Apa itu Cloud? Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, Serta Keunggulan dan Kelebihannya

Apa itu Private Cloud? Jenis, Fungsi Serta Keunggulan dan Kelebihannya

Sebagai pelaku bisnis di era digital, apakah Anda tahu apa itu private cloud? Perkembangan teknologi saat ini, banyak mempengaruhi kegiatan kita terutama untuk urusan bisnis. Para pelaku bisnis harus berupaya untuk menjalankan bisnis dengan sistem digital.

Dalam bisnis, data berperan penting untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang kita jalankan. Untuk itu, penyimpanan dan kemanan data harus diperhatikan sebaik mungkin.

Penyimpanan data jaman dulu dan sekarang tentunya dilakukan dengan metode yang berbeda. Apalagi setelah adanya sistem cloud.

Saat ini banyak serangan cyber yang dapat menghambat jalannya bisnis Anda. Untuk itu para pelaku bisnis mulai mengadopsi layanan cloud sebagai solusi untuk mencegah serangan cyber. Terdapat 7 Jenis Serangan Cyber yang Umum dan Cara Mencegahnya.

Sistem cloud ini dinilai lebih efisien untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis. Apalagi saat ini telah hadir private cloud.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu private cloud jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahasnya secara tuntas.

Yuk kita simak artikel di bawah ini!

Apa itu Private Cloud? Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, Serta Keunggulan dan Kelebihannya

Mengenal Apa itu Private Cloud

Private cloud adalah salah satu jenis layanan Cloud Computing yang menawarkan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk keperluan dan kebutuhan satu entitas bisnis.

Sama halnya dengan jenis cloud computing lainnya, cloud pribadi menyediakan sumber daya komputasi virtual melalui komponen fisik yang disimpan di pusat data vendor.

Kelebihan utama yang dimiliki jenis cloud ini adalah memiliki kontrol yang tinggi, karena hanya bisa diakses oleh satu orang atau organisasi saja.

Anda dapat mengkonfigurasi lingkungan dan mengelolanya sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan.

Selain itu, ia memiliki kelebihan yang hampir mirip dengan public cloud, yaitu memiliki tingkat keamanan yang baik dan fleksibilitas yang disesuaikan dengan perusahaan, namun infrastruktur bersifat pribadi.

Strategi cloud pribadi dapat dilakukan dengan perangkat keras yang dihosting secara lokal oleh penyewa layanan cloud atau dihosting oleh penyedia layanan cloud.

Perusahaan biasanya menggunakan layanan ini dengan sistem sewa bulanan, namun bisa juga dibayar secara paket atau pertahun.

Fungsi, Keunggulan dan Kelebihan Private Cloud

Dalam bisnis, sistem cloud ini merupakan solusi bagi perusahaan untuk menjalankan operasional bisnis, karena dianggap lebih efisien dibandingkan dengan virtualisasi tradisional.

Untuk itu, ada beberapa keunggulan dan kelebihan yang dimiliki cloud jenis pribadi yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Keamanan, kemudahan dan kepatuhan akan control
    Kepatuhan sangat peting untuk menjalankan bisnis yang diatur secara ketat. Keuntungan ini ada pada penginstalan perangkat keras ditempat serta di layanan yang dihosting.

    Infrastruktur cloud pribadi mampu memberikan kemampuan agar perusahaan atau organisasi mematuhi peraturan yang ada karena data disimpan pada perangkat keras yang tidak dapat diakses oleh orang lain.

  2. Kemampuan kustomisasi
    Pengguna layanan ini dapat mengkonfigurasi cloud pribadi dengan sepenuhnya. Selain itu, ia juga dapat menentukan lingkungan yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi berpemilik.

    Cloud pribadi yang dihosting memberikan keuntungan yang sama tetapi tidak memerlukan pengaturan di tempat.

    Untuk itu, perusahaan harus bekerja sama dengan vendor untuk menyiapkan dan mengelola cloud untuk pengguna eksklusifnya.

