Mengoptimalkan Pengguna Website Mobile Friendly!

Website Mobile Friendly

Website Mobile Friendly – Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan mengikuti kemajuan teknologi saat ini.

Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak pengguna perangkat mobile untuk mengakses website dengan mudah.

Untuk itu, memebuat website versi mobile friendly menjadi suatu keharusan untuk menarik pelanggan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Membuat website dengan versi mobile friendly tidak begitu sulit, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini!

Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda tahu apa itu website mobile friendly? Berikut penjelasannya!.

Baca juga: Mobile First Indexing: Memahami Konsep, Dampak dan Strateginya (herza.id)

Apa Itu Website Mobile Friendly?

Apa itu Website Mobile Friendly?

Website mobile-friendly adalah situs web yang dirancang dan dioptimalkan agar dapat diakses dan ditampilkan dengan baik di perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Pentingnya memiliki website mobile-friendly tidak bisa diabaikan, mengingat semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.

Jika website tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile, pengalaman pengguna akan buruk, dan pengunjung mungkin kesulitan dalam navigasi, pembacaan konten, atau berinteraksi dengan situs secara menyeluruh.

Ada tiga alasan mengapa website mobile-friendly itu penting untuk digunakan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Jumlah Traffic dari Ponsel Meningkat: Semakin banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile, seperti smartphone.

    Dengan pertumbuhan pesat jumlah pengguna smartphone, menjadi sangat penting untuk memiliki website yang dioptimalkan untuk perangkat mobile agar dapat menjangkau dan memenuhi kebutuhan pengguna yang menggunakan perangkat mobile.

  2. Mobile-First Indexing: Google, sebagai mesin pencari terkemuka, memprioritaskan indeksasi konten berdasarkan versi mobile dari suatu situs web.

    Ini berarti Google akan menggunakan versi mobile situs Anda untuk menentukan peringkatnya dalam hasil pencarian.

    Jika situs web Anda tidak mobile-friendly, maka peringkat SEO Anda dapat terpengaruh secara negatif, dan ini dapat mengakibatkan penurunan trafik organik dan kesulitan dalam mencapai audiens target.

  3. Mobile Search Engine Optimization (SEO): Pendekatan SEO untuk versi mobile berbeda dari desktop.

    Dalam konteks ini, mobile SEO mencakup optimisasi untuk kata kunci yang relevan dengan pengguna mobile, kecepatan muat halaman yang cepat untuk perangkat mobile, penggunaan tata letak responsif dan desain yang mudah diakses melalui sentuhan, dan banyak lagi.

    Dengan menerapkan strategi mobile SEO yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda dalam hasil pencarian mobile dan menangkap peluang traffic yang lebih baik.

      Dengan mengutip data bahwa lebih dari separuh orang di dunia mengakses internet melalui smartphone dan bahwa jumlah pengguna smartphone terus meningkat, tidak dapat diragukan lagi betapa pentingnya untuk memiliki situs web yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.

      Jika tidak, Anda dapat kehilangan peluang besar untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target audiens Anda, serta dapat mengalami dampak negatif pada peringkat SEO dan lalu lintas situs web Anda secara keseluruhan.

      Apa Website Anda Sudah Mobile Friendly?

      Sebelum melakukan optimasi pada situs web agar mobile-friendly, penting untuk mengetahui statusnya terlebih dahulu.

      Google menyediakan alat yang disebut Mobile-Friendly Test yang memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah situs web Anda sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile atau tidak.

      Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Mobile-Friendly Test dari Google:

      1. Buka browser dan pergi ke halaman Mobile-Friendly Test Google: https://search.google.com/test/mobile-friendly

      2. Masukkan URL situs web Anda di kolom yang disediakan.

      3. Klik tombol “TEST URL.”

      4. Tunggu beberapa saat hingga alat menyelesaikan tesnya.

      Setelah tes selesai, Anda akan mendapatkan hasil yang memberikan informasi tentang apakah situs web Anda mobile-friendly atau tidak.

      Jika situs Anda sudah mobile-friendly, maka Anda sudah berada di jalur yang benar.

      Namun, jika ada isu-isu yang ditemukan, Anda akan diberikan daftar masalah spesifik yang membuat situs tidak mobile friendly.

