error 509

Error 509– Dalam era digital ini, website telah menjadi sarana penting untuk berbagi informasi, berbisnis, atau menghubungkan diri dengan orang lain.

Namun, hal tersebut tidak lantas membuat semuanya berjalan dengan mulus.

Terkadang, pengguna yang mencoba mengakses website dapat menghadapi kendala yang membuat mereka kebingungan.

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah Error 509 yang juga dikenal sebagai “Bandwidth Limit Exceeded.”

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai apa itu Error 509 dalam layanan Web Hosting Murah, mengapa hal ini terjadi, dan bagaimana cara mudah mengatasinya.

Simak sampai bawah!

Apa Itu Error 509 Bandwidth Limit Exceeded?

Error 509 Bandwidth Limit Exceeded adalah pesan kesalahan yang muncul ketika bandwidth suatu website telah habis atau melebihi batas yang ditentukan oleh penyedia hosting.

Dalam istilah yang lebih sederhana, hal ini terjadi ketika terlalu banyak orang mencoba mengakses website yang sama secara bersamaan, sehingga sumber daya server tidak mampu menanganinya.

Bandwith merupakan pertukaran data maksimal dalam satu waktu yang bisa diterima website.

Baca Juga! Apa Itu Bandwidth?

Penyebab Error 509 Bandwith Limit Exceed

error 509

 

Untuk lebih jelasnya, mengapa error ini terjadi, berikut beberapa penyebabnya ialah :

1. Penggunaan Bandwidth Berlebihan

Penyebab pertama munculnya error ini ialah pengunaan bandwith yang berlebihan.

Misalnya, jika website Anda memiliki banyak pengunjung atau memuat konten berat seperti video dan gambar berkualitas tinggi, bandwidth Anda  tentu saja dapat cepat habis.

2. Paket Hosting Terbatas

Penyebab kedua ialah paket hosting yang terbatas.

Misalnya, jika Anda menggunakan hosting berbayar dengan batasan bandwidth, Anda dapat menghadapi Error 509 jika melebihi batas yang ditentukan oleh penyedia hosting.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan jasa layanan hosting dengan bandwith yang sesuai Anda butuhkan.

3. Serangan DDoS

Selain dua di atas, ternyata penyebab lain adanya error ini muncul ialah adanya serangan DDoS.

Serangan DDoS (Distributed Denial of Service) adalah serangan di mana sejumlah besar komputer atau perangkat mengirimkan permintaan palsu ke suatu website atau server dengan tujuan menghentikan akses pengguna ke layanan tersebut.

Lalu apa yang terjadi saat serangan DDoS ini menyerang website Anda? Tentu saja, website Anda akan dibanjiri dengan permintaan palsu, yang dapat membebani bandwidth Anda lalu menyebabkan Error 509 ini muncul.

Baca Juga! Apa Itu Serangan DDoS?

Dampak Error 509 Bandwidth Limit Exceeded

Beberapa hal yang akan Anda rasakan jika mengabaikan error ini, yaitu :

1. Website Tidak Dapat diakses

Dampak pertama yang bisa muncul ialah website Anda tidak dapat diakses oleh siapapun.

Alhasil, banyak pengguna tidak puas karena yang bisa dilihat hanyalah halaman putih yang didalamnya muncul kode error 509. 

2. Hilangnya Pengunjung

Sejalan dengan penjelasan di atas, tentu saja ketika pengunjung merasakan hal tersebut, mereka lebih memilih untuk mencari website lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Akibatnya, website Anda akan mengalami penurunan lalu lintas (klik maupun kunjungan).

3. Penurunan SEO

Website yang sering mengalami Error 509 dapat mengalami penurunan peringkat SEO.

Mesin pencari mungkin menilai situs tersebut sebagai tidak dapat diandalkan jika kesalahan ini terjadi secara teratur.

Alhasil, hal tersebut akan berpotensi mengurangi kredibilitas dan profesionalitas website tersebut di mata mesin pencari.

Oleh karena itu, misalnya Anda sebagai pemilik website perlu memantau peringkat SEO mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan atau meningkatkannya.

Baca Juga! Cara Optimalkan Website dengan Yoast SEO?

4. Gangguan Bisnis

Selain tiga yang telah disebutkan di atas, bagi pemilik bisnis online, tentu saja jika performa website Anda buruk, hal tersebut dapat menghambat penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Cara Mengatasi Error 509

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan dampaknya, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan, ialah :

1. Periksa Penggunaan Bandwidth

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan memeriksa penggunaan bandwidth Anda.

Memeriksa bandwith ini bisa Anda lakukan dengan masuk ke panel kontrol hosting Anda dan melihat seberapa banyak bandwidth yang telah digunakan.

Jika pemakaian Anda sudah melampaui batas, biasanya, error 509 ini muncul.

Untuk itu, sebelum Anda memilih jasa layanan hosting perkirakan terlebih dahulu seberapa banyak bandwith yang Anda butuhkan.

VPS murah Herza Cloud dengan Performa dan teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 generasi terkini dari Intel CPU dan 99,5% garansi uptime dan unlimited bandwidth.

2. Upgrade Paket Hosting

Nah langkah kedua jika error ini semakin sering muncul adalah sebagai tanda agar Anda meng-upgrade paket hosting dengan bandwith yang lebih besar.

Memperbarui paket hosting Anda dengan lebih banyak bandwidth adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

3. Mengoptimalkan Gambar dan Konten

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengoptimalkan gambar dan konten yang ada di website.

Ukuran gambar dan konten harus dioptimalkan untuk mengurangi pemakaian bandwidth, untuk itu Anda bisa kompres gambar dan video agar bisa membantu mengurangi penggunaan bandwidth.

4. Gunakan Layanan CDN

Selain itu, menggunakan Content Delivery Network (CDN) dapat membantu mendistribusikan beban bandwidth secara merata dan mengurangi tekanan pada server Anda.

Content Delivery Network, atau yang sering disingkat sebagai CDN, adalah jaringan server yang tersebar di berbagai lokasi geografis.

Tujuan utama dari CDN adalah untuk mengirimkan konten web, seperti gambar, video, teks, dan file lainnya, kepada pengguna dengan lebih cepat dan efisien.

Oleh karena itu, layanan Distribusi Konten (CDN) dapat membantu mendistribusikan beban lalu lintas sehingga tidak semua pengunjung mengakses server utama Anda..

Baca Juga! Apa Itu CDN (Content Delivery Network)?

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa error 509—Bandwidth Limit Exceeded adalah error yang muncul ketika sumber daya bandwidth suatu website telah habis atau melebihi batas yang ditentukan oleh penyedia hosting.

Jika Anda mengalami error 509 di kemudian hari, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan di atas.

Pastikan juga, bagi Anda pemilik website memilih penyedia hosting yang menyediakan paket hosting dengan unlimited bandwidth, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Herza Cloud hosting murah dengan Server kami dilengkapi dengan OS CloudLinux, LiteSpeed Web Server dan SSD NVMe yang support HTTP2 dan Cache Acceleration.