perbaiki Kehabisan Memory di WordPress dengan Memori PHP

Perbaiki Kehabisan Memory di WordPress dengan Memori PHP– Ketika Anda mengalami masalah karena kesalahan kehabisan memori WordPress, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengingkatkan batas memori PHP lho!

Untuk itu, artikel ini akan berfokus pada cara memperbaiki kesalahan kehabisan memori WordPress dengan meningkatkan Batas Memori PHP.  

Jika Anda mencari informasi yang demikian, maka Anda telah berada di artikel yang tepat.

Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, terlebih dahulu akan dibahas sebenarnya apa sih yang menyebabkan kehabisan space memori pada WordPress?

Apa Saja yang Menyebabkan Kehabisan Storaged  atau Disk Space WordPress?

Untuk membuat blog mudah diakses dan memiliki banyak fitur, tentu saja memerlukan beberapa hal yang harus ditambahkan agar tampilan WordPress menjadi lebih eye catching, tidak membosankan dan  disukai banyak pengunjung.

Dengan disukai banyak pengunjung, hal tersebut bisa meningkatkan traffic karena banyak pengunjung yang betah berlama-lama di blog Anda, sehingga Google akan membaca bahwa Blog Anda memiliki kualitas yang baik.

Untuk menambahkan beberapa pelengkap yang harus ditambahkan, seperti gambar dan lainnya, tentu saja Anda membutuhkan disk space yang besar. Untuk itu, Anda membutuhkan disk space yang besar.

Setidaknya, ada 5 penyebab habisnya disk space yang telah kami rangkum untuk Anda, yaitu :

1. Log Files

Peningkatan ukuran log dapat meningkat drastis secara cepat akibat adanya kesalahan atau kegagalan dan pengkonfigurasian rotasinya. Maka dari itu, hal ini mempengaruhi banyaknya penyimpanan pada memori WordPress.

Peningkatan log multi GB berlangsung sangat singkat bahkan hanya dalam hitungan jam saja penyimpanan akan terkuras habis.

Walaupun hal ini mudah cara penghapusannya, namun Anda harus memikirkan dengan benar mengenai manajemen file tersebut.

2. Email Storage

Penyebab habisnya space memori WordPress lainnya adalah email storage. Hal tersebut bisa terjadi karena terkadang didalamnya terdapat berbagai kiriman lampiran yang ukurannya cukup besar, sehingga jumlah inbox menjadi cepat meningkat secara signifikan.

Maka dari itu, bisa dilakukan manajemen sistem kuota di kontrol panel di setiap akun email. Namun, apabila hal ini tetap saja diabaikan, inbox akan membengkak dengan cepat sehingga penyimpanan pun otomaris meningkat dalam hitungan jam saja.

3. Redundant Backups

Terkadang, Anda masih suka mempertahankan backup data yang sudah lama. Merasa sayang sekali untuk membuangnya begitu saja, namun jika dipikir kembali hal ini dapat memenuhi ruang penyimpanan server karena akan menghambat kelancaran pengaksesan.

Maka akan jauh lebih baik, jika Anda pindahkan file lama Anda ke lokasi penyimpanan sehingga server storage tidak akan mengalami kehabisan memori, sehingga proses akses dapat lebih cepat dan tidak lemot.

4. File Awal

File awal kerap masih diletakkan di dalam penyimpanan server. Padahal, lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan proses akses menjadi lebih lemot. Ketidaknyamanan ini akan membuat pengunjung WordPress sulit melihat berbagai fitur menariknya.

Maka dari itu, jika terjadi kehabisan memori secara tiba-tiba jangan langsung menilai jasa hostingnya, namun akan jauh lebih baik lihat dulu kondisi di dalamnya. Karena mereka pasti sudah berusaha sebaik mungkin untuk membuat WordPress Anda menjadi yang terbaik.

5. Pembatalan Pembuatan Akun

Data klien yang pernah membuat akun dan kemudian membatalkannya akan terus tersimpan di dalam server sehingga lama kelamaan akan membuat memori penyimpanan semakin berkurang sehingga nantinya berpengaruh dengan jalannya proses loading.

Apabila ada data yang tidak bergitu dibutuhkan, lebih baik Anda hapus atau bisa menyimpannya di luar server agar dapat digantikan dengan plugin-plugin bermanfaat karena dapat mendukung tampilan WordPress.

Baca juga! Memperbaiki Teks Putih & Tombol Hilang Di WordPress

Setelah mengetahui 5 penyebab disk space habis, Anda mungkin akan tertarik juga mengenai tujuan para Blogger ingin meningkatkan Space Memori WordPress.

