Apa itu Publik Cloud? Fungsi, Keuntungan dan Kekurangan

Apa itu Public Cloud? – Cloud Computing telah menjadi solusi yang banyak digunakan dalam dunia bisnis. komputasi awan memiliki tiga jenis layanan yaitu, public cloud, private cloud dan hybrid cloud.

Ketiga jenis layanan tersebut memilki perbedaan yang cukup signifikan, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel kami tentang Perbedaan Publik, Private dan Hybrid Cloud.

Public cloud adalah salah satu jenis layanan cloud computing di mana penyedia layanan cloud (Seperti Google, Amazon, dll) Menyediakan akses ke infrastruktur cloud kepada publik secara umum.

Layanan ini menawarkan beberapa keuntungan seperti fleksibilitas, scalability, dan biaya yang relatif lebih terjangkau.

Selain itu, public cloud juga dapat digunakan untuk meningkatkan kolaborasi antar tim dan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan (Contohnya Google Drive dan lainnya).

Secara keseluruhan, public cloud merupakan solusi yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya.

Lalu, apakah kalian tahu apa itu public cloud? Bagaimana fungsinya dan apa saja keuntungan dan kekurangan dari publik cloud apabila kita menggunakannya.

Penasaran? Yuk simak terus artikel ini sampai selesai!

Pengertian Public Cloud

Apa itu publik cloud?
Apa itu publik cloud?
Publik cloud adalah layanan cloud computing yang disediakan oleh penyedia layanan cloud seperti Amazon, Microsoft, atau Google.

Layanan ini tentunya dapat diakses oleh umum, siapa saja yang menggunakan Internet. Public cloud menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi biaya yang tinggi dibandingkan dengan infrastruktur on-premise, karena penyedia layanan cloud dapat mengelola kapasitas dan sumber daya yang dibutuhkan oleh pelanggan secara efisien.

Layanan ini dapat dikelola oleh penyedia layanan cloud atau dapat dikelola oleh pelanggan sendiri.

Ada beberapa layanan public cloud yang gratis dan beberapa yang memerlukan pembayaran berdasarkan penggunaan atau paket yang dibeli.

Selain itu, public cloud juga menyediakan pilihan yang lebih luas dari layanan dan teknologi yang dapat digunakan oleh pelanggan.

Beberapa contoh layanan public cloud adalah Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform (GCP).

Public cloud dikenal juga dengan istilah Virtual Private Server (VPS), namun VPS tidak sama dengan private cloud.

Fungsi Public Cloud

Fungsi Publik Cloud
Fungsi Publik Cloud

Setelah mengetahui apa itu public cloud, Anda juga harus tahu fungsi dari layanan ini.

Fungsi utama dari layanan public cloud adalah untuk memberikan akses ke sumber daya TI seperti server, storage, aplikasi, dan jaringan kepada pelanggan dari jarak jauh melalui internet.

Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti email, aplikasi bisnis, pengujian dan pengembangan software, hingga hosting website.

Public cloud juga memungkinkan skalabilitas untuk mengakomodasi permintaan pengguna dan meminimalkan kebutuhan investasi dalam sumber daya TI lokal.

Keuntungan dan Kekurangan Public Cloud

Seperti halnya cloud lain, public cloud juga memiliki keuntungan dan kekurangan yang bisa didapatkan penggunanya, berikut penjelasannya.

Keuntungan Public Cloud

Berikut ini kekurangan yang bisa Anda dapatkan, jika Anda menggunakan layanan public cloud diantaranya:

  1. Skalabilitas
    Public cloud memberikan fleksibilitas kepada organisasi untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas IT mereka sesuai kebutuhan.

    Ini memungkinkan perusahaan untuk mengadaptasi dengan cepat terhadap perubahan bisnis tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk perangkat keras atau perangkat lunak baru.

  2. Aksesibilitas
    Public cloud dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet.

    Ini memungkinkan para pegawai untuk bekerja dari mana saja dan tetap terhubung dengan data dan aplikasi yang mereka butuhkan.

  3. Terintegrasi
    Public cloud sering terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan lainnya, seperti CRM, ERP, dan lainnya, yang memungkinkan organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas

  4. Menghemat Biaya
    Public cloud juga memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya perangkat keras, perawatan, dan operasi TI.

    Perusahaan hanya perlu membayar sesuai dengan penggunaan yang sebenarnya, yang dapat mengurangi biaya dari pembelian perangkat keras atau pemeliharaan server yang tidak digunakan.

    Selain itu, public cloud juga menyediakan skalabilitas yang baik, sehingga perusahaan dapat menambah atau mengurangi kapasitas sesuai dengan kebutuhan mereka.

  5. Menghemat Waktu Manajemen Server
    Public cloud memungkinkan Anda untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan untuk tugas-tugas lain yang lebih penting.

    Selain itu, penyedia public cloud juga bertanggung jawab untuk mengelola infrastruktur dan menjaga performa server, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir tentang masalah teknis seperti downtime atau pemeliharaan.

  6. Inovasi
    Penyedia public cloud sering menawarkan layanan terbaru dan tercanggih, seperti inteligen buatan (AI) dan analitik, yang dapat digunakan oleh organisasi tanpa harus mengeluarkan uang untuk teknologi yang mahal.

Kekurangan Public Cloud

Selain kelebihan, ada beberapa kekurangan public cloud yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda menggunakan layanan tersebut.

