Apa itu IXP

Internet Exchange Point (IXP) adalah lokasi fisik tempat perusahaan infrastruktur Internet seperti Penyedia Layanan Internet (ISP) dan CDN (Content Delivery Network) terhubung satu sama lain. Lokasi ini berada di sisi pada jaringan yang berbeda, dan memungkinkan penyedia jaringan untuk berbagi transit di luar jaringan mereka sendiri. Dengan hadir di dalam satu lokasi IXP, perusahaan dapat mempersingkat jalur mereka ke transit yang datang dari jaringan lain yang berpartisipasi pada IXP tersebut, sehingga mengurangi latensi, meningkatkan waktu lalu lintas data, dan berpotensi mengurangi biaya.

Bagaimana cara kerja Internet Exchange Point?

Pada intinya, IXP adalah satu atau lebih lokasi fisik yang berisi switch jaringan yang merutekan lalu lintas antara jaringan anggota yang berbeda. Melalui berbagai metode, jaringan ini berbagi biaya pemeliharaan infrastruktur fisik dan layanan terkait. Mirip dengan bagaimana biaya timbul ketika pengiriman kargo melalui lokasi pihak ketiga seperti melalui Terusan Panama, ketika lalu lintas ditransfer melalui jaringan yang berbeda, terkadang jaringan tersebut mengenakan biaya untuk pengiriman tersebut. Untuk menghindari biaya ini dan kekurangan lainnya yang terkait dengan pengiriman lalu lintas mereka melalui jaringan pihak ketiga, perusahaan anggota terhubung satu sama lain melalui IXP untuk mengurangi biaya dan mengurangi latensi.

Apa itu IXP

IXP adalah Layer 2 LAN yang besar besar (dari model jaringan OSI) yang dibangun dengan satu atau banyak switch Ethernet yang saling terhubung bersama di satu atau lebih bangunan fisik. Sebuah IXP tidak berbeda dalam konsep dasar dengan jaringan rumah, dengan satu-satunya perbedaan nyata adalah switchnya. IXP dapat berkisar dari 100s Megabit / detik hingga banyak Terabit / detik untuk lalu lintas yang dipertukarkan. Terlepas dari ukurannya, tujuan utamanya adalah memastikan bahwa banyak router jaringan terhubung bersama dengan bersih dan efisien. Sebagai perbandingan, di rumah seseorang biasanya hanya memiliki satu router dan banyak komputer atau perangkat seluler.

Selama dua puluh tahun terakhir, telah terjadi perluasan besar-besaran dalam interkoneksi jaringan, yang sejalan dengan perluasan besar-besaran Internet global. Perluasan ini mencakup fasilitas pusat data baru yang sedang dikembangkan untuk peralatan jaringan rumah. Beberapa dari pusat data tersebut telah menarik sejumlah besar jaringan, sebagian besar karena titik pertukaran Internet yang berkembang pesat yang beroperasi di dalamnya.

Mengapa Internet Exchange Point penting?

Tanpa IXP, lalu lintas dari satu jaringan ke jaringan lain berpotensi bergantung pada jaringan perantara untuk membawa lalu lintas dari sumber ke tujuan. Ini disebut penyedia transit. Dalam beberapa situasi, tidak ada masalah untuk melakukan hal ini: ini adalah seberapa besar arus lalu lintas internet internasional, karena biaya yang mahal untuk mempertahankan koneksi langsung ke setiap-dan-setiap ISP di dunia. Namun, mengandalkan ISP tulang punggung untuk membawa lalu lintas lokal dapat merugikan kinerja, terkadang karena operator tulang punggung mengirimkan data ke jaringan lain di kota yang sama sekali berbeda. Situasi ini dapat mengarah pada apa yang dikenal sebagai tromboning, di mana dalam kasus terburuk, lalu lintas dari satu kota yang ditujukan ke ISP lain di kota yang sama dapat menempuh jarak yang sangat jauh untuk dipertukarkan dan kemudian kembali lagi. CDN dengan kehadiran IXP memiliki keuntungan dalam mengoptimalkan jalur yang dilalui data mengalir di dalam jaringannya, mengurangi jalur yang tidak efisien.

BGP, protokol tulang punggung Internet

Jaringan berbicara satu sama lain menggunakan BGP (Border Gateway Protocol). Protokol ini memungkinkan jaringan untuk dengan rapi memisahkan antara persyaratan internal dan konfigurasi tepi jaringannya. Semua peering di IXP menggunakan BGP.

