5 Fungsi VPN dan Cara Kerjanya

Dalam artikel sebelumnya kita sudah mengenal  apa itu VPN dan Alasan Menggunakannya. Dulu fungsi VPN digunakan sebagai alat untuk mengkoneksikan jaringan antar perusahaan atau menggunakan jaringan kantor dari rumah dengan aman.

Namun, sekarang fungsi VPN ini lebih dari itu. Masih banyak fungsi VPN yang harus Anda ketahui sebelum Anda menggunakan layanan tersebut.

Anda tidak perlu bingung mencari informasi mengenai fungsi VPN, karena dalam artikel ini, kita akan bahas terkait fungsi VPN dan cara kerjanya.

Jadi, simak sampai selesai ya!

Apa itu VPN?

Apa itu VPN (Virtual Private Network)?
Apa itu VPN (Virtual Private Network)?

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang memungkinkan Anda terhubung ke server VPN yang terletak di lokasi lain, dan merutekan lalu lintas internet Anda melalui server tersebut, serta menyediakan koneksi yang aman dan pribadi.

Ini memungkinkan Anda mengakses situs web dan konten yang mungkin dibatasi di negara Anda sendiri, dan juga membantu melindungi privasi online Anda dengan menyembunyikan alamat IP dan mengenkripsi data Anda.

Dengan kata lain, VPN adalah layanan yang mengizinkan Anda untuk terhubung ke internet melalui server yang terletak di negara lain.

sehingga Anda dapat mengakses konten yang mungkin diblokir di negara Anda dan menjaga privasi online dengan menyembunyikan alamat IP asli serta mengenkripsi data yang dikirim dan diterima.

Fungsi VPN

Berikut ini beberapa fungsi utama dari VPN adalah sebagai berikut:

  1. Mengamankan Enkripsi
    fungsi utama VPN adalah untuk mengamankan enkripsi jaringan internet Anda.

    Saat menggunakan VPN, data yang dikirim dan diterima melalui jaringan internet akan dienkripsi atau disamarkan menjadi angka dan huruf acak sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

    Hal ini membuat koneksi internet Anda lebih aman dan privasi Anda lebih terlindungi dari serangan peretas atau pengintaian.

  2. Remote Access
    VPN dapat digunakan untuk remote access, yaitu mengakses jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke internet.


  3. Dapat Mengakses Situs yang Diblokir.
    Beberapa negara atau organisasi dapat memblokir akses ke situs-situs tertentu, seperti media sosial atau situs berita.


    Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengakses situs-situs tersebut dengan aman karena koneksi Anda akan dilakukan melalui server VPN yang berada di lokasi lain.

  4. Dapat Melindungi Privasi Online.
    Saat menggunakan VPN, alamat IP asli Anda akan disembunyikan dan digantikan dengan alamat IP dari server VPN. Hal ini akan menyulitkan pihak-pihak yang ingin melacak aktivitas online Anda.


  5. Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi Publik.
    Jaringan Wi-Fi publik seringkali tidak aman dan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses informasi pribadi Anda.


    Dengan menggunakan VPN, Anda dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik dengan aman.

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN adalah dengan menyediakan metode enkripsi untuk pertukaran data sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Ini sangat berguna ketika mengakses internet melalui jaringan publik yang tidak aman, seperti hotspot Wi-Fi di kafe atau bandara, karena VPN akan melindungi informasi Anda dari peretas dan penyadap.

Selain itu, VPN juga memungkinkan Anda untuk mengakses situs web yang diblokir atau dibatasi oleh pemerintah atau perusahaan, dan menyembunyikan alamat IP asli Anda sehingga Anda dapat menjelajahi internet secara anonim.

Berikut ini perbedaan gambar ilustrasi koneksi melalui jaringan tanpa VPN dan menggunakan VPN.

Fungsi VPN dan Cara Kerjanya
Koneksi Melalui Jaringan Tanpa VPN

Koneksi melalui jaringan tanpa VPN adalah koneksi yang dilakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi.

Pertukaran data antara perangkat yang Anda gunakan dan aplikasi yang diakses melalui internet tidak dienkripsi sehingga dapat dilihat oleh pihak lain.

Ini tidak menjadi masalah jika data yang diproses hanya data biasa seperti pencarian di Google atau hiburan, tetapi akan menjadi masalah jika data yang diproses adalah data sensitif seperti perbankan online atau email bisnis.

Fungsi VPN dan Cara Kerjanya
Koneksi Melalui Jaringan dengan Menggunakan VPN

Sedangkan koneksi melalui jaringan menggunakan VPN, data yang dikirimkan dan diterima dienkripsi sebelum diteruskan melalui jaringan publik seperti internet.

Data tersebut hanya dapat dibuka dengan kunci enkripsi yang sesuai dan hanya dapat diterima oleh penerima yang memiliki kunci tersebut.

VPN juga mengubah jalur koneksi melalui server yang ditentukan, sehingga menyembunyikan pertukaran data yang terjadi dan menyulitkan pihak yang tidak diinginkan untuk memonitor atau menyadap koneksi Anda.

