Teks putih & tombol yang hilang pada WordPress

Memperbaiki teks putih & tombol yang hilang di WordPress– Beberapa orang pasti pernah mengalami kesulitan saat membuat postingan baru di WordPress, di antaranya adalah teks berwarna putih dan tombol yang menghilang.

Oleh karena itu, para pengguna harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki teks putih dan tombol yang hilang di WordPress visual editor.

Simak Artikel berikut yang akan membahas cara memperbaiki teks putih dan tombol yang hilang di WordPress visual editor!

Mengenal Visual Editor di WordPress

Visual Editor adalah teks yang berada layar post WordPress, layar edit post di dalamnya memiliki dua editor, visual dan text.

Visual editor adalah WYSIG “what you see is what you get ” artinya bahwa konten yang muncul di layar Anda persis seperti saat preview dan diterbitkannya di editor.

Dikarenakan ini adalah editor teks visual, jadi saat pengguna menambahkan gambar dan text serta element lainnya dapat menunjukkannya hasil yang tepat di dalam editorial.

Kemudian pengguna akan lebih mudah menyelaraskan gambar dengan teks mereka menggunakan tombol text align.

Apa Fungsi Tombol Visual Editor di WordPress?

Teks putih & tombol yang hilang pada WordPress 3


Di dalam visual editor ada banyak tombol yang berfungsi untuk membuat/mengedit artikel agar nantinya bisa diposting di halaman WordPress.

Pada dasarnya, fungsi tombol-tombol tersebut hampir sama dengan yang ada di Ms.word.

Adapun fungsi-fungsi tombol tersebut yaitu untuk mengatur jenis font, mengatur paragraph, pengaturan warna tulisan, membuat penomoran, menyisipkan gambar dan juga untuk menyertakan tautan.

Penggunaannya relative mudah untuk dipahami bagi seorang pemula sekalipun.

Selain itu, fungsi tombol juga sangat penting dan diharuskan para pengguna untuk mengetahuinya dan diusahakan jangan sampai salah. Karena, hal itu bisa saja memakan waktu yang cukup banyak di dalam menyelesaikan tulisan.

Baca Juga! Cara Memperbaiki Sidebar WordPress

Error Teks Putih di WordPress

Beberapa pengguna mengeluhkan masalah yang cukup aneh terjadi pada WordPress, yaitu mereka tidak dapat melihat apapun yang mereka tulis.  Hal itu disebabkan karena teks editor berwarna putih.

Akibatnya, pengguna merasa kesulitan membuat sebuah postingan.

Kasus ini bisa dibilang jarang terjadi dan tidak pernah dialami sebelumnya. Oleh sebab itu para pengguna kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Padahal, penyebab terjadinya error teks putih ini juga bermacam-macam.

Jangan mudah panik ketika mendapati situasi seperti ini, karena banyak sekali langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat WordPress kembali normal.

Hal ini memang tidak semua pengguna merasakan, jadi amati baik-baik apa yang menjadi faktor penyebabnya.

Baca juga! Cara Memperbaiki White Screen WordPress?

Beberapa Faktor Penyebab Teks Putih dan Tombol yang Hilang

Teks putih & tombol yang hilang pada WordPress 2


Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan teks menjadi putih dan tombol menghilang ketika membuat postingan baru di WordPress.

Beberapa di antaranya adalah Instalasi bermasalah, plugin mengalami error dan juga beberapa hal lain. Berikut pembahasan lebih lengkapnya, yaitu :

1. Instalasi WordPress Error

Pada umumnya, penyebab utama terjadinya error bisa jadi terletak pada instalasi WordPress yang mengalami kegagalan.

Kerusakan ini seringkali tidak disadari, karena ketika Installasi mungkin terlihat sukses dan berjalan normal, namun kenyataannya di backend WordPress ternyata banyak error yang tak disadari. Untuk mengecek hal ini, silahkan cek dan aktifkan wp-debug pada WordPress Anda.

2. Error pada Plugin

Plugin merupakan salah satu komponen cukup penting dalam penggunaan WordPress secara umum. Selain memudahkan, plugin juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang fungsional.

Oleh karena itu, terjadi error pada plugin merupakan sesuatu yang wajar dan sangat sering dialami para pengguna.

