Apa itu Website? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Apakah kalian tahu apa itu website? pegertian, jenis dan manfaaatnya. Istilah tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di indra pendengaran kita.

Apalagi di era sekarang, perkembangan teknologi yang semakin meningkat, dimana website merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan internet.

Tapi apakah kalian tahu bahwa website ini memiliki jenis dan manfaatnya masing-masing? Dimana manfaat tersebut akan membantu kehidupan kita, baik keperluan pribadi maupun bisnis.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang memuat informasi berupa gambar, video, teks, atau format lainnya dalam satu domain dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun melalui jaringan internet.

Cara mengaksesnya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke browser kemudian tuliskan alamat URL yang ingin Anda tuju.

Misalnya, ketika Anda ingin masuk ke halaman layanan web hosting Herza, Anda bisa mengetikkan https://herza.id/ maka Anda akan masuk ke halaman website Herza.ID.

Tampilan Halaman Web Herza.id
Tampilan Halaman Web Herza.id

Seperti gambar di atas, situs web herza memuat halaman informasi yang berkaitan dengan produk layanan Hosting, Server, Add-on, dan informasi lainnya yang termuat dihalaman resmi Herza.ID. 

Tampilan pada gambar di atas, memudahkan para pengujung dalam mengakses informasi yang mereka cari, karena halaman-halaman tersebut dimuat dihalaman utama web.

Tapi apakah pernah terlintas dalam benak Anda, bahwa tampilan dan struktur halaman website dulu tidak secanggih sekarang? Yuk simak sejarah website di bawah ini.

Sejarah Website

Setelah memahami apa itu website, Anda juga harus tahu sejarah website itu sendiri.

Website pertama kali diluncurkan di dunia pada tanggal 6 Agustus 1991 secara online dalam project World Wide Web (W3) oleh Tim Bernes-Lee dengan URL http://info.cern.ch.

Berikut ini tampilan website pertama di dunia.

Tampilan Website Pertama di Dunia
Tampilan Website Pertama di Dunia

Bagaimana sederhana bukan? Coba kalian bandingkan tampilan pertama website di dunia dengan tampilan website di Herza.ID.

Tentunya banyak perbedaan yang kalian dapatkan, karena pada saat itu website dibuat pada akhir tahun 1980-an bertujuan untuk memudahkan peneliti di tempat kerjanya dalam bertukar informasi.

Untuk itu, penggunaan website oleh Tim hanya digunakan sebatas di lingkungan kerjanya saja di CERN.

Kemudian pada tanggal 30 April 1993, website diperkenalkan kepada masyarakat untuk digunakan secara gratis oleh siapapun baik individu, kelompok, maupun perusahaan.

Nah dari situlah website terus berkembang hingga saat ini.

Unsur-Unsur Website

Untuk membangun sebuah web, Anda perlu memperhatikan unsur-unsur yang diperlukan agar website Anda bisa diakses oleh pengguna internet.

Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Domain

Nama Domain atau URL adalah penamaan alamat khusus untuk sebuah website, biasanya diakhiri eksistensi seperti .com, .co.id, .id, .net, .org, dan lain sebagainya.

Ketika Anda ingin membuat sebuah website, Anda harus memberikan nama alamat website yang ingin Anda buat.

Dalam penamaan alamat website, Anda bisa menggunakan nama domain yang sesuai dengan maksud serta fungsi website seperti nama brand bisnis, nama pribadi ataupun topik dari website tersebut.

Contohnya Herza.id, google.com, google.co.id, dan lain-lain.

Jika Anda tertarik untuk membuat nama domain website Anda, silahkan daftar domain dari Herza Cloud karena harganya sangat terjangkau untuk Anda sebagai pemula.

Hosting

Hosting adalah server yang digunakan untuk menyimpan semua file website Anda serta bisa diakses dan dikelola melalui jaringan internet.

Web Hosting diibaratkan seperti rumah dimana seluruh isi rumah merupakan website yang berisi gambar, video, teks, dan lain sebagainya.

Untuk itu, dalam memilih provider atau penyedia layanan hosting harus terpercaya, agar rumah dan seluruh isinya bisa berjalan cepat dan aman.

Dalam hal ini, Herza.ID juga menyediakan layanan web hosting murah, terbaik, dan handal.

Bahkan kami menyediakan web hosting gratis dengan kapasitas 750MB dan sumber daya yang sedikit terbatas bagi Anda yang ingin memulai website pertama Anda dan belum bersedia untuk melakukan investasi.

Konten

Konten yang dimaksud di sini ialah semua informasi yang termuat dalam website baik berupa gambar, video, teks maupun yang lainnya.

