3 Plugin SEO untuk WordPress

Plugin SEO – Situs atau Blog WordPress Anda mungkin memiliki konten serta tampilan yang menarik, namun salah satu faktor yang penting untuk Anda optimalkan di sebuah situs website adalah On Page SEO seperti struktur website (H1, H2, H3 & H4).

Selain itu, ada juga kecepatan website dan perintilan website lainnya yang memudahkan Google untuk melakukan indeksing terhadap website WordPress Anda.

Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk membantu memaksimalkan On Page SEO di sebuah situs WordPress adalah Plugin SEO.

Plugin SEO dapat membantu Anda melakukan optimalisasi struktur website tanpa perlu bersusah payah.

Pada artikel berikut ini, Kita akan membahas 3 Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress Anda.

Namun sebelum beranjak ke inti pembahasan dari artikel ini, mari kita mengenal terlebih dahulu Apa itu SEO dan apa itu Plugin SEO.

Baca juga: Apa itu Plugin? Pengertian dan Fungsi Plugin! – Herza Cloud

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

Pengertian SEO
Apa itu SEO?

Singkatnya Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah cara untuk melakukan optimalisasi website, agar dapat terindeks dan tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Tujuannya adalah untuk mendatangkan trafik organik dari search engien atau mesin pencari seperti Google, dimana trafik yang organik ini merupakan trafik yang berkepanjangan dan relavan untuk situs website Anda.

Trafik tersebut sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda, contohnya: Anda mempunyai situs yang menjual obat herbal.

Ketika pengunjung datang mencari kata kunci obat herbal yang ampuh, situs Anda akan tampil di nomor 1, tentunya ini akan mendatangkan konversi rate yang tinggi.

Baca juga: 8+ Manfaat SEO yang Harus Anda Ketahui! – Herza Cloud

Apa itu Plugin SEO WordPress?

WordPress adalah CMS (Content Management System) yang memudahkan kita untuk membuat website serta pengelolaannya tanpa perlu bersusah payah melakukan coding.

Banyak kemudahan di WordPress yang ditawarkan diantaranya WordPress gratis, dukungan komunitas dan updated setiap bulannya.

Banyaknya theme pilihan dari free atau premium yang dapat digunakan di WordPress juga membantu Anda dalam penggunaannya.

Selain itu, opsi Plugin atau opsi fitur tambahan juga melimpah ruah di WordPress.

Salah satu plugin yang wajib sekali ada di sebuah situs WordPress adalah Plugin SEO (Search Engine Optimization).

Plugin SEO sendiri berfungsi untuk membantu mengoptimasi struktur sebuah situs WordPress, sehingga situs Anda dapat dikenali, dicrawling dan diindex dengan baik oleh Google.

Hal itu memberikan kesempatan yang lebih besar kepada situs Anda untuk tampil di halaman pertama mesin pencari atau search engine.

Fungsi dari Plugin SEO itu sendiri selain membantu mengoptimasi struktur dari website WordPress Anda, adalah memberikan saran penulisan ketika Kita melakukan sebuah postingan di WordPress. 

Baca juga: Panduan Penggunaan WordPress: Tips dan Trik Terbaik? (herza.id)

3 Plugin SEO Untuk WordPress

Berikut 3 plugin SEO tebaik yang bisa digunakan untuk situs WordPress Anda, diantaranya sebagai berikut.

Yoast SEO

Plugin untuk mengoptimalkan SEO di WordPress yang paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress adalah Yoast SEO, dipakai lebih dari 13 juta pengguna dan memiliki versi free atau gratis dengan fitur yang melimpah.

Kelebihan dari Yoast SEO sendiri adalah memiliki fitur suggest targeting keywords ketika Anda menerbitkan atau membuat sebuah halaman.

Yoast SEO juga dapat membantu menganalisis konten tulisan yang dibuat, tujuannya agar tulisan Anda dapat lebih disukai oleh mesin pencari.

Selain itu, fitur Yoast SEO sangat membantu untuk mengoptimalkan WordPress Anda, seperti XML Sitemap, analisis title dan isi dari sebuah halaman di WordPress dan OG (Opengraph) Sosial Media.

Baca juga: Apa itu Yoast SEO? Cara Optimalkan WordPress Anda! (herza.id)

AIOSEO (All in One SEO) 

Salah satu plugin legend dan yang paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress kalangan lama adalah AIOSEO (All in One SEO).

AIOSEO menawarkan fitur yang mirip menyerupai Yoast SEO, namun dikemas lebih simple sehingga tidak memusingkan pengguna baru, terlebih dengan banyak fitur yang tidak digunakan oleh pengguna baru.

Fitur yang sangat dihiglight oleh AIOSEO adalah SEO Optimizer, Rich Snippets (Schema), Local SEO, Smart Sitemaps, WooCommerce SEO & Advanced SEO Modules.

Sama seperti Yoast SEO, AIOSEO juga menawarkan versi free dengan fitur yang sudah cukup baik.

Namun jika Anda yang tidak puas dengan versi free yang fiturnya sedikit terbatas, bisa mencoba versi Elite, Pro, Plus dan Basic Premium.

RankMath 

Salah satu plugin WordPress yang juga banyak digunakan untuk mengoptimalkan SEO adalah RankMath.

Plugin ini benar – benar menawarkan kemudahan bagi pengguna baru atau newbie dalam menggunakan WordPress, seperti slogan dari RankMath: WordPress SEO Made Easy.

Selain kemudahan yang ditawarkan RankMath, ada beberapa tools seo terkenal seperti Ahrefs, Semrush, MOZ & Hubspot yang menyarankan juga penggunaan RankMath di WordPress.

RankMath menawarkan penggunaan yang mudah, berbasis wizard yang dapat Anda ikuti seperti menginstall sebuah software dan menawarkan hasil yang optimal tanpa perlu melalukan setting atau konfigurasi yang expert/advanced.

Kesimpulan

Setelah Anda membaca artikel ini, harapan Kami Anda mendapatkan referensi Plugin yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengoptimalkan WordPress Anda, terlebih di On Page SEO.

Namun, selain mengoptimalkan struktur website Anda, hal yang perlu Anda perhatikan lagi adalah mengoptimalkan kecepatan WordPress Anda, seperti yang Kami bahas pada artikel Apa itu SEO? Memahami Dasar-dasar Optimasi Mesin Pencari.

Dimana dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa selain struktur website yang benar, speed terhadap website Anda sangat berpengaruh terhadap indeksing mesin pencari.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan layanan Hosting yang tepat untuk WordPress Anda.

Layanan Hosting dan WordPress Herza Cloud

Web Hosting Murah dengan Kualitas yang handal dengan keamanan yang tinggi, sangat dibutuhkan oleh kita semua. Maka dari itu, Herza Cloud hadir untuk membantu Anda.

Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Selain itu, Herza Cloud menawarkan layanan Web Hosting khusus WordPress yang telah dioptimalkan dengan fitur canggih seperti LiteSpeed Web Server, NVME Storaged dan yang terpenting adalah WordPress Toolkit.

Pastikan Anda menggunakan layanan WordPress Hosting dari Herza Cloud untuk membantu mengoptimalkan kecepatan situs Anda.

Kami YAKIN dan PERCAYA atas kemampuan Cloud Server kami. Maka dari itu, kami berani memberikan 30 Hari Jaminan Uang Kembali.

Jika Anda tidak Puas, maka silahkan mengajukan Klaim, dan kami akan mengembalikan pembayaran Anda.

Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami!