Apa itu CDN?

Content Delivery Network atau yang lebih dikenal dengan singkatan CDN mengacu pada sekelompok server yang didistribusikan secara geografis yang bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet yang cepat. CDN memungkinkan transfer cepat atas aset yang diperlukan untuk memuat konten Internet termasuk halaman HTML, file javascript, stylesheet, gambar, dan video. Popularitas layanan CDN terus berkembang, dan saat ini sebagian besar lalu lintas web dilayani melalui CDN, termasuk lalu lintas dari situs-situs besar seperti Facebook, Netflix, dan Amazon. CDN yang dikonfigurasi dengan benar juga dapat membantu melindungi situs web dari beberapa serangan berbahaya yang umum, seperti serangan Distributed Denial of Service (DDOS).

Apakah CDN sama dengan Web Hosting?

Meskipun CDN tidak meng-host konten dan tidak dapat menggantikan kebutuhan akan Web Hosting Murah, CDN membantu konten cache di tepi jaringan, yang meningkatkan kinerja sebuah website. Banyak website berjuang agar kebutuhan kinerjanya dipenuhi oleh layanan hosting tradisional, itulah sebabnya mereka memilih CDN. Dengan memanfaatkan caching untuk mengurangi bandwidth hosting, membantu mencegah interupsi dalam layanan, dan meningkatkan keamanan, CDN adalah pilihan populer untuk meringankan beberapa masalah utama yang menyertai web hosting tradisional.

Apa keuntungan menggunakan CDN?

Meskipun manfaat menggunakan CDN bervariasi tergantung pada ukuran dan kebutuhan properti Internet, manfaat utama bagi sebagian besar pengguna dapat dibagi menjadi 4 komponen berbeda:

  1. Meningkatkan waktu loading sebuah website – Dengan mendistribusikan konten lebih dekat ke pengunjung Website dengan menggunakan server CDN terdekat (di antara pengoptimalan lainnya), pengunjung mengalami waktu pemuatan halaman yang lebih cepat. Karena pengunjung lebih cenderung mengeklik dari situs yang memuat lambat, CDN dapat mengurangi rasio bounce-back dan meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan orang di situs. Dengan kata lain, situs web yang lebih cepat berarti lebih banyak pengunjung akan tinggal dan bertahan lebih lama.
  2. Mengurangi biaya bandwidth – Biaya konsumsi bandwidth untuk hosting Website adalah pengeluaran utama untuk Website . Melalui caching dan pengoptimalan lainnya, CDN dapat mengurangi jumlah data yang harus disediakan oleh server asal, sehingga mengurangi biaya hosting untuk pemilik Website.
  3. Meningkatkan ketersediaan dan redundansi konten – Sejumlah besar lalu lintas atau kegagalan perangkat keras dapat mengganggu fungsi normal Website. Berkat sifatnya yang terdistribusi, CDN dapat menangani lebih banyak lalu lintas dan menahan kegagalan perangkat keras lebih baik daripada banyak server asal.
  4. Meningkatkan keamanan Website – CDN dapat meningkatkan keamanan dengan menyediakan mitigasi DDoS, peningkatan sertifikat keamanan, dan pengoptimalan lainnya. 

Bagaimana cara kerja CDN?

Pada intinya, CDN adalah jaringan server yang terhubung bersama dengan tujuan mengirimkan konten secepat, murah, andal, dan seaman mungkin. Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN akan menempatkan server di titik pertukaran antara jaringan yang berbeda.

Internet Exchange Point (IXP) ini adalah lokasi utama di mana penyedia Internet yang berbeda terhubung untuk memberikan akses satu sama lain ke lalu lintas yang berasal dari jaringan mereka yang berbeda. Dengan memiliki koneksi ke lokasi berkecepatan tinggi dan sangat saling berhubungan ini, penyedia CDN dapat mengurangi biaya dan waktu transit dalam pengiriman data berkecepatan tinggi.

Apa itu CDN?

Selain penempatan server di IXP, CDN membuat sejumlah optimasi pada transfer data klien/server standar. CDN menempatkan Pusat Data di lokasi strategis di seluruh dunia, meningkatkan keamanan, dan dirancang untuk bertahan dari berbagai jenis kegagalan dan kemacetan Internet.

Latensi – Bagaimana cara CDN meningkatkan waktu muat situs web?

Ketika datang ke Website yang memuat konten, pengguna akan pergi ketika situs melambat. Layanan CDN dapat membantu mengurangi waktu muat dengan cara berikut:

  1. Sifat CDN yang terdistribusi secara global berarti mengurangi jarak antara pengguna dan sumber daya Website. Alih-alih harus terhubung ke mana pun server asal situs web dapat hidup, CDN memungkinkan pengguna terhubung ke pusat data yang lebih dekat secara geografis. Lebih sedikit waktu perjalanan berarti layanan lebih cepat.
  2. Optimalisasi perangkat keras dan perangkat lunak seperti penyeimbangan beban yang efisien dan hard drive solid-state dapat membantu data menjangkau pengguna lebih cepat.
  3. CDN dapat mengurangi jumlah data yang ditransfer dengan mengurangi ukuran file menggunakan taktik seperti minifikasi dan kompresi file. Ukuran file yang lebih kecil berarti waktu pemuatan yang lebih cepat.
  4. CDN juga dapat mempercepat situs yang menggunakan sertifikat TLS/SSL dengan mengoptimalkan penggunaan kembali koneksi dan mengaktifkan TLS false start.

Kesimpulan

Dengan meningkatnya jumlah pengguna global, tekanan pada sumber daya web hosting lebih tinggi dari sebelumnya. Bahkan jika Anda tidak khawatir tentang itu, menggunakan CDN dapat meningkatkan kinerja situs web Anda secara signifikan, terutama bagi pengguna yang tidak dekat dengan server Anda.

Dengan meningkatnya tekanan yang diberikan pada situs web untuk tampil lebih cepat, menggunakan CDN adalah elemen penting untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.

Salah satu CDN yang cukup Popular di dunia ada Cloudflare. Silahkan baca Artikel kami tentang Apa itu Cloudflre? Dan Cara Menggunakannya