VPN dan firewall

VPN dan Firewall – Akhir-akhir ini, penggunaan VPN cukup tinggi di masyarakat. Bukan tanpa sebab, peningkatan penggunaan layanan ini sejalan dengan harapannya yaitu untuk bisa mengamankan perangkat Anda saat berselancar di internet.

Namun di samping itu, beberapa orang juga masih bingung, saat mereka sudah memiliki perangkat firewall, apakah mereka juga tetap membutuhkan VPN?

Sebenarnya, perbedaan yang paling utama antara VPN dengan firewall ialah jika VPN akan mengenkripsi koneksi Anda dan menyembunyikan alamat IP yang sebenarnya, sementara firewall akan memblokir serangan pada jaringan atau komputer.

Jadi, kita bisa simpulkan baik VPN maupun firewall keduanya adalah perangkat yang bisa menjaga perangkat Anda agar tetap aman. Ya walaupun memang, cara kerja kedua perangkat tersebut berbeda.

Agar Anda tidak salah memahami, artikel ini akan berfokus pada pembahasan seputar VPN dan Firewall, bagaimana mereka bisa bekerja sama.

Untuk itu, silkan simak sampai bawah!  

Apa Itu VPN?

Sebelum masuk ke pembahasan apa perbedaan VPN dengan Firewall, kita akan mengulas sedikit tentang pengertian VPN.

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk melindungi privasi dan keamanan saat seseorang mengakses internet.

Nah, misalnya Anda sedang berselancar di internet, jika Anda sudah menggunakan layanan ini, alamat IP Anda yang sebenarnya akan disembunyikan dan digantikan oleh alamat IP server VPN.

Itu berarti, siapapun tidak akan tahu tentang lokasi Anda, tidak akan tahu privasi Anda, seperti detail login, informasi kartu kredit, dan percakapan online karena dengan menggunakan layanan ini, aktivitas online Anda akan lebih sulit diakses oleh pihak yang tidak berwenang atau penjahat siber.

Oleh karena itu, biasanya individu dan beberapa perusahaan yang menggunakan layanan ini memiliki tujuan untuk bisa menggunakan internet tanpa harus khawatir siapapun atau bahkan pihak pemerintah sekalipun, bisa mengintip aktivitas mereka yang dilakukan di internet.

Baca juga! Apa Itu VPN?

Keuntungan Menggunakan VPN

Banyak dari kita yang sengaja menggunakan layanan ini sebagai suatu cara yang cukup murah atau ekonomis agar bisa menerobos suatu pembatasan geografis dan menjaga keamanan dari segala bentuk serangan siber.

Terutama untuk para pembisnis, universitas atau lembaga, bahkan pelajar sekalipun menggunakannya dengan maksud agar bisa mengakses dengan bebas semua informasi dan sumber daya yang  dibutuhkan dengan jaminan keamanan.

Baca Juga! Jenis-jenis VPN?

Apa Itu Firewall?

Ibaratnya penjaga keamanan, firewall adalah perangkat yang berfungsi untuk mengawasi lalu lintas antara jaringan dan komputer Anda. Karena fungsinya sebagai penjaga keamanan, firewall lah perangkat yang berada di garda terdepan untuk memblokir konten, situs-situs tertentu, atau aplikasi agar tidak  bisa menyerang komputer Anda.

Untuk sekarang ini, biasanya, komputer sudah lengkap dengan firewall yang dipasangi di macOS dan Windows. Sementara di ponsel pintar Anda biasanya tidak dipasangi firewall karena ponsel tidak serentan PC.

Jenis-Jenis Firewall

Sebenarnya, firewall ada beragam jenisnya. Namun dalam pembahasan kali ini kita akan berfokus pada dua jenis firewall, yaitu firewall perangkat keras dan lunak atau hardware firewall & software firewall.

Sederhananya, firewall perangkat keras aadalah jenis firewall yang berbentuk perangkat fisik yang berdiri sendiri, sedangkan software firewall adalah jenis firewall yang diimplementasikan sebagai perangkat lunak pada sistem operasi atau aplikasi, misalnya firewall yang terpasang di Windows atau macOs.

 Baca Juga! Apa Itu Next Generation Firewall?

Apa yang Bisa dilakukan VPN tapi Tidak Bisa dilakukan Firewall?

VPN dan firewall adalah dua alat yang memiliki fungsi berbeda dalam menjaga keamanan dan privasi antara kompuer Anda dan jaringan internet.  Meskipun keduanya memiliki tujuan perlindungan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh VPN tetapi tidak dapat dilakukan oleh firewall

1. Mengenkripsi Lalu Lintas

VPN dapat mengenkripsi seluruh lalu lintas internet dari perangkat Anda, termasuk data yang dikirim dan diterima, hal ini berarti bahwa jika seseorang berhasil menembus firewall Anda, mereka akan menghadapi lalu lintas yang terenkripsi yang sulit untuk diuraikan dan dimengerti

2. Menyembunyikan Lokasi IP

VPN menggantikan alamat IP asli Anda dengan alamat IP dari server VPN.  Hal tersebut tidak hanya membantu dalam melindungi identitas Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengakses konten yang mungkin dibatasi di wilayah Anda

3. Akses ke Jaringan Eksternal yang Aman

VPN memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan eksternal, seperti jaringan perusahaan, secara aman melalui internet publik. Anda juga dapat mengakses sumber daya jaringan internal dengan aman, seolah-olah Anda berada di lokasi fisik jaringan tersebut.

