kelebihan dan kekurangan cloud hosting

Kelebihan & Cloud Hosting – Layanan cloud hosting adalah salah satu bukti nyata bahwa perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat.

Keberadaan layanan Cloud hosting juga hadir sebagai respon terhadap kebutuhan yang semakin tinggi, khususnya pada sebuah layanan hosting.

Jika kita berbalik di era sebelum sekarang ini, pembuatan website harus menggunakan sebuah dedicated server di mana server fisik tersebut hanya berada di satu lokasi saja.

Hal tersebut tidak menjadi solusi dari server-server yang mengalami down dan terkendala.

Untuk itu, kabar baiknya adalah solusi menghadapi masalah website yang down di atas dapat diatasi  dengan menggunakan sebuah layanan yang disebut dengan Cloud Hosting.

Berbeda dengan shared hosting dan VPS, banyak orang beranggapan bahwa layanan Cloud Hosting menawarkan layanan hosting yang jauh lebih mudah dan praktis.

Benarkah demikian?

Untuk itu, Jika Anda mencari jawaban tentang kelebihan yang ada pada Cloud Hosting dibandingkan dengan shared hosting dan VPS, Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Artikel ini akan berfokus pada kelebihan dan kekurangan layanan Cloud Hosting.

Jika Anda mencari artikel yang membahas mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja Cloud Hosting. Silakan masuk ke artikel kami yang membahas Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya.

Akan tetapi, agar pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Cloud Hosting lebih mudah dipahami, kami akan mengulas sedikit tentang apa itu cloud hosting.

Apa Itu Cloud Hosting?

apa itu cloud hosting


Cloud hosting adalah sebuah layanan web hosting yang menyimpan data nya pada server virtual, sehingga tidak memungkinkan pengguna nya membeli server fisik sebagai peralatan pendukungnya.

Mudahnya, pengguna yang menggunakan layanan ini, ketika melakukan hosting web site nya ia menggunakan sebuah server virtual.

Dimana penyimpanan sebuah data dan aplikasi berada di Internet (cloud).

Hal di atas pun turut mendukung keleluasaan dan kemudahan bagi Anda karena data bisa diakses kapan pun dan dimana pun, cukup terhubung dengan jaringan internet saja.

Nah, cara kerja Cloud Hosting pun tidak jauh dengan VPS karena sama-sama bekerja secara virtualisasi yaitu dengan membagi server fisik menjadi beberapa server virtual.

Namun untuk lebih tepatnya, cara kerja Cloud Hosting menggunakan teknologi cluster yaitu sebuah metode penggabungan beberapa server fisik menjadi sumber daya yang terpusat untuk menyimpan semua data-data website.

Bila hosting tradisional yang hanya menggunakan satu server untuk penyimpanan datanya, cloud hosting menggunakan beberapa server fisik yang menjadi sumber daya terpusat.

Lalu, apakah cara kerja Cloud Hosting di atas berpengaruh pada kelebihan yang ditawarkan?

Berikut penjelasannya.

Kelebihan & Kekurangan Cloud Hosting

kelebihan Cloud hosting


Ada 8 kelebihan yang harus Anda tahu jika Anda tertarik menggunakan layanan ini, seperti :

  1. Akses yang jauh lebih mudah
  2. Fleksibilitas yang dapat diandalkan
  3. Biaya yang lebih terjangkau
  4. Data recovery yang lebih mudah
  5. Stabilitas yang tinggi dibanding sharedhosting
  6. Loading time lebih cepat
  7. Di desain high availability
  8. Manajemen server menjadi lebih mudah

1. Akses yang jauh lebih mudah

Pertama Anda akan ditawarkan akses yang lebih mudah.

Nah, penyebab akses yang jauh lebih mudah ialah karena data dan aplikasi akan tersimpan di server yang berada di internet (cloud).

Tentu lah, jika data disimpan di jaringan Internet, Anda akan dimudahkan untuk bisa mengaksesnya, kapan pun dan dimana pun.

Pekerjaan pun bisa dilakukan secara mobile atau Anda bisa melakukannya pekerjaan tersebut dari lokasi yang berbeda, memudahkan bukan?

