Thumbnail Facebook di WordPress

Cara Memperbaiki Thumbnail Facebook di WordPress

Masalah Thumbnail Facebook WordPress – Mungkin Anda pernah mengalami ketika memposting (share) artikel pada suatu website ke Facebook, namun halaman depan pada link yang dibagikan tersebut tidak menampilkan gambar sebenarnya atau tidak cocok dengan artikel yang Anda posting.

Lalu bagaimana cara memperbaiki masalah Thumbnail Facebook di WordPress?  Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memperbaiki masalah Thumbnail Facebook di WordPress.

Mengenal Fitur Thumbnail di WordPress

Salah satu pertanyaan yang sering sekali disampaikan oleh para user website adalah tentang gambar pada fitur Web tersebut, atau biasanya disebut dengan Featured Image WordPress.

Fitur Thumbnail WordPress ini merupakan gambaran untuk mendeskripsikan halaman, postingan, artikel, maupun Custom Post Type Blog.

Manfaat dari adanya fitur ini, tentu saja adalah untuk menarik perhatian calon pengunjung situs website Anda dan membaca setiap konten yang ada di dalamnya.

Selain itu, Featured Image WordPress juga bisa mendeskripsikan gagasan secara umum dari sebuah konten.

Sebenarnya, bukan hanya untuk mewakili konten saja, tetapi juga featured image ini mampu mendukung keseluruhan dari tema yang dipilih. Karena biasanya, fitur ini memang berfungsi sebagai Thumbnail pada setiap postingan.

Jika di klik, nanti Anda akan menampilkan suatu artikel pada gambar utama di bagian atas konten tersebut.

Sebelum masuk ke pambahasan mengenai cara memperbaiki thumbnail facebook di WordPress, kita akan membahas lebih dulu tentang cara membuat Thumbnail di WordPress.

Baca Juga! Cara memperbaiki masalah Kesalahan syntax di WordPress

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Thumbnail Facebook di WordPress?

Ada beberapa alasan yang mungkin Anda tidak tahu mengapa Facebook enggan atau tidak mau menampilkan postingan Thumbnail yang salah.

Beberapa penyebabnya ialah bisa dari ukuran atau resolusi gambar yang tidak tepat, rasio aspek gambar tidak sesuai, tag open graph yang tidak benar, cache tidak diperbaharui, kesalahan pada facebook atau Debugger, masalah pada Plugin/tema, atau bahkan karena kesalahan dalam konfigurasi website.

Beberapa penyebab diatas bisa memungkinkan munculnya masalah thumbnail facebook di WordPress.

Namun Anda jangan khawatir lagi, berikut setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu :

  1. Pilih plugtin SEO yang tepat
  2. Gunakan gambar yang sesuai untuk thumbnail
  3. Gunakan Debug Facebook sebagai Penghapus Cache
  4. Periksa markup Open Graph
  5. Hubungi penyedia Hosting. 

1. Pilih Plugin SEO yang Tepat

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah Thumbnail ini adalah menggunakan plugin SEO yang tepat.

Beberapa plugin WordPress yang cukup populer untuk digunakan ialah All in One dan Yoast SEO. Karena kedua plugin ini dapat memungkinkan Anda dengan mudah mengoptimalkan konten dan situs web pada media sosial.

Berikut jika Anda menggunakan Plugin Yoast SEO.

Pertama, instal terlebih dahulu Plugin SEO Yoast, kemudian aktifkan. Lalu, atur Thumbnail Facebook di dalam postingan apapun yang Anda inginkan.

Ketika sedang menulis posting, geser ke bagian bawah kotak mata Yoast SEO di bawah editor lalu klik pada tab sosial.

Thumbnail Facebook di WordPress 1 png

Disini Anda akan melihat tombol untuk mengupload gambar mini di Facebook. Klik tombol tersebut, lalu Anda bisa mengunggah gambar yang Anda inginkan. Setelah itu, perbaharui post.

Jika cara di atas masih belum bisa memperbaiki permasalahan Anda, Plugin Yoast All in One SEO ini bisa Anda coba.

Berikut jika Anda menggunakan Plugin All in One SEO

  1. Pertama, Install dan aktifkan terlebih dahulu All in One SEO Plugin.
  2. Aktifkan kemampuan untuk menambahkan mini Facebook di setiap postingan. Cukup buka All in One SEO kemudian Manajer lalu klik tombol Aktifkan dalam kotak sosial media.
  3. Setelah Anda melakukan itu, sekarang telah memiliki fitur baru terbuka pada bagian bawah editor posting. Geser ke bawah kemudian akan melihat tab Settings Pengaturan Sosial kemudian klik.
  4. Ubah gambarnya sesuai yang di inginkan tampilkan sebagai mini Facebook Anda.
  5. Setelah berhasil menambahkan gambar Thumbnail Facebook di sana, kemudian simpan posting dan ini nantinya akan memperbaiki masalah dalam kasus yang Anda alami.
  6. Jika tetap gagal, pastikan untuk bersihkan cache WordPress dan menyegarkan pos di alat debug Facebook yang disebutkan pada bawah artikel tersebut.

Baca juga! Cara memperbaiki masalah Kesalahan koneksi database di WordPress

2. Gunakan Gambar yang Sesuai untuk Thumbnail

Agar artikel Anda terlihat lebih menarik, Anda harus menggunakan gambar yang sesuai dengan artikel yang Anda buat agar thumbnail tersebut akan tampil sesuai dengan judul pada artikel.

3. Gunakan Debug Facebook Sebagai Penghapus Cache

Facebook Debug Tools memang menjadi solusi paling ampuh ketika Thumbnail tidak tampil sesuai yang kita inginkan.

Cara ini paling mudah untuk troubleshoot tersebut. Cukup salin URL di post WorPress kemudian tempelkan ke debugger tool.

Setelah itu, klik tombol ‘Scrape Again’, dan Facebook akan memperbarui gambar mini untuk postingan Anda.

Terkadang, Anda mungkin harus mengklik tombol ‘Scrape Again’ dua kali. Thumbnail salah pada Facebook itu sendiri biasanya terjadi karena menggunakan perkiraan terbaik mereka, yaitu bila ada gambar lebih besar di dalam artikel, maka image itulah yang akan digunakan.

Namun dengan menekan tombol debug lagi di URL yang sama biasanya bisa membuat eror ini dapat teratasi.

4. Periksa Markup Open Graph

Facebook menggunakan markup Open Graph untuk mengidentifikasi thumbnail yang harus digunakan ketika tautan Anda dibagikan.

Pastikan Anda telah menambahkan tag Open Graph yang tepat di kode sumber halaman Anda. Plugin SEO yang disebutkan sebelumnya juga akan membantu Anda dalam mengelola tag-tag Open Graph ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui Opengraph sudah berfungsi dengan baik atau belum? Sebenarnya Anda cukup menggunakan tools Facebook di http://developers.facebook.com/tools/debug. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama Masuk terlebih dahulu ke tools Facebook yang telah di sebutkan di atas.
  2. Kemudian Masukan URL halaman Web yang akan Anda share, lalu lihat pada bagian Object Properties tag og:image dapat menampilkan gambar Thumbnail dari halaman website tersebut.
  3. Jika sudah bisa, itu artinya Opengraph telah bekerja dengan baik.

5. Hosting Provider

Jika beberapa cara di atas masih belum menjawab permasalahan Anda, cara terakhir yaitu Anda bisa menghubungi hosting provider yang Anda gunakan. Mintalah bantuan dan periksa terkait dengan errornya Thumbnail tersebut.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, Anda akan mengetahui cara memperbaiki masalah terkait Thumbnail Facebook di WordPress.

Beberapa cara di atas cukup mudah untuk Anda lakukan. Namun jika kami boleh saran, untuk mencegah dan menghindari masalah demikian, Anda bisa gunakan layanan WordPress hosting dengan kualitas layanan yang baik.

WordPress Hosting Herza Cloud dengan Tim Support yang Handal standby 24 Jam penuh setiap hari. Live Chat beroperasi dari pukul 07:00 hingga 24:00 (WIB).

WordPress Hosting Cloud didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

Disamping itu, Fitur-Fitur Utama dari WordPress Hosting kami akan membantu Anda.

wordpress hosting herza