Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing, Anda Wajib Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing – Saat ini sudah banyak perusahaan yang outsource layanan IT khususnya layanan cloud computing kepada pihak ke 3 yaitu perusahaan penyedia layanan cloud.

Hal itu karena banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dari layanan cloud computing tersebut.

Tapi, selain keuntungan yang diperoleh, ada juga resiko yang akan Anda dapatkan jika melakukan outresorce cloud computing.

Sebelum kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan cloud computing, kita akan ulas sebentar apa itu cloud computing.

Pengertian Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing, Anda Wajib tahu!

Cloud computing adalah suatu perangkat teknologi komputer yang dapat mengubah internet menjadi data center.

Sederhananya adalah suatu cara perangkat teknologi komputer yang bekerja sama dengan internet untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan data, di mana data-data dari komputer akan disimpan kedalam Internet.

Adanya layanan komputasi awan ini dapat mengurangi resiko kehilangan data serta memungkinkan data-data dan informasi perusahaan disimpan secara aman di Internet.

Selain itu, layanan ini juga memudahkan pengguna dalam mengakses data yang disimpan di internet, karena pengguna bisa mengakses data dimana aja dan kapan saja dengan media apa saja, baik laptop maupun gadget.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Dalam pengguana suatu hal pasti tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan penggunaan cloud computing.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan cloud computing, ketika Anda menggunakan layanan komputasi awan ini, diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan Cloud Computing

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan, jika Anda berlangganan menggunakan layanan komputai awan ini, diantaranya sebagai berikut.

  1. Biaya Lebih Hemat Dibanding On Site Server

    Salah satu keuntungan utama dari menggunakan cloud computing adalah biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan memiliki server fisik (on-site server).

    Dengan cloud computing, Anda hanya perlu membayar untuk kapasitas yang sebenarnya Anda gunakan, dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan pemeliharaan yang dibutuhkan untuk server on-site.

    Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar untuk listrik dan ruang khusus untuk menyimpan server.

  2. Memudahkan Menejement Bisnis

    Cloud computing memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis dengan lebih mudah karena data dan aplikasi dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

    Ini memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja dan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien.

    Selain itu, cloud computing juga menawarkan fitur-fitur seperti otomatisasi, analitik, dan integrasi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda.

  3. Kecepatan Load yang Tinggi

    Kecepatan load yang tinggi merupakan salah satu keuntungan dari menggunakan cloud computing. Silahkan cek kecepatan melalui Aplikasi SpeedTest.

    Cloud computing menyediakan infrastruktur yang handal dan canggih yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan sistem.

    Dengan kapasitas yang cukup besar, cloud computing dapat menangani jumlah permintaan yang tinggi sekaligus, sehingga memastikan aplikasi dan sistem dapat bekerja dengan cepat dan responsif.

    Ini sangat penting bagi bisnis yang mengandalkan kinerja aplikasi dan sistem untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

  4. Adanya Fitur Back Up dan Pemulihan Data

    Adanya fitur back up dan pemulihan data di cloud computing memungkinkan Anda untuk mengamankan data yang Anda miliki dan memulihkannya jika terjadi kerusakan atau kehilangan data.

    Fitur ini sangat berguna bagi bisnis yang memerlukan data yang aman dan dapat dipercayai.

    Anda dapat mengatur waktu dan frekuensi back up data, dan juga dapat mengakses data yang telah dibackup dari jarak jauh.

  5. Integrasi Software Secara Otomatis

    Cloud computing menyediakan integrasi software yang otomatis, sehingga Anda tidak perlu mengkonfigurasi software secara manual.

    Ini membuat proses integrasi software menjadi lebih cepat dan mudah.

    Selain itu, ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses software dari berbagai perangkat dan lokasi, sehingga Anda dapat bekerja secara efisien dari mana saja.

  6. Reliability

    Reliability atau keandalan merupakan salah satu keuntungan dari penggunaan cloud computing.

    Penyedia layanan cloud memiliki sistem yang handal dan canggih untuk menjaga ketersediaan data dan aplikasi yang ditawarkan.

    Hal ini memastikan bahwa data dan aplikasi Anda akan selalu tersedia dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

    Selain itu, cloud computing juga menyediakan fitur backup dan recovery data yang dapat digunakan untuk mengamankan data Anda dari kehilangan atau kerusakan.

  7. Kapasitas Penyimpanan Tanpa Batas

    Cloud computing menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang ruang penyimpanan yang terbatas.

    Anda dapat menyimpan sebanyak mungkin data tanpa harus khawatir akan keterbatasan ruang penyimpanan.

    Ini sangat bermanfaat untuk perusahaan yang berkembang dan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

  8. Memungkinkan Kolaborasi Tim yang Lebih Baik

    Cloud computing memungkinkan tim Anda untuk bekerja secara bersama-sama dari jarak jauh dan berbagi dokumen dan file dengan mudah.

    Fitur-fitur seperti sharing file dan kolaborasi real-time membuat tim dapat bekerja secara efektif dan meningkatkan produktivitas.

    Ini juga memudahkan tim untuk mengakses data dan file yang diperlukan dari mana saja dan kapan saja, sehingga mereka dapat bekerja dengan fleksibilitas yang diperlukan.

  9. Implementasi yang Cepat

    Implementasi yang cepat adalah salah satu keuntungan dari cloud computing, karena Anda dapat mengakses aplikasi dan data dengan cepat tanpa harus menunggu proses instalasi perangkat keras atau software yang lama.

    Selain itu, cloud computing juga menyediakan skalabilitas yang lebih baik sehingga Anda dapat menyesuaikan kapasitas dan sumber daya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dengan mudah dan cepat.

Kekurangan Cloud Computing

Selain keuntungan yang akan dapatkan, ada pula tantangan yang harus Anda hadapi ketika berlangganan menggunakan layanan cloud computing.

  1. Isu Teknis

    Isu teknis dalam penggunaan cloud computing dapat meliputi masalah kompatibilitas dengan perangkat lunak atau sistem yang digunakan, masalah konfigurasi, atau masalah performa.

    Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengimplementasikan dan mengelola layanan cloud serta mempengaruhi kinerja aplikasi dan sistem yang digunakan.

  2. Ancaman Keamanan

    Ancaman keamanan adalah salah satu tantangan utama dalam menggunakan cloud computing.

    Data yang disimpan di cloud dapat dibuka oleh pihak yang tidak berwenang jika tidak dilindungi dengan baik.

    Ini bisa terjadi melalui serangan hacker, pencurian identitas, atau kerentanan dalam sistem keamanan cloud provider.

    Hal ini penting untuk memastikan bahwa data Anda di cloud aman dengan mengikuti standar keamanan yang ditentukan oleh cloud provider dan melakukan audit keamanan secara berkala.

  3. Downtime

    Downtime adalah masa ketika sistem atau server tidak tersedia untuk digunakan.

    Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti perbaikan rutin, masalah teknis, atau gangguan jaringan.

    Downtime dapat menyebabkan kerugian produktivitas dan pemasukan bagi perusahaan yang menggunakan cloud computing.

    Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa penyedia layanan cloud memiliki sistem yang handal dan dapat diandalkan untuk mengurangi waktu downtime.

  4. Konektivitas Internet

    Konektivitas internet merupakan salah satu tantangan dalam menggunakan cloud computing.

    Kecepatan dan kualitas koneksi internet yang buruk dapat menyebabkan gangguan dalam akses dan penggunaan layanan cloud, seperti latency atau delay dalam akses data dan aplikasi.

    Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam produktivitas dan efisiensi bisnis.

    Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan stabil dan cukup untuk mendukung kebutuhan cloud computing.

  5. Bandwith Terbatas

    Bandwidth terbatas adalah kondisi di mana jumlah data yang dapat ditransfer dalam jangka waktu tertentu terbatas.

    Hal ini dapat menyebabkan kinerja sistem cloud computing menjadi lambat atau terganggu jika terlalu banyak data yang ingin ditransfer.

    Hal ini dapat menjadi tantangan dalam implementasi cloud computing karena dapat mempengaruhi kinerja sistem dan produktivitas bisnis.

  6. Kurangnnya Custon Support

    Kurangnya dukungan khusus (custom support) merupakan tantangan dalam menggunakan cloud computing.

    Penyedia layanan mungkin tidak menyediakan dukungan khusus yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, atau mungkin memerlukan biaya tambahan untuk dukungan tersebut.

    Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengatasi masalah teknis atau konfigurasi yang khusus, yang dapat mengurangi efektivitas penggunaan cloud computing dalam bisnis Anda.

Kesimpulan

Cloud computing adalah seperangkat komputer yang bekerja sama dengan internet untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan data.

Kemudian data-data dan informasi yang ada di komputer akan disimpan ke dalam internet.

Hal itu bisa memudahkan Anda dalam mengolah dan mengakses data, karena bisa mengurangi resiko kehilangan data.

Selain itu, Anda juga dengan bebas mengakses data dimana saja dan kapan saja menyesuaikan dengan waktu luang Anda.

Tentunya tidak hanya fleksibilitas, masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan, jika Anda menggunakan layanan komputasi awan tersebut.

Namun, di samping keuntungan, adapula tantangan yang harus Anda hadapi ketika Anda sudah berlangganan dengan layanan cloud computing.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan berlangganan layanan cloud computing, silahkan untuk mempertimbangkannya kembali.

Jika Anda masih bingung, silahkan konsultasikan kepada Herza Cloud.

Kami menyediakan berbagai layanan untuk peningkatan dan pertumbuhan usaha, termasuk konsultasi website & bisnis online dan pengembangan aplikasi, Cloud Computing, serta Server & Rack Colocation.