Keamanan Website? Yuk Amankan dengan Layanan Hosting!

Meningkatkan Keamanan Website dengan Layanan Hosting

Meningkatkan Keamanan Website – Mengamankan website adalah upaya pencegahan dan melindungi website dari berbagai macam serangan siber.

Serangan siber dapat berupa pencurian data, perusakan dan penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak berwenang.

Hal tersebut dapat kita cegah dengan berbagai macam upaya seperti penggunaan kombinasi password yang kuat, mengupdate themes, plugin atau code website secara rutin, menggunakan layanan hosting dengan keamanan tinggi dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir rumit dalam meningkatkan keamanan website Anda, Karena dalam artikel ini kita akan membahas cara meningkatkan keamanan website dengan mudah.

Yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Keamanan Website?

Apa itu Keamanan Website?
Apa itu Keamanan Website?

Mengamankan website merupakan salah satu bagian dari cyber security, yang merupakan serangkaian tindakan atau prosedur yang dilakukan untuk melindungi website dari berbagai jenis ancaman siber, seperti pencurian data, perusakan, dan penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak berwenang.

Tujuan dari keamanan website adalah untuk menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data yang tersimpan di dalam website.

Upaya untuk meningkatkan keamanan website dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti penggunaan enkripsi data, konfigurasi firewall, penambahan fitur keamanan pada aplikasi website, melakukan backup data secara berkala, dan sebagainya.

Semua tindakan ini bertujuan untuk mencegah serangan siber dan melindungi website dari kerugian finansial, reputasi, atau bahkan hukuman hukum yang dapat ditimbulkan akibat kebocoran atau penyalahgunaan data.

Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan website Anda, yuk simak penjelasan berikut ini.

12+ Cara Meningkatkan Keamanan Website

Cara Meningkatkan Keamanan Website
Cara Meningkatkan Keamanan Website

Dalam meningkatkan keamanan website, dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memiliki skill teknis. Berikut ini cara meningkatkan keamanan website Anda, diantaranya:

Pastikan Hosting Anda Aman

Dalam meningkatkan keamanan website dengan hosting, memilih web hosting yang aman merupakan langkah penting yang harus Anda perhatikan.

Pilihan web hosting yang tepat dapat membantu melindungi website Anda dari berbagai ancaman siber, seperti serangan DDoS, hacking, malware, dan sebagainya.

Pastikan minimal layanan hosting Anda mempunyai teknologi keamanan seperti Imunify360.

Anda juga dapat mempertimbangkan faktor lain saat memilih web hosting, seperti kecepatan server, ketersediaan fitur tambahan, dukungan pelanggan, dan harga yang sesuai dengan budget.

Jika Anda ingin menggunakan layanan hosting, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang andal dan memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan, kinerja, dan dukungan pelanggan.

Dengan memilih web hosting yang tepat dan melakukan tindakan keamanan lainnya, Anda dapat meningkatkan keamanan website dan melindungi data dan informasi penting dari ancaman siber.

Install Plugin Keamanan atau Standarisasi Keamanan

Plugin keamanan adalah salah satu langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan website.

Plugin keamanan dapat membantu melindungi website dari serangan siber dan memberikan lapisan keamanan tambahan untuk mengamankan data dan informasi penting.

Beberapa contoh plugin yang popular dan banyak digunakan oleh pengguna WordPress yaitu iThemes Security, Wordfence Security, dan SecuPress Free.

Plugin keamanan tersebut dapat membantu memperkuat password, memblokir serangan brute force, serta memberikan notifikasi jika terdapat perubahan pada website.

Jika website Anda menggunakan custom coding, seharusnya Anda dapat menyampaikan bahwa untuk diperhatikan lebih rinci lagi terkait standarisasi keamanan pada codingnya, seperti pastikan password terenkripsi ketika di store pada database, dan lain sebagainya.

Pasang SSL

SSL (Secure Sockets Layer) atau saat ini lebih dikenal sebagai TLS (Transport Layer Security) adalah protokol keamanan yang digunakan untuk melindungi pertukaran data antara website dan pengunjung.

