apa itu routerboard

Apa Itu Routerboard- Ketika Kamu terhubung ke Internet, hal yang biasanya tidak kamu sadari adalah adanya salah satu perangkat keras yang menghubungkanmu ke Internet.

Perangkat tersebut dinamkana dengan routerboard.

Perangkat router adalah salah satu perangkat yang berperan untuk memungkinkan perangkat elektronik kamu, seperti smartphone, laptop, tablet dan lain sebagainya bisa berselancar di dunia maya dengan lancar.

Simak artikel berikut tentang apa itu RouterBoard, Kelebihan & kekurangan serta fungsinya!

Pengertian Routerboard

Mikrotik routerboard adalah perangkat keras atau hardware yang diproduksi oleh perusahaan Mikrotik asal Latvia.

Routerboard ini digunakan untuk mengatur dan mengelola jaringan, seperti mengatur akses internet, mengelola bandwidth, menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan publik, dan lain sebagainya.

Routerboard biasanya menggunakan sistem operasi khusus bernama RouterOS, yang dirancang untuk router jaringan.

Router jaringan adalah sebuah perangkat jaringan yang fungsinya untuk menghubungkan beberapa jaringan lokal (LAN) atau Wide Area Network (WAN) yang akan memungkinkan komunikasi antar jaringan.

Routerboard  juga hadir dalam berbagai model dan konfigurasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perangkat ini terkenal karena harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan perangkat sejenis lainnya.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan antarmuka grafis yang mudah digunakan.

Sehingga, pengguna akan dimudahkan melakukan konfigurasi jaringan.

Baca juga! Apa Itu Router?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan RouterBoard?

Setelah mengetahui apa itu routerboard, ada beberapa kelebihan dan kekurangan RouterBoard yang ditawarkan, antara lain:

Kelebihan Routerboard

kelebihan routerboard

1. Harga terjangkau

Seperti yang telah ditegaskan sebelumnya,perangkat ini terkenal karena harganya yang relatif murah, sehingga cukup banyak orang yang memilih menggunakan perangkat ini

2. Mudah dioperasikan

Selain harganya yang murah, routerboard dilengkapi dengan antarmuka grafis yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan konfigurasi jaringan.

3. Fleksibilitas

Routerboard juga mudah dibawa ke mana saja, sehingga sangat berguna bagi pengguna yang sering bepergian.

4. Konsumsi daya rendah

Routerboard pun tidak memerlukan daya listrik yang besar, sehingga dapat membantu kamu bisa menghemat biaya listrik

5. Lisensi resmi

Pengguna juga dapat mendapatkan lisensi resmi langsung dari pabriknya, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah lisensi dan legalitas penggunaan perangkat

6. Dukungan Komunitas

Salah satu kelebihan yang Kamu peroleh ketika menggunakan routerboard mikrotik, tentunya adalah dukungan komunitas.

Mikrotik adalah salah satu router yang mempunyai basis komunitas yang banyak digemari serta banyak group yang membahas tentang tutorial serta pembahasan lainnya.

Kekurangan Routerboard

kekurangan routerboard

1. Sulit mengganti komponen jika terjadi kerusakan

Karena routerboard dirancang sebagai perangkat tertutup dan terintegrasi, maka akan sulit mengganti komponen yang rusak jika tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup atau alatnya yang tepat

2. Troubleshooting yang sulit

Jika terjadi masalah yang cukup parah, troubleshooting pada routerboard dapat menjadi sulit dan memerlukan keahlian teknis yang tinggi.

3. Terkadang mengalami hang

Terkadang RB750 dapat mengalami hang yang disebabkan oleh penggunaan resource dari CPU yang penuh, terutama jika jaringan yang dikelola cukup besar dan kompleks.

Jika ini terjadi, silahkan pilih atau upgrade routerboard kamu ke versi yang lebih tinggi resources-nya.

Beberapa kekurangan di atas juga, dapat diatasi dengan memperoleh pengetahuan teknis yang memadai atau dengan meminta bantuan dari tenaga ahli untuk melakukan troubleshooting dan perbaikan pada perangkat.

Fungsi dari Routerboard

fungsi routerboard

1. Sebagai Router

Sebagai router, routerboard berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan yang berbeda, baik itu jaringan lokal (LAN) maupun jaringan luas (WAN).

Routerboard akan mengatur dan mengarahkan lalu lintas data antara jaringan-jaringan tersebut sehingga data dapat dikirim dan diterima dengan lancar dan aman.

2. Perangkat WiFi

Sebagai perangkat WiFi, Routerboard berfungsi sebagai akses point (AP) yang memungkinkan perangkat komputer atau mobile untuk terhubung ke jaringan nirkabel atau wireless.

Routerboard menyediakan sinyal WiFi yang kuat dan stabil untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut ke jaringan.

3. Sebagai Firewall

Sebagai firewall, Routerboard bisa berfungsi sebagai pengaman jaringan yang dapat melindungi jaringan dari serangan dan ancaman keamanan yang datang dari luar atau dari dalam jaringan.

Routerboard dapat mengkonfigurasi firewall dengan berbagai macam metode dan aturan sesuai dengan kebutuhan administrator jaringan.

Fungsi Routerboard sebagai firewall adalah bisa melakukan filtering.

Routerboard dapat memfilter lalu lintas jaringan berdasarkan protokol, alamat IP, atau port tertentu.

Hal tersebut akan memungkinkan administrator untuk memblokir akses ke situs web atau aplikasi tertentu, atau membatasi akses ke jaringan dari luar.

Secara keseluruhan, Routerboard sebagai firewall adalah alat yang sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan dan melindungi jaringan dari serangan dan ancaman keamanan.

Baca juga! Cara Melindungi Router Mikrotik dari Ransomware

4. Internet Sharing

Sebagai perangkat internet sharing, Routerboard berfungsi sebagai gateway (perangkat komputer) yang menghubungkan beberapa perangkat ke internet dengan menggunakan satu koneksi internet.

Dengan menggunakan Routerboard, administrator jaringan dapat membagi koneksi internet menjadi beberapa bagian dan memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke internet secara bersamaan.

5. Sebagai Hotspot Server

Sebagai hotspot server, Routerboard berfungsi sebagai perangkat yang menyediakan akses internet nirkabel (wireless) ke beberapa perangkat, seperti laptop, smartphone, atau tablet.

Dengan menggunakan Routerboard, administrator jaringan dapat menyediakan layanan hotspot yang aman dan dapat diandalkan untuk pengguna jaringan.

6. Sebagai Bandwidth Manajemen

Sebagai perangkat bandwith management, Router memiliki beberapa fungsi yang berguna untuk memantau dan mengatur penggunaan bandwidth dalam sebuah jaringan.

Fungsi utama router sebagai bandwith misalnya pada saat traffic shaping.

  1. Routerboard dapat menggunakan traffic shaping untuk memprioritaskan traffic jaringan dan membatasi penggunaan bandwidth yang terlalu besar.
  2. Routerboard juga dapat membatasi bandwidth yang digunakan oleh setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.
  3. Routerboard dapat melacak penggunaan bandwidth pada jaringan secara real-time dan memberikan laporan kepada administrator jaringan.

7. Sebagai VPN Server atau Client

Sebagai VPN (Virtual Private Network) server, Routerboard berfungsi untuk memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan privat melalui internet publik dengan cara yang aman dan terenkripsi.

Dengan menggunakan Routerboard sebagai VPN server, administrator jaringan dapat memungkinkan karyawan atau pengguna bisa secara remote untuk terhubung ke jaringan korporat dari tempat lain dengan cara yang aman dan terlindungi.

Baca Juga! Apa Itu VPN?

Berikut ini adalah beberapa fungsi Routerboard sebagai VPN server:

Koneksi aman

Routerboard dapat menyediakan koneksi VPN yang aman dengan menggunakan protokol enkripsi yang kuat, seperti OpenVPN atau PPTP.

Sehingga, hal ini dapat membantu melindungi data pengguna yang terhubung ke jaringan privat melalui internet publik.

Akses jarak jauh
Routerboard dapat digunakan untuk memberikan akses jarak jauh ke jaringan korporat bagi karyawan atau pengguna yang bekerja dari tempat lain.

Dengan terhubung ke VPN, pengguna dapat mengakses sumber daya jaringan seperti file dan aplikasi yang tidak dapat diakses secara publik

Pengaturan akses
Routerboard dapat digunakan untuk membatasi akses ke jaringan korporat dengan cara mengontrol siapa yang memiliki akses ke jaringan.

Administrator jaringan dapat mengatur hak akses untuk setiap pengguna yang terhubung ke jaringan VPN.

8. Sebagai DNS Server

Mikrotik Routerboard dilengkapi dengan fitur DNS server yang memungkinkan kamu untuk menangani permintaan DNS dari jaringan.

Dengan DNS server, kamu dapat :

  1. Membuat domain lokal,
  2. Menghubungkan nama domain lokal dengan alamat IP lokal
  3. Mempercepat akses ke situs web populer dengan meng-cache nama domain dan alamat IP
  4. Memberikan kontrol lebih besar atas keamanan dan privasi jaringan.

Dalam lingkungan jaringan kecil hingga menengah, fitur DNS server pada Mikrotik Routerboard dapat membantu kamu untuk menghemat biaya karena kamu tidak perlu menggunakan layanan DNS dari pihak ketiga.

Namun, untuk jaringan yang lebih besar dan kompleks, disarankan untuk menggunakan solusi DNS yang lebih skala besar.

Baca Juga! Apa Itu DNS?

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu routerboard, fungsi, kelebihan & kekurangannya kamu bisa menyimpulkan bahwa routerboard merupakan perangkat keras atau hardware yang diproduksi oleh perusahaan Mikrotik asal Latvia yang digunakan mengatur dan mengelola jaringan.