Cara Menghilangkan Malware? Kenali Tandanya, Hindari Malware!

Website Anda terkena serangan malware? Jangan panik! Ikuti cara menghilangkan malware dibawah ini, untuk menghapus malware yang menyerang website Anda!

Tapi sebelum Anda mempelajari cara menghilangkan malware, alangkah baiknya Anda mengenali dulu apa itu malware? Kok bisa malware menyerang website?

Apa Itu Malware?

Apa itu Malware?

Malware singkatan dari malicious software yang merujuk pada berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, termasuk virus, worm, Trojan, spyware, ransomware, dan sebagainya.

Sedangkan web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan dan akses ke situs web di internet.

Dalam konteks keamanan, web hosting dapat menjadi target serangan malware karena seringkali merupakan tempat penyimpanan situs web dan data pengguna yang rentan terhadap serangan.

Malware dapat menyusup ke dalam web hosting melalui berbagai cara, termasuk melalui celah keamanan pada sistem operasi, perangkat lunak, atau aplikasi web.

Setelah berhasil masuk, malware dapat memanipulasi situs web atau bahkan mengambil alih server hosting secara keseluruhan, yang dapat berdampak buruk pada keamanan dan ketersediaan situs web dan data pengguna.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna website untuk selalu waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi sistem dan data mereka dari serangan malware.

Setelah Anda memahami apa itu malware, Anda juga harus tahu cara menghilangkan malware di website, agar Anda bisa mengatasinya saat malware menyerang website Anda.

Baca juga: 7 Jenis Serangan Cyber yang Umum dan Cara Mencegahnya

Cara Menghilangkan Malware di Website

Cara Menghilangkan Malware

Menghilangkan malware dari website dapat menjadi proses yang rumit dan memakan waktu, tergantung pada seberapa luas infeksi dan bagaimana malware menginfeksi sistem.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan malware dari website Anda.

Pemindaian Virus dan Malware

Untuk melakukan pemindaian virus dan malware pada website, Anda dapat menggunakan program antivirus dan anti-malware yang andal.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Pastikan program antivirus dan anti-malware yang digunakan telah diperbarui ke versi terbaru. Hal ini akan memastikan program memiliki database virus dan malware yang paling up-to-date.

  2. Login ke panel kontrol web hosting dan akses menu file manager. Kemudian, pilih direktori atau folder yang ingin Anda periksa.

  3. Setelah itu, klik kanan pada folder atau file yang ingin Anda periksa dan pilih opsi “Scan with Antivirus” atau “Scan with Anti-Malware” atau opsi serupa yang tersedia pada panel kontrol web hosting.

  4. Tunggu proses pemindaian selesai. Jika program menemukan file yang terinfeksi, hapus file tersebut atau putar ke dalam karantina. Namun, pastikan untuk tidak menghapus file yang penting atau berhubungan dengan website Anda.

  5. Ulangi langkah-langkah tersebut pada folder dan file yang lain hingga seluruh file yang ada pada web hosting telah diperiksa dan dipindai.

Perbarui Software dan Aplikasi

Perbarui perangkat lunak dan aplikasi pada web hosting secara teratur sangat penting untuk menjaga keamanan website dan mencegah terjadinya infeksi malware.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbarui perangkat lunak dan aplikasi pada web hosting:

  1. Login ke panel kontrol web hosting dan periksa versi perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan. Pastikan bahwa perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan pada web hosting adalah versi terbaru.

  2. Perbarui perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan dengan versi terbaru yang disediakan oleh vendor atau pengembang software.

  3. Pastikan untuk selalu mem-backup website sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak dan aplikasi, terutama jika pembaruan yang dilakukan bersifat signifikan.

  4. Jangan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi yang sudah tidak didukung oleh vendor atau pengembang, karena hal ini dapat membuat website rentan terhadap serangan keamanan dan infeksi malware.

  5. Aktifkan opsi otomatis untuk memperbarui perangkat lunak dan aplikasi jika tersedia pada panel kontrol web hosting Anda.

