apa itu hosting

Apa Itu hosting – Layanan hosting merupakan inti dari sebuah website, ketika Anda mengunjungi website tanpa adanya layanan hosting, Anda tidak akan bisa memperoleh informasi apapun, bahkan website tidak akan dapat diakses tanpa layanan hosting.

Informasi atau data yang Anda diperoleh tersebut, sangat bergantung pada layanan yang dikenal dengan layanan hosting.

Layanan hosting ini yang memungkinkan website dapat diakses oleh pengunjung melalui internet.

Layanan hosting ini dikelola oleh perusahaan hosting yang menyediakan sejumlah server yang terhubung dengan internet dan tersedia untuk disewakan kepada pengguna yang ingin mengonlinekan website mereka.

Tentu saja, jika Anda membutuhkan dan tertarik menggunakan layanan hosting Anda perlu perlu lihai dalam mencari penyedia web hosting yang ideal.  

Untuk itu, silahkan simak sampai bawah agar Anda bisa tahu kriteria web hosting yang ideal dengan memahami terlebih dahulu tentang apa itu hosting, bagaimana cara kerjanya dan jenis – jenisnya!

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan  dalam sebuah server untuk menyimpan file serta data website seperti file html, php, css dan gambar yang dapat memungkinkan sebuah website bisa diakses melalui internet.

Fungsi hosting adalah sebagai rumah dari sebuah website agar dapat diakses secara online melalui internet.

Yang harus Anda tahu bahwa tanpa adanya hosting, website tidak akan dapat diakses oleh penggunjung.

Oleh karena itu, hosting memungkinkan sebuah website dapat diakses dari berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Jadi misalnya, jika Anda mengunjungi suatu website tertentu dan memperoleh informasi yang Anda butuhkan, informasi tersebut bisa Anda peroleh karena ada layanan hosting yang bekerja untuk menyimpan file – file website Anda.

Lalu, bagaimana cara kerja hosting?

Cara Kerja Hosting

cara kerja hosting


Cara kerja hosting untuk lebih mudahnya melalui beberapa tahapan, seperti :

  1. File Website disimpan di Server Hosting
    File website seperti gambar, video, script, database dan konten lainnya akan disimpan di server hosting
  2. Pengunjung Akses Wesbite
    Pengunjung akan mengetikan alamat domain di browser, nah dari permintaan tersebut akan dikirimkan ke server hosting
  3. Permintaan dikirimkan Ke Server Hosting
    Permintaan dari pengunjung akan dikirim ke server hosting yang akan memproses permintaan
  4. Server Hosting Mengirimkan File Ke Browser
    Setelah permintaanya diterima, server hosting akan mengirimkan file yang diminta seperti file HTML, gambar, atau konten lainnya ke browser pengunjung tadi
  5. Pengunjung Dapat Mengakses Website
    Setelah browser menerima file website dari server hosting, pengunjung dapat mengakses website dengan melihat halaman web yang terbentuk di browser.

Di banyak kasus, tidak semua layanan hosting dapat bekerja dengan baik walaupun cara kerjanya terlihat mudah seperti di atas.

Seringkali Anda mengalami saat ingin mengakses website tertentu, website yang ingin Anda akses down dan tidak bisa diakses sama sekali.

Melihat kenyataan tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa tidak jarang layanan hosting mengalami gangguan, seperti masalah di atas.  

Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja akan mempengaruhi bisnis Anda.

Karena kepuasan dan kenyamanan pengunjung yang baik pada bisnis Anda, bukan?

Untuk itu, dalam hal ini Anda dituntut untuk lihai dalam memilih penyedia hosting yang terbaik.

Penyedia hosting yang terbaik salah satu kriterianya adalah dapat menjamin uptime 99%. Sehingga, website bisa lebih optimal dan jarang mengalami downtime.

Di salah satu layanan hosting Herza Cloud, kami memberikan layanan SLA sebesar 99,5%

Kemudian, Anda juga perlu memastikan terkait keamanan data center-nya.  Website perlu didukung dengan keamanan data yang disupport oleh salah satu Infrastruktur Datacenter terbaik.

Datacenter Herza Cloud Tier 4 pertama di Indonesia- Uptime 99,999%.