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat melakukan perbankan online, email bisnis, atau aktivitas lain yang sensitif dengan lebih aman dan percaya diri.

Manfaat VPN

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan layanan VPN, diantaranya adalah remote access.

VPN memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan kantor dari jarak jauh, sehingga Anda dapat bekerja dari mana saja selama terhubung dengan internet.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain sebagai berikut:

  1. ByPass
    VPN memungkinkan Anda untuk mengakses situs web dan layanan yang diblokir di wilayah Anda dengan mengubah lokasi Anda virtual.

  2. Pengamanan Data di Jaringan Publik
    VPN menyediakan enkripsi yang membuat koneksi Anda aman dan terlindungi dari serangan man-in-the-middle (MITM).

  3. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim
    VPN menyembunyikan identitas Anda dan melindungi privasi Anda dengan menyamarkan alamat IP Anda.

  4. Data Dienkripsi
    Data yang dikirimkan dan diterima dienkripsi sebelum diteruskan melalui jaringan publik seperti internet.

    VPN juga mengubah jalur koneksi melalui server yang ditentukan, sehingga menyembunyikan pertukaran data yang terjadi dan menyulitkan pihak yang tidak diinginkan untuk memonitor atau menyadap koneksi Anda.

  5. Enkripsi Informasi Perangkat
    Data yang tersimpan pada perangkat akan lebih aman dari ancaman peretasan atau pencurian data, karena orang lain tidak dapat dengan mudah mengidentifikasi perangkat/ apa yang Anda lakukan.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Seperti halnya layanan lain, VPN juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan VPN

Adapun kelebih dari VPN yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan layanan VPN, antara lain sebagai berikut:

  1. Keamanan: VPN menyediakan enkripsi untuk pertukaran data sehingga informasi yang dikirimkan tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak diinginkan.

  2. Anonymity: VPN menyembunyikan identitas Anda dan lokasi Anda sehingga Anda dapat menjelajah internet dengan privasi tinggi.

  3. Bypass geo-restriction: VPN dapat membantu Anda untuk mengakses konten yang diblokir di wilayah tertentu.

  4. Remote access: VPN memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan kantor dari mana saja, selama terhubung ke internet.

  5. Peningkatan kinerja: VPN dapat mempercepat koneksi internet Anda jika Anda berada di wilayah dengan koneksi internet yang lambat.

Kekurangan VPN

Selain kelebihan, ada juga kekurangan VPN yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum berlangganan layanan tersebut, diantaranya adalah:

  1. Kecepatan: koneksi internet dapat menjadi lebih lambat karena data harus dienkripsi sebelum diteruskan ke server VPN dan didekripsi kembali sebelum diterima oleh perangkat Anda.

  2. Ketergantungan pada kualitas server: kualitas koneksi VPN dapat dipengaruhi oleh kualitas server yang digunakan. Jika server tidak stabil atau sobat, maka koneksi VPN Anda juga akan menjadi tidak stabil.

  3. Keterbatasan akses: beberapa server VPN dapat diblokir atau dibatasi aksesnya oleh pemerintah atau pihak ketiga lainnya, sehingga Anda mungkin tidak dapat mengakses beberapa situs atau layanan yang diinginkan.

Amankah Menggunakan VPN?

Secara umum, VPN dapat meningkatkan keamanan saat mengakses internet, namun tidak sepenuhnya menjamin privasi dan keamanan informasi Anda.

Sebaiknya, pastikan untuk menggunakan VPN yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menjaga keamanan data.

Selain itu, pastikan untuk memahami batasan teknologi dan hukum yang berlaku, serta kebijakan perusahaan VPN yang digunakan.

Batasan Teknologi

Batasan teknologi dari VPN dapat berupa tipe protokol yang digunakan dan tingkat enkripsi yang diterapkan.

Beberapa protokol VPN yang umum digunakan adalah PPTP, L2TP/IPSec, dan OpenVPN.

Enkripsi yang digunakan juga berpengaruh pada tingkat keamanan dari VPN. Semakin kuat enkripsi yang digunakan, semakin aman juga koneksi VPN.

Namun, tingkat enkripsi yang lebih tinggi juga akan menyebabkan koneksi VPN menjadi lebih lambat.

Selain itu, ada juga beberapa batasan yang ditetapkan oleh perangkat keras yang digunakan, seperti limitasi dari jumlah koneksi yang dapat diterima oleh server VPN dan kapasitas penyimpanan yang tersedia.

Batasan Hukum

Batasan hukum dapat berbeda-beda di setiap negara. Beberapa negara mungkin memiliki undang-undang yang mengatur penggunaan VPN dan kebijakan yang ketat terkait dengan privasi online.

Ada juga negara yang melarang penggunaan VPN sama sekali. Hal ini dapat membuat pelanggaran hukum jika seseorang menggunakan VPN di negara tersebut.