Mengubah Password

Ganti password secara rutin sangat penting untuk menjaga keamanan website dan mencegah terjadinya akses yang tidak sah atau pencurian data.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengganti password pada web hosting:

  1. Login ke panel kontrol web hosting dan pilih opsi untuk mengganti password atau ubah password pada akun Anda.

  2. Gunakan kombinasi password yang kuat dan sulit ditebak. Pastikan password yang digunakan terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

  3. Jangan menggunakan password yang sama pada berbagai akun, termasuk email dan sosial media. Ini akan membuat Anda lebih rentan terhadap serangan keamanan dan pencurian data.

  4. Pastikan untuk menyimpan password yang baru dengan aman dan tidak mengungkapkannya kepada siapa pun.

  5. Aktifkan fitur pengaturan password yang kuat pada panel kontrol web hosting Anda jika tersedia.

  6. Periksa kembali password secara berkala dan pastikan untuk menggantinya jika terjadi pelanggaran keamanan atau ada tanda-tanda aktivitas mencurigakan pada akun Anda.

Setelah password diganti, pastikan untuk memperbarui password pada semua akun terkait seperti email, FTP, dan database.

Hapus File Tidak Dikenal

Hapus file-file yang tidak dikenal pada web hosting sangat penting untuk menjaga keamanan website dan mencegah terjadinya infeksi malware.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus file-file yang tidak dikenal pada web hosting:

  1. Login ke panel kontrol web hosting dan akses menu file manager.

  2. Periksa direktori atau folder yang dianggap mencurigakan atau berisi file yang tidak dikenal. Pastikan bahwa semua file pada direktori tersebut dibuat atau diupload oleh Anda atau oleh orang yang memiliki akses ke web hosting.

  3. Periksa file dengan ekstensi yang mencurigakan seperti .php, .exe, .js, dan sejenisnya. Jangan menghapus file yang penting atau berhubungan dengan website Anda.

  4. Jika ditemukan file yang mencurigakan atau tidak dikenal, hapus file tersebut.

  5. Periksa website secara berkala untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan atau tanda-tanda malware yang kembali muncul.

Jangan lupa untuk selalu mem-backup website sebelum menghapus file-file yang tidak dikenal atau melakukan perubahan yang signifikan pada website.

Hal ini dapat membantu memulihkan website jika terjadi masalah atau kesalahan dalam proses penghapusan file.

Periksa Web Secara Berkala

Melakukan pemeriksaan website secara berkala sangat penting untuk menjaga keamanan dan kinerja website. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperiksa secara berkala:

  1. Periksa aktivitas log: Cek aktivitas log pada panel kontrol web hosting untuk memastikan tidak ada akses yang tidak sah atau aktivitas mencurigakan pada website.

  2. Pemindaian malware: Lakukan pemindaian malware secara berkala untuk memastikan website bebas dari infeksi malware atau virus. Anda dapat menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk melakukan pemindaian ini.

  3. Perbarui perangkat lunak: Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak dan aplikasi website Anda, termasuk plugin dan tema, untuk mengurangi risiko keamanan dan menjaga kinerja website.

  4. Cek tampilan website: Periksa tampilan website secara berkala untuk memastikan website berfungsi dengan baik dan tidak terjadi masalah tampilan atau fungsi pada website.

  5. Uji kinerja website: Uji kinerja website secara berkala untuk memastikan website berjalan dengan cepat dan stabil. Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk melakukan pengujian kinerja website.

  6. Cek database: Periksa database website secara berkala untuk memastikan tidak ada masalah pada struktur database dan data terorganisir dengan baik.

  7. Backup website: Backup website secara berkala untuk menghindari kehilangan data atau masalah teknis pada website.

  8. Periksa file konfigurasi: Periksa file konfigurasi website secara berkala untuk memastikan tidak ada perubahan yang tidak sah atau kesalahan konfigurasi pada website.

Dengan melakukan pemeriksaan website secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa website berjalan dengan baik, bebas dari infeksi malware, dan tetap aman dari serangan cyber.

Gunakan Layanan Keamanan Web Hosting

Menggunakan layanan keamanan web hosting dapat membantu meningkatkan keamanan website Anda dengan cara yang signifikan.