Hal ini biasanya disebabkan karena kesalahan dalam pemasangan, update plugin mengalami kegagalan, atau bisa jadi karena plugin yang digunakan oleh para pengguna tidak kompatibel terhadap script bawaan yang terdapat pada WordPress ataupun tidak kompatibel pada versi PHP dan lainnya.

3. Cache pada Browser

Selanjutnya, faktor yang sering menyebabkan terjadinya error adalah cache pada browser yang digunakan. Bahkan, hal itu terindikasi rentan mengalami berbagai masalah termasuk teks putih dan tombol yang hilang.

Semakin lama browser digunakan, maka akan semakin banyak pula cache yang menumpuk di dalamnya.

Ukurannya pun akan bertambah seiring penggunaan, bahkan tanpa disadari jika kapasitas tersebut bisa mencapai ukuran gigabyte.

4. Kapasitas Memori Penuh

Perlu diketahui, kapasitas memori bisa jadi salah satu penyebab terjadinya error.

Apabila sudah mengalami overload atau penuh, berbagai masalah bisa timbul dan salah satunya adalah menghilangnya teks dan tombol visual pada WordPress.

Script-script yang berjalan pada WordPress berfungsi untuk menjalankan aktivitas-aktivitas tertentu.

Setiap kali dijalankan, tanpa disadari script tersebut memakan limit memori sedikit demi sedikit.

Semakin banyak script yang berjalan, maka akan semakin berkurang juga kapasitas memori.

Silahkan naikan WP-Memory Limit pada file wp-config.php Anda.

5. Template WordPress Error

Template bisa jadi salah satu alasan kenapa error bisa terjadi. Hampir sama seperti plugin, karena keduanya sama-sama merupakan sistem tambahan yang berfungsi untuk hal-hal tertentu untuk menjalankan WordPress, umumnya digunakan untuk fungsi visual.

Pemasangan template yang tidak kompatibel atau tidak pernah diupdate sering menjadi penyebab sumber masalah terhadap error-error tertentu.

Kegagalan dalam proses pemasangan juga menjadi faktor lain yang menyebabkan kerusakan.

Baca Juga! Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress

Bagaimana Cara Memperbaiki Teks Putih dan Tombol yang Hilang di WordPress Visual Editor?

Teks putih & tombol yang hilang pada WordPress 2


Metode untuk memperbaiki masalah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, karena faktor penyebab terjadi eror berbeda-beda.

Maka dibutuhkan beberapa langkah untuk mengatasi permasalah seperti di bawah ini:

1. Memperbaiki Instalasi WordPres

Langkah yang pertama adalah menggunakan FTP atau file manager untuk mengakses hosting serta menghapus folder “wp-admin” dan “wp-includes”.

Setelah Langkah tersebut sudah dilakukan, upload 2 folder tadi dari installer WordPress terbaru.

Secara ringkasnya yaitu mengganti kedua folder tersebut, dan mencari isi dari sumber lain yang tidak rusak.

Hal ini sangat mudah dilakukan dan kemungkinan besar bisa membuat WordPress normal kembali.

Jika hal ini telah dilakukan, Anda bisa tekan tombol CTRL+F5 agar browser tidak lagi mengambil file dari cache melainkan dimuat ulang.

Cara ini harusnya dapat mengatasi masalah yang terjadi ketika tulisan menjadi putih atau tombol menghilang karena file atau installasi WordPress yang tidak lengkap.

2. Mematikan Plugin

Langkah kedua yaitu dengan cara mematikan plugin, kemudian cek ulang apakah visual editor sudah muncul atau masih tetap sama saja.

Seharusnya, permasalahan yang anda alami sudah selesai, Namun, jika tidak ada perubahan, kemungkinan plugin belum terupdate atau bisa jadi tidak cocok.

Bagi para pemula, cara aman untuk mematikan plugin yaitu dengan menggunakan plugin “No Image Link”.

Sifatnya yang bekerja otomatis dan memudahkan pilihan untuk mengkonfigurasi, plugin ini dapat memudahkan proses pengaturannya.

Namun, salah satu akibat dari mematikan plugin yaitu dapat menghapus link gambar di setiap halaman.

Dengan begitu, lebih baik Anda menggunakan cara dengan menambahkan kode di atas pada file functions.php pada Tema WordPress.

