fungsi hosting

Fungsi hosting – Ketika kamu berencana membuat sebuah website untuk keperluan bisnis, kamu membutuhkan layanan yang disebut dengan layanan hosting. Layanan ini berfungsi untuk menyimpan segala data website yang akan nantinya agar website kamu bisa diakses bebas di Internet.

Katakan lah kamu berencana membuat sebuah website bisnis kecantikan, atau kita sebut beautyskincare.

Nah, data-data beautyskincare yang ingin kamu tampilkan dalam halaman website disimpan dalam sebuah layanan hosting.

Tentu saja, data-data yang beatuyskincare yang ingin kamu tampilkan tidak hanya berupa script atau tulisan saja, bukan?

Untuk itu, layanan hosting  ini  menyimpan data website mulai dari script, gambar, video, aplikasi dan database yang bisa ditampilkan di halaman sebuah website.

Lalu, apakah layanan hosting ini berfungsi hanya untuk menyimpan data website saja?

Untuk itu, Sebelum masuk ke pembahasan tentang fungsi dari layanan hosting, kita akan sedikit mengulas tentang pengertian apa itu hosting?

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan untuk mengonlinekan website Anda, bisa dikatakan hosting sebagai rumah dari website, untuk menyimpan file – file website seperti php, html, css, javascript dan gambar serta element lainnya.

Dengan menggunakan hosting memungkinkan kamu untuk mempublikasikan website atau aplikasi web secara online dan membuatnya bisa diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Hosting biasanya dilakukan oleh penyedia layanan hosting, yang menyediakan ruang server yang terhubung ke internet dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan alat manajemen untuk membuat dan mengelola situs web.

Pemilik situs web dapat memilih jenis hosting yang berbeda-beda, seperti shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting, atau cloud hosting, tergantung pada kebutuhan perusahaan atau organisasi tertentu.

Ada 8 jenis hosting & perbedaannya, dan kamu jangan sampai salah pilih. Karena pemilihan layanan hosting ini ini bergantung dengan kebutuhan Anda, jika Anda memerlukan hosting untuk diakses orang banyak contohnya, Anda tentunya memerlukan layanan Hosting dengan paket yang besar atau dedicated.

Apakah Setiap Pembelian Hosting Dapat Gratis Domain?

Pembelian domain dan hosting biasanya dibeli dengan cara terpisah. Biasanya, kamu terlebih dahulu membeli domain kemudian baru lah menentukan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, kabar baiknya di Herza Cloud kamu bisa menapatkan free domain dengan minimal berlangganan 1 tahun, silahkan cek layanan web hosting yang Herza Cloud tawarkan.

Pada platform hosting kami menawarkan Layanan Web Hosting dengan PHP, MySQL dan Kontrol Panel cPanel yang user-friendly. File kamu dapat diupload via melalui File Manager, dan berbagai macam fitur lain.

Fungsi Hosting dan Mengapa Harus Memilih Hosting Berkualitas?

Ada beberapa fungsi hosting yang harus kamu tahu, antara lain :

1. Menyimpan Data Website

fungsi hosting


Fungsi utama hosting sebenarnya adalah untuk menyimpan semua data yang ada pada suatu website, sehingga website kamu bisa diakses oleh siapa pun di seluruh dunia.

Hosting juga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola data tersebut, seperti script, aplikasi, database, gambar, dan video.

Sebagai contoh, seorang pemilik website dapat mengunggah gambar dan video ke server hosting agar bisa ditampilkan di website mereka. Pemilik website juga dapat membuat database pada server hosting untuk menyimpan informasi penting seperti pengguna, konten, atau transaksi.

Dan tak hanya itu, hosting juga memungkinkan pengguna untuk mengakses data website mereka dari mana saja melalui internet, asalkan terhubung dengan server hosting.

Pengguna juga dapat memperbarui atau mengubah data website mereka kapan saja dan di mana saja dengan akses internet.

Kesimpulannya bahwa hosting adalah layanan inti untuk sebuah website, karena dengan ini website bisa berjalan secara online dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

2. Membuat Website Berperforma Tinggi

fungsi hosting


Selain hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, fungsi hosting yang tidak kalah pentingnya adalah mampu membuat website memiliki performa yang tinggi.

