Apa itu Proxy? Manfaat, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Apa itu Proxy dan Cara Kerjanya?

Apa itu Proxy – Ketika Anda melakukan aktivitas online, perangkat Anda akan terhubung dengan jaringan internet.

Setelah perangkat terhubung dan mendapatkan akses alamat IP, server/router/ISP biasanya Anda akan mendapatkan informasi mengenai perangkat yang digunakan seperti lokasi, jenis perangkat,  atau informasi mengenai pengguna.

Hal tersebut membuat Anda tidak merasa nyaman karena identitas yang kita gunakan akan diketahui oleh orang lain melalui website yang kita kunjungi.

Untuk menghindari hal tersebut, maka gunakanlah proxy. Apakah Anda tahu apa itu proxy? Apa manfaat, jenis, dan fungsinya serta bagaimana cara kerja dari proxy?

Untuk mendapatkan jawabannya, simak terus artikel ini sampai dengan selesai. Berikut penjelasannya!

Asal Mula Alamat Internet Protocol (IP)

Sebelum kita masuk ke pembahasan apa itu proxy, alangkah baiknya jika Anda mengetahui asal mula alamat internet protocol (IP).

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui bahwa setiap perangkat yang terhubung ke internet diberikan alamat IP.

Alamat yang digunakan oleh perangkat tersebut merupakan alamat public dimana semua perangkat bisa mengaksesnya secara online.

Alamat IP publik adalah alamat yang secara unik berupa angka diberikan kepada perangkat Anda oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda.

Ini memungkinkan perangkat Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di internet dan menerima informasi yang dikirimkan kepada Anda.

Namun, ada beberapa kekhawatiran terkait dengan penggunaan alamat IP publik, diantaranya:

  1. Alamat IP publik dapat digunakan oleh penyedia layanan atau administrator sistem untuk memblokir akses pengguna tertentu.

  2. Alamat IP publik dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara umum lokasi fisik Anda dan ISP yang Anda gunakan.

  3. Jika seorang individu yang memiliki kemampuan sebagai peretas (hacker) mendapatkan akses ke alamat IP publik Anda, ini dapat menjadi ancaman serius.

    Peretas dapat mencoba mengeksploitasi kerentanan keamanan pada perangkat Anda atau mencoba melakukan serangan langsung melalui internet.

Baca juga: Apa Itu IP Address dan Perbedaannya dengan Domain? – Herza.ID

Apa Itu Proxy?

Apa itu Proxy?

Setelah Anda memahami penjelasan asal-muasal alamat Internet Protocol (IP) di atas, berikut penjelasan terkait apa itu Proxy?

Proxy adalah sistem yang memungkinkan Anda mengakses internet melalui IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat Anda.

Proxy server bertindak sebagai perantara antara perangkat Anda dan sumber daya yang Anda akses di internet.

Ketika Anda menggunakan proxy, permintaan Anda tidak langsung dikirimkan ke server tujuan, tetapi melalui server proxy terlebih dahulu.

Setelah Anda mengetahui apa itu proxy, alangkah baiknya jika Anda mengetahui juga manfaat serta fungsi dari layanan tersebut.

Untuk itu, simak terus penjelasan di bawah ini, terkait manfaat menggunakan proxy!

Baca juga: Perbedaan VPN dan Proxy, Mana yang Lebih Baik? – Herza.ID

Manfaat Menggunakan Proxy?

Penggunaan proxy dapat membantu mengatasi pembatasan akses dan menjaga privasi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa orang menggunakan proxy:

  1. Mengamankan Identitas: Pengguna yang tidak ingin identitas mereka terbuka dapat menggunakan proxy untuk menyembunyikan lokasi dan alamat IP mereka.

    Ini bisa berguna dalam melindungi privasi dan mencegah pelacakan aktivitas online.

  2. Mengakses Konten yang Diblokir: Beberapa lembaga, seperti sekolah atau kantor, mungkin menerapkan pembatasan akses ke situs web tertentu.

    Dalam situasi ini, pengguna dapat menggunakan proxy untuk mengakses situs web yang diblokir dan mengatasi pembatasan tersebut.

  3. Mengatasi Pemblokiran Geo: Beberapa situs web dan layanan streaming membatasi akses berdasarkan lokasi geografis.

    Jika Anda berada di luar negeri dan ingin mengakses situs web atau layanan yang dibatasi di negara asal Anda, Anda dapat menggunakan proxy untuk mengubah alamat IP Anda sehingga terlihat seolah-olah Anda mengakses dari negara yang diizinkan.

  4. Melakukan Pengujian dan Pengembangan: Proxy juga digunakan oleh pengembang perangkat lunak dan profesional pemasaran digital untuk menguji dan memantau situs web atau aplikasi mereka.

    Dengan menggunakan proxy, mereka dapat memeriksa tampilan dan fungsionalitas dari berbagai lokasi atau melalui alamat IP yang berbeda.

  5. Melewati Pembatasan ISP: Kadang-kadang, penyedia layanan internet (ISP) di rumah atau di kantor dapat memblokir akses ke situs web tertentu, termasuk media sosial atau situs hiburan.

    Dalam hal ini, pengguna dapat menggunakan proxy untuk menghindari pembatasan tersebut dan mengakses situs web yang diblokir.

Proxy server tidak selalu dapat diandalkan, dan beberapa layanan proxy mungkin mengumpulkan data pengguna atau memiliki batasan kecepatan dan ketersediaan.

Serta, tidak menyediakan enkripsi end-to-end seperti yang ditawarkan oleh VPN.

Jenis-jenis Proxy

Jenis-jenis Proxy!

Tidak semua proxy bekerja dengan cara yang sama, untuk itu berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis proxy yang harus Anda ketahui.

Transparent Proxy

Transparent proxy adalah jenis proxy yang melakukan pengalihan lalu lintas secara otomatis tanpa memerlukan konfigurasi khusus pada perangkat pengguna.

Dalam transparent proxy, pengguna tidak perlu mengubah pengaturan atau mengarahkan lalu lintas melalui proxy secara manual.

Proxy ini biasanya diimplementasikan pada tingkat jaringan, misalnya oleh penyedia layanan internet (ISP) atau firewall

Anonymous Proxy

Anonymous proxy adalah jenis proxy yang menyembunyikan alamat IP asli pengguna saat mengakses internet.

Dengan menggunakan anonymous proxy, identitas dan lokasi pengguna tetap terlindungi karena alamat IP yang diterlihatkan oleh server tujuan adalah alamat IP proxy, bukan alamat IP asli pengguna.

Distorting Proxy

Distorting proxy adalah jenis proxy yang memodifikasi alamat IP asli pengguna saat mengakses internet dengan mengirimkan alamat IP palsu yang terdistorsi kepada server tujuan.

Dengan menggunakan distorting proxy, upaya dilakukan untuk menyembunyikan identitas asli pengguna dan menghasilkan alamat IP palsu yang tampak meyakinkan.

High Anonymity Proxy

High anonymity proxy adalah jenis proxy yang menyembunyikan identitas pengguna sepenuhnya dan tidak mengungkapkan alamat IP asli saat mengakses internet.

Dengan menggunakan high anonymity proxy, pengguna dapat menjaga privasi dan anonimitas secara maksimal.

Fungsi Proxy

Berikut ini beberapa fungsi proxy pada umumnya, antara lain:

Meningkatkan Keamanan Pengguna

Penggunaan server proxy dapat membantu menyembunyikan alamat IP asli pengguna dan meningkatkan anonimitas online.

Ketika Anda terhubung melalui proxy server, alamat IP yang terdeteksi oleh situs web yang Anda kunjungi adalah alamat IP proxy server, bukan alamat IP asli Anda.

Hal ini dapat membantu melindungi privasi Anda dan mencegah situs web atau pihak lain melacak alamat IP Anda atau mengidentifikasi lokasi fisik Anda secara langsung.

Dengan menggunakan proxy server, Anda dapat menghindari paparan informasi geografis yang dapat diketahui melalui alamat IP, seperti negara atau kota asal Anda.

Ini dapat membantu menjaga privasi dan mencegah penggunaan alamat IP untuk tujuan yang tidak diinginkan, seperti penargetan iklan atau pelacakan aktivitas online.

Pemantauan Trafik

Proxy server seperti Squid dapat digunakan untuk memantau aktivitas pengguna internet di lembaga pendidikan atau perusahaan.

Squid adalah salah satu perangkat lunak proxy server yang populer dan memiliki fitur pemantauan yang kuat.

Dengan menggunakan Squid, administrator jaringan dapat memantau dan mencatat lalu lintas internet pengguna, termasuk situs web yang dikunjungi, permintaan yang dilakukan, dan jumlah data yang dikonsumsi.

