Perbedaan cloud hosting dengan shared hosting

Perbedaan Cloud dan Shared Hosting – Banyak perusahaan bisnis semakin menyadari keberadaan layanan hosting menjadi suatu layanan yang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha bisnis.

Mengapa demikian?

Sebab dengan layanan hosting, perusahaan akan semakin dimudahkan dalam proses kerjanya, terutama dalam pengaksesan data.

Namun yang perlu Anda tahu jika Anda memutuskan untuk memilih layanan hosting, ada beberapa jenis layanan hosting yang tersedia.

Mulai dari web hosting, wordpress hosting, VPS Hosting, Dedicated Hosting & Colocation server

Tentu saja, masing-masing jenis layanan tersebut memiliki perbedaan masing-masing.

Untuk itu, artikel berikut akan membahas tentang perbedaan Cloud dan Shared Hosting, dan dari kedua layanan tersebut, manakah yang lebih Anda butuhkan.

Akan tetapi, sebelum lebih lanjut, kami juga telah menuliskan artikel yang memberikan penjelasan tentang Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis layanan hosting di mana satu servernya digunakan bersama dengan pengguna lain.

Oleh karena itu, setiap pelanggan memiliki akses ke beberapa sumber daya server, seperti CPU, RAM, dan disk space yang dibagikan dengan pelanggan lain pada server yang sama.

Karena satu server digunakan bersama, tentu saja hal ini menyebabkan jenis layanan hosting satu ini merupakan jenis hosting dengan harga relatif lebih murah.

Jika dilihat dalam penggunaannya, layanan ini cocok untuk web site yang belum memiliki trafik yang tinggi, seperti situs web pribadi atau blog.

Jenis layanan hosting inipun akan cocok untuk pengusaha bisnis yang masih baru serta belum memiliki tuntutan yang tinggi terhadap kinerja website yang besar.

Jadi, jika Anda masih baru atau pemula merintis bisnis dan tertarik menggunakan layanan hosting, Anda bisa mempertimbangkan layanan ini sebagai jenis hosting yang Anda butuhkan?

Nah, salah satu penyedia Shared Hosting terbaik terdapat di Herza Cloud yang menawarkan layanan tersebut dengan harga hanya 28.000-50.000/bulan.

Apa Itu Cloud Hosting?

Berbeda dengan Shared Hosting yang hanya menggunakan satu server, Cloud Hosting adalah jenis layanan hosting di mana sebuah data pengguna nya akan disimpan di lebih dari satu server yang terhubung dalam suatu jaringan Cloud Computing.

Karena penyimpanannya di lebih dari satu server, maka pengguna dapat mengakses sumber daya dengan mudah.

Penggunaan beberapa server yang dihubungkan dengan jaringan Cloud Computing inipun akan memberi keuntungan, misalnya saat satu server sibuk atau mengalami gangguan, maka kinerja website bisa beralih pada server yang normal atau tidak mengalami kendala.

Untuk itu, layanan Cloud Hosting inipun mampu menampung trafik yang tinggi.

Pembahasan Cloud Hosting di atas hanya berupa gambaran umumnya saja, jika Anda membutuhkan penjelasan yang lebih lengkap terkait itu, silakan masuk artikel kami yang membahas Apa Itu Cloud Hosting? Pengertian, Fungsi dan Cara kerja nya.

Cloud Hosting VS Shared Hosting

perbedaan cloud hosting dengan shared hosting

 

Jika kita bandingkan antara Cloud Hosting dengan Shared Hosting keduanya memiliki perbedaan masing-masing.

Nah, perbedaan tersebut telah kami rangkum pada beberapa aspeknya, seperti dari kapasitas dan performa, keamanan, skalabilitas, kemudahan penggunaan, dan harganya.

1. Kapasitas dan Performa

Shared hosting dalam satu server memang memiliki kapasitas resource yang besar.

Namun, kapasitas resource yang besar itupun akan terbagi-bagi lagi, sehingga masing-masing pengguna nya memiliki resource yang terbatas.

Selain resource-nya yang terbatas, karena satu server digunakan bersama, hal tersebut memungkinkan pengguna nya akan terpengaruh dengan pengguna lain.

Contoh, pengguna A mendapatkan gangguan atau kendala, mau tidak mau  pengguna B, C, D dan yang lain akan terkena imbasnya pula.

Untuk itu, layanan Shared Hosting tidak cocok digunakan untuk bisnis Online dan website perusahaan yang membutuhkan kestabilan server yang baik.

Sementara jika dibandingkan dengan Shared Hosting, layanan Cloud Hosting memiliki kapasitas yang terdedikasi.

Artinya, sumber daya server ditentukan hanya untuk satu entitas saja, biasanya satu situs web atau aplikasi.

Dengan kapasitas yang terdedikasi ini, website atau aplikasi akan diuntungkan.

Mulai dari sumber daya server yang lebih stabil, server tidak terganggu dengan pengguna lain, juga akan memungkinkan pengaturan yang lebih baik dari sumber daya server, seperti penambahan atau pengurangan sumber daya yang dapat menyesuaikan kebutuhan.

2. Keamanan

Dalam Shared Hosting, keamanan situs web akan terpengaruh oleh aktivitas dari situs web lain yang berbagi server yang sama.

Sedangkan dalam Cloud Hosting, tingkat keamanan lebih tinggi karena sumber daya server disediakan dari beberapa server yang terpisah.

Untuk itu, sebelum Anda  memutuskan memilih kedua jenis layanan ini, jangan lupa perhatikan apakah penyedia layanan tersebut sudah memiliki keamanan data yang aman.

3. Skalabilitas

Dalam Shared Hosting, sumber daya server terbatas dan tidak dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.

Maka, jika situs web membutuhkan lebih banyak sumber daya, Anda harus beralih ke layanan hosting lain.

Sedangkan dalam Cloud Hosting, sumber daya server dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan situs web.

Hal tersebut akan memungkinkan situs web bisa lebih berkembang dan menyesuaikan sumber daya server mereka secara real-time, tanpa harus mengalami downtime atau pindah ke layanan hosting lain.

Untuk itu, hal di atas akan membuat layanan Cloud Hosting lebih fleksibel dan sesuai untuk situs web dengan variasi peningkatan dan penurunan lalu lintas.Top of Form

4. Kemudahan Penggunaan

Baik Shared Hosting maupun Cloud Hosting keduanya dapat digunakan dengan mudah oleh banyak pengguna.

Konfigurasi dan pemeliharaan server untuk kedua jenis layanan ini umumnya dilakukan oleh penyedia layanan hosting, sehingga pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang pengaturan server.

Namun, perbedaan besar antara kedua jenis layanan tersebut adalah tingkat kendali dan akses yang diberikan kepada pengguna.

Dalam Shared Hosting, akses ke server biasanya terbatas dan konfigurasi yang dapat dilakukan juga terbatas.

Sementara dalam Cloud Hosting, pengguna biasanya memiliki akses lebih besar ke konfigurasi dan pengaturan server serta dapat melakukan kustomisasi lebih lanjut jika diperlukan.

5. Harga

Shared Hosting biasanya lebih murah dibandingkan dengan layanan Cloud Hosting, karena sumber daya servernya pun dibagikan antara beberapa pengguna.

Namun, meskipun Cloud Hosting harganya lebih mahal, layanan ini mampu memberikan nilai lebih bagi situs web yang memiliki tuntutan yang tinggi terhadap kinerja dan skalabilitas.

Situs web yang membutuhkan sumber daya server yang lebih besar dan fleksibel, seperti situs web dengan trafik yang tinggi, dapat mengambil keuntungan dari layanan Cloud Hosting.

Sementara situs web yang tidak terlalu membutuhkan sumber daya yang besar, bisa mencoba layanan Shared Hosting.

Poin utamanya adalah pahami terlebih dahulu jenis hosting apa yang Anda butuhkan.

Untuk lebih memudahkan kedua layanan tersebut, berikut kami akan menyajikan tabel perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting.

Perbedaan Shared Hosting dengan Cloud Hosting

  Shared Hosting Cloud Hosting
Harga Lebih murah Biasanya lebih mahal dari Shared Hosting
Sumber Daya Server Beberapa situs web berbagi satu server Sumber daya server disediakan dari beberapa server yang terhubung dalam jaringan cloud computing.
Kinerja Kinerja situs web mungkin terpengaruh oleh aktivitas dari situs web lain yang berbagi server yang sama. Kinerja situs web tidak terpengaruh oleh aktivitas dari situs web lain karena sumber daya server dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.
Keamanan Keamanan situs web mungkin terpengaruh oleh aktivitas dari situs web lain yang berbagi server yang sama Tingkat keamanan lebih tinggi karena sumber daya server disediakan dari beberapa server yang terpisah.
Skalabilitas Sumber daya server terbatas dan tidak dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan Sumber daya dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan situs web.
Kontrol Pengguna memiliki sedikit kontrol atas server dan harus bergantung pada provider hosting untuk pemeliharaan server. Pengguna memiliki lebih banyak kontrol atas server dan dapat menyesuaikan konfigurasi sesuai kebutuhan.

Cloud Hosting VS Shared Hosting: Mana yang Perlu Saya Pilih?


Setiap jenis layanan web hosting memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Sehingga, pertanyaan di atas terkait mana yang perlu Anda pilih akan Anda temukan jawabannya kita Anda mengetahui perbedaan Cloud dan Shared Hosting.

Jika Anda membutuhkan layanan hosting dengan biaya yang murah dan mudah digunakan, Anda bisa coba menggunakan Shared Hosting karena cocok untuk pemula dan cocok juga untuk website yang belum memiliki trafik yang tinggi.

Akan tetapi, jika Anda membutuhkan layanan hosting yang bisa menampung traffik yang tinggi seperti kebutuhan toko online, Cloud Hosting merupakan rekomendasi yang baik.

Walaupun harganya yang lebih mahal dari Shared Hosting, jenis layanan ini akan memberikan keunggulan yang sepadan dengan apa yang Anda butuhkan.

Dengan demikian, yang perlu kami tegaskan kembali adalah pahami terlebih dahulu jenis layanan hosting seperti apa yang Anda butuhkan.

Penutup

Setelah mengetahui perbedaan cloud dan shared hosting di atas, ada juga jenis hosting lainnya yang bisa menjadi salah satu referensi Anda terkait jenis layanan hosting lain yang mungkin bisa Anda lakukan.  

Jenis hosting yang lain tersebut dinamakan dengan VPS Hosting.

Jika Anda tertarik dan masih ingin mencari tahu lebih dalam terkait referensi jenis hosting lain, silakan masuk ke artikel yang sudah kami buat mengenai  apa itu VPS Hosting dan Perbedaan VPS Hosting dengan Web Hosting.

Dan jika Anda tertarik menggunakan layanan Shared Hosting ataupun Cloud Hosting, Herza Cloud telah menyediakan kedua layanan tersebut.

Silakan konsultasikan kepada kami di Herza Cloud.

Herza Cloud adalah layanan Web Hosting Murah dengan jaminan dedicated resources yang berkualitas & handal dan hadir dengan keamanan yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh kita semua.

Maka dari itu, Herza Cloud hadir untuk membantu Anda.

Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Seluruh paket terlah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection. Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.