apa itu centOS

Apa Itu CentOS? – Dalam dunia teknologi informasi, banyak sekali jenis sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.Salah satu sistem operasi yang cukup populer adalah CentOS. SIstem operasi ini digadang-gadang menjadi sistem operasi sejuta umat untuk web hosting.

Bukan karena alasan lain, biasanya perusahaan web hosting mengandalkan CentOS untuk operasi sistem mereka karena stabilitas dan keamanan yang ditawarkan.

Untuk itu, artikel kami berikut akan membahas dengan detail tentang apa itu CentOS, Sejarah, Kelebihan & Kekurangannya.

Apa Itu CentOS?

CentOS adalah singkatan dari “Community Enterprise Operating System” yaitu sebuah sistem operasi berbasis Linux yang bersifat open source, yang berarti kode sumbernya tersedia untuk umum dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Maksud dari open source “kode sumbernya tersedia untuk umum dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan” adalah bahwa semua orang, termasuk para pengembang dan pengguna, memiliki akses ke kode sumber atau “blueprint” dari CentOS.

Mereka dapat melihat, mengevaluasi, dan mengunduh kode sumber CentOS tanpa harus membayar atau meminta izin khusus.

CentOS juga dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan platform yang stabil dan andal untuk server dan infrastruktur bisnis.

Untuk itu, biasanya CentOS digunakan untuk individu dan organisasi bisnis yang memerlukan sistem operasi server yang kuat.

Baca Juga! Cara Mengubah CentOS 7.7 Ke Server Lokal

Sejarah CentOS

CentOS pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. Proyek ini bermula ketika beberapa pengembang merasa perlu untuk menciptakan versi yang sepenuhnya gratis dan bebas dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) adalah sebuah distribusi sistem operasi Linux yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Red Hat, Inc. RHEL yang dirancang khusus untuk lingkungan bisnis dan perusahaan

Dengan menggunakan kode sumber dari RHEL yang tersedia secara publik, mereka mulai mengembangkan CentOS.

Dari situlah CentOS menjadi pilihan yang sangat populer di antara pemilik server dan administrator sistem yang mencari alternatif harga lebih terjangkau untuk RHEL.

Kelebihan CentOS

kelebihan & kekurangan CentOS
1. Sumber Terbuka (Open Source)
 
Salah satu kelebihan utama CentOS adalah perangkat lunak dengan sumber terbuka. Artinya, Anda dapat mengunduh dan menggunakannya secara gratis.
 
Selain itu, sumber terbuka di sini berarti bahwa komunitas pengembang dapat berkontribusi untuk memperbaiki dan memperbarui sistem ini secara terus-menerus.
 
2. Stabilitas yang Tinggi
 
Kelebihan kedua CentOS ialah memiliki stabilitas yang tinggi.
 
Distribusi ini dibangun berdasarkan kode sumber Red Hat Enterprise Linux (RHEL), yang telah terbukti sangat stabil dan dapat diandalkan dalam penggunaan server.
 
Dengan menggunakan CentOS, Anda dapat yakin sistem Anda akan berjalan dengan baik tanpa gangguan yang tidak diinginkan.
 
3. Dukungan Komunitas yang Kuat
 
Kelebihan ketiga ialah adanya dukungan komunitas CentOS yang kuat.
 
Hal itu berarti Anda dapat dengan mudah menemukan dukungan dan sumber daya online.
 
Komunitas CentOS ini juga berkontribusi untuk menjaga keamanan dan keandalan CentOS melalui pembaruan dan perbaikan yang teratur.
 
4. Ketersediaan Aplikasi
 
Selian itu, CentOS memiliki repositori yang luas dengan ribuan aplikasi dan perangkat lunak yang dapat diinstal dengan mudah.
 
Hal ini akan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pengembangan perangkat lunak dan penggunaan server.
 
 
5. Keamanan

 

keamanan CentOS

 

Terakhir dan tidak kalah pentingnya ialah karena keamanannya. Karena basisnya yang kuat di RHEL, CentOS memiliki sistem keamanan yang kokoh.
 
Pembaruan keamanan rutin dilakukan, untuk menjaga sistem Anda tetap aman dari ancaman keamanan yang mungkin ada.
 
Namun, selain ada beberapa kelebihan yang ditawarkan, ada juga beberapa kekurangan CentOS yang harus Anda tahu.
 
