cara perbaiki masalah saat terkunci di Admin WordPress

Cara Perbaiki Masalah Saat Terkunci di Admin WordPress- Hampir setiap pengguna WordPress pernah mengalami masalah terkunci dari Admin WordPress atau tidak dapat mengakses halaman admin dari WordPress itu sendiri.

Bahkan tidak sedikit pertanyaan muncul tentang apa yang harus dilakukan saat terkunci atau tidak dapat mengakses halaman Admin WordPress?

Untuk itu, hal ini diperlukan agar seseorang bisa kembali mengakses situs seperti semula.

Simak artikel berikut apabila Anda ingin mencari tahu cara perbaiki masalah saat terkunci di Admin WordPress!

Namun sebelum mengetahui caranya, ada baiknya Anda mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan masalah terkunci dari admin WordPress.

Penyebab Bisa Terkunci / Tidak dapat Akses Admin WordPress

cara perbaiki masalah saat terkunci di Admin WordPress 2


Suatu permasalahan muncul pasti karena sebab tertentu, bukan?

Termasuk jika Anda pernah terkunci atau tidak dapat mengakses Admin WordPress. Tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi begitu saja. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa dihubungkan.

Berikut ada 5 alasan atau penyebab bisa terkunci dari admin WordPress yang telah kami rangkum untuk Anda, antara lain :

1. Salah Konfigurasi Koneksi Database

Penyebab pertama pengguna situs bisa terkunci dari Admin WordPress ini ternyata salah mendefinikasi koneksi database (Seperti dbuser, db, dan db password).

Meski nampak sepele, namun jika tidak benar-benar benar dan diperhatikan dapat mengakibatkan WordPress tidak dapat terkoneksi dengan Database dengan benar sehingga tidak dapat membaca data dan konfigurasi WordPress.

Terlebih jika WordPress tidak berfungsi untuk membuat koneksi database secara tepat.

Penyebab kesalahan ini juga bisa jadi karena kondisi database yang rusak atau crash.

Maka saran yang perlu Anda perhatikan ketika mengalami galat atau laman Database Error, pastikan dahulu Database Server berjalan dengan normal dan konfigurasi user, db dan password serta host MySQL-nya benar.

2. Blank Page / White Page atau Layar Putih di WordPress

Penyebab berikutnya yang mungkin mengakibatkan Anda bisa terkunci dari Admin WordPress ialah layar putih / Blank Page / White Page WordPress. Alasannya beragam, mulai dari kehabisan memory WordPress sehingga WordPress Blank Page atau berlayar putih.

Selain itu, layanan Hosting yang jelek ataupun sedang ada problem bisa juga menyebabkan hal ini, biasanya karena misskonfigurasi dari penyedia hosting yang menyebabkan PHP tidak bekerja dengan baik.

Sebaiknya jika terjadi blank page atau white page atau layer putih di WordPress, Anda dapat melakukan restore ke file dan database terakhir dari backup Anda.

3. Salah Kata Sandi

Penyebab ketiga Anda bisa terkunci / Tidak Dapat Mengakses WordPress yaitu salah kata sandi. 

Biasanya, untuk menjalankan sebuah WordPress, Anda membutuhkan kata sandi tertentu.

Selain untuk mengamankan situs dari gangguan atau ancaman bahaya dari luar, juga membuat situs akan lebih aman.

Dan supaya kata sandi tidak mudah ditebak oleh orang atau pengguna lainnya, maka akan jauh lebih baik jika Anda membuat kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf.

Salah satu alasan mengapa Anda bisa terkunci dari admin WordPress yaitu karena saat memasukan kata sandi, Anda memiliki batasan tertentu saat mencoba memasukkan ulang.  

Bila Anda menghabiskan semua kesempatan, maka lama-kelamaan Admin WordPress akan menguncinya.

Hal ini disebabkan untuk menjaga keamanan privasi pengguna, mulai dari data hingga dokumen-dokumen penting lainnya.

Selain karena kesalahan memasukkan kata sandi akibat diri sendiri, biasanya ini juga terjadi bila Anda termasuk korban hack.

Dengan begitu ketika mengklik tombol lupa kata sandi, pengguna tidak lagi mendapatkan pemberitahuan melalui email. Artinya harus mengganti password memakai phpmyAdmin.

4. Hilangnya Privilages di Akses User WordPress

Penyebab berikutnya Anda bisa terkunci akses Admin WordPress ialah hilangnya hak istimewa atau Privilages di Akses User WordPress Anda admin pada WordPress.

Kehilangan hak istimewa atau Privilages di Akses User pada WordPress berarti bahwa pengguna dengan peran admin tidak lagi memiliki akses penuh dan kontrol terhadap fungsi dan fitur administrator dalam sistem WordPress.

Ini berarti bahwa pengguna admin tidak dapat lagi menjalankan tugas-tugas penting seperti mengelola plugin, tema, pengaturan situs, posting konten, mengedit pengguna, dan lain sebagainya.

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kehilangan hak istimewa admin, seperti perubahan izin, akses oleh pihak ketiga yang tidak sah, serangan hacker, atau konflik dengan plugin atau tema tertentu.

Ketika hak istimewa admin hilang, penting untuk segera memperbaikinya untuk memulihkan kontrol penuh atas situs WordPress dan melindungi keamanannya.

Cara yang paling sering dilakukan oleh hacker adalah menghapus hak istimewa Admin milik Anda. Karena dengan melakukan hal tersebut, pengguna tidak lagi bisa menjalankan tugas seperti biasanya. Sebab banyak sekali fitur dan menu-menu dalam WordPress tidak befungsi lagi.

5. Kesalahan PHP

Kesalahan PHP dapat menjadi penyebab pengguna terkunci dari Admin WordPress.

Ketika pengguna menempelkan kode PHP yang tidak valid atau tidak cocok dengan situs WordPress, hal ini dapat menyebabkan masalah dalam eksekusi skrip PHP dan mengganggu fungsi normal situs.

Beberapa kemungkinan kesalahan PHP yang dapat terjadi meliputi:

Kode PHP yang tidak valid: Jika pengguna menyalin dan menempelkan kode PHP dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak valid, itu dapat menyebabkan kesalahan PHP.

Kode yang tidak benar seperti sintaks yang salah, kurung kurawal yang tidak seimbang, atau fungsi yang tidak ditemukan dapat menyebabkan kesalahan eksekusi dan menghentikan situs WordPress.

Kode PHP yang tidak cocok dengan versi WordPress: Terkadang, kode PHP yang ditulis untuk versi WordPress yang lebih lama mungkin tidak kompatibel dengan versi WordPress yang sedang digunakan.

Ini bisa terjadi ketika pengguna mengimpor atau menyalin kode dari situs lain yang menggunakan versi WordPress yang berbeda.

Kode PHP yang tidak kompatibel dapat menyebabkan kesalahan dan mengganggu fungsi situs.

Konflik dengan plugin atau tema: Beberapa plugin atau tema mungkin memiliki kode PHP yang tidak kompatibel dengan yang lain, atau ada kesalahan yang terjadi ketika plugin atau tema tersebut sedang dijalankan.

Konflik ini dapat menyebabkan kesalahan PHP dan mempengaruhi fungsi situs.

Setelah mengetahui 5 penyebab dari bisa terkunci dari admin WordPress, lalu bagaimana cara perbaiki masalah saat terkunci di admin WordPress?

Baca Juga! Memperbaiki Teks Putih & Tombol Hilang Di WordPress

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anda Terkunci di Admin WordPress?

Setidaknya, ada 4 cara yang telah kami rangkum untuk Anda, jika Anda mengalami masalah terkucni di admin WordPress, antara lain :

1. Reset Password WordPress Melalui WP Admin

cara perbaiki masalah saat terkunci di Admin WordPress 1


Salah satu cara untuk mengatasi masalah terkunci dari admin WordPress adalah dengan mereset password melalui WP Admin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman login WordPress Anda melalui URL yang biasanya adalah http://namadomain.com/wp-admin
  2. Di halaman login, cari tautan “Lupa Kata Sandi” atau “Forgot Password” dan klik padanya.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman reset password. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun admin WordPress Anda.
  4. Setelah memasukkan alamat email, klik tombol “Reset Password” atau “Submit”.
  5. Cek kotak masuk email yang terkait dengan akun admin WordPress Anda. Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mereset kata sandi.
  6. Klik tautan yang terdapat dalam email tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman reset password di situs WordPress Anda.
  7. Pada halaman reset password, masukkan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan kata sandi Anda cukup kuat dan aman.
  8. Setelah memasukkan kata sandi baru, klik tombol “Reset Password” atau “Submit”.
  9. Kata sandi admin WordPress Anda akan direset dan diperbarui. Anda akan menerima konfirmasi bahwa kata sandi telah berhasil diubah.
  10. Kembali ke halaman login WordPress dan masukkan alamat email admin beserta kata sandi baru yang telah Anda atur.

Jika Anda berhasil masuk ke halaman admin setelah mereset kata sandi, pastikan untuk mengamankan akun Anda dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan mengaktifkan langkah-langkah keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor.

Selain itu, penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau akses yang tidak sah pada situs WordPress AndaReset Password WordPress Database phpMyAdmin.

Baca Juga! Cara Memperbaiki Sidebar WordPress

2. Reset Password WordPress Melalui Akses ke Database Menggunakan phpMyAdmin

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka cPanel dari panel kontrol hosting Anda.
  2. Cari opsi “Database” dan pilih phpMyAdmin.
  3. Pilih database yang terkait dengan situs WordPress Anda. Informasi tentang database yang digunakan oleh WordPress dapat ditemukan dalam file wp-config.php di direktori WordPress.
  4. Setelah masuk ke phpMyAdmin, cari tabel dengan nama wp_users atau dengan awalan tabel yang berbeda tergantung pada pengaturan database Anda
  5. Klik pada tabel wp_users untuk membukanya.
  6. Temukan baris yang terkait dengan akun admin WordPress Anda. Kolom user_login akan menunjukkan nama pengguna akun admin.
  7. Klik tombol “Edit” (ubah) di baris tersebut.
  8. Temukan kolom user_pass dan hapus nilai yang ada di dalamnya.
  9. Masukkan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan Anda memilih jenis fungsi MD5 untuk kolom user_pass
  10. Setelah memasukkan kata sandi baru, klik tombol “Go” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan.Mengembalikan Hak Administrator

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil mereset kata sandi akun admin WordPress melalui phpMyAdmin. Setelah mereset kata sandi, Anda dapat menggunakan kata sandi baru tersebut untuk masuk ke halaman admin WordPress.

Baca Juga! Cara Memperbaiki White Screen WordPress?

3. Menambah Keamanan Tambahan

Pengguna situs yang terkunci dari Admin WordPress salah satu alasannya disebabkan karena pengamanan yang kurang memadai.

Hal tersebut memungkingkan kesempatan para hacker untuk melakukan aksinya. Mulai dari mencopot izin pemilik aslinya hingga mencuri dokumen penting.

Maka ada baiknya Anda segera melakukan penambahan keamanan di WordPress berupa plugin berkualitas baik yaitu berjenis all in one security. Karena tidak hanya bisa menambah keamanan, tetapi juga mencegah dengan memeriksa kerentanan.

Pengguna bebas memilih tingkatan rendah, sedang, hingga tinggi. Dengan begitu, kejadian terkunci tidak akan terulang kembali. Karena beberapa fitur menu ini seperti mendeteksi jika ada nama pengguna asing. Kemudian akan ada batasan penerapan waktu login setiap beberapa menit secara berkala.

Baca Juga! Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress

4. Mengembalikan Halaman 403 Default

Selain tiga di atas, hal yang bisa Anda lakukan ialah mengembalikan halaman 403 default.

Jika Anda mengalami tampilan layar dengan pesan error 403 saat mencoba mengakses halaman admin WordPress, itu menandakan bahwa Anda tidak memiliki izin akses yang cukup untuk masuk ke halaman tersebut.

Error 403 Forbidden menunjukkan bahwa server telah memahami permintaan Anda, tetapi Anda tidak diizinkan untuk mengakses halaman atau sumber daya yang diminta.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah error 403:

  1. Bersihkan cache dan cookies: Kadang-kadang, cache dan cookies yang disimpan di browser Anda dapat menyebabkan masalah akses. Cobalah membersihkan cache dan cookies Anda, dan kemudian coba akses kembali halaman admin WordPress.
  2. Periksa izin file dan folder: Pastikan izin file dan folder di situs WordPress Anda telah diatur dengan benar. Pastikan folder yang berisi instalasi WordPress memiliki izin yang memadai (misalnya, 755), dan file-file di dalamnya memiliki izin yang benar (misalnya, 644). Anda dapat menggunakan klien FTP atau panel kontrol hosting untuk memeriksa dan mengatur izin file dan folder.
  3. Periksa pengaturan .htaccess: Cek file .htaccess yang terletak di direktori root WordPress Anda. Pastikan tidak ada konfigurasi khusus yang mengakibatkan pembatasan akses. Jika ada, Anda dapat mencoba menghapus atau mengomentari konfigurasi tersebut sementara untuk menguji apakah masalahnya terkait dengan file .htaccess.
  4. Nonaktifkan plugin atau tema: Plugin atau tema yang tidak kompatibel atau terkena masalah mungkin juga menjadi penyebab error 403. Coba nonaktifkan semua plugin dan kembalikan tema Anda ke tema default WordPress. Jika error 403 tidak muncul setelah itu, berarti ada plugin atau tema yang menyebabkan masalah. Anda dapat mengaktifkan plugin dan tema satu per satu untuk mencari tahu yang mana yang menjadi penyebab masalah.
  5. Periksa pengaturan server: Beberapa pengaturan server khusus, seperti konfigurasi firewall atau pengaturan akses yang diterapkan oleh penyedia hosting, dapat menyebabkan error 403. Anda dapat menghubungi penyedia hosting Anda dan meminta bantuan mereka untuk memeriksa pengaturan server dan memastikan tidak ada pembatasan akses yang tidak perlu.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, disarankan untuk menghubungi penyedia hosting atau mencari bantuan dari pengembang WordPress yang lebih berpengalaman untuk mencari tahu dan memperbaiki masalah tersebut.

Untuk itu, penggunaan layanan jasa hosting dengan kualitas yang baik benar-benar sangat diperlukan. Karena jika sewaktu-waktu mengalami masalah tersebut, penyedia jasa hosting sudah memberikan solusi dan pelayanan yang tepat untuk menjawab berbagai masalah penggunanya.

Penyedia Layanan WordPress Hosting Herza Cloud dengan Tim Support yang Handal standby 24 Jam penuh setiap hari. Live Chat beroperasi dari pukul 07:00 hingga 24:00 (WIB).

Selain itu, server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

Disamping itu, berikut adalah Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami yang akan membantu Anda.

wordpress hosting herza