Perbedaan Cloud Hosting dan Cloud Computing, Yuk Cari Tahu Dulu!

Perbedaan Cloud Hosting dan Cloud Computing – Saat ini, banyak perusahaan yang sudah menggunakan penyimpanan berbasis cloud, agar semua data penting bisa disimpan dengan aman.

Teknologi tersebut tengah naik daun, terutama untuk layanan Cloud Hosting dan Cloud Computing. Keduanya merupakan layanan populer yang banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

Meski tampak serupa, kedua layanan tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Apakah Anda tahu perbedaan dari keduanya?

Yuk dapatkan jawabannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting?

Mengenal Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah layanan hosting yang menggunakan beberapa server dalam mengelola website agar dapat menyeimbangkan beban dan memaksimalkan waktu serta kecepatan performa.

Cloud hosting menggunakan konsep shared infrastructure, yang artinya beberapa pengguna bisa berbagi sumber daya dari beberapa server.

Sistem ini memungkinkan server untuk mengalihkan beban dari satu server ke server lain, sehingga situs tetap online walaupun ada masalah pada salah satu server.

Cloud hosting memiliki beberapa kelebihan, seperti fleksibilitas, skalabilitas, dan ketersediaan sumber daya.

Anda bisa memilih spesifikasi sumber daya sesuai dengan kebutuhan dan mengubahnya kapan saja jika diperlukan.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi terkait kelebihan dari layanan tersebut, silahkan baca artikel kami tentang Kelebihan & Kekurangan Cloud Hosting.

Mengenal Apa Itu Cloud Computing?

Mengenal Apa itu Cloud Computing

Cloud computing adalah suatu teknologi penyimpanan data yang memanfaatkan internet dan sistem penyimpanan data terdistribus tidak hanya dalam satu server, melainkan ada beberapa server.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan aplikasi melalui cloud (internet), tanpa harus menginstall dan mengelola perangkat keras dan perangkat lunak pada perangkat mereka sendiri.

Cloud computing menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi karena memanfaatkan sumber daya berbagi dari jaringan server dan Storage.

Adanya layanan komputasi awan ini dapat mengurangi resiko kehilangan data serta memungkinkan data-data dan informasi perusahaan disimpan secara aman di Internet.

Selain itu, layanan ini juga memudahkan pengguna dalam mengakses data yang disimpan di internet, karena pengguna bisa mengakses data dimana aja dan kapan saja.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi terkait kelebihan Cloud Computing, silahkan baca artikel kami tentang Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing.

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing

Setelah Anda membaca definisi dari cloud hosting dan cloud computing, mungkin sudah tergambar perbedaan dari kedua layanan tersebut.

Namun, tidak hanya sampai situ saja, masih banyak lagi perbedaan yang bisa Anda lihat dari kedua layanan tersebut, berikut penjelasannya.

Cara Kerja

Perbedaan utama antara cloud hosting dan cloud computing adalah pada cara kerjanya.

Cloud hosting adalah solusi web hosting yang menggunakan beberapa server untuk mengelola website.

Sementara cloud computing adalah teknologi yang memanfaatkan infrastruktur berbasis internet untuk melakukan aktivitas berkaitan dengan data.

Dalam hal ini Cloud Computing bearti lebih general, dan Cloud Hosting merupakan salah satu bagian dari Cloud Computing itu sendiri.

Kedua teknologi ini memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing, sehingga pengguna bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh Penggunaan

Cloud Hosting memungkinkan penggunanya untuk mengupload server ke layanan hosting yang berteknologi Cloud, server hosting yang terhubung ke internet sehingga dapat memastikan situs web tetap online.

Jika salah satu server mengalami kendala, maka data akan dialihkan ke server lain sehingga situs web tetap bisa diakses oleh pengguna.

Sedangkan cloud computing, menyediakan infrastruktur, platform, dan layanan teknologi melalui internet.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan aplikasi dari mana saja dan kapan saja.

Beberapa contoh aplikasi cloud computing adalah Google Drive, Dropbox, dan Microsoft Office 365.

Jadi, cloud hosting menawarkan solusi untuk memastikan situs web tetap online dan memiliki performa yang stabil.

Sementara cloud computing menyediakan infrastruktur dan layanan teknologi melalui internet.

Pada umumnya, teknologi komputasi awan digunakan dalam tiga layanan, diantaranya adalah sebagai berikut:

SaaS

Software as a Service (SaaS) adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi melalui internet tanpa perlu meng-install aplikasi tersebut pada perangkat mereka.

Contohnya adalah Microsoft Office 365, Google Workspace, dan lainnya.

PaaS

Platform as a Service (PaaS) adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengembangkan dan mengelola aplikasi melalui internet tanpa perlu memikirkan konfigurasi dan pemeliharaan server.

Contohnya adalah Heroku, AWS Elastic Beanstalk, dan lainnya

Iaas

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses infrastruktur seperti server, penyimpanan, dan jaringan melalui internet.

Contohnya adalah Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan lainnya.

Biaya

Jika kamu ingin memastikan biaya layanan cloud hosting atau cloud computing sesuai dengan kebutuhan, bisa mencari tahu terlebih dahulu apa saja fitur dan layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan.

Ada baiknya membandingkan beberapa penyedia layanan sebelum memutuskan untuk memilih salah satu.

Dengan membandingkan, kamu bisa menemukan penyedia layanan yang memberikan layanan dan fitur terbaik dengan biaya terjangkau.

Jangan tergiur dengan penyedia layanan yang memiliki biaya murah tapi fitur dan layanannya tidak memenuhi kebutuhan.

Sebaiknya kamu juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti uptime, keamanan, dan dukungan teknis sebelum memutuskan untuk memilih layanan cloud hosting atau cloud computing.

Kebutuhan setiap perusahaan atau individu berbeda, jadi pilihlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Tingkat Keamanan

Secara umum, kedua layanan cloud tersebut memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Namun, ada perbedaan dalam hal bagaimana data dalam layanan tersebut diawasi dan dilindungi.

Dalam cloud hosting, provider melakukan konfigurasi dan pengaturan infrastruktur untuk menjaga keamanan data.

Sementara dalam cloud computing, sebagian besar tanggung jawab keamanan ada pada pengguna dan cara mereka menyimpan dan memproteksi data.

Kedua layanan memiliki tingkat keamanan yang baik, namun perlu dianalisis dan dikaji lebih lanjut untuk menentukan layanan mana yang lebih cocok dengan kebutuhan dan keamanan data pengguna.

Kontrol Data

Berbeda dengan cloud hosting yang memberikan pengguna memiliki kontrol penuh atas data-data yang mereka simpan, cloud computing memberikan akses ke data virtual dan tidak membatasi pengguna untuk mengakses server.

Pengguna bisa mengakses data dan aplikasi dari mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Meski demikian, kontrol data dalam cloud computing biasanya lebih terbatas dan dikelola oleh pihak penyedia layanan.

Tergantung pada provider dan paket layanan yang dipilih, pengguna mungkin hanya memiliki akses terbatas untuk mengelola dan mengakses data.

Pilih Cloud Hosting atau Cloud Computing?

Pilih Cloud Hosting atau Cloud Computing?

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, apakah Anda sudah menentukan layanan mana yang akan Anda pilih?

Sebenarnya mau pilih cloud hosting ataupun cloud computing semua tergantung pada kebutuhan dan tujuan Anda dalam menggunakan layanan cloud.

Anda bisa memilih cloud hosting jika membutuhkan layanan hosting yang stabil dan handal untuk situs web.

Sedangkan, jika membutuhkan aplikasi dan software yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari, cloud computing adalah pilihannya.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti kebutuhan bandwidth, kebutuhan penyimpanan data, dan ketergantungan aplikasi sebelum memutuskan antara cloud hosting atau cloud computing.

Jika Anda memiliki aplikasi yang memerlukan skala dan fleksibilitas yang besar, maka cloud computing mungkin lebih sesuai.

Namun, jika kamu hanya membutuhkan layanan hosting tradisional dengan kontrol yang lebih besar atas situs webmu, maka cloud hosting mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Layanan Cloud Hosting Herza

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan cloud hosting, Anda tidak perlu bingung untuk mencari layanan hosting yang aman dan berkualitas terbaik, karena semuanya tersedia di Herza Cloud

Cloud Hosting Indonesia dari Herza Cloud adalah layanan Web Hosting Murah dengan jaminan dedicated resources yang berkualitas dan handal serta keamanan yang tinggi.

Seluruh jaringan Server dari Herza.ID adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Seluruh paket terlah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.

Jadi tunggu apalagi, yuk gunakan layanan cloud hosting dari Herza.