cara memperbaiki kesalahan Syntax

Cara Memperbaiki Kesalahan Syntax – Sebagai pengguna CMS WordPress, Anda akan menemukan beberapa masalah yang berpengaruh pada akses situs dengan CMS WordPress Anda.

Mulai dari masalah yang berkaitan dengan kesalahan pada server internal dan masalah situs mengalami kesalahan teknis.

Salah satu masalah situs mengalami kesalahan teknis bisa terjadi karena kesalahan Syntax di WordPress. 

Kesalahan Syntax di WordPress mungkin terkesan remeh, tetapi hal tersebut jika diabaikan begitu saja akan menyebabkan error berkelanjutan pada situs, bahkan bisa mengganggu pembaca.

Untuk itu, mengetahui kesalahan Syntax dianggap penting bagi seorang pengguna WordPress, baik pemula ataupun professional.

Mudahnya, kesalahan Syntax di WordPress bisa terjadi terjadi ketika terdapat kesalahan pada kode atau script yang ditulis di WordPress.

Hal tersebut disebabkan karena kesalahan penulisan, baik tanda kurung yang tidak sesuai, atau penggunaan fungsi yang salah.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak artikel beirkut  yang akan membahas tentang apa itu Syntax di WordPress, bagaimana cara memperbaiki Syntax di WordPress dan apa saja penyebabnya.

Apa Itu Syntax di WordPress?

Sebelum sampai pada bahasan lebih lanjut mengenai cara perbaikan Syntax, maka Anda harus paham terlebih dahulu tentang sebenarnya apa itu Syntax di WordPress?  

Hal ini penting dilakukan,  agar nantinya setiap kesalahan bisa langsung dideteksi lebih dini oleh para pengguna WordPress, baik itu pemula maupun profesional.

Syntax di WordPress adalah aturan yang harus diikuti ketika menulis kode untuk membuat situs web di WordPress.

Atau ada juga yang mengartikan bahwa Syntax adalah cara kita menulis kode yang baik dan benar agar komputer bisa memahami apa yang kita inginkan.

Hal ini seperti aturan dalam bermain permainan, kita harus mengikuti aturan agar semua orang bisa bermain dengan baik. Untuk itu,Syntax ini berfungsi untuk membangun sebuah website atau blog, termasuk juga WordPress.

Atau agar mudah dipahami, kita beri contoh.

Misalnya, jika kita ingin menulis sebuah kata dalam kode, kita harus menuliskannya dengan benar dan menggunakan tanda kutip.

Jika tidak, komputer tidak akan memahami apa yang kita maksud dan situs web mungkin tidak akan berfungsi dengan baik.

Jadi, Syntax di WordPress sangat penting untuk memastikan bahwa situs web yang kita buat dapat berjalan dengan baik dan menampilkan semua informasi yang kita inginkan dengan benar.

Tanpa adanya hal tersebut, maka situs Anda tidak akan bisa diakses dan berkembang lebih kompleks.

Nah, mengenai penggunaan Syntax sendiri, dewasa ini banyak sekali kesalahan-kesalahan di dalamnya akibat pengguna lalai dan hal-hal lain semacamnya.

Maka dari itu, supaya tidak mudah error, penerapannya harus dilakukan oleh orang yang paham bahasa pemrograman dan teliti dalam bertindak.

Persiapan Melakukan Perbaikan Syntax di WordPress

persiapan oerbaikan kesalahan Syntax

Ilutsrasi Persiapan Melakukan Perbaikan Syntax

Ketika kita ingin melakukan perbaikan Syntax di WordPress, kita harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar bisa memperbaiki masalah dengan mudah.

Hal ini seperti ketika kita ingin memperbaiki mainan yang rusak, kita harus mempersiapkan alat-alat yang diperlukan dan memahami apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Beberapa hal yang harus Anda persiapakan untuk melakukan perbaikan kesalahan Syntax di WordPress, antara lain :

1. Mempersiapkan Perangkat yang Kompatibel

Dalam memperbaiki kerusakan atau kesalahan pada Syntax di WordPress, hal pertama yang harus Anda persiapkan yakni perangkat PC atau laptop.