Contohnya seperti website Herza.ID yang ditunjukan sebagai pusat informasi bisnis online yang menawarkan berbagai layanan web hosting.

Bahasa Pemrograman (Kode)

Dalam mengembangkan website, Tim Berners-Lee menggunakan Bahasa pemrograman HTML.

Namun seiring perkembangan dunia coding, munculah beberapa istilah baru dalam bahasa pemrograman seperti CSS yang mengatur tampilan elemen website, JavaScript agar website lebih dinamis serta interaktif, dan lain sebagainya.

Coding adalah proses penulisan kode untuk membangun website.

Bagi Anda yang tidak menguasai bahasa pemrograman jangan berkecil hati, karena Anda tetap bisa membangun website Anda dengan menggunakan software yang bisa mengatur konten website Anda atau dikenal dengan istilah Content Management System (CSM).

Tampilan

Unsur yang terakhir adalah tampilan. Meskipun informasi merupakan hal yang penting dalam sebuah website, namun tampilan juga tidak kalah pentingnya untuk kalian perhatikan saat membangun sebuah website.

Desain website yang baik akan mempengaruhi pengunjung untuk berlama-lama di website Anda.

Tidak hanya menarik, tampilan juga harus user friendly, yaitu kombinasi warna yang cocok dengan struktur yang rapi untuk memudahkan akses pengguna disetiap perangkat.

Untuk membuat tampilan website yang menarik, bahasa pemrograman yang digunakan ialah CSS. Namun jika Anda menggunakan CSM, Anda bisa menggunakan template yang tersedia. 

Jenis-Jenis Website

Jenis-jenis Website

setelah memahami apa itu website, Anda juga harus mengetahui bahwa website terdairi dari beberapa jenis.

Berdasarkan sifatnya, website dibagi menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis.

Website statis adalah website yang informasinya tidak berubah-ubah. Sedangkan website dinamis adalah website yang informasinya selalu berubah-ubah.

Jika dilihat berdasarkan tujuan penggunaannya, jenis website dibagi menjadi tujuh, diantaranya sebagai berikut.  

Website Pribadi

Merupakan website yang digunakan untuk profesionalitas dan opini pribadi. Artinya, Anda bisa membangun website sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Website Toko Online/E-commerce

Jenis ini sangat popular digunakan untuk bisnis online karena dinilai sangat efektif untuk menjual produknya dengan pangsa pasar lebih luas.

Halaman pada website e-commerce menunjukkan aktivitas bisnis seperti fitur-fitur yang ada di dalamnya, mulai dari fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk dan lain sebagainya.

Website Company Profile

Ketika Anda ingin mencari informasi terkait sebuah perusahaan Anda bias menggunakan website company profile, karena website ini digunakan untuk menunjukan eksistensi sebuah perusahaan.

Selain itu, situs ini penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, karena pada website ini menampilkan profil dan informasi seputar perusahaan.

Website Komunitas

Seperti namanya, website jenis ini bisa menjadi wadah komunikasi untuk para penggunanya. Karena pada website ini biasanya terdapat fitur komentar atau mengajukan pertanyaan kepada pengguna yang membuat theard atau konten.

Website Gallery

Website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti gambar ataupun video. Biasanya situs ini menyediakan berbagai macam foto dengan kualitas tinggi.

Foto-foto yang ada dalam situs ini bisa Anda ambil secara gratis atau pun berbayar, untuk digunakan sebagai pendukung konten, iklan, maupun yang lainnya.

Website Berita

Seperti namanya, yaitu website yang digunakan untuk menyebarkan berbagai macam informasi mengenai sutau peristiwa atau kejadian yang sedang hangat diperbincangkan.

Website jenis ini sangat popular di era sekarang, karena berita yang tertulis secara offline sudah mulai ditinggal oleh para pembacanya dan mulai beralih ke berita yang disajikan secara online.

Blog

Blog yaitu jenis website yang memuat banyak artikel. Biasanya blog hanya membahasa topik-topik tertentu, seperti Blog Herza Cloud yang hanya membahasa tentang teknlogi.

9 Manfaat Website yang Perlu Anda Ketahui

Sudah kita bahas di atas mengenai apa itu website, unsur-unsurnya, serta jenis-jenis dari website itu sendiri.

Sadar ataupun tanpa disadari, banyak manfaat website yang bisa kita dapatkan, baik untuk pribadi, bisnis, maupun untuk masyarakat.

Manfaat dari website itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menjadi Media untuk Berbagi Wawasan

    Anda bisa berbagi informasi kepada banyak orang melalui website/blog yang Anda buat, sekaligus berkomunikasi dengan berbagi pengalaman kepada orang yang memiliki minat yang sama.

