Perbedaan Windows dan Linux, Mana Pilihanmu?

Perbedaan Windows dan Linux, Mana Pilihanmu?

Perbedaan Windows dan Linux – Kami yakin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Windows, Linux, Android, dan Mac OS. Iya, mereka itu jenis-jenis sistem operasi atau OS yang sering dan populer digunakan oleh Kita.

Sistem operasi (OS) atau Operating System adalah komponen perangkat lunak / software yang penting yang ada dalam setiap perangkat, OS digunakan untuk menghubungkan fungsi hardware dengan software.

Saat ini, muncul berbagai macam jenis OS yang dikembangkan di perangkat computer, diantaranya Windows yang dikembangkan oleh Microsoft, Linux yang dikembangkan oleh komunitas, Android yang dikembangkan oleh Google dan Mac OS yang dikembangkan oleh Apple.

Namun, dalam artikel ini, kita akan bahas dua OS yang cukup popular di kalangan masyarakat, yaitu OS Windows dan Linux, mencakup tentang pengertian dan perbedaan windows juga linux.

Pengertian OS windows dan Linux

Pengertian OS Windows dan Linux
Apa itu OS Windows dan Linux?

Linux adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan didistribusikan juga dikembangkan secara open-source.

Ini berarti pengguna dapat menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi Linux sesuai dengan kebutuhan mereka.

Linux muncul setelah sistem operasi UNIX, yang dikembangkan oleh AT&T Bell Laboratories pada tahun 1970-an.

Sejak itu, banyak variasi Linux yang berbeda telah dikembangkan dengan sebutan Distro, seperti RedHat, Debian, Ubuntu, dan lain sebagainya.

Meskipun ada banyak keuntungan dalam menggunakan Linux dengan beragam distro, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Salah satunya adalah waktu tambahan yang dibutuhkan bagi pengguna baru untuk mempelajari antarmuka dan aplikasi yang berbeda dari sistem operasi Windows yang mungkin mereka biasa gunakan.

Selain itu, dukungan terhadap game yang umumnya dimainkan pada laptop dan komputer juga masih terbatas atau tidak banyak pada Linux, dibandingkan dengan Windows.

Windows, di sisi lain, adalah sistem operasi yang sangat populer dan sering digunakan di banyak komputer, termasuk di sekolah.

Windows Pertama (1.0) Dirilis pada tahun 1985, dan sejak itu telah mengalami banyak perubahan dan penyempurnaan.

Meskipun ada beberapa kekurangan, Windows tetap menjadi pilihan yang umum digunakan dalam pekerjaan kantor seperti mengetik, membuat presentasi, desain, dan tugas-tugas akademik bagi pengguna yang masih menjadi mahasiswa.

Baca Juga: 10 Cara Mengamankan Server Linux Anda

Perbedaan OS Windows dan Linux

Perbedaan OS Windows dan Linux
Perbedaan OS Windows dan Linux

Setelah Anda mengetahui pengertian keduanya, berikut ini penjelasan terkait perbedaan OS Windows dan Linux yang harus Anda ketahui.

Sisi Lisensi

Perbedaan utama antara Linux dan Windows terletak pada lisensi mereka. Windows dikembangkan oleh Microsoft sebagai perangkat lunak yang berlisensi dan berbayar.

Ini berarti kode sumber Windows tidak tersedia untuk umum, dan hanya pengembang internal Microsoft yang memiliki akses ke kode tersebut.

Pengguna Windows harus mematuhi aturan dan lisensi yang ditetapkan oleh Microsoft, yang sering melibatkan pembayaran biaya atau pembelian lisensi untuk menggunakan sistem operasi secara legal.

Di sisi lain, Linux adalah sistem operasi yang berada di bawah lisensi open source GNU General Public License (GPL).

Ini berarti kode sumber Linux tersedia untuk umum dan dapat diakses, dimodifikasi, dikembangkan, dan digunakan secara bebas oleh siapa pun tanpa perlu membayar biaya.

