Kelebihan dan Kekurangan Colocation? Jenis dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Colocation? Jenis dan Fungsinya

Kelebihan dan kekurangan colocation – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan banyak kebutuhan baru yang diperlukan oleh sebuah perusahaan, terutama perusahaan dibidang IT.

Misanya server yang saat ini dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk menunjang sebuah informasi. Server yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan adalah Colocation Server.

Colocation server adalah layanan fasilitas data center, di mana perusahaan dapat menyewa tempat tersebut untuk menyimpan server mereka.

Lalu apakah kalian tau apa kelebihan dan kekurangan colocation? Eitssss jangan khwatir, karena dalam artikel ini, kami akan bahas secara tuntas terkait kelebihan dan kekurangan colocation server serta jenis dari colocation itu sendiri.

Apa Itu Colocation Server?

Apa itu Colocation Server?
Colocation Server

Colocation Server adalah layanan fasilitas data center, di mana perusahaan atau individu dapat menyewa tempat untuk menyimpan server mereka sendiri.

Vendor atau penyedia layanan colocation server akan memberikan ruang, daya listrik, konektivitas internet dan dukungan teknis untuk server yang disewa.

Ketika Anda menyewa tempat di data center yang sudah dilengkapi dengan fasilitas infrastrukturnya seperti pengontrol suhu udara, power generator, koneksi internet yang stabil dan jaminan keamanan yang tinggi, memungkinkan Anda atau perusahaan untuk menghemat biaya dan meningkatkan uptime server.

Selain itu, server disusun sedemikian rupa di dalam rak khusus agar mendapatkan kinerja yang optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan colocation server yang harus Anda ketahui. Adapun kelebihan dan kekurangan colocation server adalah sebagai berikut.

Kelebihan Colocation Server

Pada umumnya kelebihan dari coloction server ini ialah biaya bulanan yang sangat hemat, karena pengguna hanya dikenakan biaya sewa di data center, tidak tergantung dari spesifikasi server yang digunakan.

Namun untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan kelebihan dari colocation server berikut ini:

  1. Skalabilitas
    Melihat website yang terus berkembang, membuat perusahaan membutuhkan sistem dan fasilitas yang memadai.
    Colocation memungkinkan Anda untuk bisa meningkatkan fasilitas dan infrastruktur sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  2. Efisiensi
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyedia layanan colocation telah memberikan berbagai fasilitas seperti fire detector, pendingin, rak dan tim pengelola server.
    Sehingga bisa membuat Anda untuk menghemat biaya dan tenaga.

  3. Reliabilitas
    Layanan colocation server telah menggunakan teknologi yang memadai seperti generator, baterai cadangan, dan stabilizer.
    Sehingga Anda bisa menghindari dan mengatasi berbagai risiko terjadinya masalah arus listrik.

  4. Performa
    Penggunaan colocation server memungkinkan Anda untuk mendapatkan kecepatan, up-time, dan performa yang tinggi.
    Selain itu, Anda juga akan mendapatkan level Bandwidth yang sangat besar untuk menunjang semua keperluan server.

  5. Keamanan
    Anda tidak perlu khawatir terkait keamanan server Anda, karena colocation server merupakan layanan high security, dimana keamanan fisik dan nonfisik sangat terjamin.
    Selain itu, biasanya penyedia layanan akan menjaga server Anda non-stop selama 24 jam. Jadi Anda tidak perlu takut terhadap serangan virus, pencurian data atau berbagai jenis serangan lainnya.

  6. Fasilitas
    Colocation server menyediakan fasilitas yang ideal seperti climate control system, cooler dan lainnya untuk menunjang kinerja server.
    Untuk proteksi, biasanya ditempat server dipasang pendeteksi kebakaran, pemadam, dan CCTV.

  7. Sistem Terstruktur
    Layanan ini memiliki sistem server terstruktur yang akan membantu Anda menjaga keamanan server.
    Pembaruan keamanan seperti sistem operasi, aplikasi dan perangkat lunak keamanan dapat meningkatkan keamanan server dari serangan virus atau malware yang dapat merusak atau mencuri data.
    Untuk menjaga keamanan data, Anda harus melakukan backup data secara teratur dan memastikan server dilindungi oleh sistem kemanan jaringan yang kuat.
    Tidak hanya itu, untuk memperhatikan keamana fisik dari server, Anda harus menempatkan server dalam ruangan terkunci yang dilengkapi sistem pengamanan kamera, sensor dan alarm.
    Anda juga harus melakukan audit keamanan secara berkala untuk memastikan keamanan server dari ancaman yang mungkin muncul secara tiba-tiba.

  8. Tidak Repot untuk Upgrade Server
    Salah satu kelebihan yang menarik dari colocation server ialah Anda tidak perlu repot memikirkan upgrade server, karena penyedia layanan yang akan melakukannya untuk Anda.
    Jadi Anda bisa menghemat waktu dan bisa menggunakan waktu tersebut untuk mengurusi hal penting lainnya.