Setelah mengetahui apa itu hosting dan cara kerjanya, berikut penjelasan jenis-jenis hosting dengan kelebihan & kekurangannya.

Jenis-Jenis Hosting Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Saat Anda tertarik untuk membuat suatu website, Anda harus pastikan bahwa Anda menentukan jenis hosting yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Setidaknya, ada 6 jenis-jenis hosting yang bisa Anda tahu, yaitu :

1. Shared Hosting

shared hosting


Shared hosting adalah salah satu jenis layanan web hosting di mana beberapa website atau akun hosting dapat berbagi sumber daya dan ruang pada satu server fisik yang sama.

Artinya, pada satu server fisik, terdapat banyak akun hosting yang dapat memanfaatkan ruang penyimpanan, bandwidth, dan sumber daya server yang tersedia.

Pada shared hosting, setiap pengguna memiliki akses ke panel kontrol hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengelola website mereka, seperti mengunggah file, membuat database, mengelola email, dan lainnya.

Akan tetapi, sumber daya hosting seperti CPU, RAM, dan disk space akan dibatasi oleh penyedia hosting.

Karena sumber daya digunakan secara bersama ini lah, jenis layanan hosting ini adalah jenis layanan hosting dengan harga yang paling murah.

Oleh karena itu, layanan hosting ini akan cocok untuk pemilik website yang memiliki dana terbatas tapi tertarik menggunakan layanan hosting.

Selain itu, layanan ini juga cocok untuk website dengan  lalu lintas yang masih rendah atau website kecil yang tidak memerlukan sumber daya besar.

Namun, disamping harganya yang lebih murah, pengguna harus siap menanggung resiko jika pengguna lain sedang mengalami gangguan. Karena server digunakan bersama, mau tidak mau akan terkena dampaknya

Kelebihan Kekurangan
Harga terjangkau
Server hosting dikelola penyedia hosting Fasilitas lengkap mulai dari disk space, bandwidth, CPU, RAM, dan sumber daya lainnya
Cocok untuk pemula
Sangat dipengaruhi dengan pengguna lain, karena server digunakan bersama
Keterbatasan kontrol
Keamanan yang lebih rendah
Ada batasan saat penggunaan sumber daya

Ketika tertarik menggunakan layanan hosting, Anda perlu perhatikan perusahaan penyedia hosting yang Anda pilih.

Sebisa mungkin memilih penyedia hosting yang menawarkan layanan dengan kualitas yang baik, bisa dari kecepatan dan performa, keamanan, dukungan pelanggan, serta biayanya.

Herza Cloud menyediakan Web Hosting Murah Asli Indonesia dengan performa & Kecepatan tinggi. Seluruh jaringan Server Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website.

2. VPS Hosting

vps hosting


Berbeda dengan Shared Hosting, VPS hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan lingkungan hosting yang terpisah secara virtual pada server fisik yang sama.

Pada VPS hosting, satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual yang masing-masing server virtual tersebut memiliki sistem operasi, sumber daya, dan keamanan yang terisolasi.

VPS memiliki sumber daya yang terisolasi, seperti CPU, RAM, dan disk space, dan memiliki kontrol penuh atas lingkungan hosting virtual mereka.

Pengguna VPS dapat menginstal dan mengkonfigurasi perangkat lunak, mengatur pengaturan server, dan memiliki akses root ke server virtual mereka.

VPS hosting biasanya lebih stabil dan dapat menangani lalu lintas yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting.

Dalam jenis hosting yang satu ini, pengguna akan diberikan kebebasan untuk mengelola sumber daya sendiri. Untuk itu, pengguna harus memiliki kemampuan teknis untuk mengelola server.

Namun, kelemahan dari VPS hosting adalah biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting.

Untuk tahu lebih lengkap tentang penjelasan perbedaan diantara keduanya, Anda bisa masuk artikel kami tentang perbedaan mengenai VPS dan web hosting dan penjelasan lebih detail tentang Apa Itu VPS Hosting.

Berikut kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan!

