perbedaan wordpress.com & wordpress.org

WordPress.com dan WordPress.org – Ketika Anda tertarik dengan dunia website, wordpress sering disebut-sebut namanya. Sebab, website merupakan salah satu alat atau sistem yang digunakan untuk membangun dan menjalankan website.

Sistem ini termasuk salah satu CMS (Content Management System) yang semakin populer di seluruh dunia.

Karena fungsinya sebagai CMS, WordPress dirancang khusus untuk memungkinkan pengguna membuat, mengedit, dan mengelola konten di website dengan mudah dan efisien, tanpa perlu pengetahuan pemrograman yang dalam.

Jika Anda tertarik menggunakan wordpress, Anda perlu tahu dulu bahwa WordPress diklasifikasikan menjadi dua kategori utama: WordPress.com dan WordPress.org.

Terdapat beberapa hal yang bisa membedakan antara keduanya. Untuk itu, artikel berikut akan fokus membahas tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org.

Simaklah lebih lanjut!

Pengertian WordPress.com vs WordPress.org

WordPress.org dan WordPress.com adalah dua platform yang berbeda untuk membuat dan mengelola situs web menggunakan perangkat lunak WordPress. Perbedaan utama antara keduanya ialah bisa dilihat dari hostingnya.

WordPress.com adalah platform hosting yang dikelola sepenuhnya. Artinya, bahwa semua aspek teknis hosting, server, dan pembaruan perangkat lunak diurus oleh WordPress.com.

Sedangkan, WordPess.org adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dapat diunduh secara gratis dari wordpress.org dan diinstal di server hosting yang Anda kelola sendiri atau yang Anda sewa dari penyedia hosting pihak ketiga.

Jika pengertian di atas belum Anda mengerti, pembahasan di bawah akan membuat Anda semakin paham perbedaan antara wordpress.com VS wordpress.org!

11 Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org

perbedaan wordpress.com VS wordpress.org

Berikut beberapa aspek yang bisa membedakan wordpress.org dan wordpress.com, antara lain :

1. Hosting

Jika Anda tertarik menggunakan wordpress.org Anda harus tahu bahwa Anda masih perlu mencari dan memilih penyedia hosting web yang akan meng-host website Anda.

Beda hal nya dengan wordpress.com, jika Anda pengguna WordPress.com Anda tidak perlu lagi khawatir mencari penyedia hosting, karena semua fasilitas hosting sudah langsung di sediakan oleh WordPress.

Misalnya, jika Anda pengguna WordPress.com dengan layanannya yang free alias gratis, itu berarti website atau blog Anda sudah langsung otomatis di hosting dari WordPress.com nya.

Namun yang harus Anda tahu ialah karena layanannya masih gratis, ada beberapa keterbatasan di dalamnya. Terutama pada space nya yang kecil.

Space yang kecil akan membuat Anda tidak bebas mengunggah konten  apapun di blog atau website.

Untuk itu solusinya ialah Anda harus berganti pada layanan wordpress.com yang premium.

Jika Anda ingin berlangganan pada layanan tersebut, biasanya nanti Anda akan diperlihatkan beberapa paket yang ditawarkan. IAnda bisa memilih paket sesuai yang Anda butuhkan.

Jadi ingat, jika Anda menggunakan wordpress.com hosting website langsung dilakukan dari pihak wordpress-nya, namun jika Anda menggunakan wordpress.org Anda harus mencari penyedia layanan hosting.

Berikut ada beberapa tips memilih jasa layanan hosting yang terbaik yang bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga! 5+ Memilih Jasa Layanan Hosting

2. Domain

apa itu ekstensi domain

Seperti yang telah dijelaskan di atas,  ketika Anda menggunakan wordpress.org, Anda perlu membeli layanan hosting, termasuk membeli domainnya.

Karena Anda membeli, eksistensi domain yang bisa Anda pilih pun beragam, seperti .com, .co.id, .net, .website, .store, .site atau yang lain sebagainya.

Lain halnya jika Anda pengguna wordpress.com dengan layanan yang gratis, esksistensi domain yang bisa Anda pilih sangat terbatas. Misalnya, www.namabloganda.wordpress.com.

Baca juga! Apa Itu Eksistensi Domain?

3. Harga

Nah, jika mengenai harga sebenarnya baik WordPress.org dan WordPress.com keduanya sama-sama gratis.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan WordPress.org Anda memerlukan pengeluaran yang lebih, bukan untuk software dari wordpress.org tersebut, tapi untuk membeli layanan hosting dan domainnya.

Sementara, jika Anda menggunakan wordpress.com Anda dibebaskan biaya apapun, alias gratis. Dan yang namanya gratis, biasanya baik space dan eksistensi domainnya sangat-sangat terbatas.

4. Keamanan

Keamanan Website? Yuk Amankan dengan Layanan Hosting!

 

Hal keempat yang bisa dibedakan antara wordpress.com dan wordpress.org ialah tentang keamanannya.

Ternyata, sistem keamanan di wordpress.com akan cenderung lebih aman.

