Panduan Lengkap Penggunaan Tema WordPress Tips dan Trik Terbaik

Panduan Penggunaan WordPress – Siapa sih yang tidak tahu dengan istilah WordPress? Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah tersebut? Ya WordPress adalah CMS terpopuler di dunia saat ini.

Tapi apakah Anda tahu, ternyata menggunakan WordPress tidak sesulit yang dibayangkan?

Mungkin bagi pemula, fitur-fitur yang ada di WordPress sangat membingungkan, karena Anda belum pernah mengenal dan mencoba menggunakannya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan panduan penggunaan WordPress yang mudah untuk para pemula.

Untuk itu, yuk simak terus artikel ini sampai selesai!

Baca juga: 10+ Cara Membuat Website Profesional Tanpa Ribet!

Panduan Penggunaan WordPress untuk Pemula

Berikut ini adalah panduan penggunaan WordPress dengan mudah yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya.

Login ke Halaman Admin WordPress

Saat Anda ingin mengelola website, Anda harus login terlebih dahulu ke halaman admin WordPress dengan cara berikut ini.

  • Buka browser web dan masukkan alamat website Anda di address bar, diikuti dengan “/wp-admin”.

    Contohnya, jika domain Anda adalah “contohwebsite.com”, maka alamat yang harus dimasukkan adalah “contohwebsite.com/wp-admin”.

  • Setelah masuk ke halaman login admin WordPress, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password yang telah Anda buat saat melakukan instalasi WordPress.

    Pastikan Anda memasukkan informasi tersebut dengan benar.

Panduan Penggunaan WordPress: Halaman Login Admin WordPress
Halaman Login Admin WordPress

  • Setelah memasukkan username dan password, klik tombol “Login”.

  • Jika informasi login yang Anda masukkan benar, Anda akan diarahkan ke dashboard atau halaman admin WordPress.

Panduan Penggunaan WordPress: Dashboard atau Halaman Admin WordPress
Dashboard atau Halaman Admin WordPress

Di sini, Anda dapat mengakses berbagai fitur dan fungsi yang ada untuk mengelola dan mengatur website Anda.

Mengatasi Lupa Password WordPress

Jika Anda lupa dengan password WordPress, jangan panik! Anda bisa mengatasinya dengan cara klik Lost Your Password yang berada di bawah form login.

Panduan Penggunaan WordPress: Halaman Login WordPress
Halaman Login WordPress

Setelah itu, masukkan alamat email yang terdaftar saat Anda melakukan instalasi WordPress, kemudian klik Get New Password.

Tautan akan dikirmkan ke email tersebut untuk mereset password.

Panduan Penggunaan WordPress: Login WordPress: Get New Password
Login WordPress: Get New Password

Setelah password direset, silahkan coba login kembali.

Mengubah Tema Website

Tampilan awal halaman website, biasanya belum sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda baik web pribadi, toko online, dan lain sebagianya.

Untuk itu, Anda bisa menggantinya dengan template yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda,

Anda bisa mengganti tema website Anda menggunakan WordPress dengan cara sebagai berikut:

  • Login ke dashboard admin WordPress menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Setelah berhasil login, di bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Appearance” dan pilih submenu “Themes”.

Panduan Penggunaan WordPress: Menu: Appearance Themes
Menu: Appearance Themes

  • Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan tema WordPress yang sudah terpasang di website Anda. Untuk menginstal tema baru, klik tombol “Add New” yang terletak di bagian atas halaman.

Themes: Add New
Themes: Add New

  • Ada dua cara untuk menginstal tema WordPress baru:

a. Upload Theme: Jika Anda memiliki file tema WordPress dalam format ZIP, Anda dapat mengunggahnya langsung dengan mengklik tombol “Upload Theme”. Setelah memilih file tema, klik “Install Now” dan WordPress akan menginstal tema tersebut untuk Anda.

b. Search Theme: Jika Anda ingin mencari tema secara online, Anda dapat menggunakan kotak pencarian atau menjelajahi kategori tema yang disediakan.

Ketikkan kata kunci yang sesuai dengan tema yang Anda inginkan, atau pilih kategori tema yang relevan. Setelah menemukan tema yang Anda sukai, klik tombol “Install” untuk menginstalnya.

Themes: Upload or Search Theme
Themes: Upload or Search Theme

  • Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat pesan yang menginformasikan bahwa tema telah berhasil diinstal. Selanjutnya, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan tema tersebut sebagai tampilan utama website Anda.

Theme: Install and Activate
Theme: Install and Activate

Instal Plugin

Setelah instalasi tema berhasil, selanjutnya adalah instalasi plugin WordPress. Plugin adalah penambahan fitur tertentu di website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Untuk menginstal plugin, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Setelah login ke dashboard admin WordPress, pada bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Plugins” dan pilih submenu “Add New”.