4. Bypass Sensor dan Pembatasan

Selain itu, VPN juga dapat membantu Anda melewati pembatasan geografis atau sensor yang diterapkan oleh pemerintah atau penyedia layanan, sehingga ini memungkinkan Anda bisa mengakses konten atau layanan yang mungkin sebelumnya tidak tersedia di wilayah Anda.

5. Mengamankan Koneksi di Jaringan Wi-Fi Publik

Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, informasi Anda dapat rentan terhadap ancaman keamanan. VPN juga bisa membantu Anda melindungi data dengan mengenkripsi lalu lintas, yang membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi sensitif. 

6. Mengamankan Aktivitas di Seluruh Aplikasi

VPN mengamankan seluruh lalu lintas internet dari perangkat Anda, termasuk semua aplikasi yang Anda gunakan. Itu artinya,  semua aktivitas online, termasuk aplikasi yang tidak memiliki pengaturan keamanan yang kuat, juga akan terlindungi. 

7. Meghindari Pencatatan Aktivitas oleh ISP

Meskipun firewall dapat membantu melindungi perangkat Anda dari ancaman eksternal, ISP (Penyedia Layanan Internet) Anda masih dapat melacak aktivitas online Anda. VPN dapat mengenkripsi lalu lintas Anda sehingga ISP sulit melacak dan memantau aktivitas Anda.

Namun, penting untuk diingat juga bahwa firewall tetap penting sebagai lapisan pertahanan yang penting dalam melindungi jaringan dan perangkat Anda.

Kombinasi penggunaan VPN dan firewall dapat membantu menciptakan perangkat Anda jauh lebih yang aman dan menjaga privasi.

Akan tetapi, apakah penggunaan firewall dapat memengaruhi VPN?

Apakah Firewall Memengaruhi VPN?

apakah firewall berpengaruh pada vpn

Sebenarnya, firewall bisa saja berpengaruh pada VPN Anda. Namun inipun bergantung pada bagaimana pengaturan firewall diatur.

Keduanya adalah alat keamanan yang berfungsi berbeda, tetapi kadang-kadang interaksi antara keduanya bisa mempengaruhi koneksi dan akses.

Berikut beberapa cara bagaimana firewall dapat memengaruhi penggunaan VPN, yaitu :

1. Pemblokiran Koneksi VPN

Firewall dapat dirancang untuk memblokir jenis koneksi tertentu, termasuk protokol yang digunakan oleh VPN.

Nah, jika firewall Anda dikonfigurasi untuk memblokir koneksi VPN, maka Anda mungkin tidak akan bisa terhubung ke server VPN sama sekali.

Sehingga dalam kasus ini, Anda perlu memastikan bahwa pengaturan firewall Anda memperbolehkan koneksi VPN.

2.Penurunan Kecepatan Koneksi

Firewall juga dapat menerapkan inspeksi lalu lintas yang lebih ketat untuk memeriksa setiap paket data yang masuk dan keluar dari jaringan Anda.

dapat menyebabkan penurunan kecepatan koneksi VPN Anda karena adanya latensi yang lebih tinggi akibat pemeriksaan tambahan oleh firewall.

3. Penanganan Konflik Port

Beberapa protokol VPN dapat menggunakan port tertentu untuk berkomunikasi.

Jika port ini digunakan oleh layanan lain atau diblokir oleh firewall, maka ini dapat menyebabkan masalah dalam koneksi VPN.

Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa port yang diperlukan oleh protokol VPN Anda tidak diblokir oleh firewall.

4. Kegagalan Autentikasi

Beberapa firewall memiliki aturan yang ketat terkait autentikasi dan otentikasi lalu lintas.

Jika aturan ini berlebihan atau tidak sesuai, hal ini bisa menyebabkan kegagalan autentikasi saat mencoba menghubungkan VPN.

Beberapa point di atas bisa diambil benang merahnya bahwa untuk meminimalkan dampak firewall pada penggunaan VPN, penting untuk memastikan bahwa Anda mengonfigurasi firewall Anda dengan benar.

Itu artinya,  Anda memastikan untuk mengizinkan koneksi VPN melalui aturan firewall, mengonfigurasi pembukaan port yang diperlukan, atau menyesuaikan pengaturan firewall agar sesuai dengan kebutuhan penggunaan VPN Anda.

Apa Perbedaan antara VPN dan Firewall?

