pengertian, jenis, keunggulan dan kelebihan Cloud Storage

Layanan Cloud Storage– Cloud Storage adalah pelayanan penyimpanan data melalui internet yang menjadi jalan strategis untuk perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data agar semakin  mudah diakses. Perusahaan yang menyimpan data dengan skala yang besar akan sangat membutuhkan layanan Cloud.

Mengapa demikian? Karena dengan adanya layanan ini, perusahaan atau pengguna layanan akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari iritnya biaya, kecepatan, dan efesiensi waktu.

Cloud Storage Backup adalah layanan solusi backup atau pencadangan data melalui Cloud Computing yang bisa berkembang berkat adanya sebuah jaringan internet. Cloud Storage ini mengandalkan jaringan internet untuk  setiap proses kerjanya.  

Untuk lebih paham, apa itu cloud storage, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Cloud Storage


Cloud Storage adalah model layanan penyimpanan data di mana data di transmisikan (dikirimkan, diteruskan, dipindahkan, disebarkan) dan disimpan pada suatu sistem penyimpanan jarak jauh. Di  mana data tersebut dikelola, dicadangkan dan disediakan untuk pengguna melalui jaringan internet.

Penyimpanan ini dapat menawarkan cara yang praktis dalam menyimpan dan memindahkan data dengan aman. Terutama, layanan penyimpanan ini memungkinkan perusahaan bisnis untuk dapat menyimpan file mereka dengan penyedia layanan cloud agar dapat diakses sesuai permintaan di salah satu perangkat mereka.

Cloud Storage dapat digunakan untuk mengarsipkan sebuah data yang membutuhkan penyimpanan jangka panjang tanpa perlu sering diakses. Misalnya catatan keuangan dan catatan arsip tertentu.

Biasanya penyimpanan ini dipakai secara berbayar atau gratis menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Saat Anda menggunakan penyimpanan ini Anda akan dimudahkan tanpa harus merasa takut adanya data yang rusak, menghilang, dicuri dan terkena serangan virus.

Lalu, Bagamana Data Anda disimpan?

Cloud Storage menyimpan data dengan mengizinkan komputer klien, tablet atau smartphone untuk mengirim dan mengambil file secara online dari server data jarak jauh.

Data biasanya disimpan di lebih dari satu server secara bersamaan, agar klien tetap bisa mengakses datanya walaupun di salah satu server mengalami down atau kehilangan data.

Misalnya, pemilik laptop mungkin masih bisa menyimpan foto pribadi di hard drive  dan di cloud jika laptopnya dicuri.  

Data yang disimpan bisa berupa foto digital, file music, file audio, dokumen teks, presentasi dan spreadsheet. Lalu apa keuntungannya bagi perusahaan menggunakan cloud storage?

Apa Saja Keuntungan Perusahaan Menggunakan Cloud Storage?

Cloud Storage bisa menguntungkan penggunanya untuk membantu bisnis dan perusahaan karena bisa menghemat sejumlah besar ruang dan uang.

Mengapa bisa demikian? Sebab, dengan penyimpanan ini, penyedia penyimpanan cloud bertugas untuk memelihara semua perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, sedangkan pengguna layanannya tidak perlu melakukannya lagi.

Selain itu, saat membeli penyimpanan cloud untuk penggunaan awal mungkin terasa lebih mahal. Akan tetapi, dalam jangka waktu yang panjang menggunakan layanan ini bisa dikatakan jauh lebih murah.

Perusahaan bisa secara langsung meningkatkan atau menurunkan berapa banyak penyimpanan cloud yang mereka akses saat kebutuhan penyimpanan mereka berubah.

Untuk lebih lengkap, berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai keuntungan menggunakan layanan Cloud Storage

1. Manajemen di Luar Lokasi

Penyedia Cloud akan bertanggungjawab sepenuhnya untuk memelihara dan melindungi data yang disimpan. Hal ini tentu saja akan membebaskan staff Anda dari  tugas terkait penyimpanan, seperti pengadaan, pemasangan, administrasi dan pemeliharaan. Dengan adanya ini, staff akan terfokus pada prioritas yang lain untuk perusahaan.

2. Implementasi Cepat

Menggunakan layanan cloud bisa mempercepat proses pengaturan dan meningkatkan kemampuan penyimpanan Anda. Dengan penyimpanan cloud, Anda dapat menyediakan layanan dan mulai menggunakannya dalam beberapa jam atau hari, tergantung pada berapa banyak kapasitas yang terlibat.

3. Kolaborasi Semakin Mudah

Cloud Storage memungkinkan antar rekan kerja Anda bisa berkolaborasi lebih mudah & praktis. Saat menggunakan Cloud Storage Anda bisa bekerja dari jarak yang jauh tanpa ditentukan waktu. Jadi, jika Anda sewaktu-waktu membutuhkan data, Anda tidak lagi khawatir dengan ketentuan waktu dan ruangnya, karena aksesnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Cloud Storage Backup Herza Cloud bisa jadi pertimbangan Anda sebab kami menawarkan solusi Cloud Storage yang dapat menyimpan file-file secara aman dengan ZFS Raid technology.