Kelebihan Kekurangan
Keamanan yang lebih baik
Skalabilitas
Bisa kelola banyak akun hosting
Tidak terpengaruh dengan pengguna lain Bebas memilih sistem operasi (OS)
Harga yang lebih tinggi
Membutuhkan pengetahuan teknis Konfigurasi server sendiri

Jika tertarik menggunakan layanan ini, Herza Cloud sudah menyediakan VPS Murah Indonesia.

Semua Paket VPS Linux Murah Herza Cloud memiliki Performa dan teknologi terkini yang telah menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data.

Generasi terkini dari Intel CPU dan 99,9% Garansi Uptime yang berlokasi di Data Center Indonesia.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan beberapa server yang terhubung secara virtual dan membentuk satu sistem yang besar.

Server-server ini tersebar di berbagai lokasi geografis dan terhubung melalui jaringan Internet.

Dalam cloud hosting, sumber daya hosting seperti CPU, RAM, dan ruang penyimpanan data, dibagi dan dikelola secara terpusat untuk mendukung kebutuhan pengguna.

Jika satu server gagal atau mengalami masalah, website Anda akan diarahkan ke server yang tersedia secara otomatis, sehingga website akan tetap stabil dan ter-backup dengan server lain.

Hal ini berbeda dengan jenis hosting yang telah disebutkan di atas, seperti shared hosting atau VPS hosting, di mana jika server mengalami masalah, maka website akan turun dan tidak dapat diakses.

Tentu saja jenis hosting satu ini memiliki perbedaan lain dengan jenis hosting lainnya, jika Anda tertarik ingin mengetahui apa saja perbedaannya silakan masuk ke halaman 5 perbedaan Cloud Hosting dengan Shared Hosting.

Dengan menggunakan beberapa server virtual yang terhubung tersebut, sumber daya hosting dapat dengan mudah ditingkatkan atau diperkecil menyesuaikan kebutuhan.  

Kelebihan Kekurangan
Menampung traffic tinggi
Keamanan yang lebih baik
Resource nya lebih besar Skalabilitas yang lebih mudah
Harga yang lebih mahal dari dua jenis hosting di atas, seperti Shared Hosting & VPS Hosting

Kami juga telah membuat artikelnya secara khusus tentang Apa itu Cloud Hosting? Pengertian, Fungsi dan Cara kerjanya.

4. WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah jenis hosting yang dikhususkan untuk pengguna WordPress.

Salah satu keunggulan dari jenis hosting ini adalah penggunaan server dikonfigurasi secara khusus untuk menjalankan WordPress.

Hal ini dapat menawarkan beberapa kelebihan seperti dapat meningkatkan performa WordPress, mengurangi waktu loading, dan mengoptimalkan database WordPress.

WordPress dapat digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari blogger pribadi hingga bisnis kecil maupun perusahaan besar yang menjangkau seluruh dunia.

Platform ini memberikan kemudahan penggunaan dan pengelolaan situs web yang mudah bahkan bagi pengguna yang tidak memiliki pengalaman dalam desain situs web.

Hampir sama dengan Share Hosting di mana sumber daya server dibagi dengan banyak situs web.

Sehingga, hal tersebut berarti kinerja situs web dipengaruhi oleh aktivitas situs web lain yang dihosting pada server yang sama.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih layanan WordPress Hosting dan salah satunya adalah kecepatan.

Kecepatan dan kinerja situs web sangat penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan mempertahankan kredibilitas situs web Anda.

Semakin cepat situs web Anda dimuat, semakin baik pengalaman pengguna yang Anda tawarkan, sehingga dapat meningkatkan waktu kunjungan internet,  jumlah halaman yang dilihat, dan dapat meningkatkan rangking di halaman pertama Google.

WordPress Hosting dari Herza Cloud dikelola dengan menggunakan kombinasi Web Hosting Ideal dari CloudLinux OS dan LiteSpeed Web Server yang dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi serta optimalisasi khusus WordPress.

Akan tetapi, selain faktor kecepatan yang harus Anda perhatikan, Anda juga harus memperhatikan faktor keamanannya.

Keamanan situs sangat penting dan harus menjadi prioritas saat memilih penyedia hostig.

Untuk itu, pilihlah penyedia hosting yang menawarkan keamanan yang cukup tinggi untuk bisa mengamankan website Anda.

