Error 404 Solusi Mudah untuk Mengatasi Masalah Halaman Tidak Ditemukan

Error 404: Not Found

Ketika Anda menjelajah internet, Anda mungkin pernah mengalami pesan kesalahan yang cukup umum: Error 404 Not Found, atau lebih dikenal sebagai “Halaman Tidak Ditemukan”.

Meskipun ini adalah sesuatu yang biasa, itu bisa mengganggu pengguna yang mencari informasi atau produk tertentu di situs web Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci apa yang menyebabkan halaman tidak ditemukan, mengapa ini penting untuk diperbaiki, dan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error 403 Forbidden di WordPress, Ini Dia! – (herza.id)

Apa itu Error 404?

Error 404 adalah kode status HTTP yang menunjukkan bahwa server web tidak dapat menemukan halaman tujuan yang diminta oleh pengguna.

Kode ini adalah salah satu jenis pesan kesalahan yang paling umum ditemui ketika Anda menjelajahi internet.

Ketika Anda mengakses sebuah situs web atau halaman tertentu, browser Anda mengirimkan permintaan (request) ke server hosting tempat Anda menempatkan file website.

Jika server tidak dapat menemukan halaman yang diminta dalam sistem file atau basis data, maka server akan mengirimkan balasan dengan kode status HTTP 404 Not Found ke browser Anda.

Ini adalah cara server memberi tahu Anda bahwa halaman yang Anda coba akses tidak ada.

Pesan kesalahan 404 dapat muncul dengan berbagai macam pesan tambahan, tergantung pada cara konfigurasi server web atau situs web tertentu.

Biasanya, pesan ini akan mencakup beberapa informasi yang dapat membantu pengguna atau pengembang memahami mengapa halaman yang diminta tidak dapat ditemukan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error”Are You Sure You Want To Do This”? di wp (herza.id)

Mengapa Error 404 Terjadi?

Kesalahan 404 terjadi ketika server web tidak dapat menemukan halaman yang diminta oleh pengguna.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan, termasuk:

  1. URL yang Salah: Salah satu penyebab paling sederhana Error 404 adalah URL yang salah. Hal ini bisa terjadi jika Anda mengubah struktur URL atau salah mengetik dalam bentuk apapun. Misalnya, huruf yang double, kesalahan penulisan ekstensi, atau tanda baca.

  2. Halaman dihapus: Jika Anda menghapus halaman secara permanen dari situs web Anda dan ada tautan eksternal atau internal yang masih mengarah ke halaman tersebut, maka halaman bisa mengalami Error 404.

  3. Perubahan Nama Halaman: Jika Anda mengganti nama halaman tanpa mengalihkan tautan yang lama ke yang baru, pengguna akan mengalami Error 404 saat mencoba mengakses halaman tersebut.

Mengapa Anda Harus Memperbaiki Error 404?

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Perbaikan Error 404 adalah bagian penting dari strategi SEO Anda.

Sebab, ketika pengguna menghadapi halaman yang tidak ditemukan, mereka cenderung meninggalkan situs web Anda dan mencipatkan pengalaman yang buruk.

Hal Ini dapat mengurangi tingkat retensi pengguna dan meningkatkan tingkat bounce rate yang bisa merusak pengoptimalan SEO situs web.

Nah, memperbaiki masalah Error 404 akan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka tetap lebih lama di situs Anda.

Meningkatkan Kredibilitas

Error 404 juga dapat merusak kredibilitas situs web Anda. Sebab, pengguna yang sering melihat halaman tidak ditemukan akan merasa bahwa situs Anda tidak terawat dengan baik atau tidak dapat diandalkan.

Hal ini dapat merugikan citra bisnis Anda dan mengurangi kepercayaan pengguna.

Meningkatkan Peringkat SEO

Meskipun ini adalah faktor SEO yang lebih teknis, memperbaiki Error 404 juga dapat berdampak positif pada peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google cenderung menghargai situs web yang memastikan semua tautan berfungsi dengan baik.

Adanya Error 404 akan membuat situs kurang intuitif untuk dinavigasi. Akhirnya, situs web lebih jarang muncul dalam hasil pencarian.

Dengan demikian, perbaikan Error 404  juga dapat membantu Anda meraih peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Baca juga: Mobile First Indexing: Memahami Konsep, Dampak dan Strateginya (herza.id)

Cara Mengatasi Error 404

Cara Mengatasi Error 404
Cara Mengatasi Halaman Tidak Ditemukan!

Sekarang kita telah memahami mengapa penting untuk memperbaiki Error 404, mari kita bahas beberapa cara efektif untuk mengatasinya:

  1. Perbaiki Tautan atau URL yang Salah
    Jika Anda memiliki tautan yang salah di situs web Anda, langkah pertama adalah memperbaikinya.

    Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa setiap tautan di situs Anda secara berkala dan memastikan bahwa mereka mengarah ke halaman yang benar.

  2. Redirect Tautan Lama
    Jika Anda telah mengubah struktur URL atau mengganti nama halaman, penting untuk mengalihkan tautan lama ke yang baru.

    Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kode redirect 301, yang memberi tahu mesin pencari dan pengguna bahwa halaman telah berpindah ke URL lain.

  3. Periksa Tautan Eksternal
    Selain tautan internal, periksa juga tautan eksternal yang mengarah ke situs Anda.

    Jika Anda menemukan tautan yang mengarah ke halaman yang tidak lagi ada, hubungi pemilik situs web yang bersangkutan dan minta mereka untuk memperbarui tautan tersebut.

  4. Gunakan Plugin SEO
    Jika Anda menggunakan platform CMS seperti WordPress, ada berbagai plugin SEO yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki Error 404 dengan mudah.

    Salah satu plugin yang populer adalah Yoast SEO.

  5. Pantau Situs Anda
    Pantau situs Anda secara teratur dengan menggunakan alat analisis seperti Google Search Console.

    Alat ini akan memberi Anda laporan tentang tautan yang rusak atau Error 404 sehingga Anda dapat segera mengatasinya.

          Baca juga: 10+ Cara Membuat Website Profesional Tanpa Ribet! (herza.id)

          Kesimpulan

          Error 404 adalah masalah umum di dunia web, tetapi dapat memengaruhi pengalaman pengguna, kredibilitas situs web, hingga peringkat SEO website.

          Dengan memperbaiki tautan yang salah, mengalihkan tautan lama, dan memantau situs Anda secara teratur, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan efektif.

          Jangan biarkan Error 404 menghambat kesuksesan online Anda; segera perbaiki dan tingkatkan situs web Anda.

          Bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan layanan WordPress Hosting untuk membantu meningkatkan situs web Anda.

          Kami mengerti akan kebutuhan Anda atas WordPress Hosting. Dengan itu, Herza Cloud hadir untuk memenuhi Kebutuhan tersebut.

          Server yang di konfigurasi khusus untuk WordPress Hosting, didukung dengan Platform terbaik seperti CloudLinux dan LiteSpeed Web Server menjadikan kami Web Hosting Ideal.

          Berikut kelebihan WordPress Hosting dari Herza Cloud.

          Fitur-fitur WordPress Hosting Herza
          Fitur-fitur WordPress Hosting Herza

          So tunggu apalagi? Yuk hubungi kami untuk berlangganan WordPress Hosting!