Baca juga Artikel kami yang membahas tentang Apa itu Peering

Bagaimana penyedia berbagi lalu lintas di berbagai jaringan?

Transit

Perjanjian antara pelanggan dan penyedia upstreamnya. Penyedia transit menyediakan konektivitas penuh kepada pelanggannya ke seluruh Internet. Transit adalah layanan berbayar. Protokol BGP digunakan untuk memungkinkan alamat IP pelanggan diumumkan ke penyedia transit dan selanjutnya ke seluruh Internet global.

Peering

Pengaturan di balik bagaimana jaringan berbagi alamat IP tanpa perantara di antara mereka. Di Internet Exchange Point, sebagian besar tidak ada biaya yang terkait dengan transfer data antar jaringan anggota. Ketika lalu lintas ditransfer secara gratis dari satu jaringan ke jaringan berikutnya, hubungan tersebut disebut peering bebas penyelesaian.

Peering VS Transit Berbayar

Sayangnya untuk beberapa jaringan, mentransfer data tidak selalu tanpa biaya. Misalnya, jaringan besar dengan pangsa pasar yang relatif sama lebih cenderung melakukan peer dengan jaringan besar lainnya tetapi mungkin mengenakan biaya jaringan yang lebih kecil untuk layanan peering. Dalam satu IXP, perusahaan anggota dapat memiliki pengaturan yang berbeda dengan beberapa anggota yang berbeda. Dalam kasus seperti ini, perusahaan dapat mengonfigurasi protokol perutean mereka untuk memastikan bahwa mereka mengoptimalkan untuk mengurangi biaya atau mengurangi latensi menggunakan protokol BGP.

Deepering

Seiring waktu, hubungan dapat berubah, dan terkadang jaringan tidak lagi ingin berbagi interkoneksi gratis. Ketika sebuah jaringan memutuskan untuk mengakhiri pengaturan peering mereka, mereka melalui proses yang disebut deepering. Deepering dapat terjadi karena berbagai alasan seperti ketika satu pihak diuntungkan lebih dari yang lain karena rasio lalu lintas yang buruk, atau ketika jaringan memutuskan untuk mulai menagih uang pihak lain. Proses ini bisa sangat emosional, dan jaringan yang ditolak dapat dengan sengaja mengganggu lalu lintas pihak lain setelah hubungan peering diakhiri.

Pentingnya Peran IXP dalam Lalu Lintas Internet

Lingkungan Datacenter berhasil beroperasi dengan memiliki throughput tinggi, kecepatan tinggi, dan harga rendah. Tanpa peran Internet Exchange Point, kokentivitas Internet pasti akan jauh lebih mahal harganya. Herza.ID bisa memberikan layanan Colocation Murah, VPS Murah dan Dedicated Server Murah dengan Bandwidth yang murah dikarenakan Jaringan Herza.ID sudah terhubung ke banyak Internet Exchange Point di Indonesia. Antara lain adalah IIX, OpenIXP, JKT-IX, CDIX, DCI-IX. BatamIX, dan CloudXchange. Disamping itu, Herza.ID juga mempunya lebih dari 10 mitra peering di seluruh Indonesia & dunia, termasuk Google, Microsoft, Facebook, Akamai, Cloudflare, SEA Group (Shopee & Garena) dan Zenlayer, dan titik kehadiran (PoP) kami dapat mentransfer gabungan lebih dari 100 Gigabyte per detik dan tentunya ini akan terus berkembang seiring perkembangan Datacenter Herza.

Bagaimana IXP menggunakan BGP?

Di seluruh jaringan lokal IXP, berbagai penyedia dapat membuat koneksi satu-ke-satu menggunakan protokol BGP. Protokol ini dibuat untuk memungkinkan jaringan yang berbeda mengumumkan alamat IP mereka satu sama lain ditambah alamat IP yang telah mereka sediakan konektivitas ke hilir (yaitu pelanggan mereka). Setelah dua jaringan menyiapkan sesi BGP, rute masing-masing akan dipertukarkan dan lalu lintas dapat mengalir langsung di antara keduanya.

IXP atau PNI

Dua jaringan mungkin menganggap lalu lintas mereka cukup penting sehingga mereka ingin berpindah dari infrastruktur bersama dari sebuah IXP dan ke interkoneksi khusus antara dua jaringan. PNI (Private Network Interconnect) hanyalah koneksi dark fiber (biasanya dalam satu pusat data, atau gedung) yang secara langsung menghubungkan port di jaringan A dengan port di jaringan B. Pengaturan BGP hampir identik dengan pengaturan peering IXP bersama.