      Dengan mengeksplorasi “Page Loading Issues” atau isu-isu yang ditemukan, Anda dapat memahami apa yang harus diperbaiki untuk membuat situs Anda mobile-friendly.

      Beberapa isu umum yang mungkin muncul termasuk ukuran teks yang terlalu kecil, tata letak yang tidak responsif, gambar yang tidak dioptimalkan, dan penggunaan teknologi yang tidak didukung oleh perangkat mobile.

      Setelah mengetahui masalah-masalah spesifik, Anda dapat mulai mengimplementasikan langkah-langkah dan teknik yang tepat untuk membuat situs Anda mobile friendly.

      Dengan demikian, situs Anda akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna perangkat mobile dan membantu meningkatkan posisi Anda dalam peringkat pencarian Google.

      Cara Membuat Website Mobile Friendly

      Cara Membuat Website Mobile Friendly!

      Membuat website versi mobile friendly tidak begitu sulit, Berikut ini langkah-langkah membuat website mobile friendly yang dapat Anda ikuti, diantaranya sebagai berikut:

      Install Tema yang Responsif

      Menggunakan tema responsif merupakan langkah penting dalam membuat situs web mobile-friendly.

      Tema responsif memainkan peran krusial dalam menyediakan pengalaman yang baik bagi pengguna perangkat mobile, serta dapat berpengaruh pada performa dan peringkat situs web dalam hasil pencarian Google.

      Berikut adalah tiga kriteria utama yang harus diperhatikan dalam memilih tema responsif untuk situs web Anda:

      1. Kemampuan Menyesuaikan Tampilan Secara Otomatis:
        Tema responsif harus dapat menyesuaikan tampilan situs web secara otomatis dengan berbagai ukuran layar perangkat, seperti smartphone, tablet, dan desktop.

        Hal ini akan memastikan bahwa pengunjung dapat mengakses situs dengan nyaman tanpa harus melakukan zoom in atau out.

      2. Desain Website dan Tampilan Simpel:
        Tema responsif sebaiknya memiliki desain yang sederhana dan mudah diakses.

        Tata letak yang bersih dan tampilan yang simpel akan membantu pengguna untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari dan berinteraksi dengan situs secara lancar.

      3. User Interface yang Intuitif:
        Tema responsif harus memiliki elemen user interface yang intuitif, seperti tombol, slider, dan formulir yang mudah diakses dan digunakan di perangkat mobile.

        Pengguna perangkat mobile memiliki keterbatasan dalam penggunaan tombol dan interaksi, jadi penting untuk memastikan elemen-elemen ini dirancang dengan baik untuk pengalaman pengguna yang optimal.

      Memang benar bahwa tidak semua tema WordPress responsif, dan penting bagi pemilik situs web untuk memastikan bahwa tema yang mereka pilih memenuhi kriteria responsif yang disebutkan di atas.

      Dengan memanfaatkan WordPress Directory dan menggunakan kata kunci “Responsive” saat mencari tema.

      Anda dapat menemukan ribuan pilihan tema responsif yang dapat digunakan secara gratis, sesuai dengan kebutuhan dan gaya situs web Anda.

      Dengan menginstal tema responsif yang tepat, Anda dapat meningkatkan performa, pengalaman pengguna, dan peringkat SEO situs web Anda, serta memastikan bahwa situs Anda tetap kompetitif dan dapat diakses dengan baik oleh pengunjung menggunakan perangkat mobile.

      Buat Menu yang Simpel

      Ukuran layar dan resolusi pada perangkat mobile berbeda dengan desktop.

      sehingga perlu dilakukan desain yang responsif dan optimal agar pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi situs web Anda, terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

      Berikut adalah beberapa prinsip yang perlu diikuti untuk menyederhanakan tampilan menu pada versi mobile:

      1. Tampilkan Menu yang Penting:
        Fokuskan pada menu-menu utama yang paling penting untuk membantu pengunjung melakukan tindakan yang diinginkan, seperti order atau mencari informasi kunci.


      2. Collapsible Navigation Sidebar:
        Gunakan menu navigasi yang dapat disembunyikan atau “collapsible” untuk menampung menu tambahan.


        Ini membantu menghindari tampilan yang berantakan dan memberikan pengunjung opsi untuk melihat menu tambahan jika mereka membutuhkannya.