Mengapa bisa demikian? Karena, jika dibandingkan wordpress.org yang sifatnya open source, wordpress.com sifatnya lebih tertutup, sehingga resiko rusaknya keamanan website jauh lebih sedikit.

Maksud open resource di atas ialah bagi pengguna wordpress.org kode sumbernya tersedia untuk umum, dan siapa pun dapat mengunduh, menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan kode tersebut sesuai dengan lisensi yang berlaku.

Oleh karena itu, wordpress.com akan lebih aman.

Akan tetapi, wordpress.org juga sangat bergantung pada layanan hosting yang digunakannya. Artinya, keamanan sistem akan bergantung pada layanan hosting yang ditawarkan.

Untuk itu, penting untuk memilih layanan penyedia hosting dengan kualitas keamanan yang tinggi. 

Web hosting Herza Cloud sudah menggunakan Imunify360 yang akan membantu kamu dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection. 

5. Tema

WordPress.com hanya mengizinkan Anda menggunakan tema yang berasal dari wordpress.com nya saja.

Itu artinya, Anda tidak bisa lagi memasang tema dari pihak lain kecuali dari yang tersedia di wordpress itu sendiri.

Jika Anda tidak puas dengan beberapa pilihan tema yang disediakan di wordpres.com, lebih baik Anda beralih menggunakan wordpress.org.

Dengan menggunakan wordpress,org Anda diperbolehkan memasang tema dari mana saja. Karena tentu saja, tema adalah salah satu hal yang bisa membuat website Anda semakin menarik.

6. Plugin

perbedaan wordpress.com dan wordpress.prg

Tidak hanya tema, wordpress.com tidak mengizinkan Anda untuk memasang plugin apapun. Bahkan di wordpress.com yang berbayar sekalipun.

Kita tahu bahwa plugin sangat berguna untuk meningkatkan performa suatu website, karena biasanya pengelola website akan sangat dibantu karena fungsinya.  

Mulai dari plugin SEO, plugin caching, plugin keamanan bahkan plugin media sosial.

Misalnya, jika Anda ingin menaikkan rangking website Anda di mesin pencari (google) Anda bisa memanfaatkan plugin SEO seperti Yoast SEO, ALL in One SEO dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika Anda membutuhkan plugin untuk membantu Anda dalam meningkatkan performa website, Anda perlu beralih ke wordpress.org lalu membeli layanan hosting dan domainnya.

Karena jika Anda hanya menggunakan wordpress.com, Anda tidak bisa memasang plugin apapun.

Baca juga! Apa Itu Plugin?

7. SEO

SEO atau Search Engine Optimization praktik dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Nah, tujuan utama SEO ini adalah agar website Anda muncul paling pertama dalam hasil pencarian organik (tidak berbayar) untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan konten website tersebut.

Alhasil, karena pengguna wordpress.com tidak bisa menggunakan plugin SEO itu artinya, website nya sangat sulit untuk ada di rangking pertama pencarian google.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin atau butuh website berada di peringkat pertama mesin pencarian, sebaiknya Anda menggunakan WordPress.org.

8. Powered by WordPress

Istilah “Powered by WordPress” biasanya muncul di situs web yang menggunakan platform WordPress sebagai CMS (Content Management System).

Jika Anda menggunakan WordPress.org (self-hosted), Anda memiliki kendali penuh atas kode sumber website Anda.

Itu artinya, Anda dapat dengan mudah menghilangkan atau mengubah tampilan “Powered by WordPress” dengan mengedit tema atau kode sumber website.

Di sisi lain, hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda pengguna wordpress.org bukan wordpress.com, sebab yang bisa melakukan hal ini hanya pengguna wordpress.org.

9. Toko Online

Jika Anda bermaksud untuk membuka toko online di internet yang bisa diakses melalui website, Anda tidak bisa mengandalkan wordpress.com.

Untuk itu, pilihan wordpress.com untuk toko online bukan lah suatu pilihan yang tepat. Pasalnya wordpress tidak memberikan izin untuk pengguna wordpress.com versi yang gratis.

Lain halnya dengan wordpress.org, di mana Anda dapat menggunakan plugin e-commerce yang berbeda untuk mengubah situs WordPress Anda menjadi toko online.

Salah satu plugin e-commerce yang paling populer dan kuat untuk WordPress adalah WooCommerce.

Dengan WooCommerce, Anda dapat dengan mudah menambahkan produk, mengelola stok, mengatur harga, dan menawarkan berbagai opsi pembayaran kepada pelanggan Anda.

Plugin ini juga menyediakan berbagai fitur lainnya yang diperlukan untuk menjalankan toko online, seperti keranjang belanja, sistem checkout yang aman, manajemen pesanan, dan banyak lagi.

10. Analytics

Ketika Anda pemiliki sebuah website, Anda harus melakukan analytics atau proses pengumpulan, pemrosesan dan pelaporan data yang terkait dengan kinerja dan interaksi pengguna pada suatu website.

Dengan melakukan analytics, Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke website Anda, dari mana asal mereka, kapan mereka mengunjungi, dan berapa lama mereka tinggal di website.

Itu berarti dengan melakukan ini, Anda akan lebih mengetahui lebih dalam tentang hal-hal yang berpotensi untuk menarik pengunjung website, sehingga analytics ini menjadi hal yang cukup penting jika Anda pemiliki suatu website.

Nah, pengguna wordpress.com hanya bisa melihat basic/dasar analytics dari suatu website mereka. Akibatnya, mereka tidak bisa tahu spesifik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan pengunjung.

Lain halnya jika Anda menggunakan wordpress.org yang dapat di pasangi Googlye Analytics, Google Search dan Plugin Analytics untuk mengefesiensikan website Anda.

11. Iklan

Perbedaan yang signifikan antara wordpress.com dan wordpress.org ialah wordpress.com memiliki aturan ketat terkait monetisasi atau proses menghasilkan pendapatan atau uang dari aset atau sumber daya tertentu, seperti situs web, aplikasi, konten, atau layanan.

Itu berarti sudah dipastikan kalau Anda ingin ingin mencari keuntungan dari internet, wordpress.com bukanlah pilihannya. Pengguna wordpress.com tidak diizinkan untuk bisa menampilkan iklan di blog atau websitenya, kecuali iklan dari WordAds. 

WordAds adalah program iklan yang dijalankan oleh Automattic, perusahaan di balik WordPress.com.

Program WordAds memungkinkan pemilik website yang dihosting di platform wordpress.com untuk menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan di website Anda.

Dari uraian di atas, agar lebih jelas lagi mengenai perbedaan baik itu wordpress.com dan wordpress.org berikut beberapa kekurangan dan kelebihannya.

  WordPress.com WordPress.org
  Di hosting langsung oleh WordPress Perlu membeli hosting sendiri dan mengelola website secara mandiri atau melalui penyedia hosting pihak ketiga
  Sub domain yang gratis, misalnya namasitus.wordpress.com. Dpat memilih dan mendaftarkan nama domain kustom sesuai keinginan Anda.
  Hanya dapat menggunakan plugin-plugin yang disediakan oleh WordPress.com Tema dan Plugin bebas
  Aturan yang ketat terkait monetisasi, atau tidak diizinkannya menjual produk atau layanan Bebas menghasilkan uang dari situs Anda dengan cara yang Anda inginkan, termasuk menggunakan Google AdSense, menjual produk atau layanan, berlangganan, dan lainnya.
  Kendali yang terbatas Memiliki kendali penuh atas tampilan dan fungsionalitas websites, dan dapat mengedit kode sumber website secara penuh.
  Ada yang Free, namun ada juga yang premium (berlangganan) Membayar biaya hosting dan mungkin biaya lain terkait domain.

Pilih WordPress.com atau WordPress.org?

Dari pembahasan  di atas kita bisa ambil benang merah bahwa baik pengguna wordpress.com ataupun wordpress.org kedua nya memiliki perbedaan dari segi kelebihan dan kekurangannya.

WordPress.com cocok untuk pemula dan pengguna yang ingin pendekatan yang lebih mudah tanpa mengkhawatirkan teknisitas hosting.

Sementara, wordPress.org cocok untuk mereka yang ingin fleksibilitas, kendali penuh, dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan secara lebih bebas.

Namun, jika Anda masih tetap kebingungan, Anda bisa mencoba menggunakan layanan wordpress hosting. Jika Anda menggunakan layanan ini, itu berarti Anda akan mendapatkan kelebihan baik dari wordpress.com maupun wordpress.org.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan hosting WordPress, seperti :

1. Kemudahan Penggunaan

Layanan hosting WordPress menawarkan antarmuka yang mudah digunakan yang memungkinkan

Anda mengelola situs web Anda tanpa perlu menghadapi detail teknis yang rumit, sehingga ini menjadi pilihan yang baik bagi pemula yang ingin memiliki kendali atas situs web mereka tanpa menjadi ahli teknis.

2. Keamanan

Layanan hosting WordPress yang dikelola cenderung memiliki lapisan keamanan tambahan dan pembaruan otomatis untuk menjaga website Anda aman dari ancaman keamanan yang mungkin muncul, sehingga ini menjadi alasan mengapa ini menjadi pilihan yang baik. 

3. Kecepatan dan Kinerja

Tidak hanya tentang kemudahan penggunaan dan keamanannya, provider hosting yang baik akan mengoptimalkan server mereka untuk WordPress, sehingga hal tersebut dapat menghasilkan waktu muat yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik.

4. Dukungan Pelanggan

Selain itu, layanan hosting WordPress yang dikelola seringkali menyertakan dukungan pelanggan yang lebih baik dan responsive hal ini dapat membantu Anda jika Anda mengalami masalah gangguan teknis.

Kurang lebih itulah beberapa kelebihan jika Anda memilih menggunakan layanan wordpress hosting.

Jika Anda tertarik jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu penyedia layanan wordpress yang bisa menawarkan beberapa keunggulan dan fitur yang digunakan.

Herza Cloud menyediakan layanan WordPress Hosting yang memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan.