Kenali Perbedaan Dedicated Server dan Dedicated Hosting

Perbedaan Dedicated Server dan Dedicated Hosting – Jika dilihat dari namanya, Dedicated Server dan Dedicated Hosting memiliki nama yang hampir mirip, padahal kedunya merupakan hal yang berbeda.

Apakah Anda termasuk orang tersebut yang mengira dedicated server sama dengan dedicated hosting?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, dalam artikel ini kami akan membahas tentang perbedaan dedicated server dan dedicated hosting.

Yuk simak sampai selesai!

Apa itu Dedicated Server dan Dedicated Hosting

Pengertian Dedicated Server dan Dedicated Hosting

Sebelum mengetahui perbedaan dedicated server dan dedicated hosting, kita harus tahu dulu pengertian dari kedua layanan tersebut.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah layanan hosting yang memberikan penggunanya akses eksklusif pada sebuah server fisik yang didedikasikan hanya untuk satu pengguna.

Dalam hal ini, pengguna memiliki kontrol penuh atas server dan dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya yang tersedia.

Keuntungan dari dedicated server antara lain:

  1. Performa yang lebih stabil dan handal dibandingkan dengan jenis hosting lain seperti shared hosting atau VPS hosting.

  2. Keamanan data yang lebih terjamin karena tidak ada pengguna lain yang bisa mempengaruhi atau membaca data yang tersimpan.

  3. Kontrol penuh atas server, sehingga pengguna dapat menentukan jenis virtualisasi/OS yang akan digunakan sesuai kebutuhan.

Namun, dedicated server juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya yang mahal dan memerlukan keterampilan dan pengetahuan teknis yang lebih baik.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel kami tentang 10 Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Yuk Cari Tahu!

Dedicated Cloud Hosting

Dedicated Cloud Hosting adalah layanan penyediaan server eksklusif yang menggunakan teknologi cloud computing.

Layanan ini menyediakan server fisik yang didedikasikan secara eksklusif untuk satu pengguna atau satu bisnis.

Ia juga menggunakan teknologi cloud computing untuk memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan dedicated server konvensional.

Dalam dedicated cloud hosting, server fisik biasanya ditempatkan di data center penyedia layanan, dan pengguna dapat mengelola server melalui antarmuka web atau API yang disediakan.

Layanan ini menyediakan fitur seperti alokasi sumber daya yang dinamis (CPU, RAM, dan penyimpanan), kemampuan untuk memperbesar kapasitas server dengan mudah, dan tingkat keandalan yang tinggi melalui penggunaan teknologi cloud computing.

Dedicated cloud hosting biasanya digunakan oleh bisnis atau organisasi yang membutuhkan akses ke sumber daya server yang eksklusif, tetapi juga memerlukan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi.

Layanan ini juga dapat membantu bisnis mengurangi biaya infrastruktur IT mereka.

Karena pengguna hanya membayar untuk sumber daya yang digunakan, dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli dan mengelola server fisik mereka sendiri.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting, Anda Harus Tahu!

Perbedaan Dedicated Server dan Dedicated Hosting

Perbedaan Dedicated Server dan Dedicated Hosting

Dedicated server dan dedicated hosting sebenarnya memiliki arti yang sama, yaitu layanan penyewaan server eksklusif yang didedikasikan hanya untuk satu pengguna atau satu bisnis.

Namun, biasanya istilah “dedicated server” lebih sering digunakan untuk merujuk pada server fisik yang disewa secara eksklusif.

Sementara istilah “dedicated hosting” lebih sering digunakan untuk merujuk pada layanan penyediaan server eksklusif yang mencakup juga layanan manajemen server, dukungan teknis, dan layanan lainnya yang terkait dengan pengelolaan server.

Dalam prakteknya, penyedia layanan dedicated server atau dedicated hosting biasanya akan menyediakan server fisik eksklusif yang ditempatkan di data center mereka, serta menyediakan layanan manajemen server, dukungan teknis, dan berbagai fitur dan layanan tambahan yang terkait dengan pengelolaan server.

Sehingga, pengguna hanya perlu fokus pada kebutuhan bisnis mereka, sementara penyedia layanan akan mengelola server dan memberikan dukungan teknis.

Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan mendasar antara dedicated server dan dedicated hosting, terutama dalam hal fitur dan layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan.

Beberapa penyedia layanan dedicated server hanya menyediakan server fisik eksklusif tanpa layanan manajemen server dan dukungan teknis.

Sementara penyedia layanan dedicated hosting biasanya akan menyediakan berbagai layanan dan fitur tambahan seperti manajemen server, backup data, dan perlindungan keamanan data.

Layanan Dedicated Server dan Layanan Dedicated Hosting Herza Cloud

Ketika Anda dihadapkan dengan dua pilihan antara dedicated server dan dedicated hosting, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Namun, jika Anda masih bingung dalam memilih layanan diantara keduanya, silahkan konsultasikan dengan Herza Cloud.

Herza Cloud menyediakan bebragai macam layanan hosting dan server, termasuk layanan dedicated server dan dedicated hosting.

Layanan Dedicated Server Herza Cloud

Jika Anda kebingungan dalam mencari layanan Dedicated Server yang terpercaya, silahkan hubungi Herza Cloud.

Kami menawarkan dedicated server yang murah dan tersertifikasi ISO 9001:2015 & 27001:2013 dengan fitur-fitur terbaik untuk mendukung jalannya dedicated server Anda.

Fitur-fitur Dedicated Server Herza Cloud

Paket Dedicated Server dari Herza Cloud telah melalui proses re-engineering yang tepat disesuaikan dengan kebutuhkan pasar dengan harga yang bersahabat.

Sehingga dapat melayani pelanggan Anda dengan kecepatan maksimum secara bersamaan dengan uptime yang tinggi.

Silahkan cek kecepatan jaringan kami melalui Aplikasi SpeedTest.

Semua Dedicated Server dari Herza Cloud telah terlindungi oleh Anti DDoS dan Scrubbing serta didukung oleh Tim kami dengan Tim Support Professional 24 jam non-stop.

Dengan kinerja tinggi, kehandalan dan redudansi penuh, server kami dirancang sehingga melebihi apa yang bisnis Anda butuhkan.

Layanan Dedicated Hosting Herza Cloud

Jika Anda mencari provider layanan dedicated hosting, Herza Cloud Jawabannya!

Dedicated Hosting dari Herza Cloud adalah layanan Hosting Murah dengan dedicated resources yang berkualitas handal serta hadir dengan keamanan tinggi.

Seluruh jaringan Server adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT dengan Uplink 10Gbps yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.

Seluruh paket telah termasuk Imunify360 yang akan membantu Anda dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.