  9. Layanan 24 Jam
    Dengan adanya layanan 24 jam, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu pada server yang Anda gunakan.
    Karena ketika ada suatu masalah yang ditemukan, sistem akan memberikan informasi agar masalah bisa segera diatasi.

Kekurangan Colocation Server

Selain kelebihan dari pada colocation server, layanan ini juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Adapun yang menjadi kekurangan colocation server adalah sebagai berikut:

  1. Kontrol
    Ketika Anda menggunakan colocation server artinya Anda menggunakan layanan dari pihak ketiga.
    Penyedia layanan sebagai pihak ketiga biasanya menetapkan sebuah peraturan dan ketentuan yang harus Anda patuhi, misalkan jadwal kunjungan.
    Artinya, Anda tidak bisa selalu mengakses dan mengontrol server Anda karena adanya batasan waktu kontrol.

  2. Akses
    Penyedia layanan data center biasanya memiliki basis lokasi di kota-kota besar saja. Jika lokasi Anda berbeda dengan lokasi server, Anda harus mengorbankan waktu Anda hanya untuk mengunjungi penyedia layanan data center tersebut.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan colocation server yang sudah kami jelaskan. Selain itu, layanan ini memiliki jenis yang harus Anda ketahui.

So, tetap stay tune ya!

Jenis-Jenis Colocation Server

Jenis-jenis Colocation Server
Jenis-jenis Colocation Server

Colocation server memiliki dua jenis yang berbeda berdasarkan dukungan penyedia layanan, yaitu managed dan unmanaged.

Berikut ini, penjelasan managed dan unmanaged colocation server:

Managed colocation

Managed coloction adalah jenis layanan server yang disewakan oleh penyedia layanan, dimana vendor menyediakan software khusus untuk konfigurasi server.

Software tersebut bisa digunakan oleh pengguna sebagai user untuk memudahkan dalam mengelola server.

Layana ini sangat cocok untuk orang yang tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memelihara server.

Managed colocation server memudahkan Anda dalam hal pemeliharaan server dan memiliki dukungan teknis yang baik dari penyedia layanan.

Namun, colocation server memiliki kekurangan dari segi kompatibilitas. Jadi Anda harus memastikan bahwa software yang digunakan sesuai yang didukung oleh provider, karena beberapa software atau aplikasi mungkin tidak didukung oleh provider.

Jika tidak, server bisa mengalami kendala.

Unmanaged colocation

Kebalikan dari managed, unmanaged colocation adalah layanan dimana Anda atau perushaan bisa menyewa tempat di data center untuk menyimpan server Anda tanpa adanya dukungan dari penyedia layanan.

Dalam hal ini, Anda atau perusahaan harus mengatur dan mengkonfigurasi server Anda secara mandiri.

Unmanaged colocation menawarkan fleksibilitas yang tinggi dalam kontrol dan konfigurasi server, karena dilakukan secara mandiri tanpa campur tangan penyedia layanan.

Pengguna bebas mengotak-atik dan mengatur server sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, Anda juga harus menyediakan perngakat lunak dan perangkat keras pendukung secara mandiri,

Tentunya, hal itu lebih sulit buat pengguna yang terbiasa menggunakan layanan managed colocation karena unmanaged colocation ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki pengetahuan dan teknis dalam mengelola server.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Colocation Server?

Saat ini banyak perusahaan yang mempercayakan penyimpanan berbasis cloud hosting kepada pihak ketiga. Hal ini dilakukan karena lebih hemat dan efisien.

Selain itu, banyak juga vendor yang menyediakan layanan cloud hosting dan jasa pengelolaan server. Hal ini menjadi solusi bagi perushaan untuk kebutuhan hosting dan pengelolaan server mereka.

Lalu siapa saja yang cocok menggunakan layanan colocation server? yuk simak penjelasan berikut.

Penyedia cloud

Bagi penyedia cloud, layanan colocation server adalah layanan yang cukup dikenal dan sering digunakan.

Colocation memungkinkan vendor untuk menyediakan dan menyewakan ruang server kepada pelanggan.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menggabungkan layanan cloud hosting dan colocation server pada vendor yang sama.

Selain itu, vendor juga dapat menawarkan solusi one-stop-shop kepada perusahaan dengan menyediakan infrastruktur colocation server dan layanan cloud hosting yang handal.

Dengan begitu, pelanggan dapat mengimplementasikan solusi hybrid, yang menintegrasikan infrastruktur lokal dengan layanan cloud publik.

Hal tersebut untuk mencapai skalabilitaas, fleksibilitas, dan kontrol yang lebih baik atas aplikasi dan data perusahaan.

Industri teknologi

Sektor industri teknologi memang yang paling cocok menggunakan colocation server, karena dapat mempermudah perusahaan dalam mengelola dan memelihara sever.

