tips memilih layanan cloud computing

Tips Memilih Cloud Computing-  Keberadaan layanan Cloud computing semakin terlihat jelas mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan untuk para pengusaha bisnis dari berbagai Industri.

Dari mulai keuntungan biaya, fleksibilitas, skalabilitas juga keamanan yang akan di tawarkannya.

Tidak jarang, perusahaan bisnis semakin menilik layanan tersebut untuk mempermudah mereka dalam melakukan pekerjaan.

Selain itu, teknologi ini juga dapat memungkinkan penggunanya dapat bekerja secara remote, artinya pekerjaan tersebut bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun.

Misalnya, jika ada situasi genting dan mendesak atau pekerjaan yang membutuhkan proses akses data yang cepat, Anda akan sangat diuntungkan dengan menggunakan layanan ini.  

Hal di atas yang menjadi alasan mengapa sekarang banyak perusahaan bisnis yang mulai menggunakan layanan tersebut, karena jika layanannya dapat mempermudah akses dan pengelolaan data, otomatis akan mempercepat proses bisnis Anda juga.

Namun sebelum mendapatkan kelebihan yang ditawarkan oleh layanan ini, Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Maka dari itu, artikel berikut ini akan menjawab hal yang harus dipertimbangkan saat memilih layanan Cloud atau beberapa tips memilih layanan Cloud  Computing untuk kebutuhan bisnis Anda!

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kami mengulas sedikit tentang pengertian, cara kerja, kelebihan dan kekurangan Layanan Cloud Computing.

Pengertian Cloud Computing

pengertian cloud computing


Pengertian Cloud Computing bisa dilihat dari dua kata yang digunakannya, yaitu Cloud yang artinya teknologi yang memungkinkan penyimpanan dan akses data melalui internet.  Sedangkan computing adalah proses pengolahan data dan informasi menggunakan komputer.

Jadi, layanan cloud computing adalah suatu perangkat teknologi yang dapat mengubah internet  menjadi data server, sehingga teknologi ini memungkinkan pengguna untuk  bisa mengelola data dan aplikasi dengan mudah.

Jika pengertian ini belum cukup memberimu pemahaman tentang pengertian Cloud Computing, kami sudah membuat pembahasan lengkapnya  tentang Apa Itu Layanan Cloud Computing? Pengertian, Model dan Jenis Layanan.

Apa Saja Kelebihan dan kekurangan Cloud Computing?

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat teknologi komputasi awan atau Cloud Computing ini terus mengalami peningkatan.

Termasuk fitur-fitur kelebihan yang ditawarkannya, sehingga jika dilihat dari sejarah awal keberadaan layanan ini terdapat perbedaan yang cukup siginifikan.

Untuk lebih jelas mengenai perkembangannya, Anda bisa masuk ke halaman berikut tentang sejarah perkembangan Cloud Computing.  

Ada beberapa kelebihan Cloud Computing yang akan dirasakan oleh pengguna, yaitu :

  1. Skalabilitas mudah
    Dikatakan mudah karena sumber daya yang digunakan bisa dengan mudah ditambah dan dikurangi menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.

  2. Aksebilitas tinggi
    Dengan Cloud Computing, pengguna memungkinkan bisa mengakses data dan aplikasi di mana saja dan kapan saja.

  3. Biaya efisien
    Biaya yang lebih efiein disebabkan dari sumber daya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga otomatis biaya nya pun menyesuaikan sumber daya yang telah dipakai saja.

  4. Kolaborasi dengan mudah
    Dengan Cloud Computing, antar tim dapat bekerja secara bersama-sama dan mengakses data yang sama dari berbagai lokasi.

Adapun kekurangan Cloud computing, yaitu :

  1. Ketergantungan pada jaringan Internet
    Akses data dan aplikasi sangat bergantung pada koneksi internet. Jadi, pastikan Anda memakai koneksi jaringan internet yang stabil.

    Layanan Herza Cloud telah menggunakan multiple Upstream untuk menjaga redundansi Network dan Uptime / SLA.

  2. Keamanan data
    Dengan Cloud Computing, data disimpan di jaringan internet. Untuk itu, dalam hal pengamanan data pastikan lagi Anda memilih Provider  Cloud yang menggunakan standar keamanan yang tinggi.

    Layanan Herza Cloud telah menggunakan Proteksi hinggal ke Layer 7, menggunakan Next Generation Firewall.

  3. Downtime
    Layanan Cloud Computing kadang-kadang mengalami downtime karena masalah teknis atau pemeliharaan.

    Untuk itu, pilih lah provider Cloud Computing dengan Uptime yang tinggi. Di Herza Cloud, kami memberikan layanan SLA sebesar 99,5%.

Cara kerja cloud computing

Cara kerja Cloud Computing secara sederhana, yaitu :

  1. Pengguna mengakses layanan melalui internet
  2. Permintaan diteruskan ke Provider Cloud Computing
  3. Provider mengirimkan sumber daya yang dibutuhkan seperti (aplikasi, penyimpanan data, dll) dari infrastruktur mereka
  4. Pengguna menggunakan sumber daya tersebut
  5. Data yang diterima dan disimpan pada Infrastruktur Provider
  6. Jika sumber daya tidak lagi dibutuhkan, pengguna bisa mengakhiri sesi.

Tips Memilih Penyedia Layanan Cloud Computing untuk Bisnis

tips memilih cloud computing


Mempertimbangkan hal-hal dalam pemilihan layanan Cloud Computing menjadi penting karena sangat berpengaruh pada kebutuhan dan keuntungan bisnis Anda.

Untuk itu, kami telah merangkum hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan atau Tips yang harus Anda kethaui sebelum menggunakan layanan tersebut.

7 tips memilih penyedia layanan Cloud Computing untuk bisnis :

1. Pahami Kebutuhan Anda

Hal yang perlu Anda pertimbangkan pertama ialah pahami apa yang Anda butuhkan dan cari penyedia yang menawarkan solusi yang sesuai.

Evaluasi kebutuhan ini akan membantu bisnis Anda untuk menentukan anggaran dan mengurangi risiko pemakaian fitur yang tidak perlu.

Tentu saja, ini akan menguntungkan perusahaan Bisnis, karena dengan begitu Anda hanya diwajibkan membayar apa yang Anda pakai Saja.

2. Bandingkan Fitur dan Harga

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah membandingkan fitur dan harga dari beberapa penyedia layanan Cloud.

Hal tersebut berguna untuk menemukan solusi penyedia layanan Cloud yang paling baik.

Artinya, Jika kita membandingkan penyedia layanan Cloud kita akan semakin tahu kualitas penyedia Cloud yang satu dengan lainnya.

3. Baca Ulasan dan Testimonial

Ulasan yang baik menunjukan bahwa reputasi perusahaan penyedia Cloud memiliki kualitas layanan yang baik.

Untuk itu, membaca ulasan seseorang yang berpengalaman menggunakan jasa penyedia layanan tersebut akan sangat membantu untuk mempertimbangkan dan menilai lebih jauh penyedia layanan Cloud.

4. Evaluasi Keamanan

Tingkat keamanan adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia Cloud Computing.

Pengusaha bisnis harus memastikan bahwa penyedia menawarkan tingkat keamanan yang baik dan telah memenuhi standar industri untuk melindungi data dan informasi yang sensitif.

Hal tersebut dapat meliputi aspek seperti enkripsi data, autentikasi akses, dan pemantauan aktivitas yang memadai.

Dengan memastikan tingkat keamanan yang baik, Anda dapat memastikan bahwa informasi tetap terlindungi.

Untuk itu, pastikan kembali penyedia Cloud telah memenuhi standar keamanan data.

5. Backup Data

Hal yang perlu dipertimbangkan lain ialah mengenai back up data. Back up data sangat berguna jika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan seperti bencana, ata terjadinya kegagalan sistem.

Untuk itu, pastikan Anda memilih provider dengan data center yang menyediakan sistem backup data atau pemulihan sebuah data, karena data adalah prioritas utama perusahaan.

6. Tentukan Fleksibilitas

Fleksibilitas juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia Cloud Computing.

Anda harus memastikan bahwa penyedia layanan menawarkan solusi yang dapat diubah sesuai dengan perubahan kebutuhan bisnis Anda, seperti skala up down sumber daya.

Solusi Cloud Computing yang fleksibel memungkinkan Anda dapat mengatasi perubahan kebutuhan bisnis dengan mudah dan memastikan juga bahwa mereka selalu memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, fleksibilitas adalah faktor penting lain yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia Cloud Computing.

7. Lihat Dukungan

Hal penting lain yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia Cloud Computing ialah dukungan penyedia.

Anda harus memastikan bahwa penyedia menawarkan dukungan yang baik dan responsif, termasuk dukungan teknis 24jam.

Dukungan yang baik akan memastikan bahwa penyedia Cloud dapat mengatasi masalah dengan cepat dan memastikan bahwa solusi Cloud Computing mereka berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan juga bahwa penyedia Cloud memiliki tim dukungan yang professional dan kompeten juga memprioritaskan kepuasan pelanggan.

Cloud Computing Herza Cloud

Setelah mengetahui tips atau hal-hal yang perlu dipertimbangkan di atas, Anda jadi bisa memahami lebih jauh tentang apa yang harus Anda lakukan jika tertarik menggunakan layanan tersebut.  

Herza Cloud salah satu penyedia Cloud Computing yang telah memenuhi hal-hal yang perlu dipertimbangkan di atas. Mulai dari :

  1. Uptime yang tinggi, Layanan Herza Cloud telah menggunakan multiple Upstream untuk menjaga redundansi Network dan Uptime / SLA.
  2. Keamanan, Herza Cloud menggunakan Proteksi hinggal ke Layer 7, menggunakan Next Generation Firewall.
  3. Jaminan Konetivitas Internet, Herza Cloud memberikan layanan SLA sebesar 99,5%
  4. Tim teknis yang professional dan kompeten yang standby 24jam

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan berlangganan layanan cloud computing, silahkan untuk mempertimbangkannya kembali.

Jika Anda masih bingung, silahkan konsultasikan kepada Herza Cloud.

Kami menyediakan berbagai layanan untuk peningkatan dan pertumbuhan usaha, termasuk konsultasi website & bisnis online dan pengembangan aplikasi, Cloud Computing, serta Server & Rack Colocation.