Tujuan Meningkatkan Space Memori Limit atau alokasi RAM di WordPress

Membahas tujuan para Blogger ingin meningkatkan space memori di WordPress berhubungan dengan manfaat yang akan dirasakan jika Space Memori di WordPress lebih besar. Berikut ini ada beberapa tujuan sekaligus manfaat disk space yang besar, antara lain :

1. Pengupload-an Konten Lebih Mudah

Agar WordPress terlihat menarik, sebagai pemegang manajemen blog, Anda pasti ingin dapat dengan mudah mengupload konten-konten berkualitas untuk menarik pembaca masuk dan betah berlama-lama menikmati semua yang ditawarkan di dalamnya.

Wajar saja jika Anda ingin WordPress terlihat keren dengan tampilan yang tidak membosankan dengan berbagai konten kekinian juga bermanfaat. Karena memang hal ini dapat memicu meningkatnya traffic pengunjung blog.

Untuk itu, tujuan pertama Blogger ingin meningkatkan space memori di WordPress ialah untuk pengupload-an konten lebih mudah.

2. Kecepatan Akses Meningkat

Apabila penyimpanan server terlalu penuh, maka pengaksesan juga akan sedikit melambat. Hal ini tentu akan membuat pengunjung tidak nyaman untuk masuk ke dalam WordPress.

Percumakan jika tampilan sudah sangat keren, tapi membukanya saja butuh waktu bermenit-menit.

Maka dari itu, peningkatan batas memori WordPress sangat penting dalam hal ini. Segeralah mencari solusinya, baik dengan mengutak-atik sendiri atau mengkonsultasikannya langsung ke jasa penyedia hosting.

3. Mudah Mengupload Berbagai Fitur

Peningkatan memori WordPress pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan pengelola dalam memasukkan bermacam-macam plugin  yang bisa menambah kualitas blog.

Jadi, jika penyimpanan server bermasalah tentu saja akan menghambat proses penguploadan Anda.

Menawarkan berbagai fitur yang menarik di dalam Worpress secara otomatis dapat mendatangkan banyak pengunjung, sehingga traffic blog akan meningkat dan menempatkannya pada peringkat teratas di pencarian Google.

4. Menarik Banyak Pengunjung

WordPress yang berisi banyak konten menarik dan bermanfaat pasti mampu mendatangkan pengunjung.

Terlebih lagi, jika kecepatan akses yang tinggi, pasti bisa menambah nilai plus dari blog. Jadi untuk mencapai hal ini, pengelola pasti terus mengontrol memori server agar dapat terus stabil.

Apabila traffic blog dapat terus meningkat, maka rangking WordPresspun akan naik juga, sehingga Google terus merekomendasikan kepada setiap pembaca yang relevan dan sesuai dengan penawaran konten tersebut.

5. Menambah Kenyamanan Pengunjung

Apabila isi konten menarik dan proses pengaksesan WordPress lebih cepat tentu setiap pembaca akan merasa nyaman untuk bolak balik masuk ke dalam blog Anda.

Terlebih lagi, apabila desain tampilan di dalamnya dibuat lebih berwarna pasti akan membuatnya menjadi tak membosankan.

Untuk itu, jika para pengunjung puas dengan WordPress Anda, bisa saja pengunjung tersebut merekomendasikannya kepada user lain. Jadi secara tidak langsung, akan mendatangkan pembaca baru yang tentu dapat meningkatkan traffic blog kedepannya.

6. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Popularitas WordPress tidak dapat dicapai dengan mudah begitu saja. Karena para pembaca tidak hanya mencari isi kontennya, tapi tampilan dan kecepatan akses juga berperan penting untuk menarik mereka masuk berkunjung ke dalam blog.

Maka pengelola blog harus terus mengontrol jalannya WordPress agar pengunjung bisa mendapatkan kepuasan. Dengan begitu, hal tersebut akan menumbuhkan traffic yang bisa meningkatkan rangking di mesin pencari.

Baca Juga! Cara Memperbaiki Sidebar WordPress? Ini Dia!

Pengertian PHP dalam Pemrograman WordPress

PHP adalah singkatan dari  Personal Home Page yang merupakan bahasa pemrograman dalam HTML.

Sistem kerjanya berupa server side dengan bentuk kumpulan script yang nantinya diproses oleh server dan diolah.  

PHP memiliki kelebihan yaitu lebih simple dan mudah dioperasikan, sehingga pemula-pun akan gampang untuk mengerti dan mempelajarinya.

Pada saat pembaharuan versi, Andapun tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi karena harganya cukup terjangkau.

Maka dari itu PHP sangat berpengaruh dalam pemograman WordPress, karena mampu membantu dalam pengembangan blog sehingga berbagai fitur menarik dapat dijalankan dengan baik.

Jadi, jangan heran jika banyak orang yang masih menggunakannya. Lalu, apa sajakah fungsi PHP dalam pemrograman WordPress?

Fungsi PHP dalam Pemrograman WordPress

perbaiki Kehabisan Memory di WordPress dengan Memori PHP 2


PHP merupakan bahasa pemrograman yang sampai saat ini masih sering digunakan dalam membangun sebuah WordPress. Sistem kerjanya yang handal dan cepat, membuat blog dapat dioperasikan dengan mudah.