VPN FIREWALL
Fungsi Utama: VPN digunakan untuk mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan membuat terowongan aman antara perangkat Anda dan server VPN Fungsi Utama: Firewall adalah alat yang digunakan untuk melindungi jaringan Anda dari ancaman eksternal dengan memantau dan mengontrol lalu lintas masuk dan keluar
Privasi dan Anonimitas: VPN menggantikan alamat IP Anda dengan alamat IP dari server VPN, menyembunyikan identitas dan lokasi fisik Anda. Pengaturan dan Kontrol Lalu Lintas: Firewall memberikan kontrol atas jenis lalu lintas yang diizinkan dan diblokir, serta mengatur aturan akses terhadap aplikasi dan layanan tertentu.
Melintasi Pembatasan Geografis: VPN memungkinkan Anda untuk mengakses konten yang mungkin terbatas di wilayah geografis tertentu.. Deteksi dan Pencegahan Serangan: Firewall memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mencegah serangan, seperti serangan DDoS, serangan berbasis protokol, dan upaya masuk yang mencurigakan.
Keamanan di Jaringan Publik: Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, VPN membantu melindungi data Anda dari potensi ancaman keamanan, seperti peretasan atau pencurian data. Proteksi Terhadap Ancaman Langsung: Firewall melindungi jaringan dan perangkat Anda dari ancaman yang mungkin merusak atau mencuri data Anda.
Bypass Sensor dan Pemantauan: Di beberapa negara, VPN dapat membantu menghindari sensor dan pemantauan oleh pemerintah atau penyedia layanan internet, sehingga memungkinkan akses ke informasi dan konten tanpa pembatasan. Kontrol Keamanan Jaringan: Firewall membantu dalam manajemen jaringan, memprioritaskan lalu lintas yang sah, dan mengelola bandwidth.
Alasan Perlu Menggunakan VPN walau Sudah Menggunakan Firewall

Dari tabel di atas menunjukkan bahwa walaupun Anda sudah menggunakan VPN, Anda perlu juga menggunakan firewall.

Berikut beberapa alasan yang menguatkannya, yaitu :

  1. Anda menciptakan lapisan keamanan yang jauh lebih baik karena firewall melindungi jaringan Anda dari serangan langsung dan ancaman eksternal sedangkan VPN melindungi data Anda saat berkomunikasi melalui jaringan publik.

     

  2. Privasi Anda akan lebih kuat karena VPN membantu menyembunyikan alamat IP Anda serta melindungi identitas serta lokasi fisik. Sedangkan firewall memberikan kontrol lebih lanjut atas lalu lintas yang masuk dan keluar serta memastikan bahwa data sensitif Anda tidak terekspos.

  3. Mencegah ancaman langsung yang mungkin merusak atau mengancam jaringan

  4. Melindungi data Anda dari mata-mata dan ancaman yang mungkin ada di jaringan publik

  5. Melihat lalu lintas VPN yang masuk dan keluar, serta memonitor aktivitas jaringan melalui firewall

     

  6.  Menangani koneksi VPN Anda yang lebih tepat karena firewall dapat dikonfigurasi untuk mengizinkan koneksi VPN melalui aturan yang sesuai

     

  7. Memiliki kebebasan berbicara dan berpendapat

     

  8. Melindungi data Anda dari ancaman keamanan yang mungkin muncul di lingkungan jaringan publik.

    Dari pemaparan di atas kita bisa simpulkan bahwa menggabungkan VPN dan firewall, Anda menciptakan lingkungan online yang lebih aman, lebih terlindungi, dan lebih sesuai dengan privasi Anda. Sehingga ketika Anda berselancar di internet.

    Anda akan lebih aman dan privasi Anda terjaga dengan baik. Karena semakin canggihnya teknologi, serangan siber pun muncul dengan bermacamjenisnya. Ada 7 jenis serangan cyber yang bisa Anda ketahui.

Namun, pastikan pula untuk mengatur dan mengelola keduanya dengan benar untuk memastikan bahwa kinerjanya optimal.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas kita bisa menyimpulkan beberapa point penting mengenai bahasan VPN dan firewall,  mulai dari pengertiannya, apa yang bisa dilakukan VPN tapi tidak bisa dilakukan firewall, pengaruh VPN pada firewall, perbedaan VPN dan firewall bahkan alasan perlu menggunakan VPN walau sudah menggunakan firewall.

Pada intinya, baik VPN maupun firewall keduanya adalah sesuatu yang bisa mengamankan Anda ketika berselancar di internet.

Jika Anda mungkin membutuhkan atau tertarik menggunakan VPN, jangan lupa untuk selalu pastikan bahwa penyedia layanan VPN yang akan Anda gunakan memiliki kualitas yang baik yang akan mendukung segala kebutuhan Anda.

Kualitas layanan VPN yang baik bisa dilihat dari beberapa standirasi yang ditawarkan, seperti :

  1.  Akses root penuh
  2. TUN/TAP Enabled
  3. Upto 1Gbit Uplink facebook & GG
  4. Penyimpanan Data dengan SDD
  5. Sistem Hardware Failover
  6. Alamat Ip Dedicated
  7. Upto 1 Gbit Uplink Cloudflare & Akamai
  8. Upgrade cepat dan efisien

    Herza cloud menyediakan layanan paket VPN murah  dengan performa dan teknologitTerkini, menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data Anda, generasi terkini dari Intel CPU dan 99.5%  garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia.

Semua pelanggan VPS Murah dari Herza Cloud akan mendapatkan IP Dedicated Public.