SSL mengenkripsi data yang dikirim dan diterima antara pengunjung dan server website sehingga data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Contohnya saat pengunjung memasukkan nomor kartu kredit mereka, penggunaan SSL dapat membantu melindungi nomor kartu kredit pengunjung dari hacker atau penjahat siber yang ingin mencuri informasi tersebut.

SSL akan mengenkripsi nomor kartu kredit sebelum dikirimkan ke server website, sehingga data tersebut tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan SSL Premium pada website Anda, Herza Cloud Menjual SSL terbaik dengan harga yang murah.

Update Website Anda

Melakukan update website secara rutin sangat penting untuk menjaga keamanan website dan mengurangi risiko serangan siber.

Hal ini dikarenakan serangan siber terus berkembang dan menemukan celah keamanan di website yang belum diperbarui atau di-update.

Jika menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla dan Drupal, biasanya Anda dapat melakukan automation updated.

Namun jika menggunakan custom coding atau website custom dengan programmer.

Pastikan Anda menginfokan kepada programmer yang membuat website untuk mengupdate selalu celah keamanan pada script atau website Anda.

Gunakan Username dan Password yang Kuat

Menggunakan username dan password yang kuat sangat penting untuk melindungi website dari serangan hacker.

Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.

Jika salah satu akun terkena serangan, hacker dapat mengakses akun lainnya jika password sama.

Beberapa tips untuk membuat password yang kuat adalah:

  1. Buat password yang panjang, minimal 12 karakter.

  2. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

  3. Hindari penggunaan kata-kata umum atau informasi pribadi yang mudah ditebak.

  4. Gunakan frasa atau kalimat sebagai password, misalnya “SayaSukaMakanNasiGoreng!”.

  5. Gunakan password manager untuk menyimpan dan mengelola password Anda.

Dengan menggunakan password yang kuat dan berbeda untuk setiap akun, Anda dapat memperkuat keamanan website Anda dari serangan hacker.

Install Plugin Backup

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, backup website sangat penting untuk mengamankan data dan memudahkan pemulihan jika terjadi masalah.

Namun, backup saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa file backup tersebut aman.

Dengan menjaga keamanan file backup, Anda bisa memastikan bahwa data website Anda selalu aman dan tersedia untuk dipulihkan kapan saja.

Selain itu, meskipun penyedia hosting menyedikan fitur backup, Anda tetap perlu menginstall plugin sebagai tambahan dalam upaya pencegahan.

Beberapa contoh plugin backup yang bagus untuk digunakan adalah, BackupBuddy, BlogVault, BoldGrid Backup, dan lain sebagainya.

Amankan File Website dengan Antivirus Terbaik

Melakukan scan file sebelum mengunggahnya ke website sangat penting untuk mencegah adanya virus atau malware yang bisa membahayakan keamanan website Anda.

Meskipun Anda telah melakukan enam langkah cara meningkatkan keamanan webstie di atas.

Namun cara-cara tersebut tidak akan bekerja secara optimal jika Anda menggunggah file yang terdapat virus didalamnya.

Berikut ini contoh antivirus yang bagus untuk Anda gunakan diantaranya BitDefender Antivirus Plus, Kaspersky Total Security, ESET Smart Security Premium, dan lain sebagainya.

Ganti URL Login

Mengganti URL login default WordPress bisa menjadi upaya pencegahan tambahan untuk mengurangi risiko serangan brute force.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti URL login WordPress:

  1. Install dan aktifkan plugin keamanan WordPress seperti iThemes Security atau All In One WP Security & Firewall.

  2. Setelah plugin aktif, buka menu Settings > WP Security. Kemudian, klik tab Hide Login.

  3. Pada halaman tersebut, masukkan URL login baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan URL yang dipilih cukup unik dan sulit ditebak oleh hacker. Misalnya, Anda bisa menggunakan URL seperti www.websiteanda.com/mynewlogin.

  4. Setelah memasukkan URL baru, klik tombol Save Settings.

Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke URL login baru yang telah Anda atur sebelumnya.

Dengan begitu, hacker tidak akan dapat dengan mudah menemukan URL login default WordPress dan melakukan serangan brute force.

Terapkan 2-Factor Authentication

2-Factor Authentication (2FA) memang menjadi salah satu metode keamanan yang sangat efektif dalam mengamankan akses ke suatu akun atau website.