Dalam konteks ini, smartphone atau layanan mobile tidak bisa digunakan karena kapasitasnya terlalu kecil serta tidak ada menu-menu khusus di dalamnya.

Pastikan juga bahwasannya PC atau laptop yang Anda gunakan dalam melakukan perbaikan Syntax tidak mudah blank atau error.

Hal tersebut sangat berbahaya karena bisa mati mendadak saat proses berlangsung dan malah akan mengakibatkan kerusakan komponen lain di WordPress.

2. Mempersiapkan Akses ke Hosting

Setelah perangkat yang digunakan dalam melakukan perbaikan dipersiapkan, selanjutnya silakan untuk mempersiapkan akses hosting terhadap layanan WordPress Anda.

Hal ini harus betul-betul diperhatikan karena memiliki peranan penting dalam perbaikan seluruh sistem error di website.

Dalam konteks ini, Anda harus memiliki akses penuh terhadap hosting. Pastikan kuota lancar dan penyedia jasa selalu tanggap terhadap permintaan apapun.

Jika hal itu belum dimiliki, maka sebaiknya lakukan pembelian perhostingan baru dengan spesifikasi besar atau sesuai kebutuhan.

Salah satu penyedia hosting yang memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan Anda ada di Herza Cloud. Tim Support kami yang Handal standby 24 Jam penuh setiap hari. 

3. Mempersiapkan Akun WordPress yang Error

Ketika akan melakukan perbaikan sintaks error, banyak sekali pengguna yang tidak bisa mengakses laman WordPress mereka sendiri.

Hal tersebut bisa terjadi kerena beberapa hal seperti lupa password, sistem kadaluarsa, hosting habis masa aktif dan masih banyak lagi sebab lain.

Jika sudah dalam keadaan itu, maka kemungkinan untuk melakukan perbaikan Syntax pun sangat kecil.

Akun WordPressnya saja tidak bisa diakses, bagaimana mau memperbaikinya, bukan? Oleh sebab itu, maka pastikan bahwa kondisi laman Anda dapat dibuka dan seluruh sistem di dalamnya normal.

4. Pesan dari Sistem Khusus untuk WordPress

Mencari dan mengumpulkan semua pesan-pesan khusus terkait dengan laman WordPress Anda, sangat direkomendasikan sebelum memperbaiki kesalahan pada Syntax.

Hal ini dapat menjadi salah satu kunci dalam pendeteksian penyebab terjadi error secara berkelanjutan.

Carilah semua file atau notifikasi dari pihak WordPress selama satu bulan terkahir.

Pindahkan hal tersebut dalam satu folder. Baca satu per satu dengan teliti atau simpan terlebih dahulu asalkan tidak hilang pada saat nanti dilakukan perbaikan sintaks.

Selain dari 4 hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan perbaikan Syntax di WordPress, ada beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan sintaks di WordPress!

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Sintaks di WordPress?

cara memperbaiki kesalahan Syntax

Ilustrasi Cara Memperbaiki Kesalahan Syntax

Bagi seorang pengguna WordPress yang masih pemula, memperbaiki kesalahan Syntax secara mandiri masih tergolong sulit.

Anda tentu membutuhkan tutorial rinci dan memahamkan mengenai langkah-langkah, mulai dari awal hingga akhir proses agar benar-benar paham.

Namun, tenang saja, setidaknya di artikel ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk memuat langkah atau cara memperbaiki kesalahan Syntax yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Melakukan Pencarian Terhadap File yang Rusak di WordPress

Langkah yang paling awal untuk memperbaiki kesalahan pada Syntax WordPress adalah dengan mengetahui penyebab error tersebut terlebih dahulu.

Caranya yakni dengan jalan melakukan pencarian terhadap segala jenis file-file rusak atau bermasalah dari waktu ke waktu.

File rusak yang dicari tersebut akan selalu berhubungan dengan semua plugin serta tema dalam WordPress Anda.

Maka, carilah dengan teliti dan hati-hati sehingga tidak satu pun bisa terlewatkan dan menyebabkan kegagalan dalam analisa error tahap awal.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan pencarian file rusak yang diduga menjadi penyebab error pada Syntax meliputi:

  1. Bukalah situs WordPress Anda terlebih dahulu
  2. Lihatlah kotak penyimpanan pesan yang ada indikasi errornya dari sistem
  3. Untuk lebih spesifik dalam analisa kasalahan sintaks, maka carilah file dengan parse error:syntax error
  4. Bukalah file error syntax tersebut untuk mencari semua baris kodenya
  5. Analisa baris kode syntax error yang ditampilkan dalam file pesan tersebut berdasarkan kaidah bahasa pemrograman
  6. Jika Anda sudah bisa menemukan penyebab kesalahan sintaks WordPress dari file pesan yang ditampilkan, maka segeralah melakukan perbaikannya

2. Melakukan Perbaikan File yang Rusak dengan FTP Client

Langkah berikutnya mengenai cara memperbaiki kesalahan Syntax di WordPress adalah dengan melakukan perbaikan terhadap file rusak yang telah Anda cari dan analisa sebelumnya.

Adapun, langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan misi ini meliputi:

  1. Pertama, silakan masuk ke situs WordPress melalui menu “appearance” dan selanjutnya pilih “editor”.
  2. Hal tersebut harus dilakukan di dashboard WordPress admin dengan menggunakan aplikasi tambahan yang disebut dengan FTP.
  3. Selanjutnya, hubungkanlah situs WordPress milik Anda dengan aplikasi FTP tersebut.
  4. Kemudian, pilihlah opsi “view atau edit”.
  5. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman baru dan di sana semua file yang rusak ditampilkan di dalam text editor.
  6. Nah, tugas Anda sekarang yakni menghapus berbagai macam kode yang salah atau membuat perubahan baru.
  7. Menghapus baris kode akan mengatasi berbagai error, tetapi cara tersebut lumayan beresiko dan tidak disarankan karena dapat menimbulkan berbagai masalah baru di WordPress.
  8. Lebih baik, lakukan saja penyelidikan terhadap file rusak dengan menggunakan fungsi dari menu get_footer.
  9. Dengan menggunakan hal tersebut, sistem akan secara otomatis memberikan indikasi terhadap kode mana saja yang perlu dilakukan pembaharuan secara cermat.
  10. Jika Anda masih ragu menggunakan cara tersebut karena belum begitu mahir, maka direkomendasikan untuk mencari pengecek kode instant dalam aplikasi.

Setelah mengetahui cara memperbaiki kesalahan Syntax di WordPress di atas, Anda juga harus memahami penyebab kesalahan Syntax agar kesalahan yang sama tidak terulang dua kali.

Penyebab Sintaks WordPress Mudah Error

Penyebab Kesalahan Syntax  di WordPress

Ilustrasi Penyebab Syntax di WordPress

Usut punya usut, adanya kesalahan Syntax yang terjadi pada laman WordPress bukan merupakan sebuah kebetulan.

Error tersebut muncul disebabkan oleh berbagai hal.

Hal tersebut harus dipahami lebih lanjut, agar pengguna lebih peka dan bisa merawat kenormalan sistem mereka di kemudian hari.

Setidaknya ada 4 penyebab kesalahan Syntax di WordPress mudah error, antara lain :

1. Adanya Kesalahan Pada Script Bahasa Pemrograman

Penyebab pertama yang paling banyak dialami oleh para pengguna WordPress sehingga Syntax mereka error berkepanjangan adalah karena pengguna salah dalam menuliskan script di bahasa pemrograman saat pertama kali membuat website atau melakukan update pada komponennya.