  3. Integrasi hybrid
    Keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu hibridisasi sumber daya private cloud menjadi public cloud tanpa harus memasang server fisik tambahan.

    Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan waktu operasional, ketika aplikasi membutuhkan sumber daya tambahan.

    Dengan begitu hal ini bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkan keamanan cloud pribadi tapi ingin memiliki kekuatan layanan seperti public cloud.

Jenis-Jenis Private Cloud

Cloud pribadi memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda tergantung cara mereka dihosting dan dikelola. Adapun jenis-jenis private cloud berdasarkan cara dihosting dan dikelola diantaranya:

Virtual

Private cloud virtual adalah lingkungan tertutup di dalam public cloud yang memungkinkan perusahaan untuk menjalankan beban kerja secara terpisah dengan setiap pengguna public cloud lainnya.

Meskipun server digunakan bersama dengan organisasi lain, tetapi sumber daya komputasi bersifat pribadi.  Perusahaan dapat menggunakan VPC untuk mengaktifkan penggunaan hybrid cloud.

Hosted

Dalam cloud pribadi yang dihosting, server tidak dibagi-bagi dengan pengguna lain.

Penyedia layanan mengkonfigurasi jaringan, memelihara hardware, memperbarui software, namun server hanya ditempati oleh satu organisasi saja.

Managed (dikelola)

Penyedia layanan mengelola lingkungan yang dihosting. Ia mengelola setiap aspek cloud untuk organisasi, termasuk menambah layanan seperti manajemen identitas dan penyimpanan.

Opsi ini hanya untuk organisasi yang tidak memiliki staf untuk mengelola lingkungan private cloud saja.

Adapun jenis cloud pribadi berdasarkan infrastruktur yang disediakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hanya Software (perangkat lunak)

Pada jenis ini, penyedia layanan hanya menyediakan perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan private cloud, yang berjalan pada perangkat keras perusahaan yang sudah ada sebelumnya.

Opsi ini biasanya khusus software yang digunakan untuk lingkungan yang sangat tervirtualisasi.

Software dan hardware

Beberapa vendor biasanya menjual private cloud sebagai paket lengkap hardware dan software.

Hal ini umumnya merupakan platform sederhana yang mungkin ada di tempat pengguna dan mungkin pula bukan lingkungan yang dikelola provider.

Penyedia Jasa Layanan Private Cloud

Di era digital saat ini, banyak vendor yang menawarkan cloud pribadi yang dapat mendukung atau bahkan menggantikan sistem lokal.

Ada beberapa penyedia layanan cloud pribadi, diantaranya:

  1. IBM
    Perusahaan komputer dan teknologi ini menawarkan hardware private cloud. Bersamaan dengan IBM cloud managed servis, alat keamanan cloud, serta manajemen cloud dan alat orkestrasi.

  2. Hewlett Packard Enterprise (HPE)
    Selain IBM, salah satu penyedia layanan private cloud adalah Hewelett Packard Enterprise (HPE).

    Perushaan ini menawarkan software Helion Cloud Suite, hardware Helion Cloud System, Helion Managed Private Cloud, dan layanan Managed Virtual Private Cloud.

Kesimpulan dan Penutup

Di era digital saat ini layanan private cloud cukup populer di kalangan pembinis, karena ia memiliki tingkat kemanan dan kontrol yang tinggi serta fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Disamping itu, banyak juga vendor yang menyediakan layanan cloud pribadi ini.

Jika Anda butuh informasi lebih lanjut terkait layanan cloud yang lain, kami sarankan untuk mencoba layanan yang ada di Herza.ID.

Herza.ID menyediakan berbagai Layanan Hosting, VPS, Dedicated Server Murah dengan Infrastruktur Cloud 100% asli Indonesia.

Selain itu, seluruh jaringan Server dari Herza.ID adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda. Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Speedtest.

Ingin lebih untung lagi? Yuk berlangganan sekarang, karena lagi ada promo suka-suka dengan diskon 50%.

Buruan Tunggu Apalagi!!!