Selain itu, perusahaan VPN juga harus mematuhi undang-undang yang berlaku di negara mereka, yang dapat membatasi apa yang dapat mereka lakukan dan bagaimana mereka melindungi data pengguna.

Jadi, Kapan Harus Menggunakan VPN?

Anda harus menggunakan VPN ketika Anda perlu mengakses internet dari jaringan yang tidak dapat diandalkan atau tidak aman, seperti jaringan Wi-Fi publik atau hotspot.

Anda juga bisa menggunakan VPN ketika Anda ingin menjaga privasi dan keamanan online saat mengakses situs web atau layanan yang mungkin tidak aman.

VPN juga dapat digunakan untuk mengakses konten yang diblokir atau dibatasi geografis, dan untuk membuat Anda terlihat seolah-olah Anda berada di lokasi lain.

Menggunakan VPN dapat sangat berguna dalam beberapa situasi, seperti :

  1. Saat mengakses internet dari jaringan publik seperti warung internet, kantor, atau universitas.

  2. Saat bepergian ke luar negeri dan ingin mengakses situs yang diblokir di negara tersebut.

  3. Saat ingin menjaga privasi online dan menghindari pelacakan oleh pihak ketiga atau pemerintah.

  4. Saat ingin mengakses aplikasi atau situs yang hanya tersedia di negara tertentu.

  5. Saat mengakses layanan atau aplikasi yang memerlukan koneksi yang aman seperti perbankan online atau layanan kesehatan.

Cara Mendapatkan VPN Gratis

VPN gratis adalah layanan yang menyediakan server VPN yang dapat digunakan tanpa harus membayar.

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan VPN gratis, namun seringkali layanan ini memiliki batasan-batasan seperti kuota data atau kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan layanan VPN berbayar.

Ada juga beberapa aplikasi mobile yang menyediakan layanan VPN gratis, namun seringkali terdapat iklan yang ditampilkan sebagai cara untuk menutupi biaya operasional.

Hotspot Shield

Hotspot Shield merupakan salah satu perusahaan VPN yang cukup populer.

Mereka menyediakan layanan VPN premium yang memberikan akses ke server VPN yang lebih banyak dan fitur-fitur tambahan seperti pemblokiran iklan dan perlindungan malware.

Namun, Hotspot Shield juga menyediakan versi gratis dari layanannya yang dapat digunakan oleh pengguna.

Versi gratis ini memberikan akses ke server VPN yang terbatas dan tidak menyediakan fitur-fitur tambahan seperti yang ada pada versi premium.

Namun, versi gratis ini masih dapat digunakan untuk melindungi privasi online dan mengakses situs web yang diblokir.

TunnelBear

Sementara itu, TunnelBear adalah aplikasi VPN yang juga menyediakan versi gratis.

Versi gratis ini dapat digunakan di perangkat mobile dan desktop dan memberikan Anda akses ke server di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Jerman.

Namun, ada batasan data sebesar 500MB per bulan. Jika Anda membutuhkan koneksi yang lebih cepat dan lebih banyak data, Anda dapat membeli versi premium dari aplikasi ini.

Hide.me

Hide.me adalah salah satu penyedia layanan VPN gratis yang cukup terkenal.

Layanan ini menyediakan server VPN di beberapa negara dan menawarkan enkripsi tingkat tinggi untuk melindungi privasi pengguna.

Hide.me juga menyediakan aplikasi yang mudah digunakan untuk perangkat desktop dan mobile.

Namun, versi gratis dari layanan ini hanya menyediakan batasan dalam hal bandwidth dan pemakaian per bulan.

Cara Memasang VPN di Android

Selain desktop, VPN juga bisa diinstall di Android. Untuk menggunakan VPN di android Anda bisa mengunduh aplikasi VPN gratis dari Playstore, seperti :

  • Hotspot Shield Free VPN
  • TunnelBear VPN
  • SpeedVPN Free VPN Proxy
  • Turbo VPN
  • VPN Master Free unblock Proxy
  • OpenVPN for Android

Setelah aplikasi terinstall, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan memilih server VPN yang ingin digunakan.

Kemudian Anda bisa mengaktifkan VPN dengan mengklik tombol connect. Setelah terkoneksi, semua aktivitas internet Anda akan melewati server VPN yang dipilih dan terlindungi dari pengintai.

Kesimpulan

VPN adalah layanan yang dapat membantu Anda mengamankan koneksi yang Anda lakukan serta mengamankan identitas dan data Anda dengan cara mengenkripsi pertukaran data yang terjadi sebelum diterima oleh jaringan publik.

Ada beberapa pilihan aplikasi penyedia layanan server VPN, namun Anda juga bisa membuat server VPN sendiri di layanan VPS Tunneling.

Sekarang Herza Cloud telah menyediakan VPS khusus Tunneling / VPN yang bisa digunakan untuk memberikan Layanan VPN / SSH Tunneling secara komersil ataupun pribadi.

Semua Paket VPS Tunneling Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99.5% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia. 

So… tunggu apalagi, yuk berlangganan sekarang!