Adapun kekurangan public cloud diantaranya:

  1. Ketergantungan pada Koneksi Internet
    Public cloud sangat tergantung pada koneksi internet yang stabil dan cepat. Jika koneksi internet terganggu, maka pengguna akan kesulitan untuk mengakses data dan layanan yang tersimpan di cloud.

    Ini dapat menyebabkan masalah khususnya bagi perusahaan yang memerlukan akses ke data penting secara real-time.

  2. Kontrol yang Lebih Sedikit
    Saat menggunakan public cloud, perusahaan cenderung memiliki kontrol yang lebih sedikit atas infrastruktur dan konfigurasi sistem dibandingkan dengan menggunakan private cloud atau infrastruktur lokal.

    Ini dapat menyebabkan masalah untuk perusahaan yang memerlukan kontrol yang lebih tinggi atas konfigurasi sistem untuk memenuhi kebutuhan keamanan atau regulasi tertentu.

  3. Keamanan dan Kepatuhan
    Selain itu, kekurangan dari public cloud adalah masalah keamanan dan kepatuhan.

    Karena public cloud digunakan oleh banyak pelanggan, maka risiko kebocoran data yang kecil tetapi lebih berisiko daripada yang dapat ditoleransi oleh beberapa bisnis di bidang tertentu.

    Hal ini juga dapat menyulitkan dalam menerapkan kebijakan keamanan yang sama baik untuk sumber daya internal organisasi maupun untuk cloud publik yang agak di luar kendali organisasi.

    Beberapa perusahaan juga harus memenuhi standar kepatuhan peraturan yang ketat, seperti peraturan privasi dan perlindungan data yang berlaku.

  4. Vendor Lock-in
    Vendor lock-in juga merupakan salah satu kekurangan dari public cloud.

    Sebuah organisasi yang menggunakan cloud akan menghemat uang dan menjadi lebih fleksibel, tetapi juga pada akhirnya dapat bergantung pada layanan vendor cloud yang digunakan sehingga dapat menyulitkan jika ingin beralih ke vendor lain.

    Ini juga dapat menjadi masalah jika vendor tersebut mengubah harga atau menghentikan layanannya.

Contoh Layanan Public Cloud

Contoh Layanan Publik Cloud
Contoh Layanan Publik Cloud

Beberapa contoh layanan public cloud yang populer adalah Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, Google Cloud Platform (GCP), dan lain-lain.

Masing-masing dari layanan ini menawarkan berbagai fitur dan layanan yang berbeda-beda, seperti penyimpanan data, pemrosesan data, pembuatan aplikasi, dan lain sebagainya.

Banyak perusahaan dan developer yang menggunakan layanan ini untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi, serta menyimpan dan mengelola data.

Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Servis (AWS) adalah layanan cloud computing yang ditawarkan oleh Amazon.com.

AWS menawarkan berbagai layanan seperti penyimpanan data, pemrosesan data, pembuatan aplikasi, dan juga analitik data.

Layanan ini mencakup IaaS (Infrastructure as a Service), PaaS (Platform as a Service) dan SaaS (Software as a Service) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti hosting website, menjalankan aplikasi, dan menyimpan data.

AWS saat ini merupakan salah satu layanan public cloud terbesar di dunia.

Microsoft Azure

Microsoft Azure adalah platform cloud computing yang dikembangkan oleh Microsoft.

Azure menyediakan layanan yang dapat digunakan untuk mengeksekusi aplikasi dan menyimpan data di internet.

Platform cloud computing dari Microsoft ini menyediakan layanan seperti penyimpanan data, mesin virtual, databases, analytics, machine learning, dan Internet of Things (IoT) yang dapat digunakan oleh perusahaan dan developer untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi.

Azure juga menyediakan integrasi dengan berbagai platform dan teknologi, seperti Windows, Linux, Java, Python, dan lainnya.

Google Cloud Platform (GCP)

Google Cloud Platform (GCP) Merupakan salah satu layanan publik cloud yang ditawarkan oleh Google.

GCP menyediakan beragam layanan seperti komputasi, penyimpanan, pembelajaran mesin, analitycs, dan banyak lagi.

Layanan Publik Cloud dari google ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti hosting website, aplikasi mobile dan web, analitik, pemrosesan data besar, dan banyak lagi.

GCP juga menyediakan platform untuk membuat aplikasi dengan menggunakan teknologi open-source seperti Kubernetes, TensorFlow, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas terkait apa itu public cloud bisa kita simpulkan bahwa public cloud adalah salah satu jenis layanan cloud computing dimana layanan IT dikirimkan melalui internet yang dibagikan ke publik dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Fungsi utama dari layanan public cloud adalah untuk memberikan akses ke sumber daya TI seperti server, storage, aplikasi, dan jaringan kepada pelanggan dari jarak jauh melalui internet.

Selain itu, public cloud dikenal juga dengan istilah Virtual Private Server (VPS), namun VPS tidak sama dengan private cloud.

Untuk Anda yang membutuhkan VPS dengan Performansi Tinggi, silahkan mengecek Layanan baru kami VPS SSD NVMe Indonesia. Menggunakan SSD M.2 NVMe dengan 3D NAND Flash Memory untuk High-Speed Transmission.

Untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.

Jika Anda membutuhkan VPS yang akan diperuntukkan untuk VPN / Tunneling, silahkan melihat paket VPS Tunneling / VPN. Kami tidak mengizinkan penggunaan VPN atau Tunneling pada layanan VPS Regular kami.

Jadi tunggu apalagi? Yuk berlangganan sekarang dan dapatkan harga promonya sekarang juga.