      3. CTA yang Singkat dan Jelas:
        Call-to-action (CTA) pada versi mobile harus singkat dan jelas, agar pengunjung tahu apa yang diharapkan dari mereka, misalnya “Order Now” atau “Hubungi Kami.”


      4. Tombol yang Besar:
        Desain tombol dengan ukuran yang besar untuk memudahkan penggunaan dengan jari di layar sentuh perangkat mobile.


      5. Hindari Penggunaan Sidebar untuk Konten:
        Jika mungkin, hindari menggunakan sidebar untuk konten utama, karena konten di sidebar cenderung ditampilkan di bagian bawah halaman pada versi mobile, yang dapat menyulitkan pengguna dalam mengakses informasi tersebut.

      Sertakan Kolom Pencarian

      Terkadang sulit untuk menyederhanakan menu dan konten pada website, terutama jika itu merupakan marketplace atau toko online yang menawarkan berbagai produk.

      Dalam kasus seperti itu, penggunaan kolom pencarian adalah solusi yang sangat berguna dan efektif.

      Kolom pencarian menjadi peran penting dalam meningkatkan keterjangkauan dan navigasi bagi pengguna.

      Sertakan pula saran kata kunci dan auto-complete untuk membantu pengguna dalam mengisi kolom pencarian dengan lebih cepat.

      Pastikan juga bahwa kolom pencarian mudah ditemukan oleh pengguna dengan meletakkannya di area yang terlihat dan mudah diakses.

      Dengan menggunakan kolom pencarian yang efektif, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu mereka menemukan produk dengan cepat dan mudah, meningkatkan konversi, dan memberikan nilai tambah bagi website Anda.

      Pilih Jenis Font yang Tepat

      Memilih jenis font yang tepat adalah salah satu langkah penting dalam membuat blog menjadi mobile-friendly.

      Font yang tepat akan mempengaruhi keseluruhan tampilan dan pengalaman membaca konten pada perangkat mobile.

      Dalam memilih font untuk blog mobile-friendly, Anda dapat menguji tampilan font pada perangkat mobile untuk memastikan keterbacaan dan estetika yang baik.

      Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa konsistensi dan keselarasan antara font, tata letak, dan elemen desain lainnya.

      Pada akhirnya, pemilihan font yang baik dapat membantu meningkatkan pengalaman membaca dan mempermudah navigasi bagi pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

      Pastikan Ada Whitespace yang Cukup

      Pemilihan tampilan dengan latar belakang putih polos dapat memberikan berbagai manfaat pada website, terutama saat diakses melalui perangkat mobile.

      Latar belakang putih dapat memberikan kesan yang bersih, elegan, dan profesional, serta membantu konten dan objek utama di halaman lebih mencolok.

      Penting juga untuk memperhatikan cara penyajian konten di halaman dengan latar belakang putih.

      Memecah teks paragraf menjadi potongan-potongan pendek, serta menyertakan paragraf yang mudah dibaca dan mudah dipahami, akan meningkatkan pengalaman membaca pengunjung, terutama pada perangkat mobile dengan ruang layar yang terbatas.

      Meskipun pemilihan latar belakang putih polos tidak sepenuhnya terkait dengan aspek teknis, penting untuk diingat dan diperhatikan karena memiliki dampak besar terhadap kesan keseluruhan dan pengalaman pengguna di website, terutama saat diakses melalui perangkat mobile.

      Buat Form yang Singkat

      Ketika menciptakan blog yang mobile-friendly, penting untuk mempertimbangkan panjang dan isi dari form isian.

      Form yang terlalu panjang atau meminta informasi yang tidak terlalu relevan dapat menyulitkan pengunjung dan mengganggu pengalaman pengguna.

      Memastikan form isian yang singkat dan sederhana akan meningkatkan kemungkinan pengguna untuk mengisi form dan memberikan pengalaman yang lebih baik saat mengunjungi blog Anda melalui perangkat mobile.

      Lakukan Optimasi Gambar

      Optimasi gambar merupakan langkah penting dalam membuat website mobile-friendly.

      Gambar-gambar yang tidak dioptimalkan dengan baik dapat menyebabkan website menjadi lambat dalam memuat halaman, menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan di server, dan memberikan pengalaman buruk kepada pengguna perangkat mobile.

      Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan gambar pada blog agar lebih mobile-friendly:

      1. Pilih Format Gambar yang Tepat:
        Gunakan format gambar yang sesuai dengan jenis gambar yang Anda unggah.


        Untuk gambar-foto atau gambar dengan banyak warna, pilih format JPG atau JPEG untuk mengoptimalkan ukuran file dan mempertahankan kualitas gambar yang baik.

        Untuk gambar dengan latar belakang transparan atau gambar dengan banyak detail, seperti tangkapan layar, gunakan format PNG.

      2. Lakukan Kompresi Gambar:
        Kompresi gambar adalah proses mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar secara signifikan.


        Anda dapat menggunakan layanan daring seperti TinyPNG atau TinyJPG untuk melakukan kompresi gambar secara otomatis sebelum mengunggahnya ke website.

      3. Perkecil Dimensi Gambar:
        Sebelum mengunggah gambar ke website, pastikan untuk menyesuaikan dimensi gambar sesuai dengan kebutuhan.


        Hindari mengunggah gambar dengan dimensi yang lebih besar dari yang sebenarnya ditampilkan pada halaman.

        Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Paint atau Picasa untuk dengan mudah menyesuaikan dimensi gambar.

      4. Gunakan Plugin Image Optimizer:
        Jika Anda menggunakan platform seperti WordPress, instal plugin image optimizer seperti WP Smush.


        Plugin ini dapat membantu Anda mengoptimalkan gambar secara otomatis saat mengunggahnya ke website dan juga dapat membantu memeriksa resolusi gambar yang belum optimal.

      5. Tambahkan Title Text dan Alt Text:
        Untuk meningkatkan optimasi SEO dan aksesibilitas gambar, tambahkan title text dan alt text yang sesuai untuk setiap gambar.


        Title text berfungsi sebagai tooltip ketika pengguna mengarahkan kursor ke gambar, sedangkan alt text digunakan oleh bot mesin pencari untuk memahami konten gambar.

        Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dalam title text dan berikan deskripsi yang relevan dan deskriptif dalam alt text.

      Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan gambar-gambar pada blog Anda untuk membuatnya lebih mobile-friendly.

      meningkatkan kecepatan muat halaman, menghemat ruang penyimpanan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna perangkat mobile.

      Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah Gambar di WordPress

      Hindari Pop-up

      Menghindari penggunaan pop-up yang berlebihan atau sulit ditutup adalah langkah penting dalam membuat website menjadi mobile-friendly.

      Pop-up yang terlalu banyak atau sulit ditutup dapat mengganggu pengalaman pengguna dan membuat pengunjung merasa tidak nyaman saat mengakses situs web melalui perangkat mobile.

      Baca juga: Cara Meningkatkan Keamanan Website? Yuk Cari Tahu Disini!

      Pakai Accelerated Mobile Pages

      Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan proyek yang kembangkan oleh Google untuk meningkatkan kecepatan loading website pada perangkat mobile.

      AMP bertujuan untuk menyajikan konten dengan cepat dan efisien pada perangkat mobile dengan menggunakan cache dan teknik optimasi lainnya.

      Berikut adalah beberapa cara AMP bekerja untuk meningkatkan kecepatan loading website:

      1. Penggunaan Cache: AMP menggunakan cache untuk menyimpan data website pada perangkat pengguna.

        Hal ini memungkinkan website untuk dimuat lebih cepat ketika pengguna mengaksesnya kembali, karena data tidak perlu diunduh lagi dari server.

      2. Optimasi Gambar: AMP Cache mengoptimalkan gambar dengan membatasi dimensi atau resolusi gambar.

        mengubah format gambar ke ukuran yang sesuai untuk tampilan ponsel, dan menurunkan kualitas gambar untuk mempercepat loading website.

        Ini membantu mengurangi ukuran file gambar dan mempercepat waktu muat halaman.

      3. Pengamanan Melalui HTTPS: Untuk mendukung keamanan data pengguna, AMP memastikan bahwa website menggunakan protokol HTTPS.

        Penggunaan protokol ini membantu melindungi data pengguna saat ditransmisikan antara server dan perangkat pengguna.