Selain menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail, metode 2FA juga bisa menggunakan aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Authy.

Dalam metode ini, pengguna harus menginstal aplikasi autentikasi tersebut dan melakukan sinkronisasi dengan akun mereka di website.

Selanjutnya, ketika pengguna ingin login ke website, mereka harus memasukkan kode yang dihasilkan oleh aplikasi autentikasi tersebut sebagai tambahan keamanan selain username dan password mereka.

Metode ini lebih aman dibandingkan dengan pengiriman kode melalui SMS atau e-mail karena tidak memerlukan koneksi internet dan tidak mudah diretas oleh hacker.

Batasi Percobaan Login

Salah satu cara untuk mencegah brute force attack adalah dengan membatasi percobaan login.

Anda bisa menggunakan plugin seperti Limit Login Attempts Reloaded atau WP Limit Login Attempts untuk membatasi jumlah percobaan login yang bisa dilakukan oleh pengguna dalam periode waktu tertentu.

Dengan cara ini, jika pengguna mencoba login dengan kombinasi username dan password yang salah sebanyak batasan yang ditentukan, maka aksesnya akan diblokir untuk sementara waktu.

Hal ini bisa mengurangi risiko dari serangan brute force attack dan meningkatkan keamanan website Anda.

Logout Otomatis

Melakukan logout setelah selesai menggunakan dashboard WordPress sangat penting untuk menjaga keamanan website.

Logout otomatis juga bisa membantu mencegah orang lain yang menggunakan browser yang sama untuk mengakses akun Anda tanpa izin.

Selain plugin Inactive Logout, ada beberapa plugin lain yang bisa digunakan untuk melakukan logout otomatis, seperti WP Idle Logout, Simple Logout, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memilih plugin yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pengaturan waktu logout otomatis dengan kebutuhan Anda dan tingkat risiko keamanan website Anda.

Semakin singkat waktu logout otomatis, semakin tinggi keamanannya, namun juga bisa mengganggu pengalaman pengguna jika terlalu singkat.

Perlindungan DDos

Serangan DDos (Distributed Denial of Service) adalah jenis serangan siber yang dilakukan untuk membuat sebuah situs atau jaringan tidak dapat diakses oleh pengguna yang sah dengan cara membanjiri jaringan dengan lalu lintas internet yang besar.

Untuk melindungi website dari serangan DDoS, Anda dapat memasang firewall pada server web Anda untuk membatasi akses ke situs web dari luar.

Firewall juga dapat membantu mendeteksi serangan DDoS dan memblokir alamat IP yang mencurigakan.

Atur Google Analytics dan Search Console

Google Analytics dan Search Console memang sangat penting untuk menjaga keamanan website.

Selain dapat mendeteksi serangan hack, kedua tools ini juga memberikan informasi yang sangat berguna untuk meningkatkan performa website secara keseluruhan.

Google Analytics memberikan informasi terkait pengunjung website, termasuk data demografis, preferensi pengguna, dan laporan tentang trafik.

Sedangkan Google Search Console memungkinkan Anda untuk memonitor performa website di hasil pencarian Google, memperbaiki kesalahan teknis dan mengoptimalkan tampilan hasil pencarian.

Dengan menggunakan kedua tools ini, Anda bisa memantau website Anda secara terus-menerus dan mengambil tindakan cepat apabila terjadi masalah keamanan atau perubahan-perubahan yang tidak diinginkan.

Layanan Web Hosting Murah Handal dan Terpercaya dari Herza Cloud

Layanan Web Hosting Murah, Handal dan Terpercaya dari Herza Cloud
Layanan Web Hosting Murah, Handal dan Terpercaya dari Herza Cloud

Sekarang Anda dapat meningkatkan keamanan website Anda dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seperti memilih layanan hosting yang aman, install plugin, pasang SSL, dan lain sebagainya.

Dalam memilih layanan hosting yang aman, Herza Cloud memiliki layanan web hosting murah dengan kualitas yang handal dan keamanan yang tinggi.

Seluruh paket telah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Selain itu, Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin konektivitas dan kecepatan loading website Anda.

Tunggu apalagi? Yuk langsung hubungi kami!