Kode-kode yang ada di dalam bahasa pemrograman memang sangat rumit. Maka dari itu, Anda harus benar-benar teliti dalam menuliskannya satu per satu.

Jika sedikit saja ada kekurangan, akibatnya akan fatal karena menyebabkan error, sistem terhapus dan lain-lain sebagainya.

Jadi, upayakan selalu menyalin terlebih dahulu script bahasa pemrograman yang akan ditulis menggunakan ukuran font besar supaya mudah dilihat.

Di samping itu, ketika penulisannya selesai, cermati dan teliti sebaik mungkin. Jika perlu, uji cobakan pada sistem website lain.

Intinya, siapkan diri Anda untuk teliti dalam pembuatan script bahasa di pemprograman.

2. Kurangnya Titik dan Koma

Dalam pembuatan bahasa pemrograman, keberadaan sebuah simbol titik dan koma adalah suatu hal yang mutlak.

Walaupun kelihatannya sangat remeh dan tidak penting, tetapi kedua hal itu mempunyai pengaruh besar pada keberhasilan proses pengembangan atau pembuatan website.

Jumlah titik dan koma dalam bahasa pemrograman juga sangat banyak.

Terkadang,  malah satu dari mereka terlewatkan oleh pengguna sehingga menyebabkan terjadinya error pada sintaks WordPress.

Alhasil, jika sudah begini, maka sistem dapat mengalami no respon terhadap suatu perintah tertentu.

Adapun, fungsi dari titik dan koma dalam bahasa pemrograman tersebut ialah untuk memisahkan dan menjeda antara satu maksud perintah dengan lainnya.

Jika hal tersebut sampai kurang atau kelebihan, perintahnya pun akan disalahtafsirkan oleh WordPress.

3. Kurang atau Kelebihan Kurung Kurawal

Saat mempelajari bahasa pemrograman, mungkin Anda tidak paham mengenai keberadaan kurung kurawal yang jumlahnya lumayan banyak.

Hal tersebut dilibatkan dalam pengembangan website bukan tanpa alasan. Karena fungsinya adalah untuk memberikan perintah spesifik pada sistem.

Jika kurung tersebut lupa tidak ditulis atau malah jumlahnya terlalu banyak, maka perintah Anda terhadap bahasa pemrograman juga akan error.

Akibatnya, beragam kesalahan perlahan-lahan akan muncul seperti halnya pada Syntax.

Hal tersebut sungguh mengganggu pemilik WordPress maupun pembaca.

Tekait dengan masalah yang dialami mengenai kurung kurawal dalam penulisan bahasa pemrograman itu, maka Anda diharuskan untuk lebih teliti dan cermat lagi.

Cocokkan kembali script jadi dengan panduan serta benarkan lagi jika ada kesalahan sebelum melakukan penyelesaiannya.

4. Salah Dalam Pemberian Nama Folder

Penyebab kesalahan Syntax yang terakhir pada WordPress adalah disebabkan karena adanya kekeliruan dalam pemberian nama folder di localhost.

Hal ini mungkin jarang sekali diperhatikan oleh pengguna, sehingga pada akhirnya tanpa disadari akan menyebabkan berbagai error fatal.

Jika nama folder yang salah tersebut dimasukkan pada bahasa pemrograman jenis apapun, maka secara otomatis sistemnya akan error karena tidak bisa mendeteksi beragam kebutuhan file di sana.

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan bagi pengguna pemula maupun profesional.

Nah jika suatu saat Anda menemui masalah seperti ini, maka solusi terbaik yang paling mudah dilakukan yakni mengecek nama folder localhost dan memastikannya benar terlebih dahulu sebelum Anda menuliskan di bahasa pemrograman.

Cermatlah dalam bertindak agar semua pekerjaan berjalan lancar.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan penting mengenai cara memperbaiki kesalahan Syntax di WordPress yang praktis, aman dan mudah.

Selain informasi di atas, jika Anda membutuhkan informasi tentang mengamankan WordPress berikut ada 13 Tips Untuk Mengamankan WordPress Anda.