Cara Install cPanel di Ubuntu, Ikuti Langkahnya!

Cara Install cPanel di Ubuntu – Sebelumnya sudah pernah kita bahas penjelasan terkait Apa itu cPanel dan keuntungan dari cPanel itu sendiri.

cPanel adalah kontrol panel yang memudahkan Anda dalam manajemen layanan hosting.

Kontrol panel ini sangat popular digunakan untuk layanan Web Hosting dan tugas-tugas administrasi seperti mengelola dan mengatur email dari VPS dan Dedicated Server.

Salah satu keunggulan dari cPanel adalah bisa digunakan oleh semua orang tanpa perlu membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus secara teknis.

Karena dalam penggunaanya, cPanel sangat mudah digunakan untuk mengelola semua aspek web hosting.

Untuk itu, jika Anda menginginkan kemudahan dalam mengelola situs website, maka gunakanlah cPanel.

Namun, sebelum Anda menggunakannya, tentunya Anda harus menginstall cPanel tersebut ke server Anda. Untuk proses instalasi cPanel, Anda bisa mengikuti cara install cPanel di bawah ini!

Pengertian cPanel

Pengertian cPanel?
Apa itu cPanel?

Sebelum masuk ke pembahasan terkait cara install cPanel, alangkah baiknya jika kita mereview kembali pengertian dari cPanel.

cPanel adalah sebuah panel kontrol web yang sangat populer digunakan oleh banyak penyedia hosting web untuk membantu pengguna mengelola situs web mereka dengan mudah.

Panel kontrol ini menyediakan berbagai alat dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai aspek hosting web dan situs web mereka.

Beberapa fitur cPanel yang popular diantaranya pengelolaan file, membuat dan mengelola basis data MySQL, email, statistic, manajemen domain, keamanan, manajemen DNS, dan lain sebagainya.

Selain itu, proses instalasi cPanel sangat mudah, Anda bisa mengikuti cara install cPanel sesuai panduan yang akan kami berikan berikut ini.

Baca juga: 10+ Cara Membuat Website Profesional Tanpa Ribet!

Cara Install cPanel di Ubuntu

Pemasangan cPanel memerlukan lisensi resmi dari cPanel Inc. yang dapat diperoleh dari penyedia lisensi resmi mereka.

Selain itu, sebelum menginstal cPanel, pastikan VPS Anda memenuhi persyaratan yaitu perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan.

Instalasi cPanel dapat dilakukan pada sistem operasi Ubuntu, Almalinux, Rocky Linux dan lain sebagainya.

Namun dalam artikel ini, kita akan bahas cara install cPanel di Ubuntu 22.04, berikut langkah-langkahnya:

  • Login SSH ke VPS/Server yang akan diinstall, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PuTTY atau melalui terminal.

  • Jika server/VPS Anda belum pernah melakukan instalasi apapun/baru diinstall OSnya. Maka Anda diharuskan untuk melakukan update repository ubuntunya dan memastikan server sudah terinstall cURL. Karena installer cPanel membutuhkannya. Jalankan perintah berikut secara 1-1. :
    “sudo apt update”
    tunggu hingga perintah tersebut selesai, setelah selesai jalankan perintah ini juga :
    “sudo apt install curl”
    tunggu hingga selesai juga.

  • Setelah menjalankan kedua perintah tersebut, jalankan perintah untuk menginstall cPanelnya
    “cd /home && curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest”

Cara Install cPanel di Ubuntu

Cara Install cPanel
Proses Install cPanel

Jika sudah menjalankan perintah tersebut, tunggu hingga proses tersebut selesai.

Biasanya instalasi selesai ditandai dengan keterangan “Thank you for Installing cPanel & WHM xx.xxx.” dan link serta username & password untuk login ke WHM.

Cara Install cPanel: Install cPanel Selesai
Install cPanel Selesai

Catatlah username,password, serta link login tersebut.

  • Setelah instalasi selesai maka Anda bisa mengaktifkan lisensi yang Anda punya dengan menjalankan perintah :
    “sudo /usr/local/cpanel/cpkeyclt”

  • Jika sudah Anda bisa login ke WHM dengan link yang telah kita salin sebelumnya lalu login menggunakan username dan password tersebut.

Login ke WHM/cPanel
Login WHM/cPanel

Namun, jika username dan password tidak muncul saat prosess intalasi, maka gunakan username dan password yang sama saat Anda masuk ke halaman terminal server Ubuntu.

Baca juga: Cara Setting CloudFlare di cPanel? Ikuti Langkah-langkahnya!

Layanan cPanel Herza Cloud

Bagaimana, sangat mudah bukan panduan yang kami berikan terkait cara install cPanel di Herza Cloud?

Bagi Anda pengguna layanan Herza Cloud yang akan install cPanel, bisa mengikuti cara install cPanel sesuai dengan panduan di atas. Kami juga menyediakan beberapa layanan hosting seperti Web Hosting Murah, VPS dan Dedicated Server dengan Kualitas yang handal dan keamanan yang tinggi.

Semua Paket VPS Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99,9% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia. 

Selain itu, kami juga menyediakan Lisensi cPanel/WMH untuk menggunakan cPanel, sebuah kontrol panel hosting yang memudahkan pengelolaan website, domain, dan hosting. 

Dengan cPanel, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti mengatur subdomain, email, file, database, SSL, dan lainnya. 

Lisensi cPanel juga memberikan akses ke berbagai fitur dan layanan support dari cPanel.

Anda tertarik menggunakan cPanel? Segera hubungi kami untuk info selanjutnya!