Apa itu Cloud Hosting? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mau punya web hosting yang kapasitas sumber daya servernya tinggi dan juga praktis dalam penggunaannya? Cloud hosting solusinya! apakah kalian tahu, apa itu cloud hosting?

Cloud hosting dapat membantu Anda dalam mengelola website dengan mudah dan cepat, karena ia menggunakan resource dari beberapa server untuk menyeimbangkan beban dan memaksimalkan waktu.

Jadi apa itu cloud hosting? Apa fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya? Untuk mengetahui lebih dalam lagi, yuk simak terus artikel ini.

Apa itu Cloud Hosting?
Apa itu Cloud Hosting?

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah web hosting yang menggunakan beberapa server dalam mengelola website agar dapat menyeimbangkan beban dan memaksimalkan waktu serta kecepatan performa.

Dengan kata lain, cloud hosting menggunakan teknologi cluster untuk menyimpan semua data-data website.

Berbeda dengan hosting tradisional yang hanya menggunakan satu server fisik saja untuk menyimpan semua data-data.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel kami tentang Perbedaan Cloud dan Server Traditional.

Mungkin sampai sini Anda sudah mulai penasaran, sebenarnya bagaimana sih cara kerja dari cloud hosting ini dan apa fungsinya? yuk simak terus artikelnya sampai selesai.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

Ilustrasi Cara Kerja Cloud Hosting
Ilustrasi Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting bekerja secara virtualisasi yaitu dengan menggunakan teknologi cluster yang membagi server fisik menjadi beberapa server virtual.

Teknologi ini memungkinkan website untuk tetap berjalan meskipun salah satu server sedang bermasalah. Hal ini karena ada server lain yang mem-backup sehingga tingkat kecepatan waktunya tetap stabil.

Selain itu, resource cloud hosting tidak dibagi dengan pengguna lain, sehingga pengguna lain tidak akan mempengaruhi performa web hosting Anda.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa keunggulan dari cloud hosting ini yaitu kemudahan dalam pengelolaan dan manajemennya seperti shared hosting serta memiliki performa tinggi seperti VPS.

Fungsi Cloud Hosting Untuk Website Anda

Ada beberapa fungsi dan keuntungan cloud hosting yang harus Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menampung Banyak Pengunjung
    Cloud hosting sudah menggunakan teknologi cluster untuk menghindari lonjakan pengguna. Jadi Anda tidak perlu khawatir server mengalami trafik berlebihan yang bisa membuat website Anda down.

    Justru dengan penggunaan teknologi cluster ini, website bisa diakses oleh ribuan orang secara bersamaan. Jika salah satu server mengalamai overload, maka beban akan di transfer ke server lain.

    Dengan begitu, Anda tinggal fokus untuk mendapatkan pengunjung banyak dalam mengembangkan website Anda.

  2. Menjaga Performa Website agar Tetap Cepat, Aman dan Stabil
    Performa cloud hosting hampir sama dengan VPS, Anda akan mendapatkan performa website yang tinggi.

    Cloud hosting menawarkan keamanan data, kontrol akses data agar tetap stabil dan kecepatan dalam pengelolaan data website.

  3. Mudah untuk Dikelola
    Proses pengelolaan dan manajemen cloud hosting sama seperti shared hosting.

    Anda tidak perlu khawatir kesulitan untuk melakukan pengaturan, karena semua pengaturan bisa Anda lakukan dengan mudah yaitu dengan control panel.

Nah itulah beberapa fungsi dan keuntungan dari cloud hosting yang akan kamu dapatkan jika berlangganan dengan layanan Cloud Hosting.

Untuk lebih jauh lagi terkait keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan tersebut, silahkan baca juga artikel kami tentang Kelebihan & Kekurangan Cloud Hosting.

Kapan Anda Perlu Cloud Hosting?

Cloud hosting merupakan layanan yang paling cocok buat Anda, karena memiliki performa super seperti VPS dan kemudahan seperti shared hosting.

Layanan ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki website dengan trafik yang tinggi dan website baru yang sedang dalam proses pengembangan.

Untuk mendapatkan cloud hosting murah, terbaik dan handal Anda bisa mendapatkannya dari Herza Cloud.

Website Apa Saja Yang Cocok dengan Cloud Hosting?

Beruntungnya semua jenis web bisa menggunakan cloud hosting. Namun dari semua jenis web ini, memang ada beberapa jenis web yang sangat membutuhkan cloud hosting karena web tersebut memiliki jumlah traffic yang tinggi.

Jenis web yang dimaksud antara lain:

  • Website perusahaan

  • Website proyek

  • High – traffic blog

  • Toko online

  • Portal berita

Cloud hosting cocok digunakan untuk tipe website di atas yang membutuhkan keamanan lebih tinggi, karena cloud hosting jauh lebih aman dari hosting lainnya seperti shared hosting.

Namun perlu diingat, tidak semua cloud hosting dibatasi untuk jenis website di atas saja. Apapun jenisnya, Anda bebas menggunakannya. Tapi, spesifikasi hostingnya harus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Layanan Cloud Hosting Terbaik di Herza!

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan cloud hosting, Anda tidak perlu bingung untuk mencari layanan hosting yang aman dan berkualitas terbaik karena semuanya tersedia di Herza.ID.

Cloud Hosting Indonesia dari Herza Cloud adalah layanan Web Hosting Murah dengan jaminan dedicated resources yang berkualitas dan handal serta keamanan yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh kita semua.

Seluruh jaringan Server dari Herza.ID adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Seluruh paket terlah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.

Jika Anda tidak Puas, Anda bisa mengajukan klai karena Herza.ID memberikan 30 Hari Jaminan Uang Kembali.

Jadi tunggu apalagi, yuk gunakan layanan cloud hosting dari Herza

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Â