Perusahaan tidak perlu menangani masalah infrastruktur fisik dan dukungan teknis, karena penyedia layanan yang akan melakukannya seperti pengaturan ruangan, daya listrik, konektiviats internet, dan jaminan kemanan server.

Hal tersebut membantu perusahaan untuk bisa lebih fokus pada kegiatan lain yang dianggap lebih penting misalnya mengembangkan bisnis.

Layanan Colocation Herza Cloud

Seperti yang sudah Anda ketahui di atas, kelebihan colocation server lebih banyak daripada kekurangannya, hal tersebut bisa menjadikan colocation server sebagai solusi untuk masalah Anda.

Jika Anda masih bingung dalam memilih penyedia layanan colocation server, Herza cloud adalah jawabannya.

Karena di Herza cloud, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya adalah mendapatkan harga yang murah, karena mulai dari Rp 500.000/bulan aja Anda sudah bisa menggunakan layanan colocation dari kami.

Selain itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berlangganan colocation server di Herza cloud, antara lain:

  1.  Kami sudah Tersertifikasi ISO 9001:2015 & 27001:2013
  2. Pilihan Data Center Terbaik dan Teraman di Indonesia dengan sertifikasi Tier-3 dan Tier-4
  3. Server Anda dapat online di Hari yang sama atau sesuai permintaan dan kebutuhan Anda
  4. Datacenter dilengkapi dengan fasilitas Next Genaration Firewall untuk pengamanan Botnet & Malware, SQL Injection, Flood, dan lainnya
  5. Herza Network memiliki Interkoneksi ke IXP (Internet Exchange Point) terbanyak di Indonesia
  6. Dengan Uplink 10 Gbps Multi Backbone dan Multi Peering di Indonesia antara lain adalah NCIX (Telkom), JKT-IX, OpenIXP, IIX, DCI-IX, BIX-Jakarta, CDIX, C2-IX, BatamIX, dan CloudXchange.
  7. Kami memiliki PNI (Private Network Interconnection) langsung ke Google, jadi Latency paling rendah.
Private Network Interconnection to google
Private Network Interconnection to google
  1. Kami memiliki Direct Peering ke Content Provider terkemuka didunia seperti Amazon, Akamai, Microsoft, Cloudflare, Facebook, Garena, Shopee, Zenlayer & Imperva
  2. Mempunyai Direct Peering ke IXP Internasional seperti SGIX
  3. Technical Support dan Network Operation Center (NOC) melayani 24 Jam setiap hari
  4. Technical Support akan membantu Anda 24 Jam melalui Livechat, Telepon dan Ticket System
  5. Gratis Hands-On untuk melakukan (Reboot/Power On/Power OFF) Server
  6. Dapat melakukan kunjungan Data Center kapan saja dan didampingi tim Support
  7. Bisa Announce IPv4/IPv6 & ASN bagi Anda yang sudah memiliki IP dan ASN sendiri (Opsional)
  8. Infrastruktur kami sudah didukung layanan Anti DDoS Blackhole Community untuk Anda yang punya kebutuhan khusus akan keamanan dan perlindungan server
  9. Dapat melakukan Interkoneksi antar Rack atau antar Data Center yang berbeda
  10. Mendapatkan Private Access untuk layanan Colocation Full Rack (45U)

So, tunggu apalagi, yuk berlangganan sekarang!

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa colocation server merupakan solusi yang baik bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup terkait pengelolaan server secara mandiri.

Colocation server menawarkan pengelolaan dan keamanan tinggi yang dikelola langsung oleh vendornya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan colocation server, Anda sudah bisa menentukan bukan apakah colocation server ini sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jika Anda masih bingung menentukan vendor yang menyediakan layanan colocation server, coba hubungi Herza Cloud.

Herza cloud menyediakan berbagai pilihan server, termasuk Colocation Server.

Kami menyediakan Layanan Colocation Server 1U hingga 4U Server Rackmount, Tower Server dan juga Layanan Rack Colocation dengan 5U Slot, 10U Slot, 20U Slot (Half Rack), 45U Slot (Full Rack) dibeberapa Datacenter Tier3 dan Tier 4 Indonesia.

Untuk kebutuhan Sewa Rack baik itu Full Rack, Half Rack atau bahkan 10U, silahkan ke halaman Sewa Rack Colocation.

Untuk Budget Colocation, kami menyediakan Layanan Colocation Server Murah di Datahall, Kalibata dan Gedung Tifa.

Sedangkan untuk kebutuhan Tier 3 Datacenter, kami menyediakan Gedung Cyber, Neucentrix (Karet Tengsin), Biznet Technovillage, IDC Duren TIga dan NTT-JKT2 untuk Premium Datacenter Tier 3.

Tersedia juga Tier 4 Datacenter di DCI Cibitung dengan Uptime 99,999%

So, tunggu apalagi, yuk berlangganan di Herza Cloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Verified by MonsterInsights