This Site Ahead Contains Harmful Programs

Cara Memperbaiki Error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress

Apakah Anda pernah atau sedang mengalami error This Site Ahead Contains Harmful Programs  di WordPress?

Error ini menandakan bahwa situs web Anda diretas dan Google menandainya sebagai situs web yang tidak aman.

Error ini biasanya terjadi karena penyadapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang seringkali terjadi dalam aktivitas penggunaan website.  

Untuk itu, pada artikel kali ini Kami akan membahas penyebab error dan bagaimana cara memperbaiki Error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress. Simak sampai bawah!

Penyebab Situs Mengandung Program Berbahaya/ Error

This Site Ahead Contains Harmful Programs


Ketika mendapati peringatan “This Site Ahead Contains Harmful Programs”, berarti telah terjadi kesalahan akibat adanya usaha penyadapan dari seseorang atau pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab atau biasa disebut hacker yang sedang meretas ke situs WordPress Anda.

Peretasan atau hack sendiri sebetulnya juga banyak jenis dan macamnya. Dimulai dari jenis penyadapan yang sederhana hingga yang canggih.

Ada 7 Jenis Serangan Cyber Yang Umum dan Bagaimana Cara Mencegahnya yang bisa Anda tahu.

Dengan begitu,serangan cyber seperti ini tentu akan sangat membahayakan situs WordPress milik Anda karena sudah meninggalkan virus didalamnya.

Apabila WordPress Anda telah terkena virus atau malware dan telah menyebar terlalu jauh, maka dipastikan situs tersebut mengganggu aktivitas para pengunjung saat melakukan kunjungan.  

Sebab kinerja website sudah tidak lagi berfungsi dengan baik serta maksimal seperti semul.

Ketika website telah di sadap, secara otomatis Google akan menampilkan peringatan yang menyatakan bahwa web Anda dalam kondisi berbahaya dan tidak aman, sehingga hal ini lah yang menyebabkan munculnya peringatan “This Site Ahead Contains Harmful Programs” pada situs Anda.

Untuk itu setidaknya ada 4 penyebab error “this site ahead contains harmful programs” pada situs , antara lain :

  1. Malware atau Program Berbahaya
  2. Blacklisted oleh otoritas keamanan
  3. Plugin atau tema yang tidak aman
  4. Konten yang dianggap berbahaya

Baca Juga! Cara Memperbaiki masalah internal server error

Malware atau program berbahaya

Penyebab pertama error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress  ialah adanya malware yang termasuk berbahaya seperti virus, worm, Trojan, spyware, ransomware, dan sebagainya.

Jika situs web Anda mungkin telah terinfeksi malware ini, hal tersebut dapat membahayakan pengunjung.

Untuk itu, periksa lah situs web Anda menggunakan alat keamanan seperti antivirus dan melakukan scanning malware untuk mengidentifikasi dan menghapus program berbahaya.

Anda juga bisa membaca artikel berikut tentang Cara Menghilangkan Malware dari Website.

Blacklisted oleh Otoritas Keamanan

Penyebab kedua ialah karena adanya blacklisted oleh otoritas keamanan. Jika situs web Anda telah di identifikasi sebagai sumber penyebaran malware atau aktivitas ilegal lainnya, otoritas keamanan seperti Google Safe Browsing dapat melarang akses ke situs web Anda.

Untuk itu, Anda dapat memeriksa apakah situs Anda masuk dalam daftar hitam atau tidak dengan menggunakan alat pemeriksa status keamanan.

Plugin atau tema yang tidak aman

Penyebab ketiga ialah plugin atau tema yang Anda gunakan tidak aman.  

Plugin atau tema yang Anda instal pada WordPress mungkin memiliki kerentanan keamanan yang dapat digunakan oleh penyerang untuk menyebabkan kerusakan atau bisa penggunaan plugin/tema yang tidak resmi atau nulled.

Maka dari itu, akan sangat baik jika Anda pastikan semua plugin dan tema yang Anda gunakan diperbarui ke versi terbaru yang aman atau bisa juga menghapus atau nonaktifkan plugin atau tema yang tidak diperlukan.

Konten yang dianggap berbahaya

Penyebab keempat adanya error ini ialah konten yang berada di WordPress Anda dianggap berbahaya.

Beberapa konten di situs web Anda mungkin dianggap berbahaya oleh algoritma keamanan browser atau perangkat keamanan lainnya.

Termasuk tautan ke situs yang tidak aman atau konten yang dapat menyebabkan infeksi malware.

Untuk itu, periksa konten situs web Anda dan pastikan tidak ada tautan atau konten yang meragukan.

Baca Juga! Cara Memperbaiki masalah saat Situs mengalami kesalahan teknis

Cara Memperbaiki Error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress?

