Cara Setting CloudFlare di cPanel? Ikuti Langkah-langkahnya!

Cara Setting CloudFlare di cPanel – Kecepatan dan keamanan website merupakan hal penting yang harus anda perhatikan saat mengelola sebuah website. Salah satu yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan itu adalah menggunakan CloudFlare.

CloudFlare berfungsi untuk mengarahkan visitor/pengunjung website atau aplikasi anda ke server mereka, lalu akan diarahkan ke koneksi/lokasi server yang paling cepat juga CloudFlare berfungsi mengawasi lalu lintas berbahaya pada website.

Terlepas dari fungsinya yang bagus, cara Set Up  CloudFlare juga terhitung gampang. Cukup beberapa langkah Anda sudah dapat menggunakan CloudFlare untuk website atau domain Anda yang berada di cPanel..

Namun sebelum kita bahas langkah demi langkah, sebaiknya kita review kembali apa itu cloudflare dan bagaimana fungsinya?

Pengertian Cloudflare

Apa itu CloudFlare?

Cloudflare adalah salah satu layanan penyedia Content Delivery Network (CDN) terpopuler di dunia, dimana jaringan Cloudflare tersebut berperan sebagai proxy untuk menghubungkan website dan pengunjung.

Content Delivery Network (CDN) sendiri adalah jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke website. 

Banyak orang yang tertarik menggunakan cloudflare karena ia memiliki banyak server yang tersebar di beberapa negara, sehingga loading sebuah website bisa menjadi lebih cepat.

Cloudflare bertindak sebagai penghubung antara pengunjung dan server website. Tujuannya, agar website terhindar dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung website.

Setelah mengetahui definisi dari CloudFlare, mari pelajari lebih lanjut tentang fungsinya.

Fungsi Cloudflare

Dengan menggunakan CloudFlare, nameserver akan secara otomatis mengikuti nameserver dari CloudFlare. 

Hal itu memungkinkan semua aktivitas yang ada di website akan tersaring dan dapat diakses dengan lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa fungsi CloudFlare yang cukup penting:

  • Mengarahkan visitor pada koneksi paling cepat

    Pengunjung akan diarahkan pada data center terdekat, sehingga website dapat diakses dua kali lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan CloudFlare.

  • Mengawasi lalu lintas berbahaya pada website

    Untuk masuk ke website anda, pengunjunag biasanya harus mengirim permintaan akses terlebih dahulu.

    CloudFlare akan menerima/menolak permintaan akses dan menganalisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak?

    Hal ini dilihat dari IP, resource yang diakses, dan seberapa sering pengunjung melakukan akses ke situs Anda.

    Jika terlihat seperti sebuah ancaman, CloudFlare akan memblokirnya. Terdapat 7 Jenis Serangan Cyber yang Umum dan Cara Mencegahnya.

  • Sebagai cache konten statis

    CloudFlare berfungsi sebagai cache konten statis untuk website. Cache adalah teknologi untuk menyimpan konten website dalam bentuk data sementara, guna mempercepat akses website.

Fungsi lain dari CloudFlare yang harus anda ketahui, antara lain:

  • Meningkatkan kinerja website

    CloudFlare memiliki server proxy yang tersebar di beberapa negara. Untuk itu, CloudFlare dapat mengarahkan pengunjung ke server terdekat.

    Hal inilah yang menjadikan kecepatan loading halaman website meningkat lebih cepat dibandingkan dengan tidak menggunakan CloudFlare.

  • Optimasi website pada perangkat mobile

    Penggunaan Teknologi Rocket Loader dan AutoMinify dapat menjadikan website Anda diakses dengan lebih cepat dan efisien melalui berbagai perangkat.

  • Perlindungan dari ancaman di website

    CloudFlare berperan untuk menerima berbagai permintaan akses pengunjung dan akan dianalisa apakah pengunjung website tersebut merupakan ancaman yang berbahaya atau tidak.

    Hal itu bisa dilihat dari IP, sumber yang diakses, dan seberapa seringnya pengunjung mengakses ke website Anda.

    CloudFlare menggunakan data dari pengguna serta pihak ketiga untuk mengidentifikasi apakah lalu lintas ke website merupakan ancaman atau bukan, dan akan berusaha menghentikannya.

    Dengan menggunakan CloudFlare juga, situs Anda tentu bisa terhindar dari serangan yang berbahaya dan Anda dapat melihat laporannya pada dashboard CloudFlare.

  • Melindungi website dari komentar spam

    Dengan menggunakan data diri pihak ketiga, CloudFlare mampu melindungi website dengan cara menyaring komentar yang ada di website Anda.

  • Memberikan peringatan pada pengunjung jika komputer terinfeksi virus

    CloudFlare dapat memberikan peringatan kepada pengunjung ketika komputer mereka terinfeksi virus dan akan memberikan saran kepada mereka untuk segera membersihkannya.

    Untuk dapat mengakses website Anda, pengunjung biasanya akan diminta memasukkan CAPTCHA.

