Apa itu CMS Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya!

Apa itu CMS (Content Management System)?

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa itu CMS atau pernah mendengar istilah tersebut atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali.

Jadi, CMS (Content Management System) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola sebuah website.

Dengan CMS, Anda bisa membuat dan mengatur konten di website dengan mudah.

Tidak hanya itu, CMS juga memiliki banyak manfaat untuk website, Apa saja manfaat CMS? Yuk simak terus artikel ini sampai dengan selesai!

Apa Itu CMS?

Apa itu CMS?
Apa itu CMS?

Sebelum Anda mempelajari lebih dalam terkait apa itu CMS, alangkah baiknya jika Anda mengetahui pengertian dari CMS itu sendiri.

CMS adalah singkatan dari “Content Management System” adalah perangkat lunak atau platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi konten di sebuah website tanpa memerlukan keahlian teknis khusus seperti pengetahuan coding.

Dengan menggunakan CMS, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit konten seperti artikel blog, halaman produk, gambar, video, dan lainnya.

CMS memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola dan mengatur konten dengan cepat.

Keuntungan utama dari CMS adalah memungkinkan kolaborasi tim, efisiensi dalam pengelolaan konten, kemudahan dalam pembuatan dan pengelolaan konten, serta responsif dan fleksibel dalam tampilan website.

Dengan CMS, Anda dapat memaksimalkan potensi tulisan dan bisnis Anda di website dengan cara yang lebih mudah dan efisien.

Contoh CMS yang umum digunakan adalah Drupal, Joomla, Magento WordPress, Wix dan lainnya.

Baca juga: 10+ Cara Membuat Website Profesional Tanpa Ribet!

Apa Saja Fungsi CMS bagi Website?

Fungsi utama dari CMS adalah memudahkan user memanage konten di website. Berikut ini beberapa fungsi spesifik dari CMS antara lain:

  1. Pengelolaan Konten: CMS memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menambahkan, mengedit, dan menghapus konten pada website tanpa perlu pengetahuan dalam bahasa pemrograman.

    Antarmuka pengguna yang intuitif dan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) memudahkan pengguna untuk mengelola konten dengan cepat dan mudah.

  2. Pengelolaan Media: CMS menyediakan fasilitas untuk mengelola gambar, video, dan file-media lainnya yang digunakan dalam konten website.

    Pengguna dapat mengunggah, mengatur, dan menyimpan media dengan mudah melalui antarmuka CMS.

  3. Pengelolaan Laman: CMS memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengatur halaman-halaman pada website, membuat menu navigasi, dan mengorganisasi konten ke dalam kategori yang terstruktur.

  4. Template dan Desain: CMS menawarkan berbagai pilihan template yang dapat digunakan untuk merancang tampilan dan tata letak website tanpa perlu membuatnya dari awal.

    Pengguna juga dapat memodifikasi desain dengan mudah melalui fitur pengeditan visual.

  5. Optimasi SEO: Banyak CMS menyediakan alat dan plugin untuk membantu pengguna dalam melakukan optimasi mesin pencari (SEO).

    Ini termasuk pengaturan meta tag, URL yang ramah SEO, dan analisis kata kunci untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian.

  6. Pengelolaan Statistik: CMS umumnya dilengkapi dengan fitur untuk mengakses statistik website, seperti jumlah pengunjung, durasi kunjungan, halaman yang paling banyak dikunjungi, dan data lainnya.

    Informasi ini membantu pengguna dalam memahami perilaku pengunjung dan mengambil keputusan berdasarkan data.

  7. Multi-bahasa: Beberapa CMS menyediakan dukungan untuk multi-bahasa, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menampilkan konten dalam beberapa bahasa di website.

    Fitur ini penting untuk meningkatkan daya jangkau dan aksesibilitas website di tingkat global.

            Manfaat CMS (Content Management System)

            Manfaat CMS
            Manfaat CMS

            Setelah Anda mengetahui apa itu CMS, fungsi dan cara kerjanya, berikut ini beberapa manfaat CMS, diantaranya:

            Mudah Digunakan

            Salah satu manfaat utama dari Content Management System (CMS) adalah kemudahan penggunaan.

            CMS hampir bisa digunakan oleh semua kalangan termasuk orang-orang yang tidak mengerti Bahasa pemrograman.

            Mereka bisa mengunggah dan mengedit konten di halaman website.

            Adanya Peran dan Izin Pengguna

            Salah satu fitur penting dari Content Management System (CMS) adalah kemampuannya untuk mengatur peran dan izin pengguna (hak akses) sesuai dengan pekerjaan atau tanggung jawab mereka.

            Dengan adanya sistem manajemen hak akses, pengguna dapat diberikan tingkat akses yang berbeda-beda terhadap berbagai fungsi dan fitur dalam CMS.

            Ini membantu menjaga keamanan website dan mencegah pengguna yang tidak berwenang untuk mengakses atau mengubah bagian-bagian kritis dari website.

            Misalnya pengguna dengan peran sebagai penulis dapat menulis, mengedit, dan mengelola konten, serta mengajukan konten untuk dipublikasikan.

            Namun, mereka tidak memiliki akses untuk mengubah tampilan atau mengelola fitur-fitur website lainnya.