Setelah Anda mengetahui penyebab error di atas, selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara mengatasi Error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti :

1. Periksa situs Web Anda

Untuk memeriksa situs web, Anda bisa gunakan alat keamanan seperti antivirus atau pemindai malware untuk memeriksa situs web. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus program berbahaya atau malware yang mungkin terinfeksi di situs.

2. Periksa plugin dan tema

Selain itu, seperti pembahasan di atas selanjutnya bahwa salah satu penyebab terjadinya error ini ialah karena plugin atau tema yang bermasalah.

Terkadang, kerentanan keamanan dalam plugin atau tema yang jarang diupdate atau versi lama dapat menjadi penyebab kesalahan ini tetapi bukan itu saja. Penggunaan plugin/tema yang tidak resmi dapat menyebabkan kerentanan keamanan juga.

Maka hal yang perlu Anda lakukan ialah nonaktifkan sementara semua plugin yang tidak diperlukan dan periksa apakah kesalahan masih muncul.

Jika tidak, Anda dapat mengaktifkan plugin satu per satu untuk menemukan plugin yang menyebabkan masalah.

3. Periksa file inti WordPress

Selain dua di atas, cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan memeriksa file inti WordPress. Beberapa serangan malware seringkali mengubah atau menyisipkan kode berbahaya ke dalam file inti WordPress.

Untuk itu, pastikan file-file inti WordPress tidak terubah atau rusak. Jika ada file yang mencurigakan, ganti dengan salinan yang bersih dari instalasi WordPress yang baru.

4. Perbarui WordPress

Anda juga bisa memperbaiki error tersebut dengan cara memperbarui WordPress yang Anda gunakan.

Pastikan Anda menjalankan versi terbaru dari WordPress. Pembaruan sering kali mengatasi kerentanan keamanan dan masalah yang diketahui.

Namun sebelum melakukan pembaruan tersebut, pastikan untuk mencadangkan situs Anda sebelum melakukan pembaruan.

5. Bersihkan database

Cara selanjutnya ialah bisa dengan bersihkan database. Hal ini dilakukan karena beberapa jenis malware dapat menyimpan informasi berbahaya dalam database situs web Anda.

Untuk itu, kami sarankan Anda menggunakan plugin keamanan WordPress atau plugin yang berfungsi untuk membersihkan dan mengoptimalkan database Anda.

Meminta Pihak Google Menghapus Peringatan “This Site Ahead Contains Harmful Programs”

Tujuan dari Google yang memberikan peringatan error tersebut adalah untuk menunjukkan kepada pengguna (user) maupun pengunjung (visitor), agar berhati-hati ketika berkunjung ke situs apabila sudah terdeteksi tidak aman akibat hacking dan malware.

Ketika situs sudah tidak aman, maka haruslah diperbaiki.

Jika Anda sudah melakukan perbaikan dari masalah hacking dan malware, jangan lupa untuk meminta Google untuk menghapus peringatan error tersebut yang masih juga sering muncul di situs Anda.

Sebelum meminta Google membersihkan peringatan error dari hasil pencarian, sebaiknya Anda benar-benar memeriksa secara menyeluruh bahwa semua dokumen beserta database website sudah bersih seluruhnya.

Selanjutnya lakukan login pada Google-Webmaster.

Di menu Security Issues, marwel akan terdeteksi dari berbagai URL.

Pilih opsi Request a Review, Google otomatis melakukan peninjauan untuk menyatakan situs Anda telah aman dengan etimasi waktu 24 jam dan “this site ahead contains harmful programs” pun hilang.

Baca juga! Cara memperbaiki masalah Kesalahan syntax di WordPress

Cara Melakukan Pengamanan untuk Menghindari Error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress

Supaya situs WordPress Anda aman dari peringatan-peringatan akibat berbagai bahaya yang mengganggu, seperti akibat dari hacker maupun virus, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Baik mulai dari tahapan instalasi hingga bagian konfigurasinya.

Saat melakukan instalasi WordPress, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur Auto Upgrade. Karena beberapa development biasanya selalu melakukan pengujian pada program yang mereka buat.

Terlebih saat sudah melakukan pembaharuan, pastinya plugin terbaru akan tampil.

Untuk tetap dalam kondisi aman, jangan pernah menggunakan username serta password default dari WordPress.  

Usahakan membuat password rumit dan kompleks sehingga tidak mudah dibobol oleh peretas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya peretasan oleh pihak-pihak pelaku kejahatan.

Kesimpulan

Setelah Anda membaca artikel di atas secara keseluruhan, Anda akan semakin paham jika sewaktu-waktu Anda mengalami error “This Site Ahead Contains Harmful Programs” di WordPress.

Dan jika Anda sedang mencari atau ingin berpindah layanan WordPress Hosting, jangan lupa pastikan Anda memilih penyedia layanan hosting dengan kualitas yang baik.

WordPress Hosting Cloud didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

Disamping itu, Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami akan membantu Anda.