  • Browsing mode offline

    Pengunjung akan tetap dapat mengakses website anda meskipun domain hosting sedang mengalami gangguan, karena halaman website sudah ada dalam cache CloudFlare.

  • Mengurangi penggunaan resource server

    Resource server bisa berkurang seiring berjalannya waktu dan akan mempengaruhi beban server, misalnya penggunaan CPU pada hosting. Bahkan ketika ada lonjakan visitor, beban server akan tetap aman.

  • Laporan visitor

    Fungsi Cloudflare berikutnya adalah dapat menampilkan visitor apakah itu robot search engine, ancaman, atau lalu lintas dari pengunjung manusia.

  • Kemudahan integrasi

    Fungsi yang terakhir yaitu CloudFlare dapat terintegrasi dengan Content Management System (CMS) seperti WordPress maupun dengan control panel penyedia layanan hosting seperti Herza. Hal ini memudahkan Anda untuk mengakses Cloudflare lebih cepat.

Cara Setting Cloudflare di cPanel

Cloudflare juga bisa di install dengan mudah menggunakan cPanel, namun sebelumnya web hosting anda harus mempunyai aplikasi Cloudflare pada cPanelnya.

Login cPanel

Langkah pertama Anda harus login terlebih dahulu ke akun cPanel Anda. Kemudian, Anda cari menu cloudflare dengan kolom pencarian.

Buat Akun Cloudflare

Untuk bisa menggunakan cloudflare di website, anda harus membuat akun cloudflarenya terlebih dahulu.

Bagi anda yang belum punya akun, silahkan klik Sig Up untuk membuat akun cloudflare. Tapi jika anda sudah mempunyai akun cloudflarenya, anda langsung bisa Log in untuk mengakses website Cloudflare.

Login-Buat Akun CloudFlare

Isi Data

Tahap ini hanya dilakukan oleh anda yang baru mau bikin akun cloudflare. Setelah anda klik sig up, anda akan di arahkan ke halaman berikutnya untuk mengisi data.

Anda diminta untuk mengisi email dan password akun cloudflare anda dengan catatan password harus berupa huruf, angka dan karakter special dengan panjang minimal 8 karakter. Jika sudah selesai, silahkan klik Create Account untuk membuat akun anda.

Creat Akun CloudFlare

Menambahkan Site

Setelah Log in, anda akan dialihkan ke halaman dashboard. Kemudian klik tombol Add site untuk menambahkan domain website Anda.

Add Site

Pilih Plan Akun Cloudflare

Berikutnya, anda akan diminta memilih paket atau plan layanan dari CloudFlare untuk website anda, dan klik Continue untuk melanjutkan integrasi domain, Kami sarankan jika memang Anda menggunakan untuk website Pribadi, Free Plan lebih dari cukup.

Plan Akun CloudFlare

Cek Konfigurasi DNS

Pada tahap ini, Anda hanya perlu mengecek konfigurasi DNS Records untuk domain Anda dan bisa langsung menekan tombol Continue untuk ke tahap berikutnya.

Pastikan Konfigurasi DNS nya sudah sesuai, dapat Anda samakan dengan DNS Zone Editor di cPanel Anda untuk melihat yang harus Anda isi.

Cek Konfigurasi DNS

Ubah Nameserver Anda

Setelah konfigurasi DNS, anda juga diminta untuk mengecek Nameserver anda pada DNS Management dan menggantinya dengan nameserver Cloudflare yang sudah ditentukan. Kemudian klik Done, check nameserver.

Ubah Nameserver

Jika sudah, Anda bisa cek status penggunaan cloudflare domain. Apabila statusnya masih pending Anda bisa tunggu proses update informasi DNS ke server baru dengan waktu maksimal 1×24 jam.

Jika statusnya sudah active, artinya website Anda sudah bisa diakses secara normal.

Kesimpulan

CloudFlare adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kecepatan akses website Anda, sehingga visitor diarahkan ke server cloudflare yang paling cepat untuk dikunjungi visitor website Anda, CloudFlare juga memiliki fitur firewall untuk mencegah ancaman Serangan DDoS dan lain sebagainya.

Terkait apa itu Cloudflare dan bagaiamana fungsinya sudah kami jelaskan di atas sehingga anda sudah paham dengan jelas berbagai manfaat dari Cloudflare itu sendiri.

Untuk Anda yang tertarik membuat website dengan nama yang unik silahkan hubungi herza cloud.

Kami menyediakan layanan nama domain dengan harga yang sangat murah. Mulai dari Rp 15.000 saja Anda sudah bisa memiliki nama domain yang professional untuk bisnis Anda.

Extension yang kami sediakan juga berbagai macam seperti .com, .net, .org, .id, .xyz, .top, .space, .site, dan lain sebagainya.

Kami juga menyediakan berbagai layanan hosting yang aman, seperti shared hosting, vps, dedicated hosting, dan lain sebagainya.

Seluruh paket telah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Baca juga: Cara Menghilangkan Malware? Kenali Tanda, Hindari serangannya!

Selain itu, Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin konektivitas dan kecepatan loading website Anda.

Tunggu apalagi? Yuk langsung hubungi kami!