apa itu imunify360

Apa Itu Imunify360– Ancaman website terus meningkat dari waktu ke waktu, terutama akibat  pandemi COVID-19 yang masih tersisa hingga saat ini karena telah menyebabkan peningkatan yang signifikan pada kasus serangan cyber.

Dengan meningkatnya jumlah serangan cyber dari tahun ke tahun, khususnya  selama lima tahun terakhir, ancaman keamanan website juga meningkat hingga  mencapai angka 67%.

Website WordPress menjadi salah satu target utama bagi hacker, terutama para pelaku cybercrime yang cenderung mengincar bisnis kecil hingga menengah, karena mereka menganggap bisnis kecil hingga menengah tersebut memiliki sistem keamanan yang lebih lemah dibandingkan dengan perusahaan besar.

Tidak hanya perusahaan besar, perusahaan menengah bahkan kecil sekalipun melihat perkembangan digitalisasi yang tinggi melakukan pembaharuan dengan menyimpan semua file dan data pada website di sebuah layanan yang disebut dengan web hosting.

Biasanya, untuk perusahaan bisnis yang masih kecil dan masih merintis akan memilih layanan Shared Hosting untuk menjadi pilihan mereka,  karena selain harganya yang murah, layanan ini juga cocok untuk pemula. 

Akan tetapi, kebutuhan layanan hosting bergantung pada kebutuhan perusahaan dan bisnis masing-masing.  

Adapun dengan penggunaan layanan hosting ini, data dapat online sehingga bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun menggunakan internet melalui web browser.

Namun, dibalik kemudahannya untuk menyimpan data pada layanan tersebut, faktanya banyak pelaku yang tidak bertanggungjawab melihat kondisi tersebut untuk melakukan aksi kejahatan.

Sehingga, ancaman keamanan ini menyebabkan peningkatan yang signifikan pada kasus serangan cyber.

Untuk itu, keamanan website perlu menjadi perhatian yang besar bagi pemilik website agar lebih memperhatikan keamanan website dengan hati-hati.

Melihat kasus di atas, terdapat salah satu software keamanan web hosting yang sengaja dirancang untuk melindungi keamanan server dan situs web yang dikenal dengan imunfy360.

Jika kamu masih asing mendengar kata tersebut dan membutuhkan informasi mengenai sebuah cara mengamankan sebuah website, kali ini kamu sudah berada di artikel yang tepat!

Simak artikel berikut yang akan membahas apa itu Imunify360, alasan kenapa website kamu di serang & bagaimana cara pencegahannya!

Apa Itu Imunify360?

Imunify360 adalah sebuah software keamanan yang dirancang khusus untuk melindungi server dan situs web yang di-hosting oleh web hosting.

Imunify360 ini akan bekerja secara langsung pada server yang meng-host situs web, sehingga dapat memberikan perlindungan yang kuat terhadap serangan online yang ditujukan pada situs web atau server tersebut.

Umumnya,  Imunify360 ini digunakan pada berbagai platform web hosting seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin, dan CentOS Web Panel.

Penggunaan teknologi keamanan Imunify360 sangat penting untuk digunakan di web hosting karena dapat membantu meningkatkan keamanan dan stabilitas server dan situs web yang di-hosting.

Ada beberapa fungsi penggunaan Imunify360 pada web hosting yang bisa kamu tahu, antara lain :

  1. Sebagai malware detection removal (fitur deteksi malware otomatis dan dapat menghapusnya dari server atau situs web dengan cepat)
  2. Web application firewall (Imunify360 dilengkapi dengan firewall web yang dapat memfilter lalu lintas dan melindungi situs web dari serangan seperti SQL injection dan cross-site scripting (XSS).
  3. Intrusion Detection and Protection System (IDPS) (Imunify360 menyediakan sistem deteksi dan perlindungan untuk mengidentifikasi dan melindungi situs web dari serangan seperti brute-force login dan serangan DDoS)

Sehingga, dari beberapa fungsi Imunify360 pada webhosting di atas, teknologi keamanan Imunfy360 bisa membantu untuk menjaga keamanan dan stabilitas server dan situs web yang di-hosting dari berbagai jenis anacaman keamanan online.

Dan tidak sampai situ saja, penggunaan Imunify360 pada web hosting juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya downtime pada situs web atau server, karena Imunify360 dapat secara proaktif mencegah serangan sebelum terjadi.

Oleh karena itu, bisa kita simpulkan bahwa dalam rangka meningkatkan keamanan dan stabilitas server dan situs web, penggunaan Imunify360 pada web hosting sangat direkomendasikan.

Setelah kamu mengetahui apa itu imunify360, berikut kamu juga harus tau apa sebenarnya penyebab website kamu diserang malware?

Alasan Website Kamu Diserang Malware?

kenapa website diserang malware


Setidaknya ada 3 alasan kenapa website kamu bisa diserang malware atau malicious software yang merupakan jenis perangkat lunak yang dapat  merusak, mengganggu, atau mencuri data dari komputer.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, kamu juga perlu tahu ada 7 Jenis Serangan Cyber yang Umum dan cara Mencegahnya.

Malware dapat memberikan dampak yang besar, mulai dari merusak sistem operasi atau software pada komputer, mengambil alih kontrol komputer, mencuri data pribadi, atau bahkan mengancam keamanan fisik pengguna.

Sebagian besar malware dapat dicegah dengan keamanan siber atau perangkat lunak anti-virus, seperti Platform Firewall NGAF Sangfor dan solusi SASE

Namun selain dapat dicegah dengan cara di atas, kamu juga harus mengetahui ada 3 yang telah disebutkan di atas kenapa malware bisa menyerang website kamu, antara lain :

1. Script Kedaluwarsa (Outdated script)

Alasan pertama website kamu bisa diserang malware ialah script yang kadaluwarsa.

Script yang kadaluwarsa akan memberikan celah-celah keamanan yang rentan bagi sebuah website.

Biasanya, keamanan yang rentan ini sering dimanfaatkan untuk oknum yang tidak bertanggungjawab.  

Maka, untuk menghindari hal demikian, banyak orang telah menyarankan untuk melakukan update plugin, WordPress, dan tema yang digunakan secara rutin.

Plugin dan tema yang sering diganti secara rutin akan memperlihatkan keamanan yang lebih baik sehingga akan memperkecil kemungkinan website akan diserang.

Dalam melakukan update tentu saja sangat penting untuk mengikuti panduan resmi yang diberikan oleh WordPress.

Panduan ini biasanya mencakup  beberapa langkah yang diperlukan, mulai dari  backup data website, mengunduh dan menginstal update, serta menguji keamanan dan kinerja website setelah melakukan update.

2. Script Bajakan

Alasan kedua kenapa website diserang malware adalah karena script bajakan.

Maksud script bajakan di sini ialah banyaknya plugin atau tema WordPress bajakan yang mengandung kode berbahaya yang dapat membahayakan keamanan website kamu.

Kode berbahaya tersebut biasanya mengandung Script yang berisikan Malware.

Sehingga, jika kamu menggunakan plugin dan tema yang bajakan, hati-hati diserang Malware tersebut.

Untuk itu, mulai dari sekarang, akan jauh lebih baik jika kamu menghindari tema dan Plugin bajakan yang akan membahayakan website.

3. Script Vulnerable

Alasan ketiga kenapa website diserang malware adalah karena Script Vulnerable.

Script Vulnerable maksudnya ialah  terdapat celah keamanan pada script yang disebabkan oleh kesalahan dan kelemahan dalam penulisan script.

Celah ini dapat dimanfaatkan oleh penyerang untuk mengambil alih kontrol pada website atau server yang terhubung.

Script vulnerable bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kekurangan pengalaman dalam penulisan kode, ketidakseimbangan dalam manajemen sumber daya, atau kesalahan dalam penanganan input dari pengguna.

Itulah 3 alasan kenapa website kamu bisa diserang malware, ada juga solusi menghadapi malware di website dengan menggunakan Imunify360!

Imunify360: Solusi Menghadapi Malware di Website

solusi malware


Ketika kamu sudah menggunakan script yang aman, bukan berarti malware tidak ditemukan dalam celah keamanan sebuah website.

Maka dari itu, tool atau alat keamanan yang disebut dengan Imunify360 bisa menjadi suatu solusi efektif untuk menjaga keamanan website.

Salah satu penyedia web hosting yang telah menyediakan tool Imunify360 untuk keamanan website ialah Herza Cloud.

Jika kamu berlangganan dengan Herza Cloud, bahaya malware bisa dihilangkan oleh Imunify360.

Seluruh paket telah termasuk Imunify360 yang akan membantu kamu dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection.

Ada juga 6 fitur Imunify360 yang bisa kamu tahu, antara lain :

1. Firewall

Imunify360 dilengkapi dengan firewall yang canggih untuk memantau lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari server hosting.

Tujuannya adalah untuk melindungi situs web yang di-hosting dari serangan online seperti hacking, malware, dan serangan DDoS.

Firewall pada web hosting dapat berupa software atau hardware yang berfungsi sebagai filter untuk memeriksa semua lalu lintas yang masuk dan keluar dari server hosting.

2. Malware Detection/Scanning Malware

Imunify360 juga dilengkapi dengan teknologi scanning malware yang canggih yang dapat mendeteksi dan menghapus malware jika ditemukan pada server hosting.

Malware detection atau pemindaian malware pada web hosting adalah proses memeriksa sistem dan file-file di server hosting untuk mendeteksi keberadaan malware, seperti virus, worm, trojan, dan program jahat lainnya.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa server hosting dan situs web yang di-hosting tidak terinfeksi malware yang dapat membahayakan pengunjung situs web dan mempengaruhi kinerja situs web.

3. Intrusion Detection and Protection System

Imunify360 telah menyediakan proteksi real-time yang dapat memonitor aktivitas server hosting dan memperingatkan administrator server jika ada tindakan yang mencurigakan.

Proteksi ini juga memberikan perlindungan terhadap botnet dan malware baru.

4. Proactive Defense

Imunify360 menggunakan teknologi machine learning untuk memprediksi serangan sebelum terjadi dan mengambil tindakan untuk melindungi server kamu.

Artinya, proactive defense pada web hosting adalah pendekatan keamanan yang proaktif, atau dengan kata lain tidak hanya menunggu sampai terjadi serangan atau insiden keamanan pada server hosting dan situs web yang di-hosting, namun juga melakukan tindakan untuk mencegah serangan tersebut terjadi.

5. Patch Management

Imunify360 adalah platform keamanan yang menyediakan layanan patch management untuk web hosting.

Patch management adalah proses mengidentifikasi, menerapkan, dan mengelola pembaruan atau patch keamanan pada sistem yang berisi aplikasi, sistem operasi, dan perangkat lunak lainnya untuk memperbaiki celah keamanan dan bug yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang.

6. Reputation Management

Imunify360 juga menggunakan teknologi machine learning untuk memonitor reputasi alamat IP dan mengidentifikasi alamat IP yang mencurigakan.

Reputation management pada web hosting adalah proses memantau, mengelola, dan memperbaiki reputasi situs web dan server hosting agar tetap terpercaya dan aman dari serangan cyber.

Nah, dari keenam fitur Imunify360 di atas tentu saha akan angat membantu meningkatkan keamanan website kamu. Lalu bagaimana cara menggunakanya?

Cara Menggunakan Imunify360 untuk Mengatasi Malware

cara mentatasi malware


Beberapa langkah umum yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan Imunify360 dalam  mengatasi malware, antara lain:

  1. Login ke panel kontrol Imunify360 di dashboard hosting kamu
  2. Pilih situs web yang ingin kamu periksa untuk malware
  3. Gunakan fitur pemindaian malware Imunify360 untuk memindai situs web kamu. Jika Imunify360 menemukan malware, maka akan memberikan laporan tentang file yang terinfeksi.
  4. Kamu dapat menggunakan fitur penghapusan otomatis Imunify360 untuk menghapus malware dari situs web kamu. Dan pastikan untuk membuat salinan cadangan situs web kamu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan penghapusan.
  5. Setelah melakukan tindakan penghapusan, pastikan untuk melakukan pemindaian ulang untuk memastikan bahwa malware telah dihapus sepenuhnya.

Setelah mengetahui apa itu imunify360, fungsi dan 3 alasan kenapa website di serang malware,  kamu bisa menyimpulkan bahwa betapa menguntungkannya jika web hosting yang kamu pilih telah menggunakan teknologi keamanan imunify360.

Seluruh paket web hosting murah  sudah menggunakan Imunify360 yang akan membantu kamu dalam hal keamanan dari Virus, Malware dan juga DDOS Protection. Selain itu Server kami juga telah menggunakan LiteSpeed Web Server yang telah mensupport HTTP/3 QUIC dan juga LSCACHE.