Cloud Backup: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Cloud Backup: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Cloud Backup – Saat ini hampir semua perusahaan sudah menggunakan tempat penyimpanan online untuk menyimpan semua informasi dan data-data perusahaan.

Namun, yang menjadi kekhawatiran banyak perusahaan adalah kehilangan data-data tersebut karena kerusakan sistem atau terkena peretasan oleh pihak lain.

Hal tersebut tentunya dapat menghambat jalannya bisnis suatu perusahaan yang Anda kelola saat ini.

Oleh karena itu, dengan semakin canggihnya teknologi dapat menghadirkan suatu layanan penyalinan data, agar data perusahaan tetap aman.

Jika dulu Anda hanya menggunakan cadangan konvensional, maka sekarang Anda bisa menggunakan teknologi lebih modern yang merupakan hasil transformasi digital yaitu Cloud Backup.

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu layanan pencadangan ini atau hanya sekedar mendengar istilah tersebut. Tidak masalah, karena dalam artikel ini kita akan bahas tentang apa itu cloud backup, manfaat dan cara kerjanya.

So stay tune terus ya!

Pengertian Cloud Backup

Apa itu Cloud Backup
Apa itu Cloud Backup?

Cloud Backup adalah proses menyalin data dari sistem atau perangkat ke layanan penyimpanan data di cloud (Internet) untuk tujuan cadangan.

Ini memungkinkan data dapat diakses kembali jika terjadi kerusakan sistem, peretasan, atau kehilangan data.

Dengan layanan ini, data dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet.

Keuntungan dari menggunakan layanan pencadangan ini adalah:

  1. Aksesibilitas yang tinggi: Data dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet.
  2. Scalability: Kapasitas penyimpanan dapat diubah sesuai kebutuhan.
  3. Keamanan: Data dienkripsi sebelum dikirim ke cloud sehingga aman dari peretasan atau pencurian.
  4. Otomatisasi: Proses backup dapat diatur untuk secara otomatis dilakukan pada jadwal yang ditentukan.

Beberapa rekomendasi layanan cloud backup yang dapat digunakan adalah: Amazon S3, Google Drive, Microsoft OneDrive, iCloud, dan Dropbox.

Namun, sebelum memilih layanan pencadangan ini, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan sistem dan perangkat yang digunakan, serta lisensi dan biaya yang dikenakan.

Manfaat Cloud Backup

Layanan pencadangan ini memiliki beberapa manfaat yang dapat memberikan keuntungan bagi pengguna. Beberapa di antaranya adalah:

Data Lebih Terjaga dengan Aman

Melakukan backup rutin membuat risiko terjadinya kehilangan atau kerusakan file menjadi lebih rendah.

File dapat disimpan secara permanen pada perangkat dan dapat dikembalikan jika terjadi kerusakan atau kehilangan perangkat.

Backup dapat Dijadwalkan

Backup dapat diatur sesuai jadwal, seperti setiap hari, minggu, bulan atau tahun.

Proses backup dapat dilakukan secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika lupa melakukan backup secara manual.

Dapat Diakses Melalui Media Apa Saja

Cloud backup memungkinkan pengguna untuk mengakses data yang dicadangkan melalui berbagai media seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses data kapan saja dan di mana saja tanpa tergantung pada perangkat fisik.

Recovery Data Lebih Mudah

Pengguna dapat dengan mudah mengambil kembali file yang telah terhapus asalkan file tersebut sudah masuk ke dalam data yang telah dicadangkan.

Fitur recovery ini sangat berguna untuk mengatasi situasi kehilangan data yang tidak diinginkan.

Secara keseluruhan, cloud backup merupakan solusi yang efektif dan aman untuk menjaga data penting dari kerusakan atau kehilangan.

Cara Kerja Cloud BackUp

Cara Kerja Cloud Backup
Cara Kerja Cloud Backup

Cloud Backup adalah pendekatan yang digunakan oleh organisasi untuk mencadangkan data mereka ke lokasi yang berbeda dari data center utama.

Layanan ini memungkinkan organisasi untuk memiliki akses mudah ke data cadangan jika terjadi situasi pemulihan.

Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk backup data, diantaranya:

Mencadangkan Langsung ke Public Cloud

Metode ini memerlukan penulisan data langsung ke penyedia cloud.

Organisasi menggunakan perangkat lunak cadangan mereka sendiri untuk membuat salinan data yang dikirim ke layanan cloud storage.

Mencadangkan ke Service Provider

Dalam skenario ini, organisasi menulis data ke cloud service provider yang menawarkan layanan backup di pusat data terkelola.

Perangkat lunak pencadangan yang digunakan perusahaan untuk mengirim datanya ke layanan dapat disediakan sebagai bagian dari layanan, atau layanan dapat mendukung aplikasi pencadangan khusus yang tersedia secara komersial.

Menggunakan Sistem Cadangan Cloud Online

Ada juga alternatif hardware yang memfasilitasi pencadangan data ke layanan Cloud Backup.

Peralatan ini adalah mesin pencadangan all-in-one yang mencakup software backup dan kapasitas disk bersama dengan backup server.

Peralatan ini biasanya menyimpan cadangan terbaru secara lokal, selain mengirimkannya ke penyedia layanan.

Pendekatan ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi organisasi, seperti jumlah data yang harus dicadangkan, lokasi cadangan, dan keamanan data.

Namun, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan sistem dan perangkat yang digunakan, serta lisensi dan biaya yang dikenakan sebelum memilih layanan backup data yang sesuai untuk perusahaan Anda.

Top of Form

Layanan Cloud BackUp di Herza Cloud

Herza cloud menyediakan penyimpanan berkas atau Backup Storage yang kompatibel dengan berbagai macam Transport Protocol seperti FTP, NFS, iSCSI, dan lainnya.

Semua Paket Cloud Storage kami hadir dengan standarisasi sebagai berikut:

Standarisasi cloud storage Herza cloud
Standarisasi cloud storage Herza cloud

Kami menawarankan skalabilitas, ketersediaan dan keamanan data dengan performa terbaik menggunakan ZFS RAID Technology dan tentunya dengan harga yang murah.

Daftar Harga Herza Cloud
Daftar Harga Herza Cloud

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas cloud backup merupakan layanan penyimpanan data di cloud untuk menyalin data dari sistem atau perangkat untuk dicadangkan.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan menyimpan data dengan aman dari gangguan pencurian data atau sistem yang tiba-tiba rusak.

Bagaimana? Keren bukan? layanan ini memberikan solusi dan kemudahan untuk Anda agar informasi dan data penting Anda bisa aman dan terselamatkan dari masalah yang tak terduga.

Tertarik untuk menggunakannya? Silahkan konsultasikan kepada Herza Cloud, karena kami menyediakan banyak layanan ruang penyimpanan, termasuk Cloud Storage.

Kami menyediakan penyimpanan berkas atau Backup Storage yang kompatibel dengan menggunakan ZFS RAID Technology.

Dengan begitu, skalabilitas, ketersediaan dan keamanan data kami memiliki performa terbaik, dan tentunya dengan harga yang murah.

Ingin lebih untung? Yuk berlangganan sekarang, karena lagi ada harga promo untuk layanan cloud storage kami.

So, tunggu apalagi? dan dapatkan sekarang harga promonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.