Performa yang tinggi ini disebabkan dari pemilihan perusahaan penyedia hosting yang tepat yang menawarkan beberapa fitur unggulan.

Fitur-fitur unggulan ini yang akan mendukung website mu bisa bekerja dengan lebih optimal dan stabil, tanpa khawatir lemot-lemot lagi.

Nah, salah satu fitur unggulan tersebut bisa di dapat jika penyedia hosting tersebut sudah menggunakan data center yang terbaik, atau dalam dunia IT kriteria data center tersebut sudah berstandar Tier 4.

Data center berstandar Tier 4 ini akan menawarkan berbagai keunggulan.

Lalu, apa saja yang keunggulan yang ditawarkan jika data center sudah berstandar Tier 4 ini?

Pertama, Zero Single Of Failure atau sering disingkat dengan ZSPOF yaitu penyedia Tier IV memiliki sistem redundansi untuk setiap proses dan aliran perlindungan data.

Artinya, keunggulan ini akan memastikan bahwa tidak ada satu titik kegagalan tunggal yang dapat mematikan sistem.

Kedua, 99,999% Uptime Pertahun yaitu Uptime yang menggambarkan presentase waktu di mana sistem atau layanan tersedia bisa beroperasi dengan baik.

Dalam konteks pusat data, 99,999% uptime ini berarti bahwa sistem hanya mengalami downtime atau tidak tersedia selama kurang dari 5,26 menit dalam setahun, Atau dengan kata lain, sistem harus siap dan tersedia selama 99,999% waktu dalam setahun.

Ketiga, Perlindungan pemadaman listrik selama 96 jam. Artinya, data center yang sudah berstandar Tier 4 harus memiliki sistem daya cadangan yang sangat andal.

Sistem ini biasanya terdiri dari generator daya utama dan backup, sistem UPS (Uninterruptible Power Supply), dan sistem penyimpanan daya cadangan seperti baterai.

Keunggulan data center Tier 4 di atas akan memungkinkan website kamu dapat memiliki performa yang tinggi.

Untuk itu, pilihlah penyedia hosting dengan data center yang sudah berstandarisasi Tier 4.

Datacenter Herza Cloud Tier 4 pertama di Indonesia- Uptime 99,999%.

3. Melindungi Website dari Serangan Hacker

fungsi hosting


Fungsi hosting berikutnya ialah hosting dapat melindungi  website dari serangan hacker.

Tentu saja,  bagi setiap perusahaan bisnis maupun organisasi keamanan data merupakan sesuatu yang sangat vital.

Akan tetapi, yang mengkhawatirkan adalah statistik keamanan website di tahun 2023 semakin mengalami peningkatan.

Artinya  ancaman dan kejahatan dunia digital menjadi jauh lebih serius.

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa laporan data mengenai statistik keamanan website di tahun 2023, antara lain :

  1. Menurut TechJury, sekitar 30.000 website di-hack setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa ancaman keamanan cyber sangat nyata dan terus meningkat, dan bahwa setiap pemilik website harus memperhatikan keamanan online mereka dengan serius.
  2. Accenture melaporkan bahwa ancaman keamanan website meningkat hingga 67% selama lima tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa kejahatan cyber semakin berkembang dan semakin canggih, sehingga meningkatkan risiko bagi setiap bisnis atau individu yang bergantung pada website dan teknologi online lainnya.
  3. Info Security Magazine melaporkan bahwa sejak COVID-19, ancaman cyber melonjak enam kali lipat. Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi secara online, dan hal ini telah meningkatkan risiko keamanan cyber dengan adanya peningkatan aktivitas online dan penggunaan perangkat jarak jauh.

3 contoh di atas hanya lah sebagian contoh dari banyaknya laporan terkait keamanan website di tahun 2023.

Melihat fakta di atas menyadarkan kita  bahwa serangan cyber di Indonesia masih menjadi masalah penting yang belum terselesaikan.   

Sehingga, upaya pencegahan dan mitigasi risiko cyber attack menjadi semakin penting untuk dilakukan guna melindungi data pribadi dan sensitif.