    Misalnya berbagi informasi terkait hobi yang Anda suka.

  2. Menjadi Sumber Penghasilan

    Web bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya melalui iklan Google AdSense, menjadi blogger dan influencer yang mempromosikan suatu produk tertentu.

  3. Menjadi Platform Bisnis

    Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan webstie.

    Misalnya ketika Anda mempunyai toko produk secara offline, Anda bisa membuat platform baru secara online untuk mengembangkan bisnis tersebut.

    Toko online bisa memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Selain itu web tidak hanya memberikan informasi saja, melainkan untuk media promosi juga.

  4. Membangun Brand

    Website bisa untuk membangun branding bisnis, karena anda bebas melakukan apapun sesuai dengan kebutuhan bisnis, termasuk mencantumkan logo, brand identity dan lainnya.

    Selain itu, website juga bisa digunakan untuk personal branding. Anda bisa memanfaatkan website sebagai portofolio dengan mengupload karya-karya Anda.

  5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

    Ketika bisnis Anda memiliki memiliki situs resmi, konsumen akan tahu bawa bisnis anda ada dan benar-benar terpercaya, karena mereka tahu harus kemana mencari informasi terkait suatu produk yang mereka inginkan, menghubungi customer servis, dan lainnya.

  6. Menjadi Sarana Pemasaran Bisnis

    Manfaat dari sebuah website adalah untuk menjadi sarana pemasaran bisnis secara meluas, agar produk yang Anda jual bisa diketahui banyak orang dan laku terjual.

    Pemasaran di website bisa dilakukan dengan upaya digital marketing, SEO, atau trategi iklan berbayar dipencarian agar produk yang Anda pasarkan bisa berada di halaman teratas pencarian google.

  7. Menjadi Sumber Informasi

    Kebanyakan dari kita menyari informasi dari internet, baik informasi tentang produk maupun tentang suatu peristiwa ataupun kejadian tertentu.
    Artinya, salah satu manfaat dari website ialah sebagai sumber informasi.

  8. Mengakses Layanan Publik

    Website dapat mengakses layanan public, karena website bisa diakses oleh siapapun termasuk instansi pelayanan umum, seperti rumah sakit, kantor pajak, bank, kantor polisi dan lain sebaginya.

  9. Menggalang Aksi Sosial

    Terakhir, manfaat website yang harus Anda ketahui ialah website bias menggalang aksi soial.

    Biasanya aksi menggalang ini bias kita temukan di website komunitas seperti KitaBisa.com, change.org, dan lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Website?

Untuk Anda yang mau membuat website sendiri tidak usah bingung, karena kami akan memberikan cara membuat website dengan mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini.

  1. Tentukan Jenis Website
    Pertama, Anda harus menentukan jenis website. Karena setiap jenis website pasti akan memiliki fiitur, tampilan dan halaman yang berbeda.

  2. Pilih Hosting dan Domain
    Setelah menentukan jenis website yang ingin Anda bangun, langkah selanjutnya ialah memilih hosting dan domain.

    Pilihlah hosting dan domain yang mudah digunakan, cepat dan tentunya aman untuk digunakan. Herza Cloud menyediakan hosting dan domain yang mencakup ketiga kriteria di atas.

  3. Lakukan Instalasi dan Konfigurasi WordPress
    Langkah selanjutnya ialah menginstal wordPress. Caranya masuk ke cPanel kemudian pilih wordPress.

    Setelah wordPress terinstal, lakukan beberapa konfigurasi seperti membuat halaman, memasang tema, menginstal plugin dan mengoptimasi web.

  4. Mempublikasikan Konten
    Konten yang dimaksud di sini ialah bisa berupa gambar, video maupun teks seperti artikel.

    Jika konten Anda berupa artikel, pastikan Anda menulis artikel yang SEO friendly, agar artikel Anda bisa bersaing di pencarian google untuk menempati halaman teratas.

    Lakukan secara konsisten, agar google bisa mendeteksi bahwa website Anda cocok dengan topik yang sedang diincar.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu website? pengertian, jenis dan manfaatnya? Website yaitu kumpulan halaman yang berisi informasi dan diakses dengan internet.

Seiring perkembangan jaman, website telah berkembang semakin maju, bahkan ia memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan kegunaanya, seperti website pribadi, komunitas, e-commerce, berita dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk membangun sebuah website, Anda perlu memperhatikan layanan hosting yang tepat, agar website yang Anda bangun bisa aman, cepat dan mudah saat digunakan.

Tentunya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat memiilih layanan hosting yang tepat di Herza Cloud, karena kami menyediakan berbagai macam layanan hosting yang murah, terbaik, dan handal.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk berlanggangan di Herza Cloud.