 
Kekurangan CentOS
 
1. Pembaharuan Tidak Secepat RHEL
 
CentOS biasanya memerlukan lebih banyak waktu untuk merilis pembaruan dan patch keamanan dibandingkan dengan RHEL.
 
Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda memerlukan pembaruan yang cepat untuk melindungi sistem Anda dari ancaman keamanan.
 

2. Tidak Cocok untuk Desktop

Meskipun CentOS sangat baik untuk server, itu bukanlah pilihan terbaik untuk digunakan sebagai sistem operasi desktop.

Antarmuka penggunaannya cenderung lebih kaku dan tidak sesuai untuk penggunaan sehari-hari.

3. Tidak Selalu Terbaru

CentOS memiliki siklus rilis yang lebih lambat dibandingkan dengan distribusi Linux lainnya.

Hal ini berarti Anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke versi terbaru dari perangkat lunak tertentu.

4. Konfigurasi Awal yang Sulit

Konfigurasi awal CentOS bisa menjadi sulit bagi pengguna yang kurang berpengalaman.

Untuk itu, biasanya Anda memerlukan lebih banyak waktu dan upaya untuk mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Dihentikan Pengembangannya (CentOS Linux 8)

Keputusan untuk mengakhiri pengembangan CentOS Linux 8 pada tahun 2021 dan menggantinya dengan CentOS Stream telah memengaruhi banyak pengguna yang mengandalkan CentOS Linux 8.

Hal tersebut memaksa banyak organisasi untuk mencari alternatif, seperti Rocky Linux atau AlmaLinux.

Baca Juga! Pemberitahuan CentOS 8 End-Of-Life

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CentOS?

Sebenarnya, alasan Anda harus menggunakan CentOS sejalan dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, yang utamanya adalah
 

1. Keamanan Berlapis

Keamanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjalankan sistem operasi. Sehingga alasan mengapa Anda harus menggunakan CentOS ialah karena CentOS dikenal dengan keandalannya dalam hal ini.

Sistem ini dikembangkan dengan fokus pada kestabilan dan keamanan, yang menjadikannya pilihan utama bagi banyak organisasi dan individu.

2. Package Management

CentOS menggunakan manajemen paket YUM (Yellowdog Updater, Modified), yang memungkinkan Anda dengan mudah menginstal, memperbarui, atau menghapus perangkat lunak dan paket tambahan.

Hal tersebut membuat manajemen perangkat lunak menjadi lebih mudah dan efisien.

3. Support Control Panel

Beberapa kontrol panel populer, seperti cPanel, Webmin, atau Virtualmin, dapat digunakan dengan CentOS untuk mengelola server dengan lebih mudah.

Control panel ini menyediakan antarmuka grafis untuk mengatur dan mengelola berbagai layanan server, membuat hosting web dan administrasi server lebih mudah.

4. Pembaharuan Rutin

CentOS memiliki dokumentasi yang luas dan komunitas yang aktif. Ini berarti Anda dapat dengan mudah menemukan informasi, tutorial, dan panduan yang diperlukan untuk mengonfigurasi, mengelola, dan memecahkan masalah di sistem CentOS Anda.

Dengan keamanan yang berlapis, manajemen paket yang kuat, dukungan untuk kontrol panel dan pembaharuan rutinnya, CentOS dapat menjadi pilihan yang populer untuk server dan infrastruktur bisnis.

Namun, penting untuk mencatat bahwa sejak pengenalan CentOS Stream, beberapa aspek dari kebijakan dan dukungan CentOS telah berubah, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik saat memilih versi CentOS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda Tertarik Mencoba CentOS?

Setelah Anda mengetahui apa itu CentOS, sejarah, kelebihan dan kekurangannya, Anda akan semakin jelas memahami hal-hal yang berkaitan dengan CentOS.

Distro Linux satu ini sudah kompatibel dengan berbagai software control panel hosting. Jadi, semisalnya Anda menggunakan layanan VPS (Virtual Private Server) Anda bisa menginstallnya dengan CentOS.

Namun sebelum itu, jangan lupa juga untuk perhatikan saat berlangganan pada penyedia web hosting yang berkualitas.

Baik dari segi keamanan, keandalan, jaminan konektivitas dan lain sebagainya, sehingga hal tersebut akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda.

Jika Anda sedang mencari web hosting berkualitas,  Herza Cloud menyediakan Web Hosting Murah dengan kualitas yang handal dengan keamanan yang tinggi.

Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website Anda.