Sisi Harga

Dengan lisesnsi yang berbeda, harga Windows dan Linux secara otomatis akan berbeda.

Linux merupakan sistem operasi open source yang dapat memberikan kebebasan untuk Anda menggunakannya secara gratis. Anda hanya perlu download dan install OS ini di komputer Anda.

Sedangkan untuk menggunakan OS Windows, Anda perlu membayar biaya lisensi sesuai dengan harga dan tipe lisensi yang Anda pilih.

Jika dilihat dari situs resmi Microsoft, harga lisensi Windows 11 dapat dibeli dengan mulai harga dari Rp3 juta.

Sisi Keamanan

Selain dari lisensi dann harga yang berbeda, Linux dan Windows memiliki sistem keamanan yang berbeda.

Meskipun Linux bersifat open source, namun OS ini memiliki sistem keamanan yang cukup baik.

Hal ini, karena pengguna dapat mengakses kode source dengan mudah, juga pengguna dapat memantau dan memperbaiki masalah keamanan secara langsung.

Selain itu, virus cenderung tidak dapat mempengaruhi sistem secara keseluruhan, karena Linux tidak berjalan sebagai root secara default.

Sementara untuk sistem keamanan Windows hanya dikembangkan oleh perusahaan Microsoft saja. Sehingga semua masalah keamanan hanya dapat diperbaiki oleh tim dari Microsoft saja.

Untuk itu, pengguna harus melaporkan semua kendala yang dialaminya kepada tim customer service Windows sebelum dapat diperbaiki.

Baca Juga: 10 Cara Mengamankan Server Windows Anda

Sisi Kinerja

Perbedaan selanjutnya dari sisi performanya. Dari segi performa OS Linux dianggap lebih unggul dari OS Windows, karena Linux dikenal memiliki kecepatan performa yang bagus pada perangkat komputer.

Sedangkan OS Windows dikenal memiliki performa yang akan melambat pada perangkat keras seiring waktu pemakaian pengguna lebih lama.

Sisi Dukungan Perangkat Keras

Perbedaan Windows dan Linux juga dapat dilihat dari sisi dukungan perangkat keras yang digunakan.

Keunggulan OS Windows memilki driver yang sudah disiapkan bersamaan dengan produknya, sehingga driver pada windows cenderung sudah diperbaharui oleh pabrik.

Hal ini membuat OS Windows memiliki dukungan perangkat keras yang baik.

Berbeda dengan Linux yang terlalu fokus pada penggunaan server, ia memiliki sedikit driver yang tersedia untuk berbagai macam perangkat keras dan lebih sulit untuk dicari jika dibandingkan dengan OS Windows.

Sisi Penggunaan

Jika dilihat dari sisi penggunaannya, OS Windows banyak digunakan untuk PC, laptop dan mobile device.

Meskipun sudah ada Windows server, tapi sangat jarang digunakan karena berbagai macam alasan, salah satunya keamanan dan kestabilannya.

Sedangkan OS Linux memang mulanya dirancang sebagai server. sehingga, tidak heran jika sebagian besar penggunaan Linux digunakan sebagai infrastruktur jaringan dan internet.

Bahkan saat ini Linux juga digunakan untuk sejumlah perangkat OS HP Android.

Sisi Komunitas dan Dokumentasi

Dalam hal dokumentasi dan dukungan komunitas, terdapat perbedaan signifikan antara Windows dan Linux.

Windows memiliki sumber dokumentasi teknis yang terbatas dan bersifat privat. Untuk mendapatkan dukungan dan informasi teknis, pengguna Windows harus mengandalkan pihak developer Windows atau mendapatkan layanan dukungan resmi dari Microsoft.

Ini bisa membuat pengembang yang ingin membuat aplikasi yang berinteraksi dengan Windows menghadapi tantangan dalam mencari sumber daya dan dukungan yang diperlukan.

Di sisi lain, Linux memiliki komunitas yang luas dan aktif. Komunitas Linux terdiri dari pengguna, pengembang, ahli keamanan, dan orang-orang lain yang berkontribusi pada pengembangan sistem operasi.