      Dengan cara-cara di atas, AMP mampu mempercepat waktu loading website secara signifikan dan mengurangi data yang perlu diunduh oleh perangkat pengguna hingga delapan kali lebih kecil dibandingkan dengan website biasa.

      Selain keuntungan dalam kecepatan loading, situs web yang diimplementasikan dengan AMP juga memiliki keunggulan dalam mesin pencari Google.

      Google memberikan prioritas pada website yang menggunakan AMP dalam tampilan halaman pencarian di perangkat mobile.

      Hal ini memberikan kesempatan bagi website dengan AMP untuk tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas serta klik pengunjung.

      Penerapan AMP dapat memberikan manfaat besar bagi pengguna perangkat mobile, meningkatkan pengalaman mereka dalam menjelajahi situs web, serta membantu pemilik situs dalam meningkatkan visibilitas dan keterjangkauan website mereka melalui mesin pencari Google.

      Tinggalkan Flash

      Penggunaan Flash pada website sudah usang dan tidak disarankan lagi, terutama dalam konteks pengalaman pengguna pada perangkat mobile.

      Sebagai gantinya, gunakan teknologi modern seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk menciptakan tampilan dan interaksi yang responsif dan kompatibel dengan perangkat mobile.

      HTML5 dan CSS3 adalah standar web modern yang mendukung pengalaman pengguna yang lebih baik di berbagai perangkat, termasuk desktop dan mobile.

      Dengan menggunakan teknologi terbaru yang kompatibel dengan perangkat mobile, Anda dapat menciptakan website yang lebih responsif, cepat dalam memuat, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, tanpa mengalami masalah yang sering terkait dengan Flash.

      Jadikan kecepatan sebagai prioritas

      Kecepatan website adalah hal yang sangat penting untuk membuatnya mobile-friendly.

      Pengguna perangkat mobile cenderung memiliki tingkat kesabaran yang lebih rendah, dan jika website tidak memuat dalam waktu yang cepat, mereka cenderung meninggalkannya dan mencari alternatif lain.

      Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan website harus menjadi prioritas utama dalam upaya membuatnya mobile-friendly.

      Ada beberapa langkah penting untuk meningkatkan kecepatan website, seperti mengurangi jumlah posting yang tampil di halaman depan, menghilangkan widget yang tidak perlu, dan menghapus plugin yang jarang digunakan.

      Semua ini akan membantu mengurangi waktu muat halaman dan meningkatkan pengalaman pengguna.

      Namun, jika langkah-langkah tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan dan performa server menjadi masalah utama, meng-upgrade paket hosting ke layanan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan adalah solusi yang tepat.

      Ingatlah bahwa kecepatan website adalah kunci untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, meningkatkan tingkat retensi pengunjung, dan mendukung upaya SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda di hasil pencarian.

      Baca juga: Web Hosting yang Tepat Untuk Blog? Ini Dia!

      Siap Buat Website Mobile Friendly?

      Bagaimana? Mudah bukan membuat website mobile friendly? Anda dapat mempraktikannya sendiri.

      Mulai dari menginstall tema yang responsif, membuat menu yang simple, memastikan ada whitespace yang cukup, dan lain sebagainya.

      Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan website yang mobile-friendly, meningkatkan pengalaman pengguna, dan meningkatkan visibilitas serta keterjangkauan website Anda di perangkat mobile.

      Jika Anda membutuhkan layanan hosting untuk meningkatkan kecepatan website Anda, silahkan hubungi Herza Cloud.

      Kami menyediakan beberapa layanan hosting seperti Shared Hosting, VPS, dan Cloud Hosting.

      Baca juga: Perbedaan Shared Hosting, VPS dan Cloud Server!

      Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

      Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest. Selain itu, kami juga menyediakan web hosting gratis bagi Anda yang ingin mencoba memulai blog Anda.

      Masing-masing akun hosting gratis mendapatkan disk space 750 MB & bandwidth sebesar 7.500 MB / 7 GB. Berbagai fitur di web hosting gratis Indonesia juga tersedia untuk Anda.

      Jika anda memerlukan sumber daya yang lebih besar untuk bisnis Anda, segera upgrade ke paket web hosting murah kami!

      Jadi tunggu apalagi? Yuk langsung hubungi kami!