Panduan Penggunaan WordPress: Plugin: Add New
Plugin: Add New

  • Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan daftar plugin yang dapat diinstal secara gratis. Di sini, Anda dapat mencari plugin berdasarkan kata kunci atau memilih berdasarkan kategori seperti “Featured”, “Popular”, “Recommended”, dan “Favorites”.

  • Untuk menginstal plugin, misalnya untuk membantu performa SEO website, ketikkan kata kunci “SEO” pada kolom “Keyword”. WordPress akan memberikan berbagai rekomendasi plugin yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

  • Pilih plugin yang Anda inginkan, dalam contoh ini, Anda memilih plugin “Yoast SEO”. Klik tombol “Install Now” di bawah nama plugin tersebut.

Plugins: Search and Install
Plugins: Search and Install

  • WordPress akan mulai mengunduh dan menginstal plugin yang dipilih. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat pesan yang memberi tahu bahwa plugin telah berhasil diinstal. Selanjutnya, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan plugin tersebut.

  • Setelah diaktifkan, plugin akan mulai bekerja dan menambahkan fitur-fitur yang sesuai dengan fungsinya ke dalam website Anda.

Memperbaiki Permalink

Permalink adalah link dari halaman website atau postingan blog dari suatu website. Permalink perlu disetting, karena jika tidak, link website akan sangat panjang.

Hal itu akan akan menghambat SEO dan menyulitkan pengunjung saat hendak mengakses konten Anda.

Permalink yang lebih sederhana dan mudah diingat dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu performa SEO.

Contoh hasil permalink yang lebih sederhana :

Sebelum: domain-anda.com/2023/08/01/nama-artikel

Sesudah: domain-anda.com/nama-artikel

Untuk itu, kami akan memberikan tata cara memperbaiki permalink agar lebih sederhana, diantaranya sebagai berikut:

  • Setelah login ke dashboard admin WordPress, pada bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Settings” dan pilih submenu “Permalinks”.

Panduan Penggunaan WordPress: Setting: Permalinks
Setting: Permalinks

  • Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan Permalinks, di mana Anda dapat memilih struktur permalink yang diinginkan. Pada contoh ini, pilih opsi “Post Name”.

  • Setelah memilih opsi “Post Name”, scroll ke bawah dan klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.

Permalink: Post Name and Save Changes
Permalink: Post Name and Save Changes

  • Setelah menyimpan perubahan, WordPress akan menggunakan struktur permalink berdasarkan judul artikel untuk setiap posting blog atau halaman website Anda. URL akan menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diingat, terdiri dari domain dan teks yang mewakili isi artikel.

Menambahkan Halaman Website

Selain instalasi plugin dan memperbaiki permalink, tidak kalah penting dalam panduan penggunaan WordPress ialah Anda harus bisa menambah halaman pada website agar website Anda bisa menampilkan berbagai macam informasi yang menarik.

Berikut langkah-langkah untuk menambahkan halaman pada website WordPress Anda, diantaranya sebagai berikut:

  • Setelah login ke dashboard admin WordPress, pada bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Pages” dan pilih submenu “Add New”.

Panduan Penggunaan WordPress: Pages: Add New
Pages: Add New

  • Anda akan diarahkan ke halaman editor untuk membuat halaman baru. Mulailah dengan menambahkan judul halaman di bagian atas. Misalnya, jika halaman yang ingin Anda buat adalah untuk menu kontak, Anda dapat menuliskan judul “Kontak Kami”.

Contoh Penambahan Halaman Website
Contoh Penambahan Halaman Website

  • Setelah menambahkan judul, Anda dapat mengisi konten halaman di bagian bawah. Gunakan editor blok yang disediakan oleh WordPress untuk menulis teks, menambahkan gambar, atau elemen lainnya sesuai dengan kebutuhan halaman.

  • Selama Anda bekerja pada halaman, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol “Save Draft” di sebelah kanan atas halaman editor. Hal ini akan menyimpan halaman sebagai draf yang belum diterbitkan, sehingga Anda dapat melanjutkan pekerjaan di kemudian hari.

  • Setelah halaman sudah siap dan ingin diterbitkan, klik tombol “Publish” di sebelah kanan atas halaman editor. Setelah diterbitkan, halaman akan menjadi bagian dari website Anda dan dapat diakses oleh pengunjung.

Baca juga:Cara Memperbaiki WordPress Loading, Stuck & Redirect

Memasang Menu Navigasi

Untuk memudahkan pengunjung menemukan halaman website yang dibutuhkan, sebaiknya Anda menyediakan menu navigasi seperti halaman produk, kontak, profil perusahaan di website Anda.

Untuk memasang menu navigasi di website, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah login ke dashboard admin WordPress, pada bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Appearance” dan pilih submenu “Menus”.

Appearance: Menus
Appearance: Menus

  • Anda akan diarahkan ke halaman editor menu. Di sini, masukkan nama menu pada kolom “Menu Name” untuk memberi nama pada menu navigasi yang akan Anda buat. Setelah itu, klik tombol “Save Menu” untuk menyimpan nama menu.

