fungsi mikrotik serta kekurangan dan kelebihannya

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis lunak yang digunakan untuk mengubah komputer admin menjadi router di suatu jaringan. Lalu apakah Anda tahu fungsi serta kekurangan dan kelebihan dari mikrotik?

Nah sebelum kita membahas lebih jauh, ada hal yang perlu anda ketahui bahwa mikrotik dan router ini merupakan dua hal yang berbeda.

Jika mikrotik merupakan perangkat lunak atau software, maka router adalah perangkat keras atau hardware.

Yuk simak artikel ini sampai selesai!

7+ Fungsi Mikrotik

Fungsi Mikrotik

Fungsi Mikrotik

Ada beberapa fungsi mikrotik yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Konfigurasi LAN

Fungsi pertama mikrotik adalah untuk mengatur dan mengkonfigurasi LAN (Local Area Network) dengan menggunakan PC Mikrotik RouterOS dan hardware requirements yang lebih rendah. 

Dalam fungsi ini mikrotik digunakan untuk memanajemen jaringan yang ada di dalam sebuah gedung perkantoran karena dapat menghubungkan dan mengelola arus lalu lintas komputer-komputer yang ada dalam LAN.

Memisahkan Bandwidth

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mikrotik dapat digunakan untuk membagikan sumber daya kepada komputer-komputer yang ada dalam jaringan, termasuk memisahkan bandwidth.

Untuk itu, komputer admin dapat memberikan batasan bandwidth secara adil pada tiap komputer. Bandwidth terbagi dua, yaitu bandwidth lokal dan internasional. Teknologi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur keduanya.

Sistem Autentikasi

Mikrotik sebagai sistem autentikasi bagi komputer-komputer yang ada dalam jaringan tersebut. Karena mikrotik bisa membuat firewall dan NAT yang dapat membatasi IP Address yang bisa mengakses jaringan.

Untuk itu, yang dapat mengakses internet hanyalah komputer yang diberi izin oleh admin saja. Tidak hanya itu, yang menjadi router juga dapat membuat sistem autentikasi user dengan cara login page.

Biling Hotspot

Mikrotik banyak digunakan oleh penyedia layanan internet, warnet, perusahaan atau yang lainnya guna memberikan layanan internet pada pengguna komputer.

Komputer admin dapat menyediakan internet yang bisa diakses oleh seluruh komputer yang ada dalam jaringan.

Selain itu, admin juga bisa membagi bandwidth dengan mudah di setiap perangkat. Tidak hanya itu, teknologi ini juga dapat memisahkan bandwith traffic data lokal dan internasional.

Pengelolaan Sistem Jaringan Internet

Fungsi selanjutnya yaitu mikrotik untuk jaringan internet yang lebih terpusat. Hal ini agar administrator dapat melakukan pengelolaan dan manajemen data lebih maksimal lagi.

Memblokir Situs

Pada teknologi ini, komputer admin dapat memblokir website-website terlarang bagi komputer yang ada dalam jaringan.

Mikrotik memungkinkan Anda untuk memanajemen proxy, hal ini dilakukan agar dapat sejalan dengan program pemerintah yaitu internet positif.

Pembuatan PPPoE server

Fungsi mikrotik yang terakhir yaitu dapat digunakan untuk perangkat dalam pembuatan PPPoE server.

Penghubung Antar Jaringan

Mikrotik digunakan sebagai penghubung antar jaringan serta menentukan jalur terbaik dan tercepat untuk sampai pada alamat perangkat komputer yang dituju dengan melalui routing.

Internet gateway pada jaringan lokal

Mikrotik dapat menghubungkan jaringan lokal (LAN) dengan internet, mengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar, dan mengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh klien.

Acces Point

Mikrotik sebagai acces point pada jaringan wifi karena dilengkapi fitur antarmuka berbasis wireless.

Nah itulah beberapa fungsi dari mikrotik yang harus Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel kami tentang Fungsi dan Kegunaan Mikrotik.