Karena Linux adalah open source, dokumentasi dan sumber daya teknis yang terkait dengan Linux secara umum tersedia secara luas dan dapat diakses oleh siapa pun.

Komunitas Linux sering kali memberikan dukungan, membantu menjawab pertanyaan, dan berbagi pengetahuan melalui forum online, grup diskusi, dan sumber daya lainnya.

Ini menciptakan lingkungan yang kolaboratif di mana pengembang dapat mendapatkan bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan dalam membuat dan mengembangkan aplikasi untuk Linux.

Karena sifat open source dan komunitas yang luas, Linux juga cenderung lebih cepat dalam merespons masalah keamanan dan melakukan pembaruan.

Komunitas Linux yang aktif terus melakukan pengujian, pemeriksaan kode, dan perbaikan bug untuk meningkatkan keamanan dan kinerja sistem operasi.

Jadi, dalam hal dokumentasi, dukungan komunitas, dan akses terhadap sumber daya teknis, Linux memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan Windows.

 Sisi Update

Terdapat perbedaan dalam pendekatan pembaruan sistem antara Windows dan Linux. Windows memiliki jadwal pembaruan teratur yang ditentukan oleh Microsoft.

Pembaruan sistem Windows umumnya dirilis secara berkala, dengan patch keamanan dan perbaikan lainnya yang dirilis pada waktu-waktu tertentu.

Pengguna Windows diinformasikan tentang pembaruan yang tersedia dan dapat memilih untuk menginstalnya sesuai jadwal yang ditentukan oleh Microsoft.

Di sisi lain, pengguna Linux memiliki fleksibilitas untuk melakukan pembaruan sistem kapan saja mereka mau.

Pembaruan pada distribusi Linux dapat dilakukan oleh pengguna sesuai kebutuhan atau preferensi mereka.

Jadi, Pilih Linux atau Windows?

Jadi, Pilih Windows apa Linux?
Jadi, Pilih Windows apa Linux?

Setelah mengetahui perbedaan Windows dan Linux di atas, saatnya Anda memilih jenis sistem operasi mana yang Anda butuhkan?

Jika Anda menggunakan perangkat komputer untuk bermain game, mengerjakan tugas atau bahkan menginginkan tampilan interface yang lebih baik, OS Windows cocok untuk Anda pilih.

Namun jika Anda lebih menekankan kepada keamanan data komputer, maka gunakanlah OS Linux yang dapat menjaga keamanan data Anda dari virus berbahaya.

Selain itu, Anda bisa menggunakan OS Linux ini secara gratis, Anda hanya perlu download dan install diperangkat komputer Anda.

OS Linux juga lebih kebal terhadap spyware dibandingkan dengan OS Windows.

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Windows, kami menyediakan layanan VPS Windows RDP Murah dengan data center Indonesia dan Singapore.

Semua Paket VPS Windows RDP Murah mendapatkan Akses Full RDP (Administrator) dengan Performa dan Teknologi Terkini.

Menggunakan 100% SSD SATA & SSD NVMe dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data Anda, serta dilengkapi dengan generasi terkini dari Intel CPU dan jaminan SLA sebesar 99,5%.

Kami menawarkan Windows Server dengan opsi BYOL dan Full Licensed. Jika Anda membutuhkan Licensed Version, silahkan menghubungi Tim Sales kami.

Semua pelanggan VPS Murah dari Herza.ID akan mendapatkan IP Dedicated Indonesia. Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest.

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan baru kami VPS SSD NVMe Indonesia.

Menggunakan SSD M.2 NVMe dengan 3D NAND Flash Memory untuk High-Speed Transmission.

Dan untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.

Jika Anda membutuhkan VPS yang akan diperuntukkan untuk VPN / Tunneling, silahkan melihat paket VPS Tunneling / VPN. Kami tidak mengizinkan penggunaan VPN atau Tunneling pada layanan VPS Regular kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Verified by MonsterInsights