3. Mereplaced Script TinyMCE / Editor

Cara ini masih berhubungan dengan langkah nomor 2.

Setelah plugin diperbaiki namun tidak membuahkan hasil, bisa jadi karena adanya permasalahan yang terjadi antara plugin dan script tinymce editor dimana hal itu merupakan bawaan dari WordPress itu sendiri.

Dalam mengatasi masalah ini, cobalah untuk mematikan plugin satu-persatu, kemudian aktifkan Kembali untuk memeriksa plugin mana yang bermasalah.

Selanjutnya Anda bisa mengunduh script tinymce terbaru, lalu ganti atau replace script yang lama di folder /wp-includes/js/tinymce/.

4. Membersihkan Cache pada Browser

Apabila ketiga langkah di atas tidak berhasil, bisa jadi masalah terletak pada browser yang Anda gunakan.

Cache pada browser seringkali menjadi sumber masalah dan banyak terjadi di kalangan para pengguna WordPress.

Cache bisa disebut juga sebagai penyimpanan sementara.

Hal ini bertujuan untuk membuat para pengguna memuat proses loading ketika membuka website lebih cepat dan mengurangi penggunaan data resource yang tersimpan di dalamnya.

Untuk menghapus cache, Anda bisa masuk ke bagian setting pada browser, lalu masuk ke bagian privacy and security, dan disana terdapat pilihan untuk membersihkan history, cache dan cookies.

Biasanya masalah yang timbul pada WordPress akan teratasi dengan cara ini.

5. Memanfaatkan Fitur Debug di WordPress

WordPress juga menyediakan layanan fitur yang mempermudah pengguna untuk mengelola website mereka, bermacam-macam fitur tersebut memiliki fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi error secara efektif.

Salah satu fitur yang ada pada WordPress yaitu debug, cara untuk mengaktifkan fitur ini yaitu dengan buka website via FTP.

Pertama buka folder public_html, lalu cari file wp-config.php, kemudian klik kanan lalu pilih opsi View/Edit, Cari line bertuliskan That’s all, stop editing!

6. Meningkatkan Limit Memori

Agar script tidak menyebabkan performa website melambat, maka WordPress pun membatasi jumlah memori yang digunakan, secara default jika tidak ada pengaturan lanjut limit memory pada WordPress adalah 32MB.

Namun ternyata tidak semua script bisa dibatasi penggunaanya.

Bahkan beberapa di antaranya menggunakan kapasitas memori yang cukup besar.

Gunakan FTP untuk login ke server lalu cari file wp-config.php.

Lalu edit file wp-config.php tersebut, tambahkan baris berikut

define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘128M’);

Atau dapat menaikan limit lebih besar dari 128M, namun tidak disarankan lebih dari 512M.

7. Mematikan Template

Template WordPress yang tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah error ini terjadi.

Oleh karena itu, mematikan semua template yang aktif adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna untuk mengatasi masalah.

Buka aplikasi FTP dan kembali ke direktori public_html>wp-content.

Di dalam direktori tersebut, cari folder themes. Kemudian buka folder themes dan cari direktori yang memiliki nama sama dengan nama template yang Anda gunakan saat ini.

Lalu ganti nama folder yang memuat template aktif tersebut.

8. Mengembalikan Website dari Backup

Jika solusi yang lain belum mengatasi masalah, jalan alternatifnya adalah merestore website dari salah satu backup web hosting.

Tetapi tidak semua provider hosting mampu membackupnya.

Akan tetapi, hanya yang memiliki provider premium saja.

Platform hosting salah satu ini mampu membackup secara otomatis dan membuat tampilan Kembali menjadi normal.

Cara ini memang tidak gratis jadi disarankan untuk mengupgradenya menjadi tingkat lanjut yang sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui macam-macam penyebab terjadinya eror pada website dan bagaimana cara memperbaiki teks putih dan tombol yang hilang di WordPress visual editor.

Anda mungkin tidak akan lagi mengalami kesulitan lagi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Salah satu WordPress Hosting dan Herza Cloud hadir untuk memenuhi kebutuhan WordPress hosting Anda.

Server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

Disamping itu, berikut adalah Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami yang akan membantu Anda.

wordpress hosting herza