Selain fungsi, ada juga kelebihan dan kekurangan mikrotik yang harus Anda ketahui sebelum Anda menggunakannya. Yuk simak pembahasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik

Sebelum Anda menggunakan mikrotik, ada beberapa point terkait kelebihan dan kekurangan mikrotik yang harus Anda ketahui diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan Mikrotik

Harganya Terjangkau

Tidak ada pesaing untuk kategori harganya, karena harga lisensi router board jauh lebih murah dibanding router OS.

Mudah Digunakan

Sebagai seorang awam yang tidak tahu tentang router dan dunia IT akan terbantu dengan adanya router OS. Adanya router OS memudahkan Anda untuk memanfaatkan komputer agar tersambung dengan internet.

Fungsionalitas

Secara fungsionalitas, mikrotik banyak fungsinya jika dibandingkan dengan Dlink, TP-Link, Zyxell dan router atau rumah lainnya.

Begitu juga dibandingkan dengan perangkat keras seperti Cisco dan Juniper, atau dengan sistem linux atau freebsd.

Keandalan dan stabilitas

Ketika Anda mengkonfigurasi dan menguji mikrotik, ia akan berjalan tanpa ada masalah.

Selain itu, bahasa skrip bawaan dan teknologi watchdog akan sangat membantu Anda dalam mengkonfigurasi semua jenis tindakan atau masalah.

OS terpadu dan konfigurasi system

Dengan digunakannya router OS, Anda dapat dengan cepat mengubah peralatan, mengembalikan ke perangkat keras baru, atau hanya memberitahu orang bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

Jangan lupa baca artikel kami tentang Konfigurasi Dasar untuk Mengamankan Router Mikrotik

Kelebihan lainnya

  • Lebih hemat listrik, misalnya Anda menggunakan RB750 konsumlistrik hanya 2.5 watt saja.

  • Tidak ribet saat menginstal, Anda cukup nyalakan setting saja router sudah bisa digunakan.

  • Router cocok untuk beban yang kecil hingga menengah. Adapun untuk yang berat, bisa membeli routerboard speak tinggi.

Kekurangan Mikrotik

Belum Mampu Menangani Network dalam skala Besar

Kekurangan yang sangat menonjol dari mikrotik ialah kurang mampu menangani jaringan berskala besar untuk wilayah yang luas, karena mikrotik belum bisa mendapatkan lisensi internasional seperti Cisco.

Sulit Setting Ulang saat Lupa Password

Menggunakan mikrotik hampir sama dengan menggunakan media sosial, Anda perlu user dan password untuk login ke dalamnya.

Ketika Anda lupa password login untuk mikrotik, Anda tidak dapat dengan mudah mengaturnya kembali.

Tapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki, hanya saja perlu keterampilan khusus dan memakan waktu yang banyak.

Kekurangan lainnya:

  • Speak hardware seperti CPU, Main Storage/NAND, dan RAM terbatas.

  • Kurang bagus jika digunakan sebagai proxy web internal.

  • Jika terjadi kerusakan parah pada hardware, Anda harus menggantinya dengan yang baru dan tidak dapat mengupgrade hardware.

Kesimpulan

Demikian artikel terkait fungsi mikrotik serta kekurangan dan kelebihannya. Bagaimana sudah paham bukan terkait mikrotik.

Jika Anda tertarik menggunakan mikrotik, Herza Cloud menyediakan layanan VPS mikrotik murah untuk Anda dengan performa dan teknologi terkini.

VPS mikrotik dari Herza.ID telah menggunakan 100% SSD dengan konfigurasi RAID 10 untuk keamanan data Anda, generasi terkini dari Intel CPU serta 99.5% Garansi Uptime dan berlokasi di Data Center Indonesia.

Selain itu, semua pelanggan VPS Murah dari Herza.ID akan mendapatkan IP Dedicated Public. Silahkan cek LookingGlass Datacenter Indonesia agar Anda lebih yakin.

Jadi tunggu apalagi? Yuk berlangganan di Herza Cloud