Pengetahuan Dasar
Per tanggal 1 Juni 2022, kami akan menyediakan Layanan Backup berbayar dengan opsi Mingguan (Weekly) dan Harian (Daily). Layanan Backup ini menggunakan TrueNAS (sebelumnya bernama FreeNAS) dengan ZFS File System Technology. Dilengkapi dengan 12 x 6TB SAS Drive dan menggunakan RAID-Z2 untuk keamanan data Anda.
Dan untuk dapat menggunakan Layanan Backup ini, Anda dapat membelinya dengan memilih Layanan Backup sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini, kami mempunya 6 Opsi pilihan Layanan Backup. Berikut penjelasannya.
- Weekly - 1 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari minggu subuh (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 1 File Backup saja
- Weekly - 2 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari minggu subuh (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 2 File Backup (Backup terkini dan 1 file backup sebelumnya)
- Weekly - 3 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari minggu subuh (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 3 File Backup (Backup terkini dan 2 file backup sebelumnya)
- Daily - 1 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 1 File Backup saja
- Daily - 2 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 2 File Backup (Backup terkini dan 1 file backup sebelumnya)
- Daily - 3 Rotation: Backup akan dilakukan setiap hari (Pukul 01:00 pagi) dan akan menyimpan hanya 3 File Backup (Backup terkini dan 2 file backup sebelumnya)
Catatan:
- Pelanggan dapat melakukan Backup manual melalui Portal Cloud Akun masing masing maximal sebanyak rotasi yang diizinkan. Jadi contohnya ketika Anda memilih Layanan backup mingguan (1 Rotasi), dan backup berjalan di hari minggu pagi, dan kemudian di hari selasa besok Anda melakukan backup lagi, maka itu akan menimpa file backup Anda di hari minggu kemaren, karena rotasi file backup maximal 1.
- Jika Pelanggan memiliki layanan Backup Weekly (2 Rotasi), maka pelanggan dapat melakukan manual backup 2x setiap minggunya dan akan menyimpan max 2 file backup. Jadi contohnya ketika backup otomatis berjalan di hari minggu subuh, dan hari senin Anda melakukan backup manual, maka file backup di hari minggu tidak akan hilang atau overwritten. Karena Anda memiliki 2 Rotasi backup. Tetapi ketika di hari Kamis besoknya Anda melakukan backup manual, maka file backup yang tertua yaitu hari minggu akan tertimpa (Overwritten) dengan backup yang terkini.
Order Layanan Backup
Layanan backup dapat dipilih pada Order Form ketika melakukan pemesanan VPS, sesuai dengan screenshot berikut.
BACKUP / RESTORE
Setelah Anda memiliki VPS dengan Layanan Opsional Backup, Anda dapat mengguanakannya (melakukan backup / restore manual) melalui Layanan Portal Cloud Anda di https://vps.herza.id:4083. Berikut adalah panduan untuk Anda.
- Login ke Portal Cloud
- Pilh VPS yang akan di Manage dengan mengklik tanda panah pada sebelah kanan
- Klik BACKUPS untuk melakukan Backup / Restore
- Pada halaman Backup, Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini dan berikut adalah penjelasan dari masing masing kolom.
1. Backup Date: Adalah daftar Backup yang tersimpan di Server NAS (Network Attached Storage) kami.
2. Action: Tombol Biru untuk melakukan Restore / Tombol Merah untuk menghapus Backup File tersebut.
3. Tombol Backup Now adalah tombol yang Anda klik untuk melakukan manual backup
- Backup
- 4 Users Found This Useful