau waktu penggunaan per hari atau per bulan.

Beberapa layanan VPN gratis bahkan dapat membatasi kecepatan koneksi atau membatasi akses ke server tertentu.

Pembatasan ini dapat mempengaruhi penggunaan VPN Anda, terutama jika Anda menginginkan penggunaan yang intensif atau ingin mengakses konten yang membutuhkan banyak bandwidth.

Dukungan Pelanggan

Layanan VPN berbayar sering kali menyediakan dukungan pelanggan yang lebih baik, dengan waktu respons yang lebih cepat dan akses ke tim dukungan yang berpengalaman.

Di sisi lain, layanan VPN gratis mungkin memiliki dukungan yang terbatas atau bahkan tidak menyediakan dukungan sama sekali.

Biaya

Dari sisi biaya, terdapat perbedaan yang jelas antara layanan VPN berbayar dan gratis. Layanan VPN berbayar memerlukan biaya langganan yang harus dibayar oleh pengguna.

Biaya ini bervariasi tergantung pada penyedia layanan, paket langganan yang dipilih, dan durasi langganan yang diinginkan.

Pengguna biasanya dapat memilih antara berbagai paket langganan, seperti langganan bulanan, tahunan, atau jangka waktu yang lebih lama.

Layanan VPN berbayar seringkali menawarkan fitur yang lebih lengkap, kinerja yang lebih baik, dan dukungan pelanggan yang lebih baik.

Namun, biayanya harus dikeluarkan secara berkala untuk menjaga langganan tetap aktif.

Seperti namanya, layanan VPN gratis tidak memerlukan pembayaran untuk digunakan.

Pengguna dapat mengunduh dan menggunakan layanan tersebut tanpa membayar biaya langganan.

Namun, layanan VPN gratis seringkali memiliki batasan dan keterbatasan tertentu, seperti batasan kecepatan, batasan penggunaan data, atau keterbatasan fitur.

Beberapa layanan VPN gratis mungkin juga mencakup iklan atau memonetisasi pengguna dengan cara lain.

Meskipun tanpa biaya, layanan VPN gratis mungkin tidak memberikan tingkat keamanan, kecepatan, dan privasi yang sama dengan layanan VPN berbayar.

Layanan VPN/Tunneling Herza

Sampai sini sudah tahu bukan perbedaan VPN berbayar dan gratis, jadi apa pilihan Anda?

Meskipun ada beberapa layanan VPN gratis yang dapat memberikan tingkat keamanan dan kinerja yang cukup baik, terutama jika penggunaan Anda relatif sederhana.

Namun, jika Anda membutuhkan keamanan, kecepatan, dan fungsionalitas yang lebih tinggi, serta dukungan pelanggan yang baik, maka layanan VPN berbayar biasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

Jika Anda membutuhkan layanan VPN murah untuk bisnis Anda, silahkan konsultasikan bersama Herza Cloud.

Herza Cloud telah menyediakan VPS khusus Tunneling / VPN yang bisa digunakan untuk memberikan Layanan VPN / SSH Tunneling secara komersil ataupun pribadi.

Semua Paket VPS Tunneling Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99.5% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia. 

So tunggu apalagi segera hubungi kami untuk berlangganan VPS Tunneling/VPN.