Menus: Menu Name and Save Menu
Menus: Menu Name and Save Menu

  • Setelah nama menu disimpan, Anda dapat memilih halaman-halaman website yang sudah Anda buat sebelumnya untuk dimasukkan ke dalam menu navigasi. Pada kolom “Pages”, centang kotak di samping halaman yang ingin Anda tambahkan ke menu. Setelah memilih halaman-halaman yang diinginkan, klik tombol “Add to Menu”.

  • Setelah halaman-halaman ditambahkan ke menu, Anda dapat menentukan posisi menu navigasi pada tema WordPress yang Anda gunakan. Pada contoh ini, kami memilih “Primary” untuk menempatkan menu sebagai menu utama di bagian atas halaman. Anda juga dapat memilih posisi lainnya jika tema WordPress Anda mendukung beberapa lokasi menu.

  • Pada opsi “Automatically add new top-level pages to”, Anda dapat memilih untuk secara otomatis menambahkan halaman-halaman baru yang Anda buat sebagai menu utama jika Anda ingin menampilkan halaman-halaman tersebut di menu navigasi.

  • Setelah memilih posisi menu dan mengatur pengaturan lainnya, jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol “Save Menu”.

Setting Menus: Add Menus Item
Setting Menus: Add Menus Item

Menerbitkan Konten

Setelah website WordPress selesai disetting, kini saatnya Anda menerbitkan konten untuk website Anda.

Untuk menerbitkan konten, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah login ke dashboard admin WordPress, pada bagian kiri halaman dashboard, cari menu “Posts” dan pilih submenu “Add New”.

Panduan Penggunaan WordPress: Post: Add New
Post: Add New

  • Anda akan diarahkan ke halaman editor untuk membuat postingan baru. Mulailah dengan menambahkan judul postingan di bagian atas.

Halaman Editor
Halaman Editor

  • Di bawah judul, Anda dapat menulis isi artikel pada kolom editor yang disediakan.

  • Untuk menambahkan tautan di dalam artikel (interlink), blok kalimat atau kata yang ingin Anda jadikan tautan, lalu pilih ikon rantai (link) pada toolbar editor. Masukkan alamat tautan yang Anda inginkan dan tekan “Enter” untuk menyimpan perubahan.

Contoh Penambahan Tautan dalam Artikel (Interlink)
Contoh Penambahan Tautan dalam Artikel (Interlink)

  • Anda juga dapat menambahkan gambar ke dalam konten dengan memilih menu “Add Media” atau Add blok yang dilambangkan dengan ikon “+” kemudian klik Image dan pilih gambar yang ingin Anda masukkan.

Add Image
Add Image

Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah Gambar di WordPress

  • Tentukan kategori dari postingan yang Anda buat. Jika Anda belum membuat kategori sebelumnya, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik “+ Add New Category” pada bagian “Categories”.

  • Pilih kategori yang sesuai dengan konten postingan Anda dengan mencentang kotak di samping kategori tersebut.

Halaman Editor: Menambahkan Categories, Tags, Featured Image
Halaman Editor: Menambahkan Categories, Tags, Featured Image

  • Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tag untuk postingan Anda pada bagian “Tags” yang berada di bawah menu “Categories”.

  • Jika ada gambar utama (thumbnail) yang ingin ditampilkan sebagai gambar utama postingan di halaman arsip atau dalam tampilan postingan tunggal, Anda dapat menambahkannya melalui menu “Featured Image” -> “Set featured image” yang berada di pojok kanan bawah halaman editor.

  • Setelah semua konten dan pengaturan sudah selesai, Anda dapat menerbitkan postingan dengan menekan tombol “Publish” di sebelah kanan atas halaman editor. Jika Anda ingin menyimpan postingan sebagai draf terlebih dahulu tanpa menerbitkannya, Anda juga dapat mengklik tombol “Save Draft”.

Menu Bar: Publish dan Save Draft
Menu Bar: Publish dan Save Draft

Baca juga: Mobile First Indexing: Memahami Konsep, Dampak dan Strateginya (herza.id)

Yuk Lakukan Cara Menggunakan WordPress yang Tepat Agar Situs Makin Hebat!

Sampai sini sudah paham bukan cara menggunakan WordPress? Mulai sekarang sudah bisa membuat konten dan menerbitkan artikel pertama Anda dengan mudah.

Namun apakah Anda tahu, ternyara masih ada cara yang lebih sederhana dari panduan penggunaan WordPress di atas? Ya, dengan berlangganan WordPress Hosting.

Kami mengerti akan kebutuhan Anda atas WordPress Hosting. Dengan itu, Herza Cloud hadir untuk memenuhi Kebetuhan tersebut.

Server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

Disamping itu, terdapat fitur-fitur utama dari WordPress Hosting kami yang akan membantu Anda.

Fitur-fitur WordPress Hosting Herza
Fitur-fitur WordPress Hosting Herza

Jadi, Tunggu apalagi? Yuk langsung hubungi kami untuk berlangganan WordPress Hosting!