Layanan keamanan web hosting yang dapat Anda gunakan diantaranya Firewall, SSL Certificate, Penyebaran CDN dan lain sebagainya.

Dalam memilih layanan keamanan web hosting, pastikan untuk memilih layanan yang tepat untuk kebutuhan website Anda dan memeriksa fitur dan harga yang ditawarkan.

Selalu backup dan periksa website secara berkala untuk memastikan keamanan website Anda tetap terjaga.

Tanda-Tanda Website Terserang Malware

Tanda-Tanda Komputer Terserang Malware

Selain tahu cara menghilangkan malware dari website, perlu Anda ketahui juga tanda-tanda website terserang malware, agar ketika website Anda terserang malware lagi Anda bisa mengatasinya sesegera mungkin.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda bahwa website Anda mungkin terserang malware:

Browser Sering Mengalami Crash

Seringnya terjadi crash atau keluar sendiri dari website bisa menjadi tanda pertama bahwa website tersebut telah terkena malware atau virus.

Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, seperti masalah dengan kode atau fitur website itu sendiri.

Oleh karena itu, jika pengguna mengalami seringnya crash atau keluar sendiri dari website, disarankan untuk melakukan pemeriksaan terhadap website tersebut dan melakukan pemeriksaan keamanan pada perangkat yang digunakan untuk mengakses website tersebut.

Website Berjalan Lebih Lambat dari Biasanya

Salah satu tanda bahwa sebuah website telah terkena malware atau virus adalah ketika website tersebut berjalan lebih lambat dari biasanya.

Ketika sebuah website terkena malware atau virus, maka malware atau virus tersebut akan menggunakan sebagian sumber daya dari website dan server yang digunakan untuk menjalankan website, sehingga website tersebut menjadi lebih lambat dari biasanya.

Tanda lain yang dapat mengindikasikan bahwa website berjalan lebih lambat dari biasanya adalah jika waktu load website menjadi lebih lama dari sebelumnya.

Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya permintaan yang dilakukan oleh malware atau virus tersebut, seperti permintaan untuk mengirimkan email spam atau permintaan untuk melakukan serangan ke website lain.

Otomatis Terpasang Suatu Ekstensi

Salah satu tanda bahwa sebuah website atau browser telah terkena malware atau virus adalah adanya ekstensi yang terpasang secara otomatis tanpa izin pengguna.

Malware atau virus seringkali akan menggunakan trik ini untuk memasang ekstensi atau plugin yang tidak diinginkan pada browser pengguna.

Ekstensi yang terpasang secara otomatis dapat mempengaruhi kinerja browser dan dapat mengambil data pribadi pengguna tanpa izin.

Beberapa ekstensi yang terpasang secara otomatis juga dapat memuat iklan-iklan yang tidak diinginkan atau bahkan membuka jendela pop-up yang tidak diinginkan.

Banyak Popup Mencurigakan Muncul

Munculnya iklan popup yang mencurigakan bisa menjadi tanda jelas bahwa website Anda telah terinfeksi malware.

Iklan-iklan tersebut mungkin akan mengarahkan Anda ke situs web berbahaya yang berisiko menginstal lebih banyak malware atau mencuri informasi pribadi Anda.

Sering Terjadi Redirect

Redirect ke website-website mencurigakan adalah salah satu tanda bahwa perangkat Anda terinfeksi malware.

Malware bisa memanipulasi pengalihan URL pada browser sehingga mengarahkan pengguna ke website yang tidak diinginkan atau berbahaya.

Ini bisa terjadi ketika pengguna mengklik link atau tombol tertentu pada website yang terinfeksi malware atau terbuka melalui email atau pesan instant.

Jika sering mengalami redirect ke website yang mencurigakan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan penghapusan malware pada perangkat Anda untuk menghindari risiko yang lebih besar seperti pencurian data atau kerusakan sistem.

Jika Anda merasa tanda-tanda tersebut ada dalam web hosting saat ini, sebaiknya segera melakukan langkah-langkah di atas untuk menghapus malware dari web hosting Anda untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan melindungi website Anda dari serangan cyber.

5 Tips Terhindar dari Malware

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, pribahasa tersebut cocok diterapkan bagi Anda untuk menghindari serangan malware.

Berikut ini tips menghaindari serangan malware ke komputer Anda.

Selalu Update OS

Penggunaan sistem operasi (OS) terbaru sangat penting untuk menjaga keamanan perangkat Anda dari serangan malware.

Selain itu, sistem operasi terbaru juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik dan canggih, seperti enkripsi data, proteksi anti-virus bawaan, dan pembaruan otomatis yang dapat menangani masalah keamanan dengan cepat dan efektif.

Pastikan selalu menginstal pembaruan dan upgrade terbaru untuk sistem operasi perangkat Anda secara berkala untuk menjaga keamanan dan kinerjanya.

Sebab, OS terbaru tidak hanya menawarkan fitur baru yang lebih baik, tetapi juga memiliki keamanan yang lebih tinggi untuk melindungi perangkat dari serangan malware.

Scan Website Secara Berkala

Menjaga keamanan web hosting tidak cukup hanya dengan sekali instalasi antivirus atau antispyware saja.

Anda perlu melakukan pemindaian secara teratur, mengunduh pembaruan keamanan dan perangkat lunak, serta menghapus file dan aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Selain itu, hindari mengunduh atau membuka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Jangan juga mengklik tautan yang diragukan kecuali Anda yakin bahwa tautan tersebut aman.

Jadi, penting untuk selalu waspada dan menjaga keamanan sistem Anda agar terhindar dari serangan malware.

Hindari Penggunaan Wi-Fi Gratis Tanpa Password

Wi-Fi gratis tanpa password rentan terhadap serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada kemungkinan mereka mencuri data atau mengakses akun pribadi Anda. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan jaringan wi-fi yang aman dan terpercaya.

Jika memungkinkan, gunakan koneksi internet dari jaringan pribadi atau yang telah teruji keamanannya.

Jika Anda memang harus menggunakan wi-fi gratis tanpa password, pastikan untuk tidak melakukan transaksi atau mengakses data pribadi penting.

Selalu Backup File

Backup file sangat penting dilakukan agar data yang penting terlindungi dari serangan malware.

Anda bisa menggunakan media penyimpanan fisik seperti flash disk atau hard disk eksternal.

Pastikan juga untuk melakukan backup secara berkala sehingga data terbaru tetap terlindungi.

Tingkatkan Kombinasi Password (Lebih Rumit)

Menggunakan password yang kuat dan unik sangat penting untuk melindungi keamanan data dan privasi Anda.

Pastikan password Anda terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus.

Hindari menggunakan kata-kata yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama hewan peliharaan, dan sebagainya.

Selain itu, disarankan untuk mengubah password secara berkala dan menggunakan aplikasi manajer kata sandi untuk membantu mengelola semua password Anda dengan aman dan efektif.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Serangan DDoS untuk Perlindungan Server Anda

Sudah Berhasil Menghilangkan Malware?

Bagaimana sudah berhasil menghilangkan malware dari website Anda? Mudah bukan cara menghilangkan malware di website?

Jika Anda mencari layanan Web Hosting Murah dengan kualitas handal dan keamanan tinggi, jawabannya adalah Herza Cloud.

Kami hadir untuk membantu Anda!

Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin konektivitas dan kecepatan loading website Anda serta tersertifikasi ISO 9001:2015 & 27001:2013.

Berikut adalah beberapa fitur-fitur yang wajib dimiliki oleh Web Hosting Anda, karena teknologi berikut sangat membantu untuk keamanan data dan juga kecepatan loading speed dari Website Anda.

kelebihan hosting herza cloud

Kami YAKIN dan PERCAYA atas kemampuan Cloud Server kami. Maka dari itu, kami berani memberikan 30 Hari Jaminan Uang Kembali. Jika Anda tidak Puas, maka silahkan mengajukan Klaim, dan kami akan mengembalikan pembayaran Anda.

PT Herza Digital Indonesia adalah salah satu Sangfor Partner di Indonesia. Jadi untuk seluruh penawaran dan kebutuhan keamanan bisnis yang dipersonalisasi serta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi salah satu spesialis kami.