4. Ramah Lingkungan

Dengan Cloud Storage tentu saja tidak akan menghasilkan limbah. Karena penyimpanannya yang mengandalkan jaringan internet, tidak lagi membutuhkan suatu perangkat keras seperti penyimpanan lokal hard disk atau flash disk.

Jika Anda masih menggunakan Flash disk atau Hard Disk kedua penyimpnanan tersebut akan menjadi sampah jika sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi.  

Walaupun terdapat beberapa kelebihan Cloud Storage, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekkurangan Cloud Storage.

Kekurangan Cloud Storage

1. Keamanan

Amannya sebuah data menjadi hal yang sangat penting dalam menggunakan penyimpanan ini. Penyedia penyimpanan cloud selalu mencoba untuk mengamankan infrastruktur mereka dengan teknologi dan praktik yang terkini, tetapi jika sesekali pelanggaran telah terjadi, akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Di Herza Cloud, kami memberikan layanan SLA sebesar 99,5%. Komitmen layanan atau SLA (Service Level Agreement) adalah layanan untuk menyediakan uptime yang tinggi.

2. Kontrol Administratif

Pemeliharaan dan manajemen kepada pihak ketiga akan menawarkan sebuah keuntungan, tetapi juga dapat membatasi kontrol terhadap data Anda.

3. Kepatuhan Regulasi

Industri tertentu, seperti perawatan kesehatan dan keuangan, harus mematuhi peraturan privasi data dan arsip yang ketat, hal ini dapat mencegah perusahaan menggunakan penyimpanan cloud untuk jenis file tertentu, seperti catatan medis dan investasi.

Jika Anda bisa diberikan pilihan, pilih penyedia penyimpanan cloud yang mendukung kepatuhan terhadap peraturan industri apa pun yang akan membawa berpengaruh pada perusahaan Anda.

Jika Anda sudah mulai tertarik dengan pembahasan Cloud Storage, ada beberapa jenis Cloud Storage yang bisa jadi bahan pertimbangan jika Anda tertarik menggunakannya.

Jenis-jenis Cloud Storage

1. Public Cloud Storage

Jenis cloud storage yang satu ini ialah jenis penyimpanan yang isi datanya bisa diakses oleh siapa saja. Anda pasti  tidak asing lagi dengan penggunaan Google Drive dan Drop Box, bukan? Google Drive dan Drop Box termasuk jenis publik cloud storage.

Jika dilihat dari namanya pun sudah menggunakan penggalan kata “public” yang artinya bisa menggambarkan jenis penyimpanan yang umum yang dapat diakses oleh siapa saja.

Saat menggunakan jenis Cloud Storage jenis ini, Anda akan diuntungkan karena akses dan perawatannya yang relatif mudah, terjangkau dan kapasitas penyimpanannya cukup besar.

Ada juga beberapa penyedia jenis public Cloud Storage yang sudah dikenal seperti Dewacloud, Amazon AWS Cloud Storage, Microsoft Azure cloud Storage and Google Cloud Storage.

2. Private Cloud Storage

Jenis cloud storage yang kedua ini memiliki sebuah sistem jaringan lokal yang tidak memungkinkan oranglain mampu mengakses sebuah data, sehingga data hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang berwenang dalam perusahaan.

Keunggulan dari penyimpanan ini tentu saja data yang disimpan keamanannya lebih terjamin. Biasanya, perusahaan yang mungkin lebih suka jenis cloud storage yang satu ini  seperti bank atau perusahaan ritel karena bersifat pribadi dari data yang mereka proses dan simpan.

3. Hybrid Cloud Storage

Jenis  Hybrid Cloud Storage adalah penggabungan antara jenis penyimpanan privat dan publik. Jenis penyimpanan ini memungkinkan penggunannya dapat menyimpan data secara offline maupun online. Perusahaan diberi pilihan data mana yang akan di simpan di cloud storage.

Misalnya, data yang sangat sensitif, privasi dan ketat biasanya lebih cocok untuk lingkungan cloud pribadi. Sedangkan data yang kurang sensitif (seperti email yang tidak mengandung rahasia bisnis) dapat disimpan di cloud publik. Beberapa perusahaan menggunakan cloud storage untuk melengkapi jaringan penyimpanan internal mereka dengan penyimpanan cloud publik.

Baca juga artikel kami tentang jenis-jenis Cloud Storage dengan pembahasan yang jauh lebih lengkap.

Tertarik menggunakan Cloud Storage?

Setelah membaca lengkap ulasan mengenai pengertian, jenis, keunggulan dari layanan Cloud Storage di atas. Apakah Anda cukup tertarik untuk menggunakannya? Di Herza Cloud terdapat solusi layanan cloud  untuk bisa menyimpan file-file Anda secara aman dengan ZFS Raid technology.

Seluruh layanan Herza Cloud telah menggunakan Proteksi hinggal ke Layer 7, menggunakan Next Generation Firewall.