Informasi ini dapat digunakan untuk melacak penggunaan internet, menganalisis kebiasaan browsing, serta mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan atau aktivitas yang melanggar kebijakan perusahaan atau lembaga pendidikan.

Mengakses Jaringan atau Website yang Diblokir

Server proxy dapat digunakan untuk mengakses konten yang mungkin dibatasi geografis atau disembunyikan oleh pemilik konten.

Dengan mengarahkan lalu lintas melalui server proxy, alamat IP yang terlihat oleh situs web atau layanan yang Anda akses adalah alamat IP proxy server, bukan alamat IP asli Anda.

Ini dapat membantu Anda mengatasi pembatasan geografis atau penyaringan yang diterapkan oleh penyedia layanan internet atau pemilik konten.

Misalnya, beberapa konten atau layanan streaming mungkin hanya tersedia untuk wilayah tertentu, dan dengan menggunakan server proxy yang berlokasi di wilayah tersebut, Anda dapat mengakses konten yang sebelumnya dibatasi.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Cara Kerja Proxy!

Ketika menggunakan server proxy, koneksi Anda akan terlebih dahulu terhubung ke server proxy sebelum diteruskan ke alamat tujuan (misalnya, herza.id atau lainnya).

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Anda mengatur pengaturan proxy di perangkat Anda atau menggunakan aplikasi khusus yang mengarahkan lalu lintas melalui server proxy.

  2. Ketika Anda mengakses sebuah situs web, permintaan tersebut pertama kali dikirim ke server proxy yang telah Anda tentukan.

  3. Server proxy menerima permintaan Anda dan membuat permintaan ke situs web yang sebenarnya atau alamat tujuan.

  4. Server proxy bertindak sebagai perantara dan meneruskan tanggapan dari situs web ke perangkat Anda.

  5. Perangkat Anda menerima tanggapan dari server proxy, dan Anda dapat melihat dan mengakses konten dari situs web tersebut.

Resiko Menggunakan Proxy

Sebelumnya sudah kita jelaskan di atas jenis-jenis dari proxy. Meskipun proxy memberikan banyak sistem keamanan bagi pengguna server proxy, namun tidak semua server proxy menawarkan keamanan yang sama.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

Server Proxy Tidak Melakukan Enkripsi

Beberapa jenis server proxy, terutama transparent proxy, tidak menyediakan enkripsi lalu lintas secara otomatis.

Transparent proxy adalah jenis proxy yang melakukan pengalihan lalu lintas tanpa melakukan modifikasi pada konten atau permintaan pengguna.

Ketika menggunakan transparent proxy, alamat IP asli Anda tetap terlihat oleh situs web atau layanan yang Anda akses.

Ini berarti identitas perangkat yang Anda gunakan dapat diketahui dengan jelas oleh pihak yang menerima permintaan tersebut.

Hal ini berbeda dengan jenis proxy lainnya, seperti anonymous proxy atau high anonymity proxy, yang dirancang untuk menyembunyikan alamat IP asli pengguna.

Proxy jenis ini menyediakan lapisan enkripsi yang lebih tinggi dengan mengubah alamat IP yang terlihat oleh situs web menjadi alamat IP proxy.

Server Proxy Mencatat Riwayat Aktivitas yang Melewatinya

Beberapa server proxy dapat menyimpan data aktivitas pengguna yang menggunakan layanannya.

Meskipun alamat IP asli Anda mungkin disembunyikan, server proxy masih memiliki kemampuan untuk mencatat aktivitas pengguna yang melalui server tersebut.

Penyimpanan dan pengolahan data pengguna dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan praktik masing-masing penyedia proxy.

Beberapa penyedia proxy mungkin menyimpan log aktivitas pengguna, termasuk situs web yang dikunjungi, waktu akses, dan alamat IP asli pengguna.

Data ini dapat digunakan untuk tujuan pemantauan, analisis, atau kepatuhan hukum.

Penting untuk memilih penyedia proxy yang terpercaya dan mengerti kebijakan privasi mereka.

Pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan privasi dan penyimpanan data pengguna yang diterapkan oleh penyedia proxy yang Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan Proxy di Browser

Saat Anda akan menggunakan server proxy, Anda harus mengaktifkan proxy di browser terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan proxy di browser bisa dilakukan dengan menggunakan Google Chrome dan Firefox, berikut penjelasannya:

Google Chrome

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan proxy di Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome di perangkat Anda.
  2. Klik ikon menu tiga titik vertikal di pojok kanan atas jendela browser Chrome.
  3. Pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan” dari menu drop-down.
  4. Gulir ke bawah dan klik pada “Advanced” atau “Lanjutan” untuk menampilkan pengaturan tambahan.
  5. Di bawah bagian “System”, klik pada “Open proxy settings” atau “Buka pengaturan proxy”.
  6. Pengaturan jendela “Internet Properties” atau “Properti Internet” akan terbuka di jendela baru.
  7. Di jendela “Internet Properties”, pilih tab “Connections” atau “Hubungan”.
  8. Klik pada tombol “LAN Settings” atau “Pengaturan LAN” di bagian bawah jendela.
  9. Di jendela “Local Area Network (LAN) Settings” atau “Pengaturan Jaringan Lokal (LAN)”, centang kotak “Use a proxy server for your LAN” atau “Gunakan server proxy untuk jaringan LAN Anda”.
  10. Masukkan alamat IP proxy dan nomor port proxy di bidang yang sesuai. Anda juga dapat mengatur opsi lain seperti “Bypass proxy server for local addresses” atau “Melewati server proxy untuk alamat lokal” jika diperlukan.
  11. Klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.
  12. Klik “OK” lagi di jendela “Internet Properties” untuk menutupnya.

Proxy sekarang diaktifkan di Google Chrome. Browser akan menggunakan pengaturan proxy yang Anda tetapkan saat mengakses internet.

Pastikan untuk memasukkan informasi proxy yang benar dan valid sesuai dengan pengaturan yang diberikan oleh penyedia proxy atau administrator jaringan Anda.

Firefox

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan proxy di Firefox:

  1. Buka Mozilla Firefox di perangkat Anda.
  2. Klik ikon menu tiga garis horisontal di pojok kanan atas jendela browser Firefox.
  3. Pilih opsi “Options” atau “Pilihan” dari menu drop-down.
  4. Di jendela “Options” atau “Pilihan”, pilih tab “General” atau “Umum”.
  5. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Network Settings” atau “Pengaturan Jaringan”.
  6. Klik pada tombol “Settings” atau “Pengaturan” di bagian “Network Settings”.
  7. Jendela “Connection Settings” atau “Pengaturan Koneksi” akan muncul.
  8. Di jendela “Connection Settings”, pilih opsi “Manual proxy configuration” atau “Konfigurasi manual proxy”.
  9. Masukkan alamat IP proxy dan nomor port proxy di kolom yang sesuai. Jika proxy Anda membutuhkan otentikasi, Anda juga dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi proxy di kolom yang sesuai.
  10. Jika diperlukan, Anda dapat mengatur opsi lain seperti “No Proxy for” atau “Tidak Ada Proxy untuk” untuk mengesampingkan beberapa alamat atau domain dari penggunaan proxy.
  11. Klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.
  12. Tutup jendela “Options” atau “Pilihan”.

Proxy sekarang diaktifkan di Mozilla Firefox. Browser akan menggunakan pengaturan proxy yang Anda tetapkan saat mengakses internet.

Pastikan untuk memasukkan informasi proxy yang benar dan valid sesuai dengan pengaturan yang diberikan oleh penyedia proxy atau administrator jaringan Anda.

Kesimpulan Pembahasan Proxy

Dari penjelasan di atas terkait apa itu proxy, dapat disimpulkan bahwa penggunaan server proxy dapat memberikan beberapa manfaat dan fungsi penting, seperti mengakses konten yang diblokir atau dibatasi, Anonimitas dan privasi, serta kontrol dan pemantauan.

Namun, penting juga untuk mempertimbangkan beberapa hal terkait penggunaan server proxy, seperti kepercayaan pada penyedia proxy, enskripsi dan keamanan, serta hukum dan regulasi.

Dengan memahami manfaat, risiko, dan pertimbangan yang terkait dengan penggunaan server proxy, Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika privasi dan keamanan adalah kekhawatiran utama Anda, sebaiknya pertimbangkan menggunakan layanan Jaringan Virtual Pribadi (VPN) yang dapat menyediakan enkripsi lalu lintas dan melindungi privasi secara menyeluruh.

Herza Cloud telah menyediakan VPS khusus Tunneling / VPN yang bisa digunakan untuk memberikan Layanan VPN / SSH Tunneling secara komersil ataupun pribadi.

Semua Paket VPS Tunneling Murah kami dengan Performa dan Teknologi Terkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99.5% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia. 

So tunggu apalagi segera hubungi kami untuk berlangganan VPS Tunneling/VPN.