Salah satu langkah pencegahan tersebut bisa dilakukan saat kamu memilih penyedia layanan hosting yang menawarkan keamanan data yang sudah terjamin.

Cerdas dalam memilih penyedia layanan hosting adalah perlu, karena bagaimana pun data adalah jantungnya perusahaan.

Untuk itu, usahakan jangan langsung tergiur dengan harga layanan hosting yang murah tanpa melihat spesifikasi lain, karena  memilih layanan hosting yang abal-abal pada akhirnya akan merugikan kamu juga.

Seluruh layanan Herza Cloud telah menggunakan Proteksi hinggal ke Layer 7, menggunakan Next Generation Firewall.

Baca Juga! 7 Jenis Serangan Cyber & Cara Mencegahnya

4. Membuat Email yang Lebih Profesional

fungsi hosting


Fungsi hosting selanjutnya ialah dapat membuat email menjadi lebih professional.

Dengan hosting, kamu dapat meningkatakn profesionalisme email melalui beberapa cara, antara lain :

  1. Membuat alamat email dengan nama domain sendiri
    Saat menggunakan hosting, kamu bisa membuat alamat email yang menggunakan nama domain kamu sendiri, misalnya [email protected]. Hal ini akan memberikan kesan email yang lebih professional, bukan

  2. Menggunakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar
    Dengan hosting, kapasitas penyimpanan email dapat lebih besar daripada jika menggunakan layanan email gratis.

    Hal ini memungkinkan kamu bisa menyimpan lebih banyak email dan lampiran, serta membuat tampilan inbox lebih teratur dan mudah diatur.

  3. Menggunakan fitur keamanan yang lebih baik
    Beberapa layanan hosting email menyediakan fitur keamanan seperti enkripsi dan anti-spam yang dapat membantu melindungi email dari serangan cyber.

    Hal tersebut bisa membantu meningkatkan profesionalitas email, dengan memberikan perlindungan yang lebih baik.

      5. Meningkatkan SEO Website

      fungsi hosting


      Fungsi hosting selanjutnya ialah dapat meningkatkan SEO Website.  

      Meskipun kenyatannya hosting tidak secara langsung meningkatkan peringkat SEO website, akan tetapi hosting yang buruk juga bisa merusak SEO dan mempengaruhi pengalaman penggunjung.

      Kualitas hosting yang buruk dapat menyebabkan website menjadi lambat, tidak stabil, dan sering mengalami masalah downtime.

      Hal ini tentu saja menyebabkan kesan yang tidak enak pada pengunjung.

      Sehingga akibatnya, pengunjung meninggalkan website lebih cepat (bounce rate tinggi) karena mereka tidak sabar menunggu website untuk dimuat atau tidak dapat mengakses website sama sekali.

      Terlebih, bounce rate yang tinggi dapat memberikan sinyal negatif kepada mesin pencari bahwa website tidak menyediakan pengalaman pengguna yang baik dan karenanya tidak cukup baik untuk menampilkan website tersebut di hasil pencarian halaman pertama.   

      Oleh karena itu, hosting yang berkualitas baik , dapat membantu mengurangi bounce rate dan meningkatkan pengalaman pengguna, yang pada akhirnya bisa membantu meningkatkan peringkat SEO.

      Selain kecepatan, keamanan website juga merupakan faktor penting dalam SEO.

      Google memprioritaskan website yang aman dan terpercaya dalam peringkat pencariannya.

      Jadi, website yang dilengkapi dengan perlindungan keamanan canggih akan mendapatkan keuntungan dari segi SEO.

      Hosting dari Herza Cloud yang dilengkapi dengan fitur keamanan canggih seperti Imunify360 dapat membantu melindungi website dari berbagai ancaman keamanan seperti serangan DDoS, malware, dan bot jahat.

      Selain itu, SSL gratis yang disediakan oleh Herza Cloud dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website dan membantu mengamankan transaksi online.

      Jika kamu tertarik menggunakan layanan hosting di kami, silakan masuk ke halaman Herza Cloud.

      Seluruh jaringan Server dari Herza Cloud adalah 100% CLOUD ENVIRONMENT yang menjamin Konektivitas dan Kecepatan Loading Website kamu.