            Pengoptimalan SEO

            Salah satu manfaat penting dari menggunakan CMS, seperti WordPress, adalah kemudahan dalam mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) dengan menggunakan plugin seperti Yoast SEO.

            SEO adalah serangkaian teknik dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google.

            Dengan memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, website Anda memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan oleh calon pengunjung.

            Baca juga: Mengoptimalkan Pengguanaan Website Mobile Friendly

            Kelebihan dan Kekurangan CMS

            Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Content Management System (CMS):

            Kelebihan CMS

            1. Mudah digunakan: CMS dirancang dengan antarmuka yang user-friendly, sehingga memungkinkan pengguna untuk menambahkan, mengedit, dan menghapus konten website tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman.

            2. Template dan Desain: CMS menyediakan banyak template dan tema yang dapat digunakan untuk merancang tampilan website dengan cepat dan mudah.

              Anda dapat memilih template yang sesuai dengan gaya dan branding bisnis Anda.

            3. Fitur SEO: Beberapa CMS menyediakan fitur SEO bawaan atau plugin yang memudahkan pengoptimalan konten dan website agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

            4. Kolaborasi Tim: CMS memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja bersama dalam mengelola konten dan website.

              Anda dapat menetapkan peran dan izin akses berbeda untuk setiap anggota tim.

            5. Pembaruan Mudah: CMS biasanya memiliki sistem pembaruan otomatis yang memudahkan Anda untuk menjaga keamanan dan kinerja website dengan melakukan pembaruan perangkat lunak secara mudah.

                Kekurangan CMS

                1. Keterbatasan Kustomisasi: Beberapa CMS mungkin memiliki keterbatasan dalam kustomisasi tampilan dan fungsionalitas website.

                  Anda mungkin terbatas dalam merancang sesuai dengan keinginan yang sangat spesifik.

                2. Kinerja dan Kecepatan: Beberapa CMS dengan banyak plugin atau tema yang tidak dioptimalkan dapat mempengaruhi kinerja dan kecepatan website.

                  Ini dapat berdampak negatif pada pengalaman pengguna dan peringkat SEO.

                3. Keamanan: CMS yang populer sering menjadi target serangan keamanan.

                  Jika CMS tidak dikelola dan diperbarui dengan baik, website Anda dapat menjadi rentan terhadap serangan hacker atau malware.

                4. Biaya Penggunaan: Meskipun banyak CMS open source gratis, ada biaya tambahan untuk hosting, domain, dan plugin premium. CMS berbayar seperti Magento Commerce atau Joomla! Enterprise Edition juga memerlukan biaya lisensi.

                5. Pembelajaran Awal: Beberapa CMS memiliki kurva pembelajaran yang tinggi, terutama bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan teknologi atau konsep dasar web.

                  Pengguna mungkin memerlukan waktu untuk memahami dan menguasai fitur-fitur CMS.

                6. Keterbatasan Fungsionalitas: Beberapa CMS mungkin tidak memiliki fitur khusus yang Anda butuhkan untuk website atau bisnis Anda.

                  Ini memaksa Anda untuk mencari solusi kustom atau mencari CMS lain yang lebih sesuai.

                        Saat memilih CMS, pertimbangkan baik kelebihan dan kekurangan untuk memastikan bahwa CMS yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

                        Setiap CMS memiliki karakteristik yang berbeda, dan memilih yang tepat adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan dalam pembuatan dan pengelolaan website Anda.

                        Baca juga: Cara Menghilangkan Malware? Kenali Tanda, Hindari serangannya!

                        Frequently Asked Question (FAQ)

                        Mengapa CMS penting untuk Bisnis?
                        Mengapa CMS penting untuk Bisnis?

                        Mengapa CMS (Content Management System) Sangat Penting bagi Bisnis?

                        Content Management System (CMS) sangat penting bagi bisnis karena berbagai alasan yang dapat memberikan manfaat signifikan.

                        Dengan CMS, Anda memiliki kendali penuh atas situs web Anda. Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan, struktur halaman, dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

                        Fitur SEO bawaan atau plugin yang terdapat pada CMS dapat membantu meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin pencari.

                        Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, mencapai target bisnis, dan tetap bersaing di pasar yang kompetitif.

                        Bagaimana Cara Cek Website Menggunakan CMS Apa?

                        Menggunakan layanan online seperti “What CMS” atau “BuiltWith” adalah cara yang sangat mudah dan cepat untuk mengecek CMS yang digunakan oleh sebuah website.

                        Anda hanya perlu memasukkan URL situs yang ingin Anda cek ke dalam layanan What CMS “What CMS” (https://whatcms.org/) atau “BuiltWith” (https://builtwith.com/).

                        Layanan tersebut dapat memberikan informasi tentang CMS yang digunakan oleh suatu website.

                        Bagi Anda pengguna CMS WordPress, kami mengerti akan kebutuhan Anda atas WordPress Hosting, untuk itu Herza Cloud hadir untuk memenuhi Kebetuhan tersebut.

                        Server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

                        Disamping itu, berikut adalah Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami yang akan membantu Anda.

                        Fitur-fitur WordPress Hosting Herza
                        Fitur-fitur WordPress Hosting Herza

                        Jadi, Tunggu apalagi? Yuk langsung hubungi kami untuk berlangganan WordPress Hosting!