PHP juga mampu membuat tampilan WordPress menjadi lebih dinamis dan mudah diakses oleh penggunanya. Fitur yang disediakan juga beragam sehingga sangat berpengaruh dalam pengembangan blog Anda.

PHP memiliki fitur pengunggahan yang dapat digunakan dalam mengupload seluruh komponen ke dalam WordPress, Limit-nya pun dapat diatur sedemikian rupa, sehingga kuota penyimpanan serverpun dapat sedikit bertambah dengan adanya hal ini.

Untuk itu, jika Anda memiliki masalah yang berkaitan dengan kehabisan memori di WordPress Anda bisa dengan meningkatkan batas memori PHP. Simak lebih lanjut karena dibawah akan dijelaskan langkah-langkah atau cara perbaiki kehabisan memory di WordPress dengan memori PHP.

Baca Juga! Cara Memperbaiki White Screen WordPress?

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Kehabisan Memori WordPress Dengan Meningkatkan Batas Memori PHP?

perbaiki Kehabisan Memory di WordPress dengan Memori PHP 1


Berikut ini akan dibahas beberapa teknik simple dalam menambah penyimpanan server agar dapat memudahkan pengelola dalam pembangunan blog, antara lain :

1. Edit File php.in

Caranya cukup mudah, hanya tinggal mengakses file php.ini, Anda sudah dapat langsung membukanya dan membuat sesuai ukuran batas memori yang ada.

Namun berbeda jika tak memiliki jalan menuju fitur ini, karena Anda harus membuat file terlebih dahulu kemudian menguploadnya ke direktori root lalu ketikkan memory limit yang diinginkan dalam format notepad kemudian simpan.

Silahkan input code berikut untuk menaikan limit memory di php.ini

memory_limit = 256M

2. Edit File htaccess

Untuk meningkatkan batas memori PHP dengan cara ini, sebagian orang terkadang tidak berhasil. Pada saat menjalankan proses tersebut, tiba-tiba muncul masalah server error. Namun  Anda tak perlu terlalu khawatir, karena hanya cukup memasukkan kode dan problem sudah bisa teratasi.

Meningkatkan batas memori PHP yaitu bisa dnegan meningkatkan memori menggunakan fitur Edit htaccess,

Anda harus mengaksesnya melalui ftp. Lalu merubah php_value memory_limit menjadi 64M dan menambahkannya ke dalam file tersebut. Setelah itu proses upload sudah dapat dilakukan kembali.

3. Edit File install.php

Jika dilihat dari prosesnya seluruh penambahan batas memori ini sama saja dengan cara memasukkan kode _set (‘memory_limit’, ’64M’) ke dalam file php tersebut yang terletak pada folder wp admin. 

Peningkatan batas memori PHP ini dapat mempermudah pengguna dalam mengembangkan WordPressnya. Karena semakin banyak fitur yang ditawarkan akan dengan mudah mendatangkan para pengunjung.

4. Edit wp-config.php

Edit wp-config.php merupakan cara yang banyak digunakan oleh para blogger untuk menambah batas memori PHP WordPressnya. Karena teknik ini termasuk paling aman, jadi tak heran apabila cukup sering menjadi pilihan.

Prosesnya juga sama seperti yang lain, hanya butuh memasukkan kode define (‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’64M’) pada file wp-config.php. Pembatasan memori dapat Anda buat sesuai kebutuhan menjadi 128 M, 256 M dan maksimal di 1024M (Yang kami rekomendasikan).

5. Konsultasi dengan Penyedia Hosting

Apabila cara-cara di atas Anda tetap tidak bisa menambahkan batas memori PHP, maka sebaiknya langsung konsultasikan dengan jasa penyedia hostingnya agar dapat segera menemukan solusi yang tepat.

Anda dapat menghubungi teknikal support di Herza Cloud jika hosting Anda mengalami permasalahan teknis ini, Tim support kami yang berpengalaman siap membantu permasalahan limitasi memory Anda.

Terlebih, proses peningkatan batasan memori PHP memang tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Karena hal ini pun bisa berakibat fatal pada perangkat komputer Anda. Jadi, jauh lebih baik hal ini dibicarakan dengan penyedia hosting yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara perbaiki kehabisan memory di WordPress dengan Memori PHP dari mulai penyebab dan langkah-langkahnya, Anda semakin tahu bahwa memilih jasa layanan WordPress Hosting menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Karena jika Anda sudah berlangganan di penyedia hosting dengan kualitas yang baik, apabila di tengah penggunaan Anda mengalami suatu kendala seperti kehabisan memory/RAM, Anda bisa dengan mudah mencari solusinya.

Herza CLoud hadir untuk memenuhi kebutuhan WordPress hosting Anda. Server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal. Disamping itu, berikut adalah Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami yang akan membantu Anda.

wordpress hosting herza

Â