2. Fleksibilitas yang dapat diandalkan

Kedua, Fleksibilitas yang bisa diandalkan.

Pengguna layanan ini tidak membutuhkan komputer khusus untuk mengakses datanya.

Sehingga, berkat adanya layanan ini Anda bisa melakukan self-provisioning.

Apa itu Self-Provisioning?

Self provisioning yaitu fitur yang ditawarkan oleh beberapa layanan Cloud Hosting yang memungkinkan  penggunanya bisa mengatur dan mengkonfigurasi sendiri sumber daya cloud.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi kapasitas server, penyimpanan, dan jaringan sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga, tidak perlu lagi adanya campur tangan dari tim teknisi IT atau orang penyedia layanan tersebut.

3. Biaya yang lebih terjangkau

Ketiga, biaya yang lebih terjangkau.

Memang jika dibandingkan dengan hosting tradisional, pemakaian Cloud Hosting  akan lebih mahal.

Akan tetapi, karena Cloud Hosting sudah dilengkapi dengan beberapa fitur dan teknologinya, pada akhirnya Anda akan diuntungkan, sehingga biaya Anda pun lebih terjangkau.

Biaya yang lebih terjangkau inipun bisa diperoleh, karena Anda hanya diwajibkan membayar total sumber daya yang Anda gunakan saja.

4. Data recovery lebih mudah

Keempat, data recovery lebih mudah.

Dengan menggunakan layanan ini biasanya penyedia layanan Cloud Hosting telah mengantisipasi untuk melindungi data clien dengan melakukan backup di lokasi yang berbeda.

Hal tersebut sengaja dilakukan bukan lain karena untuk mencegah kehilangan data, dan mencegah jika permasalahan lain terjadi seperti adanya kegegalan server di server pusat.

Untuk itu, Anda tidak perlu lagi cemas dengan resiko kehilangan sebuah data, karena hal tersebut sudah dipikirkan secara matang oleh penyedia layanan cloud.

6. Stabilitas lebih tinggi dibanding shared hosting

Kelima, Stabilitas lebih tinggi dibanding shared Hosting.

Ternyata pertanyaan pembukaan diatas mampu dijawab bahwa memang benar layanan Cloud Hosting akan menawarkan stabilitas yang tinggi.

Stabilitas yang tinggi akan diperoleh karena website Anda telah dilengkapi dengan beberapa server virtual yang telah sedia menangani banyaknya permintaan lalu lintas website.

Sehingga, jika website Anda mengalami lonjakan traffic yang tinggi, namun sudah berlangganan menggunakan layanan ini Anda tidak perlu cemas lagi karena server virtual sudah sedia mengatasi hal tersebut.

Selain itu, jika traffic Anda kembali normal, Anda bisa mengatur kembali resource yang berada di dashboard intutitif yang ditawarkan oleh layanan tersebut.

7. Loading time lebih cepat

Keenam, kelebihan yang Anda rasakan jika menggunakan layanan ini ialah loading time yang lebih cepat.

Layanan Cloud hosting sudah dilengkapi dengan teknologi load balancing yang berfungsi untuk mendistribusikan traffic jaringan ke beberapa server.

Karena sudah didistribusikan traffic jaringan ke beberapa server, hal ini Akan memungkinkan Anda loading time cepat.  

Dengan demikian, penggunaan teknologi Load balancing di layanan berbasis cloud ini yang akan menjadi penyeimbang agar website tidak down jika dibandingkan dengan jenis web host yang lain.

Jika Anda masih belum mengerti teknologi Load Balancing, Anda bisa masuk ke artikel kami berikut tentang Apa Itu Load Balancing dan Apa Perannya.

8. High Availability

Layanan Cloud hosting sudah di Desain high availability untuk memastikan ketersediaan yang tinggi dan operasi yang aman dari sistem.

Hal ini dilakukan dengan menempatkan sistem cloud di dalam data center yang  sudah memenuhi standar keamanan dan ketersediaan yang tinggi.

Seperti ketersediaan listriknya,  sistem pendinginnya dan sistem backup atau cadangan yang dapat diandalkannya.

Dengan demikian, kinerja server menjadi lebih optimal dan memastikan bahwa sistem cloud dapat terus beroperasi tanpa gangguan.

9. Manajemen server yang lebih mudah

Dengan menggunakan Cloud Hosting Anda bisa me-manajemen server Anda menjadi lebih mudah.

Mengapa begitu?

Sebab, manajemen server bisa dipantau langsung melalui website.

Melalui Dashboard Cpanel Anda bisa mengetahui hal yang berhubungan dengan website, seperti melakukan upgrade, status server global, atau menambah software baru.

Akan tetapi disamping kelebihan yang ditawarkannya, Cloud Hosting pun memiliki kekurangan juga.

Apa Saja Kekurangan Cloud Hosting?

kekurangan cloud hosting


Ada 2 kekurangan Cloud Hosting yang bisa kamu pertimbangkan lagi, yaitu :

1. Rentan terkena Cyber Attack

Penggunaan Cloud Hosting akan memungkinkan Anda mengakses semua file di Internet.

Hal tersebut dapat mengakibatkan data dan file cukup rentan terkena cyber attack.

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan cyber attack, jenis dan cara mengatasinya.

Jika Anda belum memahami cyber attack, berikut artikel kami akan menjawab pertanyaan Anda tentang 7 Jenis Serangan Cyber Yang Umum Dan Cara Mencegahnya.

Lalu jika Anda telah memahami bagaimana mencegah hal tersebut, langkah mudah pertama ialah melakukan upaya memilih penyedia Cloud Hosting yang sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang aman.

2. Kecepatan server bergantung pada kecepatan internet Anda

Dengan menggunakan layanan Cloud Hosting Anda hanya akan mengakses datanya jika Anda terhubung dengan Internet.

Untuk itu, kecepatan sebuah server juga bergantung pada kecepatan Internet Anda. Pastikan koneksi internet Anda stabil.

Bagaimana Mendapatkan Cloud Hosting Terbaik?


Mendapatkan Cloud hosting yang terbaik sangat bergantung pada sebarapa bijak dan cerdasnya Anda menentukan layanan penyedia Cloud Hosting yang terbaik.

Pilihlah penyedia layanan Cloud Hosting yang memiliki standar keamanan dan kualitas layanan yang baik.

Herza Cloud adalah salah satu penyedia Cloud Hosting dengan standar keamanan dan kualitas layanan yang baik.

Mengapa begitu?

Hal tersebut karena kelebihan Cloud Hosting dari Herza Cloud yang menawarkan beberapa teknologi.

Teknologi init sangat membantu untuk keamanan data dan juga kecepatan loading speed dari Website Anda.

  1. WEB ACCELERATOR
    Dengan Litespeed Web Server, website Anda akan loading super cepat dengan teknologi HTTP3 dan QUIC.
  2. FAILOVER
    Sistem kami dilengkapi dengan Failover System Management untuk menghindari Downtime dari kerusakan hardware.
  3. WORDPRESS ACCELERATOR
    Plugin LS Cache WordPress yang membantu mengoptimalkan dan mempercepat WordPreess 40x dalam sekali klik.
  4. RESOURCE MANAGEMENT
    Kami tidak pernah dan tidak akan melakukan Overselling. Server kami menggunakan Resources Management System untuk membatasinya.
  5. BACKUP HARIAN
    Semua server kami dilengkapi dengan Backup Harian untuk melindungi data Anda untuk restorasi jika terjadi masalah.
  6. Cpanel
    Kami menggunakan Control Panel cPanel yang kita sudah ketahui kualitas dan performanya dalam membantu user dalam menajemen Akun Hosting mereka.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Cloud Hosting, Anda mungkin tertarik menggunakan layanan tersebut karena jika dibandingkan antara kelebihan dan kekurangan yang ada, nilai kelebihan yang ditawarkan jauh lebih banyak.

Herza Cloud adalah layanan Web Hosting Murah dengan jaminan dedicated resources yang berkualitas & handal dan hadir dengan keamanan yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh kita semua.

Maka dari itu, Herza Cloud hadir untuk membantu Anda. Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Seluruh paket terlah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection. Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.