Seluruh paket WordPress Hosting Herza Cloud telah disetting dengan tingkat keamaan yang cukup tinggi, jika anda tertarik menggunakannya kami menyediakan layanan WordPress Hosting didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan, di bawah!

Kelebihan Kekurangan
Harga lebih terjangkau
Cocok untuk pemula
Full managed penyedia hosting
Fasilitas cukup lengkap, seperti disk space, SSL dan sejenisnya
Resourcenya dipakai bersama dan terbatas
Terpengaruh user lain jika user lain menggunakan resource secara berlebihan

Kami juga telah membuatkan artikel khusus untuk Anda yang tertarik dengan pembahasan Apa Itu WordPress Hosting

5. Simple WordPress

Simple WordPress hosting adalah jenis hosting yang khusus dirancang untuk memudahkan pengguna yang ingin membuat website menggunakan CMS WordPress tanpa perlu mengatur hal teknis seperti pengaturan server, optimasi performa, keamanan, dan pengaturan lainnya.

Dalam Simple WordPress hosting, semua pengaturan dan optimasi website akan dilakukan oleh penyedia hosting. Sehingga, pengguna tidak perlu mengatur atau mengelola hal teknis tersebut.

Oleh karena itu, pengguna bisa lebih fokus pada pembuatan konten dan pengembangan website mereka.

Berbeda dengan WordPress hosting, di mana pengguna biasanya memerlukan akses ke cPanel atau panel kontrol hosting untuk mengatur pengaturan website seperti backup, keamanan, kecepatan, dan lainnya.

Dalam Simple WordPress hosting, semua pengaturan ini akan diatur oleh penyedia hosting.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan!

Kelebihan Kekurangan
Cocok untuk pemula, karena pengelolaannya mudah
Tidak melakukan pengaturan hosting & domain
Bebas install plugin & tema
Resource cukup terbatas
Tidak bebas jika ingin melakukan pengubahan pengaturan hosting

6. Dedicated Hosting (Dedicated Server)

Dedicated hosting / Dedicated Server adalah jenis layanan hosting di mana server hanya digunakan untuk satu pengguna saja.

Sehingga, pengguna mendapatkan akses penuh ke server secara eksklusif tanpa perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain.

Dedicated hosting sangat cocok untuk bisnis atau organisasi yang memiliki lalu lintas web yang tinggi, aplikasi kusus, atau kebutuhan keamanan yang tinggi.

Dalam dedicated hosting / Dedicated Server, pengguna juga dapat mengoptimalkan kinerja situs web dengan mengatur server sesuai kebutuhan, misalnya mengatur konfigurasi server, pemeliharaan, keamanan, dan pembaruan sistem.

Jenis hosting satu ini pun adalah jenis hosting yang paling unggul dalam hal kekuatan, keamanan dan kontrolnya jika dibandingkan dengan jenis-jenis hosting yang telah disebutkan di atas.

Berikut ada juga beberapa kelebihan & kekurangan yang ditawarkan!

Kelebihan Kekurangan
Menampung traffic yang tinggi
Bebas pilih sistem operasi (OS)
Resource besar
Bisa menyimpan big data  
Harga lebih mahal
Memerlukan perawatan server
Memiliki kemampuan teknis

Terdapat 12+ Cara Memilih Dedicated Server Terbaik, Murah dan Aman yang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika tertarik menggunakan layanan ini.

Sama halnya dengan jenis hosting yang lain, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan kecepatan server, keamanan, dukungan pelanggan dan biaya.

Untuk itu, jika Anda kebingungan dalam mencari layanan dedicated hosting yang terpercaya dalam kecepatan server, keamanan dan dukungan pelanggan silahkan hubungi Herza Cloud.

Dedicated Hosting dari Herza Cloud layanan Hosting Murah dengan dedicated resources yang berkualitas handal serta hadir dengan keamanan tinggi.

Seluruh jaringan Server adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan tentang apa itu hosting, Anda bisa menyimpulkan dengan mudah bahwa hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan  dalam sebuah server untuk menyimpan file serta data website seperti file html, php, css dan gambar yang dapat memungkinkan sebuah website bisa diakses melalui internet.

Ada juga beberapa jenis layanan hosting yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan!