Apa Itu VPS Windows?- Ketika membacakata windows, mungkin yang ada dalam benak kamu ialah  sebuah perangkat komputer atau laptop.  Lalu, Bagaimana dengan kata VPS Windows?

Mudahnya, VPS adalah server pribadi virtual yang telah diciptakan dari teknologi virtualisasi.

Sementara, penggunaan kata Windows di sini mengandung arti bahwa VPS Windows adalah layanan Virtual Private Server yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows sebagai platformnya.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai apa itu VPS Windows Fungsi & Perbandingannya dengan VPS Linux, simak artikel berikut!

Pengertian VPS Windows

VPS Windows adalah jenis server virtual yang dirancang untuk menjalankan aplikasi yang berjalan di system operasi berbasis Windows.

Layanan ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi sumber daya fisik yang dimiliki oleh server fisik menjadi beberapa bagian yang terpisah, masing-masing dengan akses penuh ke sistem operasi dan sumber daya yang diperlukan seperti CPU, RAM, dan penyimpanan.

Yang membedakan VPS Linux dan VPS Windows ialah adalah Sistem Operasinya (OS), VPS Windows berjalan pada sistem operasi Windows dan dirancang untuk memberikan lingkungan hosting yang stabil dan aman untuk aplikasi berbasis Windows., seperti .NET Framework, Microsoft SQL Server, dan aplikasi web yang memerlukan teknologi Microsoft, seperti ASP.NET.

Sementara VPS Linux adalah bentuk hosting di mana server virtual (VPS) dijalankan pada sistem operasi Linux.

VPS Windows menyediakan kontrol penuh atas server dan lingkungan yang aman untuk hosting aplikasi web.

Dan biasanya, VPS Windows digunakan untuk aplikasi web, aplikasi bisnis, hosting game, dan pengembangan aplikasi berbasis Windows.

Jenis VPS ini pun tidak hanya ada satu macam saja, ada beberapa jenis VPS yang bisa kamu tahu untuk menyesuaikan apa yang memang kamu butuhkan.

Fungsi VPS Windows

fungsi vps windows


Agar kamu bisa lebih mengerti hal apa yang sebenarnya bisa dilakukan oleh VPS Windows. Berikut 4 fungsi VPS Windows yang bisa kamu ketahui, antara lain :

1. Hosting Website

VPS Windows dapat digunakan sebagai tempat hosting website karena mendukung platform berbasis Windows seperti ASP.NET dan IIS.

Hosting adalah sebuah layananan agar website dapat diakses secara online oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

Dengan kata lain VPS Windows bisa digunakan sebagai tempat hosting website atau temoat penyimpanan data dan aplikasi di server yang terhubung ke Internet.

Dengan menggunakan VPS Windows sebagai server hosting, pengguna memiliki kendali penuh atas konfigurasi dan sumber daya server.

Baca juga! Apa Itu Hosting, Cara Kerja & Jenisnya

2. Active Directory Domain Service

Active Directory Domain Service (AD DS) adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan administrasi jaringan secara terpusat.

AD DS adalah fitur dari sistem operasi Windows Server yang menyediakan cara untuk menyimpan informasi tentang objek jaringan, seperti pengguna, grup, komputer, dan printer.

Dalam pengaturan jaringan perusahaan, AD DS biasanya digunakan untuk menyimpan informasi tentang pengguna, termasuk nama pengguna, password, nomor telepon, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk mengakses jaringan perusahaan.

AD DS memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengelola informasi ini secara terpusat, sehingga memudahkan administrasi dan pemeliharaan jaringan.

3. Server Database

VPS Windows dapat digunakan sebagai server database untuk menyimpan dan mengelola data.

Ada beberapa sistem manajemen basis data yang dapat digunakan pada VPS Windows, di antaranya Microsoft SQL dan MYSQL.

Microsoft SQL Server adalah platform basis data relasional yang dikembangkan oleh Microsoft, sedangkan MySQL adalah sistem manajemen basis data open source yang paling populer di dunia.

Keduanya ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga kamu dapat memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Remote Desktop

VPS Windows juga memiliki fitur Remote Desktop yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses server dari jarak jauh melalui koneksi internet atau intranet.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer atau server jarak jauh melalui jaringan dengan cara yang aman.

Perbandingan VPS Windows dengan VPS Linux

perbedaan vps linux dan windows


Setelah mengetahui apa itu VPS Windows dan fungsinya, terdapat beberapa perbandingan antara VPS (Virtual Private Server) Windows dan VPS Linux yang keduanya merupakan jenis server virtual yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk hosting website, menjalankan aplikasi bisnis, dan pengembangan aplikasi.

Namun, terdapat beberapa perbedaan antara VPS Windows dan VPS Linux, antara lain:

1. Kemudahan Penggunaan

Pengguna VPS Windows akan dimudahkan dengan GUI (Graphical User Interface).

GUI (Graphical User Interface) pada VPS Windows dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan server virtual, terutama bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan lingkungan command line pada sistem operasi Linux.

Dengan menggunakan GUI, pengguna dapat mengakses dan mengelola server melalui antarmuka grafis yang jelas, yang biasanya dilengkapi dengan ikon dan deskripsi yang memudahkan pengguna dalam memahami fungsi dan penggunaan setiap fitur.

Sementara, VPS Linux biasanya menggunakan Command Line Interface (CLI) sebagai antarmuka pengguna.

CLI dapat membutuhkan waktu lebih lama bagi pengguna baru untuk mempelajari dan memahami sintaks perintah dan fungsinya.

Hal tersebut bisa menjadi tantangan bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan lingkungan command line.

2. Kompatibilitas

VPS Windows lebih kompatibel dengan aplikasi dan software berbasis Windows, seperti .NET dan IIS. Sebaliknya, VPS Linux lebih kompatibel dengan aplikasi dan software berbasis open-source, seperti Apache dan MySQL.

VPS Windows sangat direkomendasikan jika teknologi yang digunakan adalah produk Microsoft seperti aplikasi berbasis C#.

Selain itu, VPS Windows juga kompatibel dengan framework Windows seperti ASP Classic, ASP.NET, VB Development, dan MS Access.

Dengan menggunakan VPS Windows, pengguna dapat memanfaatkan teknologi yang sudah terintegrasi dengan sistem operasi Windows Server, sehingga memudahkan dalam pengembangan aplikasi berbasis .NET.

3. Bantuan

Sebagai produk dari Microsoft, VPS Windows tentu didukung oleh tim dukungan teknis yang kompeten.

Tim dukungan tersebut menyediakan berbagai jenis bantuan dan sumber daya yang dapat membantu pengguna VPS Windows dalam mengatasi masalah atau mengoptimalkan penggunaannya.

Bantuan tersebut bisa berupa technical documentation, video tutorial, forum komunitas, serta dukungan langsung dari tim Microsoft melalui email atau telepon.

4. Akses Server

VPS Windows dan VPS linux dapat mengakses server dengan menggunakan FTP.

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet.

Dalam hal ini, FTP dapat digunakan untuk mentransfer file antara komputer pengguna dan VPS (Virtual Private Server) baik itu VPS Windows atau VPS Linux.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi FTP client seperti FileZilla, WinSCP, atau Cyberduck untuk melakukan transfer file dengan mudah dan aman.

5. Control Panel

Control panel merupakan alat yang sangat berguna untuk mengatur dan mengelola VPS dengan lebih mudah.

Control panel pada VPS Windows biasanya menggunakan Plesk, sedangkan pada VPS Linux control panel yang populer adalah cPanel dan Web Host Manager (WHM).

Plesk menyediakan berbagai fitur seperti manajemen website, database, email, dan DNS, serta fitur keamanan seperti firewall dan antivirus.

Selain itu, Plesk juga menyediakan berbagai aplikasi yang dapat diinstal dengan mudah pada VPS Windows.

Sementara itu, cPanel dan WHM pada VPS Linux juga menyediakan fitur yang sama seperti manajemen website, database, email, DNS, dan keamanan.

Namun, cPanel dan WHM juga menyediakan fitur manajemen paket hosting untuk pengguna yang ingin menjual layanan hosting pada VPS Linux mereka.

6. Biaya

Biaya VPS Windows cenderung lebih tinggi daripada VPS Linux karena lisensi Windows yang mahal.

Sementara, VPS Linux biasanya lebih terjangkau karena banyak distro Linux yang open-source dan gratis untuk digunakan.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan di atas mengenai apa itu VPS Windows, kamu mungkin bisa menyimpulkan bahwa VPS Windows adalah jenis server virtual yang dirancang untuk menjalankan aplikasi yang berjalan di system operasi berbasis Windows.

Jika kamu tertarik menggunakan layanan VPS Windows Herza Cloud telah menyediakan layanan tersebut.

Mengapa VPS Windows Herza Cloud?

Semua Paket VPS Windows RDP Murah mendapatkan Akses Full RDP (Administrator) dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD SATA & SSD NVMe dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data.

Generasi terkini dari Intel CPU dan jaminan SLA sebesar 99,5%.

Datacenter kami berlokasi di Gedung Cyber, Jakarta – Indonesia. Semua pelanggan VPS Windows RDP Murah dari Herza Cloud akan mendapatkan IP Publik Dedicated Indonesia.

Kami menawarkan Windows Server dengan opsi BYOL dan Full Licensed.

Jika Anda membutuhkan Licensed Version, silahkan menghubungi Tim Sales kami. Herza Cloud adalah Microsoft SPLA Partners.

Dan untuk pemesanan VPS Windows, silahkan mengunjungi halaman VPS Windows RDP Murah kami.